BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Lantai Kekinian
0
0

7 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Lantai Kekinian

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 24, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sejalan dengan tingginya harga tanah, rumah yang dibangun vertikal menjadi pilihan hunian masa kini. Desain rumah minimalis 3 lantai pun banyak diminati, khususnya oleh mereka yang tinggal di kawasan pemukiman padat.

Akan tetapi, merancang rumah 3 lantai di lahan terbatas tentu punya tantangan tersendiri. Pasalnya, mengatur tata ruang agar terlihat estetik dan tetap memenuhi kesesuaian arsitektur tidaklah mudah.

Namun, tak perlu khawatir, karena kamu bisa menemukan inspirasi dari deretan desain rumah berikut ini.

Banyak Jendela, Banyak Cahaya

Source : Pinterest

Inspirasi desain rumah minimalis 3 lantai yang pertama tampak memukau dengan banyak jendela lebar. Kalau diperhatikan, desain pada bagian fasadnya terlihat sangat sederhana tanpa hiasan macam-macam. Tapi tetap terlihat sangat mengesankan, kan?

Di malam hari, jendela yang lebar ini akan memamerkan interior rumah yang diterangi lampu bernuansa hangat. Sementara di siang hari, jendela-jendela lebar memungkinkan cahaya alami menerangi ruangan.

Selain hemat listrik, pencahayaan alami yang melimpah juga membuat rumah minimalis tampak lapang, lho.

Tak lupa, meski rumah minimalis ini tak punya teras, ada open space di lantai atas. Area ini bisa digunakan untuk bersantai menikmati me-time maupun berkumpul bersama teman dan keluarga.

Rumah Minimalis 3 Lantai Double Entrance

Source : Pinterest

Inspirasi desain rumah minimalis 3 lantai berikutnya tak kalah menarik. Kalau biasanya sebuah rumah hanya memiliki 1 main entrance di pintu depan, desain ini punya double entrance.

Di lantai bawah, ada pintu kaca berupa sliding door yang mengarah ke ruang tamu. Kemudian, di bagian depan rumah ada tangga luar yang mengarah ke second entrance di lantai dua.

Menariknya lagi, puncak tangga di lantai dua ini juga difungsikan sebagai balkon dengan area duduk untuk bersantai. Area ini juga bisa digunakan untuk menerima tamu yang merupakan teman dekat atau kerabat. Suasana bersantai pun jadi lebih casual sembari ngopi.

Di bagian depan pun masih tersisa halaman yang tidak luas tetapi cukup lapang untuk acara sosial kecil-kecilan. Lantai batu alamnya tak hanya menambah estetika, tapi juga membuat kegiatan membersihkan halaman jadi lebih mudah.

Baca juga: 30+ Desain Rumah Minimalis Paling Inspiratif 2023

Rumah 3 Lantai dengan Rooftop untuk Bersantai

Source : Pinterest

Sibuknya kehidupan sehari-hari penduduk kota justru makin menekankan pentingnya punya area bersantai di rumah. Nah, punya desain rumah minimalis 3 lantai dengan rooftop bisa jadi pilihan untuk melepas penat di akhir pekan.

Alih-alih keluar uang untuk staycation, kamu bisa me-time di rooftop sembari menikmati secangkir teh. Apalagi ditambah tanaman hijau, area balkon dan rooftop pun menjadi lebih asri.

Tak hanya untuk bersantai sendiri, kamu pun bisa mengadakan pesta barbecue di rooftop dengan kerabat dan teman terdekat. Asyik, kan?

Batu Alam untuk Fasad Memukau

Source : Pinterest

Hadirkan nuansa alam di rumah dengan aksen batu alam untuk menghiasi dinding bagian luar. Sekali pandang, fasad yang didominasi batu keabu-abuan ini tampak adem di mata.

Keunggulan desain minimalis dengan aksen batu alam ini adalah keindahan dalam kesederhanaannya. Tanpa perlu menambahkan hiasan macam-macam, desain rumah minimalis 3 lantai begini saja sudah estetik maksimal.

Soal estetika bagian dalam rumah, kamu bisa mengusung tema serupa, yakni gaya minimalis dengan sentuhan alam. Desain rumah semacam ini juga cocok disandingkan dengan sentuhan interior desain bergaya rustic yang ciamik.

Sisakan Ruang untuk Halaman

Source : Pinterest

Punya lahan terbatas bukan berarti semuanya dihabiskan untuk memaksimalkan bangunan. Bagaimanapun, setiap rumah perlu teras untuk berbagai keperluan. Mulai dari dijadikan car port, taman, hingga ruang untuk bermain anak-anak.

Teras di rumah minimalis juga bisa digunakan sebagai area sosial tempat menyambut tamu. Mau mengadakan pesta kecil-kecilan pun bisa!

Desain Kotak yang Simpel Ciamik

Source : Pinterest

Desain minimalis identic dengan segala sesuatu yang sederhana. Jika dirancang dengan sedemikian rupa, yang sederha pun bisa tampil memesona. Contohnya desain rumah minimalis 3 lantai dengan desain kotak yang simpel ini.

Kalau diperhatikan, desain bangunannya sangat sederhana dengan bentuk geometris kotak. Fasadnya pun simpel sekali dengan jendela dan pintu kaca yang membentang dari lantai ke langit-langit.

Yang perlu jadi catatan, desain rumah dengan dominasi kaca lebar harus memperhatikan pemilihan material kaca. Jangan sembarang pilih, tapi gunakan tempered glass yang tebal dan kukuh.

Rumah 3 Lantai di Lahan Sempit Memanjang

Source : Pinterest

Punya lahan sempit memanjang? Jangan berkecil hati. Kamu tetap bisa membangun rumah di atasnya dengan desain yang ciamik. Contohnya seperti desain rumah minimalis 3 lantai ini.

Dengan kondisi lahan yang sempit dan memanjang, seluruh lebar lahan digunakan untuk membangun rumah. Bahkan, tidak ada teras maupun halaman untuk difungsikan sebagai ruang hijau.

Namun, bukan berarti desain rumah ini membosankan dan kaku. Justru hunian ini tampak hijau dengan adanya balkon di lantai 2 dan 3 yang diberi tanaman hias.

Bahkan, di balkon lantai 3 ada cukup ruang yang bisa digunakan untuk bersantai. Kalau punya desain rumah semacam ini, Pins bisa bersantai di sore sembari menikmati pemandangan sekitar. Damai sekali!

Itu dia 7 contoh desain rumah minimalis 3 lantai yang estetik dalam keminimalannya. Kamu paling suka desain yang mana?

Baca Juga: Inspirasi Desain Rumah Kekinian 2022 dan Biayanya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download