Pinhome

Desain Kamar Tidur Anak

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Kamar tidur merupakan salah satu bagian penting dalam proses tumbuh kembang anak. Di sanalah mereka biasanya menghabiskan waktunya untuk istirahat, belajar, dan juga bermain. Mendesain kamar tidur anak yang bisa mengakomodasi aktifitas dan memberikan kenyamanan pada mereka saat berada di dalamnya, adalah hal penting yang harus diwujudkan. Agar desain kamar tidur anak memenuhi kriteria tersebut, Anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek berikut ini:

Pertama, letak. Karena fungsi utama kamar tidur anak adalah sebagai tempat beristirahat, pastikan letaknya tidak berada pada bagian rumah yang dekat dengan jalan. Untuk menghindari kebisingan, sarana audio visual semisal home theater, MP3 player, dan sejenisnya diletakkan di tempat yang jauh dari kamar tidur anak. Bila sarana tersebut biasanya ditempatkan di ruang keluarga, ada baiknya Anda menempatkan ruang keluarga yang tidak berdekatan dengan kamar tidur anak.

Kedua, hindari meletakkan sarana hiburan di kamar tidur anak. Sebaiknya televisi, play station, MP3 Player, dan alat elektronik sejenis dijauhkan dari kamar tidur anak. Adanya alat-alat elektronik tersebut bisa mengalihkan aktifitas utama mereka di tempat tidur. Sebagai contoh televisi, bisa jadi mereka keasyikan melihat televisi hingga larut malam sehingga tidak lagi mementingkan belajar. Bahaya lainnya, peluang mereka melihat tayangan yang tidak layak ditonton usia anak-anak  pun semakin besar. Akibatnya, mereka akhirnya tidak disiplin terhadap waktu dan juga mudah mendapatkan pengaruh buruk.

kamar tidur anak
Desain kamar tidur anak : kids-bedroom-furniture-guides.blogspot.com

Ketiga, pencahayaan. Aturlah pencahayaan sesuai dengan kebutuhan anak. Saat anak belajar dan bermain tentunya membutuhkan pencahayaan yang terang. Sebaliknya, ketika anak tidur maka ia membutuhkan pencahayaan yang redup. Ada baiknya Anda menggunakan lampu dimmer sehingga bisa diatur tingkat gelap dan terangnya sesuai dengan kebutuhan.

Keempat, furnitur dan akesoris. Pilihlah furnitur dan aksesoris yang disukai anak. Pastikan furnitur dan aksesoris tersebut tidak mengganggu mobilitas anak di dalam kamar dan multifungsi. Hindari penggunaan furnitur maupun aksesoris yang bisa menimbulkan cedera pada anak. Misalnya, furnitur atau aksesoris yang memiliki tepi tajam dan terbuat dari kaca.

Kelima, warna. Pilihlah warna-warna yang cerah. Atau bisa pula dengan menambahkan wallpaper

Tags :

Bagikan Artikel