BlogPemilik PropertiDesain Hunian17 Warna Cat Ruang Tamu yang Bikin Nyaman
0
0

17 Warna Cat Ruang Tamu yang Bikin Nyaman

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 5, 2023

10 menit membaca

Copied to clipboard
warna cat ruang tamutop-right-banner

Memilih warna cat ruang tamu yang tepat menjadi salah satu keputusan terpenting karena ruangan ini menjadi tempat menyambut orang lain. Tak hanya itu, warna cat ruang tamu juga dapat mempengaruhi seluruh tampilan hunian. Ruang tamu menjadi ruangan pertama yang dihampiri saat masuk ke dalam rumah. Pemilihan warna yang tepat, tentunya akan membuat desain ruang tamu kamu menjadi nyaman. Simak artikel ini untuk mengetahui warna cat ruang tamu yang bikin nyaman!

Pins kamu dapat mengaplikasikan referensi warna cat ruang tamu berikut ini di rumah baru kamu di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung. Kamu dapat menerapkan warna-warna cat ruang tamu yang bikin nyaman di artikel ini untuk menyegarkan warna di rumah terbaik di Cikutra Baru.

Warna Cat Ruang Tamu yang Bikin Nyaman

Ruang tamu menjadi pemilihan yang utama dalam menyelenggarakan acara di dalam rumah ataupun menyambut para tamu, karena memiliki ukuran yang luas. Ruang tamu dapat mempresentasikan kepribadian pemilik rumah dari pemilihan warna, cara menata, dan penggunaan furniture.

Kalau Pins ingin tampilan hunian lebih sejuk, maka pilihlah warna-warna natural seperti hijau atau biru. Saat tampilan ruangan lebih sejuk dan adem, tentu tamu pun akan nyaman saat datang ke rumah. Apakah Pins sedang mencari referensi warna cat untuk ruang tamu yang tepat? Yuk simak pilihannya berikut ini:

1. Broken White

cat ruang tamu - broken white
Source : Pinterest

Warna broken white adalah rekomendasi warna cat ruang tamu agar terlihat mewah. Saat Pins memilih dinding berwarna putih, maka terbilang efektif membuat ruangan yang kecil terlihat besar dan lapang. 

Selain itu, warna putih pucat meninggalkan banyak ruang untuk kreativitas, dapat mengganti furnitur atau dekorasi tanpa harus mengecat ulang dinding. Padukan dengan sofa yang lembut dan kaya tekstur dengan cat putih pudar, potongan kayu pedesaan, dan banyak aksen antik untuk membuat kesan modern yang menghadirkan banyak karakter. 

2. Off-White

cat ruang tamu - offwhite
Source : Pinterest

Tak hanya warna broken white, warna off-white dengan ciri khas warna putih mutiara yang terang. Tampilan warna off-white dapat meningkatkan cahaya alami ruangan yang sempurna untuk ruangan kecil. 

Warna ini juga dapat memberikan kehangatan di ruangan kecil dengan kesan netral sehingga menghidupkan suasana lebih intim. Meski begitu, warna putih terang dapat terlihat mencolok atau terlalu murni, jadi kurangi hal ini dengan menambahkan elemen penghangat seperti kayu polos dan dicat, serta karpet putih pudar yang mewah.

3. Abu-Abu

cat ruang tamu - abu-abu
Source : Pinterest

Warna abu-abu dikenal sebagai warna yang netral sehingga sangat populer untuk sebagian besar ruang. Kesan yang ditampilkan dengan warna abu-abu memiliki ruangan yang sejuk dan menenangkan. 

Selain itu, warna ini juga bisa menyatu dengan warna kontras. Namun, kalau Pins lebih menggemari warna lembut, maka Pins bisa jug memadukan warna abu-abu variasi warna natural seperti warna kayu atau pasir.

Baca juga: 15 Cara Menata Ruang Tamu dan Dapur Agar Bisa Bersatu dengan Baik

4. Abu-Abu Muda

cat ruang tamu - abu-abu muda
Source : Pinterest

Pilihan warna cat ruang tamu yang dapat menciptakan kesan klasik dan timeless sehingga lebih modern adalah abu-abu muda. 

Selain itu, abu-abu muda juga menjadi warna cat ruang tamu yang cerah yang memiliki kesan minimalis. Pins dapat menciptakan kesan lain sesuai dengan suasana hati yang ingin Pins capai sambil berfungsi sebagai latar belakang yang sempurna, baik itu untuk furniture, aksesori, dan karya seni.

5. Cream

cat ruang tamu - cream
Source : Pinterest

Mencari warna cat ruang tamu yang sejuk? Maka cobalah pilih warna cream. Pasalnya, warna satu ini dapat memberikan kehangatan dan lebih serbaguna. 

Warna krem ini juga memungkinkan untuk membuat interior monokromatik menggunakan dua nada atau lebih. Memasangkan dinding krem ​​dengan furnitur dan dekorasi berwarna cokelat atau silver akan menciptakan tampilan yang chic dan modern, lho

6. Salmon

cat ruang tamu salmon
Source : Pinterest

Ide cat interior untuk ruang tamu berikutnya yaitu salmon color alias salem. Warna satu ini memiliki ciri khas merah muda ke orangeorange-an yang diambil dari warna daging ikan salmon. Meski sebenarnya warna salmon bervariasi, mulai dari putih sampai orange.

Pins dapat memakai warna ini untuk rumah bergaya Timur Tengah seperti Maroko. Jika ingin memilih arsitektur satu ini, maka seluruh bagian dindingnya dengan warna salem sebagai cat ruang tamu, lalu menambahkan furnitur lainnya dengan warna senada. 

Baca juga: 17 Rekomendasi Desain Ruang Tamu Mewah

7. Beige

cat ruang tamu beige
Source : Pinterest

Referensi warna cat ruang tamu yang bikin suasana ruangan terasa nyaman berikutnya adalah beige. Warna satu ini memiliki tampilan perpaduan antara abu-abu kecoklatan atau coklat pucat, yang sedikit kekuningan. 

Beige menjadi pilihan yang tepat buat Pins yang menginginkan suasana ruang tamu yang kalem, menenangkan, dan elegan. Kalau enggan tampak monoton, tambahkan furnitur lain dengan warna yang senada atau bisa juga menambah furnitur kayu. 

8. Coklat Muda

cat ruang tamu - coklat muda
Source : Room Design

Berikutnya merupakan pilihan warna cat ruang tamu agar terlihat mewah, yaitu cokelat muda. Dalam Ilmu Psikologi, warna cokelat muda identik dengan kehangatan dan stabilitas sehingga dapat menghadirkan keintiman di rumah.

Tak hanya itu, warna coklat muda memberi kesan elegan terutama jika dirancang dan ditata dengan baik. Untuk hasil ruangan lebih elegan, tambahkan varian yang lebih gelap untuk salah satu bagian dinding serta warna terang untuk area lainnya.

9. Kuning Pastel

cat ruang tamu - kuning pastel
Source : Quora

Warna kuning yang dikategorikan sebagai warna cerah yang segar dan cerah membuatnya sering diabaikan untuk ide warna ruang tamu. Tetapi bukan tidak mungkin Pins memilih warna kuning pastel yang lebih pucat.

Warna kuning pastel adalah pilihan cat ruang tamu yang cerah yang sangat serbaguna. Warna ini juga fantastis bila dipadukan dengan perabotan kayu putih bersih atau hangat, dan spektrum warna cerah terlihat bagus dengan warna kontras tambahan seperti abu-abu.

Baca juga: 15 Desain Ruang Tamu Jawa Kuno Penuh Makna

10. Hijau Sage

cat ruang tamu - hijau sage
Source : Unsplash

Hijau sage menjadi pilihan warna cat ruang tamu yang sejuk yang memiliki kelebihan yang enak dipandang mata, menenangkan, dan memberikan suasana santai. Walaupun terkesan klasik, warna hijau sage memiliki nuansa elegan yang cocok untuk rumah minimalis.

Selain itu, ruang tamu dengan hijau sage untuk terkesan dengan alam, yang akan membangkitkan perasaan ketenangan, semangat dan keberuntungan, lho, Pins! 

11. Hijau Tua

cat ruang tamu - hijau tua
Source : Unsplash

Kalau hijau sage masih kurang redup, maka pilih hijau tua yang juga masuk dalam referensi warna cat ruang tamu yang sejuk. Warna ini menurut ilmu psikologi juga memiliki pengaruh dalam menciptakan suasana rileks seluruh ruangan yang mengurangi kecemasan.

Dark green atau disebut juga warna balu ini termasuk warna netral yang tidak akan mengganggu penglihatan penghuninya. Selain untuk ruang tamu, warna hijau tua juga cocok diaplikasikan di ruang lain yang membutuhkan konsentrasi, seperti ruang kerja

12. Biru Pastel

cat ruang tamu - biru pastel
Source : Freepik

Cat warna biru pastel tidak hanya manis dan menawan, tapi juga dapat memiliki kesan mewah pada ruang tamu. Nuansa biru dapat diaplikasikan pada dinding ruang tamu yang dalam ilmu psikologi dapat memberikan perasaan kejelasan, intuisi, dan kemurnian. 

Untuk gaya arsitektur Japandi, maka warna biru pastel akan tampil menawan yang menciptakan efek serasa sedang memandang langit. Padukan dengan berbagai furnitur bermaterial kayu agar ruangan lebih elegan secara keseluruhan! 

13. Biru Tua

cat ruang tamu - biru tua
Source : Homedit

Mau warna cat ruang tamu yang sejuk tetapi lebih tak mau terlalu terang? Pilih warna biru tua. Warna biru tua melengkapi rentang warna yang lebih banyak dan menciptakan suasana yang lebih menenangkan. 

Untuk menciptakan efek dramatis di ruang, pilih warna biru yang lebih dalam dan kaya. Tambahkan furnitur dengan warna-warna senada agar ruangan terasa lebih sempurna. 

14. Biru Telur Asin

cat ruang tamu - biru telor asin
Source : Pinterest

Masih dalam kategori warna biru, tetapi kali ini warna biru telur asin. Biru bernada hijau menawarkan sedikit lebih banyak kehangatan daripada biru sedang atau biru muda, sebuah efek yang dapat lebih ditegaskan dengan penggunaan oranye terbakar atau nuansa merah.

Warna biru telur asin juga pilihan yang sangat baik jika Pins ingin menghias dengan barang antik. Pasalnya, ini sangat cocok dengan kayu tradisional, seperti mahoni atau walnut.

15. Pink Pastel

cat ruang tamu - pink pastel
Source : Pinterest

Warna pastel adalah pilihan yang sangat sempurna interior dengan menghasilkan ruangan yang lembut dan terang yang mudah untuk ditinggali. Tetapi mendekorasi dengan warna-warna pastel tidak harus sepenuhnya pucat, seperti halnya pik pastel. 

Meski tidak dianggap sebagai warna netral, tetapi pink pastel akan memberimu lebih banyak keserbagunaan saat menggabungkan warna yang berarti dapat melakukan banyak hal dengan furnitur dan dekorasi. Menggabungkan nuansa merah muda yang berbeda di dinding ruang tamu juga dapat membantu mencapai beragam tema dan gaya.

Baca juga: Komponen Interior Ruang Tamu yang Wajib Dimiliki!

16. Merah Bata

cat ruang tamu warna merah bata
Source : Best Design Books

Merah bata merupakan rona yang mudah digunakan dengan hasil memberikan kehangatannya. Untuk itulah, merah bata memiliki kemampuannya untuk membuat ruangan terasa seperti bawah cahaya buatan menjadikannya pilihan yang bagus untuk banyak ruang tamu. 

Kalau Pins tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi atau lebih dingin, maka merah bata menjadi pilihan ruang tamu yang nyaman. 

17. Pink Salem

cat ruang tamu - pink salem
Source : Homestratosphere

Terakhir adalah pink salem yang juga bagian dari warna pastel dan selaras dengan warna oranye. Sentuhan pink salem yang cenderung lebih soft bisa membuat ruangan terasa menenangkan.

Pins dapat menempelkan dekorasi warna senada di setiap dinding atau sudut-sudut ruangan yang dapat mempercantik seluruh tampilan ruang tamu. Tertarik memakai warna pink salem?

Itulah beberapa warna cat ruang tamu yang akan bikin Pins nyaman. Semoga referensi ini bermanfaat ya!

Feature Source Image: Sainttek


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Vasa Jagakarsa dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download