Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Desain Rumah Minimalis Favorit yang Bisa Menjadi Inspirasi

Lifestyle

Desain Rumah Minimalis Favorit yang Bisa Menjadi Inspirasi

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 16 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Membuat desain rumah yang bagus dan minimalis tidak akan terlepas dari bagaimana menentukan perletakan setiap ruangan yang dibutuhkan, sehingga terbentuk satu kesatuan denah rumah yang nyaman serta enak untuk digunakan, dari segi model tidak akan terlalu jauh perbedaan antara denah rumah minimalis dengan model denah rumah lainya yang akan lebih terlihat menonjol jika dilihat pada desain interior rumah sehingga bisa disebut model minimalis, klasik, modern atau sebutan lainya yang dapat menggambarkan nilai-nilai arsitektur yang dituangkan kedalam sebuah desain interior rumah tinggal. Pembuatan denah desain rumah minimalis dimulai dari bagaimana membuat data-data mengenai kebutuhan ruangan yang diharapkan serta pembuatan data ukuran tanah yang tersedia sehingga kegiaran pembuatan gambar denah rumah dapat berjalan dengan mudah serta menghasilkan sebuah gambar yang sesuai dengan keinginan dan harapan keluarga sebagai calon penghuni rumah minimalis.

Baca Juga: Tren Desain Rumah Terkini

Baca Juga: Tips Memilih Rumah yang Baik

Apa Itu Desain Rumah Minimalis?

Saat ini desain rumah minimalis memang menjadi salah satu trend desain yang cukup banyak diminati orang. Disamping sajiannya yang lebih lembut, kesan elegan juga terpancar dari aneka model rumah dengan desain minimalis.

Di dalam rancangan ilmu arsitektur, istilah minimalis sebetulnya merupakan istilah yang cukup umum digunakan dalam beberapa hal, misalnya rancangan desain dapur minimalis, bahkan desain sofa sekalipun bisa dibuat minimalis. Lalu apa arti dari minimalis itu sendiri untuk bangunan rumah?

Baca juga: 

Makna minimalis yang pertama adalah minimalis dengan makna kata sebenarnya. Artinya dalam berbagai hal, rumah didesain seminimal mungkin, baik dari segi anggaran maupun ukuran, namun tetap mengacu pada desain rumah yang indah dan nyaman.

Pilihan desain rumah minimalis dalam pengertian ini biasanya distandarkan pada biaya si pemilik maupun lokasi dari bangunan rumah. Untuk menyesuaikan dengan tempat lokasi dan keuangan, maka dibuatlah desain rumah minimalis dari berbagai aspek di atas.

Dalam istilah marketing bangunan yang berkembang saat ini, istilah desain rumah minimalis justru memiliki makna sebaliknya yakni desain yang serba bersih, indah, mungil, paduan warna yang berani, memberi kesan mengekspos dinding rumah, banyak menggunakan perpaduan garis garis pada dinding yang akan membuat desain tampak lebih menarik.

Pada akhirnya, desain rumah minimalis di sini bergeser makna dari arti kata minimalis yang sebenarnya. Desain rumah minimalis dalam istilah marketing bangunan yang bekembang saat ini meliputi dua aspek yakni desain interior yang mencakup pola penataan dalam ruangan rumah, juga aspek eksterior yakni desain bagian luar ruangan.

Desain rumah minimalis saat ini menjadi trend kalangan arsitektur, tak hanya ditemukan pada rumah-rumah pribadi, desain bangunan perkantoran pun telah banyak yang memilih nuansa minimalis. Kesan bersahaja dan elegan terpancar jelas dari model rumah minimalis.

Berbeda dengan model rumah mewah yang terkesan wah, model rumah minimalis biasanya cocok untuk rumah-rumah berukuran mini namun tetap estetik dan menarik.

Inspirasi Desain Rumah Minimalis

Pada dasarnya, kamu harus hati-hati dalam memilih gaya dan detail rumah kamu, karena jika terlalu berlebihan hasil akhir pembangunan rumah kamu tidak akan memuaskan lho. Untuk itu bantuan arsitek juga diperlukan. Bagaimana sih cara memilih tipe rumah yang tepat?

  • Kamu harus memahami apa kebutuhan kamu, contohnya kamu memiliki 3 orang anggota keluarga. Sebaiknya kamu memilih tipe rumah 36 atau 45 Pins.
  • Kamu juga harus paham benar tujuan kamu dalam membeli rumah. Banyak orang membeli rumah untuk tempat tinggal, dan ada juga yang membeli rumah untuk kebutuhan investasi. Bagi Pins yang mau berinvestasi lebih baik memilih tipe 24 atau 36.
  • Pertimbangkan lokasi lahannya ya Pins, periksa lingkungan apakah ramai atau tidak dan apakah dekat dengan bangunan penting seperti jalan besar, rumah sakit, kantor polisi atau toserba.

Untuk kamu yang masih bingung memilih desain rumah, berikut ini 10 referensi desain rumah minimalis yang keren untuk kamu!

Desain Rumah Minimalis A

Ini merupakan desain rumah yang sederhana, penggunaan parket kayu menambah kesan nyaman dan santai bagian depan rumah. Nah penggunaan warna hitam-putih membuat rumah tersebut terasa lebih luas.

Desain Rumah Minimalis B

Untuk desain rumah diatas sangat cocok buat kamu yang memiliki hobi memasak, karena ukuran dapur lebih luas. Juga kamar utama memiliki WC sendiri. Luas bangunan lebih besar, akan tetapi desain ini tidak memiliki halaman.

Desain Rumah Minimalis C

Jika kamu memiliki lahan sempit, kamu bisa menggunakan landed house minimalis 1 lantai. Bisa juga untuk menambahkan tanaman hijau di sudut ruangan untuk menambah kesan alami dan segar. Bijaklah dalam pemilihan furniture, agar tidak berlebihan.

Desain Rumah Minimalis D

Desain ini cocok untuk kamu yang memiliki anak lebih dari 1. Kamu bisa menyiasatinya dengan penggunaan single bed seperti desain diatas, jadi walaupun jumlah kamar hanya 2 masih dapat menampung banyak orang, Pins.

Desain Rumah Minimalis E

Jika kamu memiliki lahan 105 meter persegi, kamu bisa memanfaatkan layout lebih leluasa. Terdapat taman bagian depan dan belakang serta carport. Dengan layout ini kamu bisa menambah kesan asri pada rumah.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai A

Bisa dilihat pada desain ini pada lantai 1 digunakan untuk melakukan kegiatan bersama, karena di lantai 1 terdapat ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Di lantai 2 terdapat ruangan yang difungsikan sebagai kamar.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai B

Untuk desain ini, hampir serupa dengan desain sebelumnya. Hanya pada jumlah kamar pada lantai 2 berbeda, pada desain di atas terdapat 2 kamar. Yang pertama merupakan kamar utama sedangkan kamar yang lain merupakan kamar anak yang memiliki 2 single bed.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai C

Jika kamu ingin memiliki balkon sebaiknya kamu memiliki 1 kamar mandi di lantai atas Pins.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai D

Kamu bisa gabungkan dapur dengan ruang makan, supaya rumah kamu terlihat lebih luas.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai E

Tidak ada salahnya untuk membuat ukuran kamar anak sama dengan ukuran kamar orang tua. Warna – warna netral di dalam desain diatas menambah kesan manis dan elegan.

Itu dia 10 inspirasi desain rumah minimalis, semoga bermanfaat ya Pins!

Baca Juga :

————————————————

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

 

Bagikan Artikel