Rekomendasi Desain Ruang Tamu Mewah untuk Hunian Kamu - Pinhome

Pinhome

Rekomendasi Desain Ruang Tamu Mewah

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 8 December 2021 ∙ 8 menit membaca

Pinhome – Mempunyai rumah indah yang tidak membosankan tentulah keinginan semua orang. Dengan memiliki rumah yang nyaman serta cantik akan sangat memanjakan dan menjadikan waktu yang dimiliki bersama keluarga semakin berkualitas. 

Mungkin Pins cukup bingung memikirkan bagaimana cara menyulap rumah Pins menjadi tempat yang sangat menarik. Ruangan yang sangat penting untuk Pins perhatikan tatanan dan estetikanya adalah ruang tamu. 

Ruang tamu adalah ruangan yang sangat krusial statusnya di dalam rumah. Untuk mengindikasikan keharmonisan hubungan anggota keluarga dapat Pins lihat dari seberapa sering intensitas berkumpulnya keluarga di ruang tamu mereka. 

Komponen interior ruang tamu yang mewah dengan desain yang kekinian akan menjadi pilihan yang tepat untuk Pins terapkan pada ruang tamu rumah Pins. Pada ruang tamu yang mewah Pins dapat temukan pemilihan furniture yang elegan. 

Selain itu, sering kali juga terdapat ornamen tambahan seperti lampu gantung dan jam besar berdiri berbahan kayu jati yang menambah kemewahan pada ruang tamu. Berikut artikel ini akan memberikan rekomendasi desain ruang tamu mewah yang dapat Pins jadikan referensi. 

Baca juga: Apa Sih Ruang Tamu Minimalis Itu? Kamu Bisa Lakukan Hal Simpel Ini Untuk Mendapatkannya

Baroque

ruang tamu mewah
(Pinterest)

Desain mewah pertama yang dapat Pins terapkan untuk ruang tamu rumah Pins adalah dengan konsep Baroque. Konsep Baroque pertama muncul dan digunakan orang pada awal abad 17. 

Karakter dari konsep ini lebih menunjukkan pada kerumitan desain atau motif yang diterapkan pada perabotan ruang tamunya. Pada zaman di mana konsep ini ditemukan, Baroque kerap digunakan oleh para bangsawan karena melambangkan kemewahan dan kedudukan yang tinggi. 

Kemewahan konsep Baroque tertera jelas pada pemilihan furniture yang bersifat kuat. Karena desainnya yang terkesan rumit, untuk mengimbanginya Pins dapat menggunakan cat dinding yang sederhana seperti warna kuning atau warna krem. 

Baca juga: Tips Renovasi Ruang Makan Agar Terlihat Lebih Indah

Monokrom

(Pinterest)

Desain monokrom sangat cocok bagi Pins yang menginginkan ruang tamu mewah namun tetap menjaga sisi minimalis dari konsepnya. Warna putih, hitam, atau abu-abu yang berpadu sangat mencerminkan keeleganan sekaligus memancarkan sisi kebersihan pada furnitur ruang tamu. Unsur minimalis dari konsep monokrom dapat Pins padukan dengan meja kaca di tengah sofa dan bangku ruang tamu. 

Gaya Maroko

ruang tamu mewah
(Pinterest)

Desain ruang tamu selanjutnya adalah gaya serapan dari negara Maroko yang sangat menarik. Interior pada konsep Maroko ini mengedepankan keunikan dan kehangatan yang berdasar pada khas negara Maroko sendiri. 

Negara yang diapit oleh dua benua, Eropa dan Afrika ini biasa menggunakan bantal besar bermotif unik yang diletakkan di tengah ruang tamu sebagai penambah tempat duduk selain kursi. 

Konsep ruang tamu Maroko ini ternyata dapat Pins tambahkan banyak variasi lho. Selain bantal-bantal besar untuk duduk lesehan, Pins juga dapat menggunakan hammock yang digantung di dinding untuk menambah spot santai di ruang tamu. Pins juga bisa meletakkan macam-macam ornamen ruang tamu khas Timur Tengah yang dapat menambah keeksotisan ruang tamu Pins. 

Gaya Bohemian

(Pinterest)

Bohemian atau biasa disebut dengan istilah boho adalah sebuah konsep desain yang sangat ampuh untuk Pins yang ingin mengubah kesan monoton pada ruang tamu rumah Pins. Seperti yang terlihat pada macam warna di Bohemian, konsep desain ini memiliki gaya yang diadopsi dari budaya gipsi.

Di balik gaya Bohemian yang nyentrik ini ternyata juga terdapat beberapa jenis yang terpisah lho. Salah satunya adalah gaya Bohemian Earthy tone dan Bohemian Mexican style. 

Tetap pada khas Bohemian yang kaya akan warna yang bertabrakan, namun sedikit perbedaan dua jenis tersebut terletak pada ornamen tambahan di dinding atau di meja ruang tamu. 

Seperti pada konsep Bohemian Mexican Style, Pins akan menemukan beberapa ornamen yang tambahan yang menjadi ciri asli ala Mexico mulai dari karpet lantai, sarung bantal, sampai kain alas pada sofa. 

Baca Juga: Tips Desain Ruang Tamu Minimalis

Nuansa Jepang

ruang tamu mewah
(Pinterest)

Inspirasi desain ruang tamu mewah tidak melulu dari negara benua Eropa atau Amerika, negara benua Asia juga dapat Pins jadikan pilihan yang tepat. Gaya desain nuansa Jepang adalah salah satu pilihan terbaik bagi Pins yang ingin mengubah ruang tamu Pins menjadi ruang tamu mewah kekinian. Ruang tamu gaya Jepang terkesan mengutamakan privasi yang menjadi ciri khas pada desain ini.

Penggunaan kayu yang dominan pada interior ruangan menjadikan ruang tamu Pins tidak hanya mewah melainkan juga berkesan menyatu dengan alam. Warna yang biasa terdapat pada desain nuansa Jepang adalah warna natural seperti coklat-coklat pada kayu atau warna hijau yang menyelimuti furnitur ruang tamu

Namun uniknya, desain nuansa Jepang ini sangat berbeda dengan konsep ruang tamu yang lainnya karena tidak terdapat kursi. Keunikan tersebut diadopsi dari budaya orang Jepang yang gemar duduk lesehan ketika makan atau berkumpul dengan keluarga. 

Baca Juga: Desain Ruang Tamu yang Nyaman

Modern Klasik

ruang tamu mewah
(Pinterest)

Konsep satu ini merupakan konsep desain yang sangat laku digandrungi banyak orang di rumahnya. Gaya modern klasik ini tidak sepenuhnya klasik, terdapat beberapa perubahan pada furnitur yang terkesan modern. Gaya ini cocok untuk Pins yang tidak terlalu mau menunjukkan sisi klasik yang tua. 

Pada ruang tamu Pins bisa dapatkan sofa dan kursi yang berdesain tanpa detail atau tidak rumit seperti kursi desain klasik asli. Meja di tengah ruang tamu bisa Pins ganti dengan meja berbahan marmer yang cantik. Untuk menjaga kesan klasik, Pins perlu memilih lis plafon yang berukiran unik atau menambahkan lampu gantung besar seperti zaman bangsawan terdahulu. 

Baca Juga: Cara Menghitung Volume Pondasi Batu Kali

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menata Ruang Tamu

Untuk mereka yang memiliki ruang tamu luas, tentu akan sangat mudah untuk mendekorasinya sedemikian rupa karena memiliki area yang luas. Desain ruang tamu seperti apapun tentu tidak akan jadi soal. Namun, bagi mereka yang memiliki ruang tamu yang sempit dan kecil, hal ini menjadi problem tertentu bagaimana cara memaksimalkannya. Butuh upaya untuk mengemas sebuah ruangan kecil agar tampil cantik dan bisa mengesankan. Tetapi tahukah Anda bahwa ruang tamu yang kecil sebenarnya memberi kemudahan untuk diatur sedemikian rupa?

Agar kita bisa mendapatkan desain ruang tamu mewah, ada beberapa hal yang mesti kita ingat sebelum dan ketika merancang ruang tamu idaman di rumah kita:

  • Kita harus memerhatikan luas ruang tamu. Jika ruang tamu sempit, maka usahakan agar jangan ada banyak furnitur di dalamnya sehingga tidak menyebabkan ruangan menjadi semakin sempit. Kita bisa memilih sofa yang simpel dan tidak bercorak, kemudian kita bisa menaruh meja sudut di sudut ruangan sebagai tempat menaruh perhiasan dan vas bunga sebagai hiasan ruangan tamu kita.
  • Sirkulasi udara di ruang tamu sangat penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, pertukaran udara di dalam ruang tamu harus cukup. Bagaimanapun elegannya desain ruang tamu mewah yang kita miliki, jika tidak ada sirkulasi udara yang cukup dan pengap tentu akan membuat tamu menjadi tidak nyaman dan merasa tidak sehat. Supaya tamu betah berlama-lama di ruang tamu maka kita bisa menambahkan kesan natural pada desain ruang tamu kita.

Baca Juga: Cara Menghitung Volume Kolom Beton Bertulang

Tips Menata Ruang Tamu agar Terlihat Mewah

Tips desain ruang tamu mewah berikut ini juga akan membantumu untuk memilah-milah furnitur / komponen mana yang mesti ada di ruang tamu atau tidak :

  • Sofa adalah bagian penting dari komponen ruang tamu. Memang ada juga ruang tamu yang didesain tanpa sofa, hanya duduk secara natural atau melantai di ruang tamu. Namun bagi mereka pecinta interior ruang tamu makan sofa merupakan sesuatu yang wajib. Ketika memilih sofa untuk ruang tamu, pilihlah sofa dengan bahan lembut dan tidak keras dan sakit serta tidak berbau tidak sedap agar tamu bisa nyaman duduk. Selain kualitas sofa yang kita miliki, kesesuai warna antara sofa, furnitur lainnya serta tema ruangan sendiri pun harus cocok.
  • Komponen utama lainnya dalam desain ruang tamu mewah adalah meja. Umumnya, meja memang sudah sepaket dengan sofa yang kita beli. Untuk meja sudut sebagai tempat hiasan, kita bisa memilih warna turunan dari sofa.
  • Hiasan dinding pada ruangan pun akan mempercantik ruangan. Jika ruangan kosong melompong juga akan membuat bosan tamu, oleh karena itu silakan tambahkan hiasan seperti lukisan atau foto di ruang tamu.

Itulah beberapa rekomendasi desain ruang tamu mewah yang bisa Pins jadikan referensi untuk merenovasi rumah Pins. Setiap konsep memiliki ciri khasnya masing-masing, ada baiknya Pins dapat memilih dengan bijak supaya mendapatkan hasil maksimal sesuai keinginan. Semoga bermanfaat. 

Baca Juga: 13 Warna Cat Interior Rumah agar Terlihat Lebih Hangat


Temukan pilihan rumah baru di karawang terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel