BlogPemilik PropertiDesain HunianEksplorasi Keindahan dengan Warna Monokrom
0
0

Eksplorasi Keindahan dengan Warna Monokrom

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Feb 26, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
warna monokromtop-right-banner

Zaman modern saat ini, warna monokrom kerap diminati banyak orang dalam pengaplikasian cat rumah. Dari sifatnya yang mencerminkan kesederhanaan dan elegan, warna ini sangat cocok bagi Pins yang tidak suka dengan warna yang terlalu mencolok atau nyentrik.

Warna ini juga sering digunakan pada rumah mewah di berbagai kota. Melalui PinValue kamu bisa menemukan hunian sesuai budget dekat kolam renang Cihanjawar, rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence dan lainnya.

Namun sebelum itu, alangkah baiknya Pins simak terlebih dahulu tentang apa itu warna monokrom, warna apa saja yang termasuk sebagai monokrom beserta rekomendasi penerapan warna ini pada rumah Pins. 

Apa itu Warna Monokrom?

(Pinterest)

Warna pada kehidupan manusia merupakan hal yang sama sekali tidak bisa dipisahkan. Setiap hari, bahkan setiap saat Pins melihat berbagai warna pada setiap benda atau bangunan.

Dalam seni rupa, warna memiliki definisi pantulan dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen pada permukaan benda. Setiap warna memiliki interpretasi dan identitas yang berbeda sesuai dengan kondisi pengamatnya.

Lebih mengerucut pada konteks konstruksi, pemilihan warna pada interior atau eksterior rumah adalah hal yang sangat penting karena warna menggambarkan suatu identitas si penghuni. Jika mendengar kata monokrom seringkali yang teringat adalah warna hitam, putih, dan abu-abu.

Ternyata pada faktanya warna jenis monokrom juga memiliki warna lainnya lho. Menelisik dari definisinya, monokrom diambil dari kata mono dan chrome yang berarti satu warna. 

Warna monokrom adalah degradasi tone suatu warna dasar yang tidak bercampur dengan warna dasar lainnya. Oleh karena itu tidak hanya warna hitam dan putih saja yang dikatakan sebagai monokrom, melainkan warna lainnya juga yang terdiri dari satu tone warna. 

Penggunaan desain dengan konsep monokrom bukanlah hal yang baru di dunia desain interior. Konsep warna yang sederhana dan berfokus pada minimalis nan elegan ini telah lama dikenal dan berkembang dari masa ke masa. 

Semakin majunya zaman, warna ini telah berevolusi dengan menggunakan warna-warna yang lebih impresif dibandingkan hanya hitam dan putih. Pins dapat menggunakan warna cat interior hijau telur asin atau juga dapat dengan hijau mint, asal masih dalam satu tone warna. Sehingga warna interior rumah yang Pins hasilkan dapat lebih merona namun tetap dengan konsep monokrom. 

Baca juga: 4 Jenis Alat Rumah Tangga yang Harus Kamu Miliki Dirumah

Kelebihan Desain Monokrom Untuk Interior Rumah

(Qanvast)

Penampilan interior rumah merupakan pilihan yang krusial dan cukup membuat bimbang memilihnya karena dapat mempengaruhi mood bahkan kenyamanan rumah. Seperti yang Pins ketahui di atas bahwa monokrom memiliki cukup banyak jenis warna sebagai pilihan. Namun, selain itu Pins juga perlu mengetahui apa saja kelebihan lain yang dimiliki oleh warna yang elegan ini. 

Baca juga: 6 Perabotan Rumah yang Harus Dibersihkan

1. Solusi Rumah Sempit

Jika Pins memiliki hunian dengan ukuran yang kecil dan merasa ruangan pada rumah terlalu sempit, monokrom adalah salah satu solusi yang tepat untuk mengatasinya. Dengan menggunakan warna ini pada cat dinding Pins dapat memberikan kesan yang lebih luas karena corak warna yang minim. Konsep warna ini juga sangat cocok bagi Pins yang ingin membangun rumah dengan gaya ala industrial. 

2. Warna Solid yang Elegan 

Dengan warnanya yang solid dan tidak banyak nyentrik membuat monokrom mudah cocok untuk diaplikasikan pada dekorasi rumah mid century atau kontemporer. Namun, kini penggunaan monokrom lebih banyak dianut oleh dekorasi rumah minimalis. 

Dari warna komponen utama monokrom hitam putih, menjadi salah satu alasan untuk memberikan kesan elegan pada desain interior rumah

Dengan warna putih yang dominan menyelimuti dinding rumah sehingga terlihat luas dan penggunaan warna hitam dapat menegaskan aksen desain rumah. Meski pada dasarnya warna ini sederhana, namun kini sudah menjadi simbol mewah minimalis yang berkelas. 

3. Dekorasi yang Mudah

Interior rumah yang menggunakan varian warna dari konsep monokrom akan terkesan lebih mudah dalam menata dekorasi ruangan. Pemilihan furniture pada ruang tamu dapat menggunakan warna yang juga simple dan tidak ribet. 

Layaknya kanvas kosong yang siap dilukis, ruangan dengan warna yang elegan ini dapat memberikan kesan yang lebih mewah. Pins juga dapat menambahkan komponen kayu pada perabotan rumah seperti lemari pajangan. 

Baca juga: Tips Menggunakan Wallpaper Pada Dinding Rumah

4. Campuran Warna yang Menarik

Monokrom tidak selalu berwarna hitam putih atau abu-abu saja lho. Seperti pada definisinya, monokrom berarti susunan suatu warna yang tone-nya sama. Misal warna hijau, Pins dapat mencampurkan warna hijau tanaman dengan hijau tosca agar mendapatkan warna dinding yang menarik namun tetap dengan konsep monokrom. 

Seperti cat rambut pada manusia yang bisa di “ombre”, monokrom dapat diaplikasikan menjadi gradasi yang serupa namun tidak sama. Dengan begitu Pins dapat memiliki desain interior rumah yang menenangkan namun tidak juga membosankan. 

Inspirasi Desain Interior Rumah dengan Konsep Monokrom

Setelah mengetahui informasi tentang kelebihan dari warna konsep monokrom pastinya membuat Pins penasaran seperti apa contoh desain interior unik yang menerapkan konsep ini. Berikut dibawah ini beberapa inspirasi penerapan konsep monokrom yang dapat Pins lakukan pada interior rumah. 

1. Desain Ruang Tamu

(Qanvast)

Inspirasi pertama yang dapat Pins aplikasikan pada interior rumah adalah desain ruang tamu. Ruang tamu merupakan interpretasi utama pada sebuah hunian. Maka dari itu, penerapan konsep monokrom seperti memadukan warna hitam dan putih akan sangat memberikan kesan yang elegan. 

Ruang tamu juga dapat Pins gunakan sofa dengan desain yang sederhana dan minimalis. Pilih warna yang serupa dengan warna dinding supaya tidak merusak tema. Untuk hiasan, Pins juga bisa menambahkan vas bunga dengan tanaman hijau yang berperan sebagai penyeimbang warna yang monoton. 

Baca juga: Tips Sebelum Memilih Desain Rumah Modern

2. Desain Dapur

(Pinterest)

Dengan menggunakan konsep monokrom akan membuat dapur Pins terlihat lebih simple. Tidak seperti dapur pada umumnya yang berantakan, paduan warna ini akan memberikan kesan yang rapi dan bersih. 

Pins dapat menggunakan kabinet berwarna hitam yang bergantung di atas sink tempat cuci piring. Untuk menambah kesan kekeluargaan, Pins juga bisa menambahkan meja makan aesthetic warna hitam dengan beberapa bangku. Cat pada dinding cukup menggunakan warna putih untuk menambah kesan bersih. 

3. Monokrom Warna Pink

(Pinterest)

Inspirasi desain interior monokrom yang satu ini sangat cocok bagi Pins yang menyukai warna-warna imut. Monokrom warna pink dapat Pins terapkan pada ruang bersantai di rumah. 

Padukan dengan sofa lembut berbulu warna pink dan beberapa ornamen lain seperti tumbuhan palsu yang juga berwarna pink. Pada dinding bisa menggunakan batako yang tersusun rapi dan dicat dengan warna pink yang lebih muda. 

Itulah informasi mengenai apa itu warna monokrom, Kelebihan dari campuran warna ini, dan beberapa inspirasi desain interior dengan konsep monokrom untuk rumah Pins. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Tips Rahasia Agar Pemborong Tidak Melarikan Diri


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Nismara Harapan Indah dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download