Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • 13 Ciri Khas Interior Rumah Minimalis yang Simple

Properti

13 Ciri Khas Interior Rumah Minimalis yang Simple

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 22 July 2021 ∙ 7 menit membaca

Dalam istilah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), minimalis memiliki arti berkenaan dengan penggunaan unsur-unsur sederhana dan terbatas untuk mendapatkan efek atau kesan yang terbaik. Maka dari itu, tidak heran dalam penerapannya pada desain interior rumah minimalis, banyak menggunakan unsur yang sederhana namun tetap sedap dipandang. Beberapa ciri khas di bawah ini bisa menjadi gambaran untuk kamu yang ingin memiliki hunian bergaya minimalis.

Pinhome – Masuk dalam fase tren hunian simpel dan sederhana, menjadikan tema minimalis layak diperhitungkan. Tema yang mengedepankan unsur-unsur sederhana pada pengaplikasiannya tersebut memang cocok untuk muda mudi masa kini. Minim corak dan warna, membuat desain interior rumah minimalis menjadi menarik dan terkadang terkesan lebih artsy.

Untuk Pins yang masih bingung dalam mewujudkan hunian bergaya minimalis, ada beberapa unsur yang akan Pinhome jabarkan di bawah ini. Diharapkan dapat membantu kamu dalam membuat hunian minimalis impian yang sederhana. Sebenarnya apa saja ciri khas utamanya? Simak yuk ulasannya!

Baca Juga: Cara Membuat Interior Rumah Lebih Ekstrinsik

Mengoptimalkan Fungsi Sirkulasi Udara Pada Hunian

(Unsplash)

Intensitas penggunaan kaca pada rumah minimalis terletak pada penempatan model jendela kaca pada hunian. Umumnya akan berbentuk besar dengan jumlah yang cukup banyak. Kaca besar yang umum diaplikasikan pada ruang tamu, bisa kamu tempatkan pula pada kamar tidur maupun kamar mandi.

Selain membuat sirkulasi udara dalam rumah semakin baik, penerangan pun akan semakin alami dengan penghematan penggunaan lampu. Nilai estetika yang muncul dari penerapan cahaya berlebih pada hunian menambah kesan kesederhanaan dalam ruang.

Desain Interior dengan Taman Minimalis

(pengadaan)

Desain interior rumah minimalis memang tidak lengkap tanpa kehadiran taman kecil di dalam rumah. Taman tersebut cenderung berguna sebagai tempat masuknya cahaya, maupun koleksi tanaman hias. Ini akan menambah estetika tinggi pada desain interior rumah milik Pins. 

Bila Pins masih ragu akan keterbatasan lahan maupun fungsinya. Kamu pun bisa menambahkan kolam ikan minimalis maupun air mancur untuk menimbulkan ketenangan tersendiri dalam hunian. Gemercik suara air yang dikeluarkan dari kedua benda tersebut, dapat menambah kenyamanan setiap hari di rumah lho Pins!

Minim Dekorasi

(archello)

Untuk sebagian orang, mungkin rumah minimalis terkesan membosankan karena minim dekorasi di dalamnya. Namun, justru bagi pecinta rumah minimalis, inilah rumah yang mereka idamkan. Kesan bersih, luas dan penuh dengan cahaya alami yang masuk menjadi ciri khas utama. Maka dari itu, tidak heran akan sedikit dekorasi yang kamu temukan pada hunian minimalis.

Untuk kamu pecinta dekorasi ruangan, kamu bisa menambahkan lukisan minimalis dengan corak warna monochrome ataupun tanaman hias di beberapa sudut ruang. Tanaman hias selain menambah kesan menarik dalam hunian, juga membuat sirkulasi udara dalam rumah semakin baik.

Desain Ruang Terbuka

(unsplash)

Model ruangan dengan desain terbuka, kini pun mulai banyak diminati. Selain selaras dengan tema minimalis, desain ruang terbuka minim sekat membuat hunian dengan lahan terbatas terlihat lebih luas. Kamu bisa mengadaptasi desain ruang terbuka pada ruang makan, dapur dan ruang tamu sedangkan ruang pribadi seperti kamar tidur, kamar anak tetap dalam ruang tertutup.

Mengapa harus tanpa sekat? Bila kamu tetap ingin menggunakan sekat di dalamnya, kamu pun bisa menyiasatinya dengan portable sekat yang bisa dilipat. Ini akan memudahkan kamu untuk membuka dan menutup bila diperlukan.

Bentuk Bangunan Geometris

(unsplash)

Selain model interior rumah minimalis yang cenderung mengedepankan kesederhanaan, dalam segi eksteriornya pun simpel tanpa unsur berlebih. Seperti model bangunan yang mengandalkan bentuk geometris tanpa adanya atap berbentuk segitiga, dan garis-garis tegas yang terbentuk pada setiap sisi bangunan. Ini menekankan bangunan bergaya minimalis modern yang kekinian. 

Baca Juga: 9 Langkah Menciptakan Desain Interior Rumah Semakin Mantap

Pewarnaan Dinding Ruang Monochrome

(unsplash)

Pewarnaan dinding ruang pada tema hunian manapun menjadi kunci keberhasilan. Tidak terkecuali untuk desain interior rumah minimalis. Pewarnaan pada dindingnya cenderung memakai warna dasar sederhana dengan mayoritas berwarna putih, abu-abu, atau coklat muda. Intinya adalah pewarnaan cerah yang sederhana dan minim warna yang mencolok.

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah Agar Nyaman

Demikian pula dengan warna aksesoris dan furnitur. Pilihlah warna-warna yang serasi antara ornamen, furnitur, maupun aksesori lain dalam ruangan. Untuk kusen jendela dan pintu sebaiknya menggunakan warna-warna gelap dan tanpa profil.

Penggunaan Perabot yang Simpel

(unsplash)

Perabot atau furniture yang ada pada rumah minimalis memang lebih simpel dan cenderung kosong. Mengapa seperti itu? Hal tersebut dikarenakan dalam rumah minimalis desain interior dibuat berjarak dan jarang untuk kesan luas dan tidak terlihat penuh barang. Selain mengedepankan unsur estetika pandangan mata, rumah seperti ini membuat penghuni lebih nyaman. Kamu bisa menggunakan perabot berbahan kayu untuk memadupadankan dengan interior minimalis.

Interior rumah minimalis juga mengharuskanmu untuk memilih furnitur ruangan yang bergaya nuansa sama. Warna putih dan warna-warna minus lainnya bisa kamu pilih untuk motif-motif furnitur ruangan. Furnitur seperti sofa bisa kamu rancang dengan warna coklat tua, sementara lemari dan rak boleh memakai kombinasi warna minus seperti coklat muda.

Baca juga: Perbedaan Interior dan Eksterior Pada Desain Rumah

Penggunaan Cermin Berlebih dan Unik

(unsplash)

Untuk rumah yang terlihat luas dan tidak sempit, banyak dari penghuni menyiasatinya dengan penggunaan kaca. Kaca pun juga menjadi ciri khas utama pada model interior rumah minimalis yang ditempatkan dalam beberapa ruang. Dalam kamar tidur, Pins bisa menggunakan model kaca bulat besar seperti pada contoh di atas. Namun bila dalam ruang tamu atau keluarga, kamu bisa menggunakan cermin besar pada sebagian ruang untuk kesan ruang yang lebih luas.

Mengedepankan Efisiensi dan Fungsi

(IKEA)

Selain menggunakan perabot yang simpel dan sederhana, model interior rumah minimalis juga mengedepankan efisiensi dan fungsi dari setiap furniture. Contohnya seperti penggunaan perabot multi fungsional antara lain meja makan lipat, tempat tidur dengan ruang penyimpanan, atau rak buku bacaan yang sekaligus menjadi pintu kamar mandi. Semua ide menarik dalam desain hunian minimalis dapat kamu wujudkan dengan corak minim.

Ternyata ciri khas model interior rumah minimalis itu tidak terlalu sulit untuk diaplikasikan bukan? Semua benar-benar mengedepankan kesederhanaan dengan minim corak dan warna. Selamat membangun rumah impian kamu!

Baca Juga: Pilihan Interior Untuk Rumah Minimalis Modern

Pemanfaatan Ruang dan Area Penyimpanan

Rumah minimalis sejatinya memiliki ruangan yang multifungsi. Selain itu juga, agar rumah terlihat lebih luas maka hindarilah pemakaian furniture yang dapat membuat ruangan menjadi lebih sempit. Kamu harus menghindari pemilihan barang-barang yang besar untuk interior rumahmu agar ruangan tidak terasa penuh sesak.

Kemudian, optimalkan tempat penyimpanan. Untuk mendapatkan kesan rumah minimalis yang rapi dan bersih, hindari memajang barang-barang seperti buku dan mainan di tempat terbuka. Pastikan barang-barang tadi bisa masuk ke dalam rak atau lemari.

Untuk menyiasati keterbatasan tempat, kamu bisa mengoptimalkan tempat penyimpanan. Misalnya dengan membuat rak di kolong tempat tidur, lemari bawah tangga dan di bawah wastafel, atau di sudut-sudut rumah yang tidak terpakai.

Baca Juga: Tips Desain Interior Rumah Klasik

Gunakan atap rumah tinggi

Atap merupakan hal yang penting dari sebuah rumah. Rumah dengan atap yang tinggi mampu membuat terkesan lebih luas dan jauh dari kesan sempit.

Oleh karena itu, hal yang harus kamu lakukan jika ingin membangun sebuah rumah minimalis adalah dengan menggunakan atap rumah yang tinggi.

Pasang Lampu Terang

Setiap rumah dengan desain minimalis harusnya menggunakan lampu yang terang agar setiap sudut rumah menjadi terang. Rumah minimalis umumnya sangat memperhatikan pengaturan cahaya agar rumah terlihat lebih hidup dan mencirikan khasnya rumah berdesain minimalis.

Selain menggunakan lampu-lampu yang terang, kamu pun harus memperhatikan posisi jendela didalam rumah karena jendela tersebut sangat berpengaruh untuk pencahayaan diwaktu siang.

Baca Juga: Konsultan Desain Interior Rumah

Hiasan Rumah Senada

Sebuah rumah minimais juga bisa diperindah dengan adanya hiasan-hiasan yang tentunya pas untuk dipandang. Tidak semua hiasan mampu mempercantik tampilan rumah minimalismu.

Maka dari itu, hindari penggunaan hiasan yang terlalu besar dan gunakanlah hiasan yang terkesan simpel namun tetap elegan. Kamu dapat menaruh cermin dengan ukuran besar sebagai hiasan dinding di rumah. Cermin yang besar dapat membuat rumahmu menjadi tampak lebih luas.

Baca Juga: Cara Membuat Interior Rumah Lebih Ekstrinsik

Sesuaikan aksesoris ruangan dengan tema desain interior rumah minimalis. Warna-warna putih dan silver masih tetap menjadi warna dominan. Bunga bisa kamu pilih dari jenis bunga melati berwarna putih yang harum, atau bunga-bunga sintetis lainnya dengan warna serupa.

Untuk furnitur lain seperti lampu, isi lemari, dan sebagainya juga mengikuti warna-warna yang ada. Sesuaikan dekorasi ruangan dengan tema rumah yang telah kamu tentukan. Dengan begitu kamu akan mewujudkan desain interior yang cantik dan nyaman. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Ramanda Salsa

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel