BlogPemilik PropertiDesain Hunian22 Contoh Desain Kamar Tidur Anak yang Menarik dan Nyaman
0
0

22 Contoh Desain Kamar Tidur Anak yang Menarik dan Nyaman

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Agu 8, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain kamar tidur anak merupakan bagian yang sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak. Selain sebagai tempat istirahat, kamar tidur tempat untuk menghabiskan banyak waktu untuk bermain, belajar, dan sejumlah aktivitas lainnya. Mengingat begitu banyaknya aktivitas anak yang dilakukan di kamar tidur, Pins harus dengan matang membuat desain kamar tidur anak.

Dengan memiliki kamar tidur sendiri, anak juga mulai dibiasakan mandiri dan bertanggung jawab terhadap barang yang dimilikinya. Pins bisa membuat kamar tidur anak minimalis untuk memanfaatkan ruang dengan baik namun tetap menarik. Berikut ini 8 contoh desain kamar tidur anak yang menarik.

Baca Juga: 

Desain Kamar Tidur Anak Dominan Biru

Desain kamar tidur anak
Source : Rupa Rupa

Desain kamar tidur ini dibuat dengan dominasi warna biru yang membuat nyaman. Untuk memudahkan pengawasan, Pins bisa membuat kamar tidur anak tidak berdekatan dengan pintu utama. Selain itu, upayakan memberikan pelindung pada pintu untuk menghindari anak terjepit pintu.

Desain kamar Tidur Anak Mezzanine

Desain Kamar Tidur Anak
Source : Ecotek

Pins bisa membuat kamar tidur dengan desain mezzanine. Desain ini juga memiliki keunggulan dalam sirkulasi udara yang lancar. Selain itu dengan adanya jendela besar juga akan membuat cahaya matahari lebih mudah masuk ke dalam kamar.

Desain Kamar Tidur Anak 2 Tingkat

Desain kamar tidur anak
Source : Kids Republik

Desain ketiga bisa Pins buat dengan tempat tidur bertingkat. Kamar ini sangat cocok bagi Pins yang memiliki dua anak namun memiliki keterbatasan ruangan.

Untuk membuat desain ini, pastikan tinggi furnitur terjangkau oleh tinggi badan anak. Selain itu pilihlah furnitur yang berbahan kokoh dan tidak mudah roboh karena anak biasanya gemar memanjat. Agar anak tidak mudah terjepit, hindari furnitur yang detailnya banyak memiliki bagian sempit. Pastikan furnitur tersebut tidak memiliki bagian yang kasar ataupun tajam serta bebas toksin sehingga tidak menyebabkan alergi pada anak.

Desain Kamar Tidur Anak Minimalis

Desain kamar tidur anak
Source : Shutterstock

Untuk membuat desain minimalis, Pins harus pandai memilih warna yang tepat. Pemilihan warna pada desain kamar tidur anak sangat penting karena anak harus menyukai warna yang Pins pilih.

Ada baiknya Pins memberi warna dinding kamar anak berdasarkan warna favorit mereka. Sebaiknya Pins memilihkan warna yang memberikan kesan ceria dan bersemangat. Lengkapi pula kamar tidur anak dengan aksesoris kegemaran mereka. Bisa berupa mainan anak, majalah, buku, VCD, dll.

Baca Juga: 14 Inspirasi Dekorasi Kamar Tidur Sempit

Desain Kamar Tidur Anak Gaya Playground

Desain kamar tidur anak
Source : Pacific Paint

Desain ini menghadirkan kesan taman bermain di dalam kamar. Untuk membuat desain ini Pins harus memastikan lantai kamar anak rata dan tidak licin. Hal ini bisa menghindarkan anak dari cedera ketika mereka sedang asyik bermain.

Desain Kamar Tidur Anak Serba Putih

Desain kamar tidur anak
Source : Avian Brands

Bila satu kamar diisi lebih dari satu anak, Pins bisa menempatkan tempat tidur yang berbeda di dalam satu kamar. Bisa dibuat bertingkat ataupun terpisah. Paduan warna putih akan membuat kamar jauh lebih menenangkan.

Desain Kamar Tidur Anak Dominan Ungu

Desain kamar tidur anak
Source : Housedecorin

Warna ungu merupakan warna yang indah untuk dipandang. Desain ini akan membantu Pins membuat kamar yang bisa menyimpan banyak barang. Jika anak menyimpan mainannya di dalam kamar, berikan tempat penyimpanan tersendiri pada desain kamar tidur anak.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Minimalis Klasik

Desain Kamar Tidur Anak Ala Korea

Desain kamar tidur anak
Source : Shutterstock

Desain ala Korea saat ini memang menjadi banyak pilihan. Desain ini menampilkan kesan indah namun tetap simpel. Dengan menerapkan desain ini, Pins akan menghadirkan kamar yang estetik.

Desain Kamar Tidur Anak Warna Pink

Desain kamar tidur anak
Source : Shutterstock

Kamar ini bisa Pins tempatkan untuk anak perempuan maupun anak laki-laki. Desainnya yang simpel membuat kamar menjadi lebih luas.

Desain Kamar Tidur Anak Hangat

desain kamar tidur anak
Source : Shutterstock

Desain minimalis namun ceria dan menghangatkan untuk anak-anak dapat dicapai dengan menggunakan warna coral yang merujuk pada biota laut. Untuk menambah kenyamanan, padukan dengan interior sederhana seperti lampu, tirai, dan karpet pada area bawah tempat tidur.

Desain Kamar Tidur Anak Warna Kuning

desain kamar tidur anak
Source : Shutterstock

Untuk anak yang sulit berkonsentrasi saat belajar, aplikasikan warna kuning terang sebagai pilihan warna cat kamarnya. Warna ini dapat merangsang otak anak agar lebih fokus dan merekam informasi dengan lebih baik. Selain itu, warna cerah ini dapat membangkitkan energi positif, kebahagiaan, dan optimisme. Agar tampak lucu, gunakan motif hati berwarna ungu sebagai perpaduannya.

Desain Kamar Tidur Anak Warna Lembut

Source : Shutterstock

Untuk kamar tidur anak perempuan, warna lembut dapat digunakan sebagai pilihan warna yang cantik dan populer. Agar ruangan tidak monoton, gunakan perpaduan warna lain seperti putih, abu-abu, kuning, dan hijau sebagai pemanis.

Desain Kamar Tidur Anak Lucu

desain kamar tidur anak
Source : Shutterstock

Untuk anak yang sedang dalam masa perkembangan, kamar yang dilengkapi dengan aneka mainan lucu dapat menyenangkan mereka. Dengan begitu, kamar tidak hanya nyaman digunakan untuk bermain, tapi juga membawa kesan yang hidup.

Desain Kamar Tidur Anak Ungu

desain kamar tidur anak
Source : Shutterstock

Jangan ragu untuk mengaplikasikan warna ungu pada dinding kamar anak, karena hal ini dapat membuat ruangan terlihat lebih luas, terutama pada ruangan yang kecil. Selain itu, perpaduan warna pastel dapat membuat ruangan menjadi lebih terang, bersih, dan cantik.

Desain Kamar Tidur Anak yang Sendirian

desain kamar tidur anak
Source : Shutterstock

Desain ini cocok untuk kamar anak yang sendirian. Pins bisa menggunakan kasur single dan meja belajar yang agak besar.

Desain Kamar Tidur Anak Gamer

kamar tidur gamer
Source : shutterstock

Kamar ini cocok sekali untuk anak Pins yang suka bermain game. Pins bisa menambahkan lampu LED atau RGB yang membuat kesan gaming semakin terasa.

Desain Kamar Tidur Anak Luar Angkasa

kamar luar angkasa
Source : Shutterstock

Desain ini sangat cocok untuk anak yang menyukai hal-hal luar angkasa. Pins bisa menempatkan mainan dengan ciri khas luar angkasa dan dikombinasikan warna cat gelap.

Desain Kamar Tidur Anak Tema Musik

desain kamar tidur anak tema musik
Source : Shutterstock

Desain ini sangat cocok untuk anak yang sangat menyukai bermain musik. Pins bisa menempatkan dinding yang bisa coret agar anak bisa mengekspresikan dirinya.

Desain Kamar Tidur Anak Tema Camping

kamar tema camping
Source : Shutterstock

Desain ini akan membangkitkan rasa petualang anak. Pins bisa menambahkan tenda kecil di kasur untuk memperkuat kesan camping pada kamar.

Desain Kamar Tidur Anak Artsy

desain kamar tidur anak
Source : Shutterstock

Desain ini akan memberikan kesan artsy pada kamar. Paduan lukasi pada kamar akan memberikan rasa seni yang tinggi. Pins juga bisa menggunakan furniture dengan desain unik agar semakin menarik.

Desain Kamar Tidur Anak Tema Transportasi

desain kamar tidur transportasi
Source : Shutterstock

Desain ini sangat cocok untuk anak laki-laki. Kamar bisa menjadi arena bermain anak dengan pernak-pernik transportasinya.

Desain Kamar Tidur Anak Sepakbola

desain kamar sepakbola
Source : Shutterstock

Jika anak Pins menyukai sepakbola, desain ini akan benar-benar cocok. Poster stadion bisa ditempatkan pada dinding kamar.

Strategi Dekorasi Kamar Anak

Di zaman yang serba modern ini perkembangan ilmu tata interior semakin maju, berbagai gambar desain kini sudah bermunculan dengan gaya unik dan modern.

Dekorasi kamar anak menjadi perhatian para pelaku designer Interior untuk merancang kamar yang nyaman untuk anak beristirahat dan betah berlama-lama tinggal didalamanya.

Sedikit sentuhan tambahan ide dari anak akan membuat kamar yang cantik untuk putra dan putri kesayangan. Memberi tema atau desain kamar anak-anak tentu sangat penting karena berpengaruh terhadap psikologi dan kebiasaan anak.

Tema yang feminim akan membentuk anak perempuanmu lebih suka hal-hal yang lembut dan keindahan, sedangkan tema action pada kamar laki-laki membuatnya lebih berani untuk mencoba hal yang baru.

Kamar anak laki-laki pasti memiliki dekorasi kamar lebih minimalis dan untuk desain kamar anak perempuan biasanya desain kamar lebih terlihat feminin. Untuk memberikan dekorasi kamar yang tepat, harap mengajak anak untuk memilih atau mendesian kamarnya sendiri dan biarkan imajinasi mereka berkembang.

Berikut beberapa strategi dalam merancang desain dekorasi kamar anak, antara lain :

Tema kamar

Warna yang dipakai untuk kamar anak ini biasanya menggunakan warna yang lebih hidup dari kombinasi beberapa warna atau warna ceria seperti kamar warna pink, merah, kuning, orange, salem, hijau muda dan biru laut.

Dekorasi dinding kamar

Menggunakan dekorasi pada dinding untuk kamar anak. Kita bisa menggunakan walppaper dinding kamar tidur tertentu sebagai dekorasi untuk dinding kamar.

Penggunaan wallpaper dinding yang cantik dan lucu, harus disesuaikan dengan permintaan anak. Keuntungan menggunakan wallpaper dinding ini yaitu lebih mudah untuk diganti-ganti di masa yang akan datang.

Furnitur

Furnitur kamar biasanya dapat menjadi daya tarik tersendiri didalam sebuah kamar jika dilihat dari sisi keindahannya. Untuk itu gunakan furniture yang unik dan menarik. Kita dapat menggunakan meja, kasur, sofa dan cermin yang memiliki tema dan unik untuk anak.

Perlu diingat didalam mendesain interior kamar untuk anak perempuan sangat berbeda dengan anak laki-laki, sehingga membutuhkan kehati-hatian dalam mendekorasinya.

Baik dalam segi warna, tema dan lain sebagainya. Oleh karena itu disarankan, kita harus melibatkan anak sehingga hasil akhir interior kamar dapat sesuai dengan keinginan.

Demikian penjelasan beberapa tips penting dalam mendekorasi kamar anak kita, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk semua orang yang ingin mendekorasi kamar anak.

Itulah 22 contoh desain kamar tidur anak yang bisa Pins terapkan pada hunian Pins. Semoga bermanfaat,

Baca Juga: Desain Kamar Tidur Remaja Perempuan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download