Apa itu Warna Monokrom? Warna Ini Bisa Buat Rumah Tampak Elegan

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 13 December 2021 ∙ 6 menit membaca

Zaman modern saat ini, warna monokrom kerap diminati banyak orang dalam pengaplikasian cat rumah. Dari sifatnya yang mencerminkan kesederhanaan dan elegan, warna ini sangat cocok bagi Pins yang tidak suka dengan warna yang terlalu mencolok atau nyentrik. Namun sebelum itu, alangkah baiknya Pins simak terlebih dahulu tentang apa itu warna monokrom, warna apa saja yang termasuk sebagai monokrom beserta rekomendasi penerapan warna ini pada rumah Pins. 

Pinhome – Warna pada kehidupan manusia merupakan hal yang sama sekali tidak bisa dipisahkan. Setiap hari, bahkan setiap saat Pins melihat berbagai warna pada setiap benda atau bangunan. Dalam seni rupa, warna memiliki definisi pantulan dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen pada permukaan benda. Setiap warna memiliki interpretasi dan identitas yang berbeda sesuai dengan kondisi pengamatnya. Lebih mengerucut pada konteks konstruksi, pemilihan warna pada interior atau eksterior rumah adalah hal yang sangat penting karena warna menggambarkan suatu identitas si penghuni. 

Apa itu Warna Monokrom?

(Pinterest)

Jika mendengar kata monokrom seringkali yang teringat adalah warna hitam, putih, dan abu-abu. Ternyata pada faktanya warna jenis monokrom juga memiliki warna lainnya lho. Menelisik dari definisinya, monokrom diambil dari kata mono dan chrome yang berarti satu warna. 

Warna monokrom adalah degradasi tone suatu warna dasar yang tidak bercampur dengan warna dasar lainnya. Oleh karena itu tidak hanya warna hitam dan putih saja yang dikatakan sebagai monokrom, melainkan warna lainnya juga yang terdiri dari satu tone warna. 

Penggunaan desain dengan konsep monokrom bukanlah hal yang baru di dunia desain interior. Konsep warna yang sederhana dan berfokus pada minimalis nan elegan ini telah lama dikenal dan berkembang dari masa ke masa. 

Semakin majunya zaman, warna ini telah berevolusi dengan menggunakan warna-warna yang lebih impresif dibandingkan hanya hitam dan putih. Pins dapat menggunakan warna cat interior hijau telur asin atau juga dapat dengan hijau mint, asal masih dalam satu tone warna. Sehingga warna interior rumah yang Pins hasilkan dapat lebih merona namun tetap dengan konsep monokrom. 

Kelebihan Desain Monokrom untuk Interior Rumah Anda

(Qanvast)

Penampilan interior rumah merupakan pilihan yang krusial dan cukup membuat bimbang memilihnya karena dapat mempengaruhi mood bahkan kenyamanan rumah. Seperti yang Pins ketahui di atas bahwa monokrom memiliki cukup banyak jenis warna sebagai pilihan. Namun, selain itu Pins juga perlu mengetahui apa saja kelebihan lain yang dimiliki oleh warna yang elegan ini. 

Baca Juga: 4 Jenis Alat Rumah Tangga yang Harus Kamu Miliki Dirumah

Solusi untuk Rumah Sempit

Jika Pins memiliki hunian dengan ukuran yang kecil dan merasa ruangan pada rumah terlalu sempit, monokrom adalah salah satu solusi yang tepat untuk mengatasinya. Dengan menggunakan warna ini pada cat dinding Pins dapat memberikan kesan yang lebih luas karena corak warna yang minim. Konsep warna ini juga sangat cocok bagi Pins yang ingin membangun rumah dengan gaya ala industrial. 

Baca Juga: 6 Perabotan Rumah yang Harus Dibersihkan

Warna Solid yang Elegan 

Dengan warnanya yang solid dan tidak banyak nyentrik membuat monokrom mudah cocok untuk diaplikasikan pada dekorasi rumah mid century atau kontemporer. Namun, kini penggunaan monokrom lebih banyak dianut oleh dekorasi rumah minimalis. 

Dari warna komponen utama monokrom hitam putih, menjadi salah satu alasan untuk memberikan kesan elegan pada desain interior rumah. 

Dengan warna putih yang dominan menyelimuti dinding rumah sehingga terlihat luas dan penggunaan warna hitam dapat menegaskan aksen desain rumah. Meski pada dasarnya warna ini sederhana, namun kini sudah menjadi simbol mewah minimalis yang berkelas. 

Baca juga: Tips Menggunakan Wallpaper Pada Dinding Rumah

Dekorasi yang Mudah

Interior rumah yang menggunakan varian warna dari konsep monokrom akan terkesan lebih mudah dalam menata dekorasi ruangan. Pemilihan furniture pada ruang tamu dapat menggunakan warna yang juga simple dan tidak ribet. 

Layaknya kanvas kosong yang siap dilukis, ruangan dengan warna yang elegan ini dapat memberikan kesan yang lebih mewah. Pins juga dapat menambahkan komponen kayu pada perabotan rumah seperti lemari pajangan. 

Baca Juga: Cara Menawarkan Pekerjaan Proyek Kepada Kontraktor

Campuran Warna yang Menarik

Monokrom tidak selalu berwarna hitam putih atau abu-abu saja lho. Seperti pada definisinya, monokrom berarti susunan suatu warna yang tone-nya sama. Misal warna hijau, Pins dapat mencampurkan warna hijau tanaman dengan hijau tosca agar mendapatkan warna dinding yang menarik namun tetap dengan konsep monokrom. 

Seperti cat rambut pada manusia yang bisa di “ombre”, monokrom dapat diaplikasikan menjadi gradasi yang serupa namun tidak sama. Dengan begitu Pins dapat memiliki desain interior rumah yang menenangkan namun tidak juga membosankan. 

Baca Juga: Tips Rahasia Agar Pemborong Tidak Melarikan Diri

Inspirasi Desain Interior Rumah dengan Konsep Monokrom

Setelah mengetahui informasi tentang kelebihan dari warna konsep monokrom pastinya membuat Pins penasaran seperti apa contoh desain interior unik yang menerapkan konsep ini. Berikut dibawah ini beberapa inspirasi penerapan konsep monokrom yang dapat Pins lakukan pada interior rumah. 

Desain Ruang Tamu

(Qanvast)

Inspirasi pertama yang dapat Pins aplikasikan pada interior rumah adalah desain ruang tamu. Ruang tamu merupakan interpretasi utama pada sebuah hunian. Maka dari itu, penerapan konsep monokrom seperti memadukan warna hitam dan putih akan sangat memberikan kesan yang elegan. 

Ruang tamu juga dapat Pins gunakan sofa dengan desain yang sederhana dan minimalis. Pilih warna yang serupa dengan warna dinding supaya tidak merusak tema. Untuk hiasan, Pins juga bisa menambahkan vas bunga dengan tanaman hijau yang berperan sebagai penyeimbang warna yang monoton. 

Baca Juga: Tips Sebelum Memilih Desain Rumah Modern

Desain Dapur

(Pinterest)

Dengan menggunakan konsep monokrom akan membuat dapur Pins terlihat lebih simple. Tidak seperti dapur pada umumnya yang berantakan, paduan warna ini akan memberikan kesan yang rapi dan bersih. 

Pins dapat menggunakan kabinet berwarna hitam yang bergantung di atas sink tempat cuci piring. Untuk menambah kesan kekeluargaan, Pins juga bisa menambahkan meja makan warna hitam dengan beberapa bangku. Cat pada dinding cukup menggunakan warna putih untuk menambah kesan bersih. 

Monokrom Warna Pink

(Pinterest)

Inspirasi desain interior monokrom yang satu ini sangat cocok bagi Pins yang menyukai warna-warna imut. Monokrom warna pink dapat Pins terapkan pada ruang bersantai di rumah. 

Padukan dengan sofa lembut berbulu warna pink dan beberapa ornamen lain seperti tumbuhan palsu yang juga berwarna pink. Pada dinding bisa menggunakan batako yang tersusun rapi dan dicat dengan warna pink yang lebih muda. 

Itulah informasi mengenai apa itu warna monokrom, Kelebihan dari campuran warna ini, dan beberapa inspirasi desain interior dengan konsep monokrom untuk rumah Pins. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Simak Desain Rumah Modern 2020


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Ukuran meja dapur ideal akan memudahkan mobilitas dan aktivitas. Khususnya pada dapur yang memiliki

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Sekat dapur minimalis tak harus menggunakan bahan-bahan mahal. Pemilihan desain dan materialnya mam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia