Pinhome

7 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Lantai Kekinian

Dipublikasikan oleh Mustika ∙ 3 August 2022 ∙ 5 menit membaca

Sejalan dengan tingginya harga tanah, rumah yang dibangun vertikal menjadi pilihan hunian masa kini. Desain rumah minimalis 3 lantai pun banyak diminati, khususnya oleh mereka yang tinggal di kawasan pemukiman padat.

Akan tetapi, merancang rumah 3 lantai di lahan terbatas tentu punya tantangan tersendiri. Pasalnya, mengatur tata ruang agar terlihat estetik dan tetap memenuhi kesesuaian arsitektur tidaklah mudah.

Namun, tak perlu khawatir, karena kamu bisa menemukan inspirasi dari deretan desain rumah berikut ini.

Banyak Jendela, Banyak Cahaya

(Pinterest)

Inspirasi desain rumah minimalis 3 lantai yang pertama tampak memukau dengan banyak jendela lebar. Kalau diperhatikan, desain pada bagian fasadnya terlihat sangat sederhana tanpa hiasan macam-macam. Tapi tetap terlihat sangat mengesankan, kan?

Di malam hari, jendela yang lebar ini akan memamerkan interior rumah yang diterangi lampu bernuansa hangat. Sementara di siang hari, jendela-jendela lebar memungkinkan cahaya alami menerangi ruangan.

Selain hemat listrik, pencahayaan alami yang melimpah juga membuat rumah minimalis tampak lapang, lho.

Tak lupa, meski rumah minimalis ini tak punya teras, ada open space di lantai atas. Area ini bisa digunakan untuk bersantai menikmati me-time maupun berkumpul bersama teman dan keluarga.

Rumah Minimalis 3 Lantai Double Entrance

(Pinterest)

Inspirasi desain rumah minimalis 3 lantai berikutnya tak kalah menarik. Kalau biasanya sebuah rumah hanya memiliki 1 main entrance di pintu depan, desain ini punya double entrance.

Di lantai bawah, ada pintu kaca berupa sliding door yang mengarah ke ruang tamu. Kemudian, di bagian depan rumah ada tangga luar yang mengarah ke second entrance di lantai dua.

Menariknya lagi, puncak tangga di lantai dua ini juga difungsikan sebagai balkon dengan area duduk untuk bersantai. Area ini juga bisa digunakan untuk menerima tamu yang merupakan teman dekat atau kerabat. Suasana bersantai pun jadi lebih casual sembari ngopi.

Di bagian depan pun masih tersisa halaman yang tidak luas tetapi cukup lapang untuk acara sosial kecil-kecilan. Lantai batu alamnya tak hanya menambah estetika, tapi juga membuat kegiatan membersihkan halaman jadi lebih mudah.

Rumah 3 Lantai dengan Rooftop untuk Bersantai

(Pinterest)

Sibuknya kehidupan sehari-hari penduduk kota justru makin menekankan pentingnya punya area bersantai di rumah. Nah, punya desain rumah minimalis 3 lantai dengan rooftop bisa jadi pilihan untuk melepas penat di akhir pekan.

Alih-alih keluar uang untuk staycation, kamu bisa me-time di rooftop sembari menikmati secangkir teh. Apalagi ditambah tanaman hijau, area balkon dan rooftop pun menjadi lebih asri.

Tak hanya untuk bersantai sendiri, kamu pun bisa mengadakan pesta barbecue di rooftop dengan kerabat dan teman terdekat. Asyik, kan?

Batu Alam untuk Fasad Memukau

(Pinterest)

Hadirkan nuansa alam di rumah dengan aksen batu alam untuk menghiasi dinding bagian luar. Sekali pandang, fasad yang didominasi batu keabu-abuan ini tampak adem di mata.

Keunggulan desain minimalis dengan aksen batu alam ini adalah keindahan dalam kesederhanaannya. Tanpa perlu menambahkan hiasan macam-macam, desain rumah minimalis 3 lantai begini saja sudah estetik maksimal.

Soal estetika bagian dalam rumah, kamu bisa mengusung tema serupa, yakni gaya minimalis dengan sentuhan alam. Desain rumah semacam ini juga cocok disandingkan dengan sentuhan interior desain bergaya rustic yang ciamik.

Sisakan Ruang untuk Halaman

(Pinterest)

Punya lahan terbatas bukan berarti semuanya dihabiskan untuk memaksimalkan bangunan. Bagaimanapun, setiap rumah perlu teras untuk berbagai keperluan. Mulai dari dijadikan car port, taman, hingga ruang untuk bermain anak-anak.

Teras di rumah minimalis juga bisa digunakan sebagai area sosial tempat menyambut tamu. Mau mengadakan pesta kecil-kecilan pun bisa!

Desain Kotak yang Simpel Ciamik

(Pinterest)

Desain minimalis identic dengan segala sesuatu yang sederhana. Jika dirancang dengan sedemikian rupa, yang sederha pun bisa tampil memesona. Contohnya desain rumah minimalis 3 lantai dengan desain kotak yang simpel ini.

Kalau diperhatikan, desain bangunannya sangat sederhana dengan bentuk geometris kotak. Fasadnya pun simpel sekali dengan jendela dan pintu kaca yang membentang dari lantai ke langit-langit.

Yang perlu jadi catatan, desain rumah dengan dominasi kaca lebar harus memperhatikan pemilihan material kaca. Jangan sembarang pilih, tapi gunakan tempered glass yang tebal dan kukuh.

Rumah 3 Lantai di Lahan Sempit Memanjang

(Pinterest)

Punya lahan sempit memanjang? Jangan berkecil hati. Kamu tetap bisa membangun rumah di atasnya dengan desain yang ciamik. Contohnya seperti desain rumah minimalis 3 lantai ini.

Dengan kondisi lahan yang sempit dan memanjang, seluruh lebar lahan digunakan untuk membangun rumah. Bahkan, tidak ada teras maupun halaman untuk difungsikan sebagai ruang hijau.

Namun, bukan berarti desain rumah ini membosankan dan kaku. Justru hunian ini tampak hijau dengan adanya balkon di lantai 2 dan 3 yang diberi tanaman hias.

Bahkan, di balkon lantai 3 ada cukup ruang yang bisa digunakan untuk bersantai. Kalau punya desain rumah semacam ini, Pins bisa bersantai di sore sembari menikmati pemandangan sekitar. Damai sekali!

Itu dia 7 contoh desain rumah minimalis 3 lantai yang estetik dalam keminimalannya. Kamu paling suka desain yang mana?

Baca Juga: Inspirasi Desain Rumah Kekinian 2022 dan Biayanya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia