BlogLifestyleEdukasi8 Macam Warna Kuning Berikut Fakta dan Artinya
0
0

8 Macam Warna Kuning Berikut Fakta dan Artinya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jul 26, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
warna kuningtop-right-banner

Apa ada yang suka warna kuning di sini? Jika ada, berarti kamu termasuk ke dalam orang ceria. Tidak hanya ceria, terdapat beberapa keunikan lainnya dari warna kuning dan orang-orang yang suka warna tersebut. Pada artikel kali ini, Pinhome akan membahas macam-macam warna kuning dan artinya.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Panorama Bekasi Residence  atau rumah second di Bekasi lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga:

Arti Secara Umum

Source : Pixabay

Kuning merupakan warna yang sering kali dianggap sebagai warna yang mempunyai kehangatan. Arti warna ini yaitu sesuatu yang memberikan kecerahan dan energi. Hal ini berkaitan dengan sinar matahari.

Warna kuning juga bisa melambangkan sebuah kebahagiaan. Sayangnya, arti kuning yang justru sebaliknya adalah sesuatu yang terkait tipu daya. Beberapa lainnya juga mengatakan bahwa warna ini mempunyai arti pengecut.

Warna ini juga bisa dikaitkan dengan sebuah harapan. Contohnya seperti yang terlihat pada beberapa negara. Pada saat terdapat pita kuning yang dipajang oleh sebuah keluarga. Umumnya, pita kuning tersebut ditujukan untuk mereka yang mempunyai anggota keluarga yang sedang berada dalam sebuah perang.

Warna ini juga sering dikaitkan dengan bahaya. Akan tetapi, tidak sekuat warna merah.

Fakta Unik

Sama seperti warna lainnya, warna kuning mempunyai keunikan tersendiri. Beberapa fakta unik itu perlu kamu ketahui karena terdapat beberapa pengetahuan baru yang mungkin kamu butuhkan. Warna kuning sendiri diambil dari Bahasa Inggris kuno geolu yang kemudian dilafalkan menjadi yellow.

Pada abad ke-16, orang-orang Spanyol yang dianggap sebagai bidat dan menolak untuk meninggalkan pendirian mereka terhadap ajaran mereka, akan dipanggil ke hadapan Inkuisisi Spanyol dengan menggunakan jubah berwarna kuning.

Warna kuning sudah banyak tersebar luas di dalam kehidupan kita dengan berbagai macam jenisnya. Hal tersebut menyebabkan warna ini sering dipakai dalam dunia seni. Bahkan warna ini adalah salah satu warna yang awal-awal diaplikasikan dalam seni. Terbukti pada lukisan kuda berwarna kuning di gua Lascaux, Prancis, yang diperkirakan sudah berusia 17.000 tahun.

Apakah kamu emoji smiley? Ya, gambar yang menunjukkan wajah dengan ekspresi mulut dan mata itu sering kali kamu temukan pada kaos, gantungan kunci, emoji di media sosial, dan poster.

Pada awalnya emoji smiley digunakan oleh Harvey Ball, seorang seniman, diminta sebuah perusahaan asuransi State Mutual Life Assurance Company guna mengembangkan grafis yang bisa mengangkat moral para staff perusahaan tersebut. Beberapa menit kemudia, ia menggambar lingkaran kuning yang saat ini menjadi ikon dengan lingkaran, senyuman, dan titik mata hitam.

Macam-Macam

Sama seperti warna-warna lainnya,warna ini tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Terdapat beragam warna yang mungkin beberapa belum kamu ketahui. Atau mungkin kamu tidak sadar bahwa itu warna kuning yang berbeda jenis akan tetapi dianggap sama. Warna kunng merupakan warna yang cantik, apalagi bunga yang berwarna kuning tersebut.

Berikut macam-maca warna kuning. Simak baik-baik ya!

1. Kuning Asli

warna kuning
Source : Pinterest

Kuning asli atau original adalah jenis yang tidak tercampur dengan warna yang lainnya. Dapat dikenali melalu kode hex warna #ffff00 dan merupakan percampuran antara warna hijau asli dengan warna merah asli.

Jika kamu aplikasikan pada tembok rumah, kuning asli dapat membantu menyeimbangkan pikiran kamu dan menjaga suasana hati agar selalu bahagia setiap harinya. Secara psikologi, warna ini dapat menjadi simbol kebahagiaan, kepandaian, dan imajinasi. Kombinasikan cat tembokmu dengan kuning dan hijau agar suasana menjadi segar.

2. Kuning Kunyit (Turmeric)

Dari namanya saja, kamu  bisa langsung sadar bahwa kuning kunyit adalah warna yang diadaptasi dari warna kunyit. Warna ini mempunyai gradasi warna yang matang dan solid, sehingga dapat membuat tembok rumah kamu tampak cantik dan indah dipandang.

Tidak heran, pemilihan kuning kunyit baik di dunia fashion ataupun properti sering digunakan karena tampak nikmat dipandang mata.

Warna ini merupakan kombinasi warna #ffff00 dan #fd6500.

3. Kuning Emas (Golden Yellow)

Kuning emas adalah warna kuning yang bisa kamu dapatkan dari pencampuran emas dan kuning. Karena campuran keemasan, warna ini bisa menampilkan kesan yang mewah.

Umumnya, kuning emas banyak digemari oleh kamu perempuan. Warnanya tersusun atas 100 persen red, 84,3 persen green, dan 0 persen blue RGB, sehingga tidak usah binggung jika warna kuning ini tampak seperti kemerahan.

4. Kuning Pisang (Banana Yellow)

Source : Pixabay

Ada yang kurang rasanya jika tidak membahas warna kuning pisang yang sering ditemukan pada negara tropis, seperti Indonesia. Warna jenis ini terbilang familiar karena bisa dengan mudah kita temukan pada buah pisang.

Faktanya, warna kuning pisang sangat bervariasi tergantung dari tingkat kematangannya. Namun, para ahli sudah menyepakati bahwa warna ini bisa mewakili berbagai macam warna dari buah pisang.

Jika dibandingkan dengan warna kuning lemon, kuning pisang terlihat lebih gelap. Hal ini dikarenakan penyesuaian dengan warna pisang yang telah matang. Jenis warna ini biasanya sangat digemari bagi mereka yang mencintai warna terang, namu tetap nyaman dipandang mata.

5. Kuning Jagung (Corn Yellow)

Berikutnya, ada kuning jagung yang diambil dari warna biji jagung dan dikenal dengan kode hex #fbec5d. Jenis warna ini terbilang tidak terlalu cerah jika dibandingkan warna lainnya.

Menariknya, terdapat beberapa budaya di sejumlah negara yang mengartikan kuning jagung melambangkan sumber kebahagiaan dan kehangatan.

6. Kuning Muda (Light Yellow)

Kuning muda adalah warna yang lebih terang dari kuning asli. Jenis warna ini sering dihubungkan dengan kebaruan, kecerdasan, kesegaran, dan kegembiraan.

Warnanya dapat memberikan ketentraman bagi siapa pun yang melihatnya. Light yellow hampir terlihat seperti warna krem atau beige. Kombinasikan warna kuning ini dengan berbagai warna lainnya agar rumah terlihat cantik

7. Kuning Gelap (Dingy Yellow)

Kuning gelap atau dingy yellow adalah kuning redup yang terlihat seperti kotor, dan jenis paling gelap dibanding kuning pada umumnya. Dingy yellow dapat memberikan arti yang negatif, seperti pembusukan, penyakit, atau tanda untuk berhati-hati.

8. Kuning Madu (Honey Yellow)

Sesuai dengan namanya, kuning madu merupakan adaptasi dari madu yang dihasilkan oleh hewan lebah. Secara sekilas, kuning madu hampir mirip dengan kuning mustard. Akan tetapi, warna jenis ini terlihat lebih gelap.

Warna madu sering dikaitkan dengan musim panas dan musim panen, maka dari itu terdapat arti kegembiraan dan keceriaan.

Itu dia penjelasan tentang macam-macam warna kuning dan artinya. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Cinere dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download