Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Kenali Jenis-Jenis Lantai Kayu Parket Untuk Rumah Manis Anda

Kenali Jenis-Jenis Lantai Kayu Parket Untuk Rumah Manis Anda

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 6 May 2021 ∙ 5 menit membaca

Penggunaan lantai kayu pada rumah memang terbukti mempercantik interior maupun eksterior di dalam hunian. Hal tersebut dikarenakan kayu memiliki nilai estetika yang cukup tinggi untuk membangun suasana tersendiri pada ruangan. Warna dan coraknya pun beragam dan bervariasi. Tentunya, Anda bisa menggunakan jenis-jenis lantai kayu parket sebagai pilihan.

Pinhome – Pemilihan jenis lantai berbahan kayu pada hunian memang beragam. Anda harus dengan benar memilih mana jenis terbaik sesuai fungsinya pada rumah. Hal tersebut untuk meminimalisir kerusakan pada lantai jika tidak disesuaikan fungsinya dengan benar. Merawat lantai pun tidak dapat dikatakan mudah lho Pins! Maka dari itu untuk sebagian orang, mengaplikasikan lantai dari kayu pada rumah bisa menjadi hal yang menyulitkan.

Baca Juga:

Jenis-Jenis Lantai Kayu Parket

Sebelum Anda mengenal jenis-jenis lantai dari kayu yang dijual di pasaran, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu bentuk-bentuknya. Bentuk lantai sendiri dapat berupa parquet/ parket (susunan lantai yang dapat membuat pola), plank (terdiri dari tiga lembar sekaligus), dan strip.

Lantai Berbahan Dasar Kayu Solid

jenis jenis lantai kayu parket
(gudangparquet.net)

Material ini berbahan dasar kayu solid dibuat dari bahan kayu asli. Jenis kayu ini sudah disunting berulang kali dan memiliki ketebalan 5/8 – 3/4 inchi. Lantai berbahan kayu solid biasanya berupa strip atau papan memanjang yang tidak tahan akan kelembaban ruangan berlebih. Ini akan membuat lantai menjadi lapuk dan tidak tahan lama. Jenis lantai tempel ini tidak cocok digunakan di ruangan outdoor yang terpapar cuaca yang ekstrim.

Kelebihan dari kayu ini adalah anda dapat mengamplasnya kembali agar warna kayu terlihat seperti baru bila sudah mulai memudar. Jadi, Pins tidak perlu khawatir bila sudah memakai kayu ini dalam jangka waktu yang lama karena dapat terlihat seperti baru kembali.

Baca Juga:

Lantai Berbahan Kayu Laminate

(asiaflooring.com)

Nah, pilihan lain untuk anda yang ingin menggunakan pada ruangan dengan suhu rendah, Pins bisa memilih jenis lantai dari kayu tempel laminate. Lantai satu ini terbuat dari serbuk kayu dipadatkan dalam suhu yang cukup tinggi. Dengan proses pemanasan tersebut, lantai laminate semakin keras dan tahan digunakan pada ruangan dengan kelembapan yang tinggi.

Lantai berbahan Kayu Engineered

jenis jenis lantai kayu parket
(Harga123.com)

Terbuat dari kayu asli, lantai berbahan engineered biasanya dibuat berlapis-lapis saat pengaplikasian pada ruangan. Cocok digunakan di semua jenis ruangan pada hunian, lantai ini tahan lama dan tidak mudah rusak. Hal tersebut dikarenakan pemasangannya yang berlapis-lapis dan biasanya menggunakan metode finishing jenis UV yang dikeringkan menggunakan cahaya ultraviolet, maka dari itu kekerasan lantai ini tidak perlu diragukan lagi.

Baca Juga:

Unfinished Hardwood Floor

(Tokopedia)

Untuk anda yang ingin menggunakan lantai ini pada ruangan dapur, unfinished hardwood floor dapat menjadi pilihan. Jenis ini membebaskan anda untuk bereksplorasi dengan menyusun potongan kayu dan warna sesuai selera. Motifnya yang original membuatnya berwarna layaknya batang kayu pada umumnya. 

Baca Juga:

Finished Hardwood Floor

jenis jenis lantai kayu parket
(Builder.id)

Berbeda unfinished hardwood floor, lantai satu ini cocok untuk anda yang memerlukan waktu yang cukup singkat dalam pemasangan lantai kayu. Lantai kayu tempel satu ini sudah melalui proses yang cukup panjang di pabrik. Teknik pengamplasan yang sempurna, menjadikan jenis lantai finished hardwood floor memiliki permukaan yang halus dan mudah diaplikasikan pada lantai rumah anda.

Baca Juga:

Stiker Lantai dengan Motif Serat Kayu

(id.aliexpress.com)

Terakhir, ada lantai dengan jenis harga yang cukup terjangkau. Stiker ini digunakan pada jenis ruangan temporary dan juga ruangan yang tidak memerlukan perawatan berlebih. Contohnya seperti ruangan mushola kecil di rumah, kamar kos maupun mezzanine. Tapi bila anda ingin memakainya pada ruangan biasa di dalam rumah, stiker tersebut menjadi pilihan terbaik dalam mengirit kantong. Motif dan warnanya pun beragam, cocok untuk menjadi pendukung kecantikan dekorasi ruangan.

Bahan yang digunakan dalam stiker ini biasanya adalah vinyl. Terbuat dari bahan kimia pencampuran PVC, lantai ini berbentuk lembaran maupun potongan. Selain itu stiker vinyl memiliki ragam jenis diantaranya vinyl roll (jenis stiker kayu berbentuk layaknya karpet dan memiliki motif yang menarik), vinyl tile (stiker ini menyerupai keramik dengan motif yang beragam, mulai dari motif kayu, bata, hingga keramik) dan vinyl plank (bentuk parket yang tersedia dalam jenis persegi panjang).

Itulah beberapa jenis kayu parket hingga stiker yang cocok untuk menghiasi rumah anda. Cobalah untuk diskusikan dengan ahli lebih dalam untuk mencari kecocokan jenis lantai pada setiap ruangannya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel