Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Bingung Hanya Punya Ruang Tamu Kecil? Jangan Khawatir, Ini Tips Mengakalinya Pins!

Tips Properti

Bingung Hanya Punya Ruang Tamu Kecil? Jangan Khawatir, Ini Tips Mengakalinya Pins!

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Bagi beberapa keluarga Indonesia, ruang tamu memiliki arti penting. Di ruang tamu lah kita menyambut kunjungan keluarga, orang – orang terdekat atau rekan sejawat. Kita pun tanpa sadar seringkali menggunakan dan berkumpul di ruang tamu.  Tak heran, desain ruang tamu menjadi pikiran kita yang terlintas pertama kali saat hendak merenovasi atau mendekor rumah. Bagaimana kalau kamu hanya memiliki ruang terbatas untuk digunakan sebagai ruang tamu? Tak masalah, Pins, ada beberapa ide desain ruang tamu minimalis yang bisa kamu terapkan.

Seperti namanya, ruang tamu biasanya digunakan sebagai ruang khusus saat menerima tamu di rumah kita. Ruang khusus yang harusnya terasa nyaman, karena sebagai penghuni rumah pun kita seringkali beristirahat sejenak di ruang tamu setelah lelah bekerja dan beraktivitas di luar. Sesekali ruang tamu juga digunakan sebagai ruang bersantai saat terasa bosan di kamar ataupun ruang kumpul keluarga. Dengan berbagai kegunaannya, apa jadinya kalau ruang yang kita miliki terbatas? Apakah kita harus pasrah begitu saja akan mimpi kita untuk memiliki ruang tamu bergaya minimalis yang cocok untuk segala acara dan kesempatan di rumah?

Ruang tamu minimalist adalah jawaban tepat untuk mensiasati masalah luas ruangan ataupun bentuk dan model dari sebuah ruangan itu sendiri. Tak masalah kalau kita hanya memiliki ruang tamu kecil, dengan gaya minimalist yang tepat. Jadi Pins, kita tidak hanya bisa memiliki ruang tamu yang serba fungsi tapi juga indah dipandang mata. Tetapi tetap jangan sampai lupa, ruang tamu seharusnya menjadi refleksi sempurna atas pribadi dan karakteristik keluarga kita. Meskipun ruangannya terbatas, paling tidak kita harus merasa nyaman dan bahagia saat berada di ruang tamu, karena bagaimanapun itu adalah bagian dari rumah kita sendiri.

ruang tamu minimalis

Sayangnya, meski gaya ruang tamu yang modern dan minimalis dapat memberikan kesan menenangkan dan berkelas di rumah, jika tidak dilakukan dengan benar, ruang tamu minimalis akan terasa membosankan dan tidak terasa mengundang. Salah – salah, ruang tamu kita malah akan terasa tidak menyenangkan dan menenangkan, lho Pins.

Baca juga Apa Sih Ruang Tamu Minimalis Itu? Kamu Bisa Lakukan Hal Simpel Ini Untuk Mendapatkannya

Berikut beberapa to do list yang bisa diterapkan untuk mendapatkan desain ruang tamu minimalis yang cocok untuk rumah kita :

#1 Maksimalkan fungsi tempat duduk
Salah satu fungsi ruang tamu adalah untuk berkumpul bersama – sama. Jadi bisa dipastikan jumlah tempat duduk yang ada pun seharusnya lebih banyak daripada ruang lainnya. Paling tidak, letakkan satu sofa dan beberapa buah kursi di ruang tamu minimalis. Untuk menghias ruang tamu, gunakan meja dan rak buku yang merangkap sebagai penyimpanan koleksi buku keluarga.  Jangan terlalu banyak menaruh beragam furniture di ruang tamu karena akan mengganggu harmonisasi estetika pada ruang tamu minimalis.

ruang tamu minimalis

Ingat, saat ingin mendekorasi dengan furnitur baru, kualitas diatas segalanya. Contohnya, saat kita menginginkan sofa baru, pilihlah sofa berkualitas yang sesuai dengan budget. Anggaplah pembelian furnitur ini sebagai investasi jangka panjang, karena sofa dengan kualitas baik akan bertahan paling tidak selama 10 tahun. Sedangkan sofa mewah dengan kualitas terbaik akan bertahan selama 25 tahun.

#2 Seimbang adalah kunci
Berkaitan dengan poin sebelumnya, penempatan furniture di ruang tamu harus disesuaikan dengan luasnya ruangan. Furnitur yang memiliki komposisi yang pas akan menyeimbangkan keseluruhan estetika ruangan sehingga meskipun tidak luas, ruang tamu minimalis akan terasa nyaman.

#3 Beri pencahayaan yang cukup
Pada umumnya, ruang tamu akan terasa semakin nyaman ketika mendapat pencahayaan terang dan cukup. Jika saat ini ruang tamu terasa sedikit muram, tak ada salahnya loh untuk menambah satu atau dua lampu, perbedaannya akan sangat terasa. Jangan lupa untuk memilih model lampu yang kira – kira cocok dengan furnitur dan warna cat ruang tamu kamu.

ruang tamu minimalis

Pertimbangkan untuk mencampur jenis lampu, ambient dan fungsi antara satu lampu dengan lampu lainnya. Jangan ragu untuk mencampur lampu dinding, lampu meja dan lampu sorot agar pencahayaan di ruang tamu akan semakin elegan dan menarik.

#4 Pemilihan cat tembok
Hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan adalah memilih warna cat tembok yang akan digunakan. Sampai saat ini terdapat ribuan pilihan warna dan masing – masing memiliki pesan dan sensasi yang berbeda untuk ruang tamu minimalis. Tapi Pins, harus ingat, memilih cat warna ini harus menjadi fokus utama karena warna cat tembok akan menentukan nyaris keseluruhan dari bagaimana interior rumah kita akan didekorasi.

ruang tamu minimalis

Biasanya, warna putih menjadi primadona jika kita ingin mendapatkan kesan bersih dan minimalis. Namun, ada juga loh cara lain untuk mendapatkan kesan bersih dan terang pada ruang tamu minimalis selain menjadikan ruangan tersebut serba berwarna putih! Bebaskan imajinasi dan pilihlah beberapa warna pastel netral seperti soft peach, muted blues, abu – abu muda hingga warna biru muda untuk bisa mendapatkan sentuhan modern namun mewah dalam waktu yang bersamaan. Penggunaan warna-warna  inilah yang bisa membantu untuk memberikan kesan lega karena terasa lebih luas.

ruang tamu minimalis

Sekedar tips nih Pins, ada baiknya untuk mencampur warna terang dan warna gelap dalam satu bagian sekaligus, seperti warna kuning sebagai aksen dari abu-abu, atau warna hijau agar tembok putihmu lebih hidup. Pemilihan kombinasi warna ini akan memudahkan kita memilih furnitur yang tepat untuk ruang tamu minimalis.

Baca juga Warna Cat Rumah Mempengaruhi Mood, Fakta atau Mitos?

#5 Temukan Hiasan Ruangan Sesuai Tema
Tema apa yang dipilih untuk ruang tamu minimalis kita? Apakah gaya Asia Timur, Modern, Kontemporer, Antik atau Modern? Hal ini sudah harus ditentukan sejak pertama kali kita ingin merenovasi ruang tamu. Pemilihan gaya yang berbeda ini akan menentukan bagaimana pola karpet, pemilihan ukuran dan bentuk bantal kursi hingga model sofa yang kita beli. Tapi harus diingat juga Pins, jangan sampai kita mengorbankan faktor kenyamanan untuk mendapatkan ruang yang kita inginkan. Usahakan meja dan kursi yang ada dapat teralasi semua oleh karpet pilihan kamu.

ruang tamu minimalis

Hindari penggunaan corak yang berlebihan, dalam ruang tamu minimalis, maksimal kita bisa memakai 3 model corak dalam satu ruangan. Berkreasilah dengan memasang pajangan seni pada tembok. Pasanglah dengan ketinggian yang setara dengan jangkauan pandang mata agar tidak mengganggu.

ruang tamu minimalis

Jangan ragu untuk menggunakan furnitur yang dapat multi fungsi. Beberapa jenis furniture seperti meja, lemari atau coffee table ternyata bisa kita gunakan sebagai penyimpanan majalah atau mainan anak yang suka tercecer. Supaya tidak mengorbankan ruang tamu minimalis kita ya Pins, dan tetap bisa mendapatkan desain minimalis yang berkelas dan modern.


Untuk bisa mendapatkan desain minimalis yang kamu inginkan, jangan ragu untuk menyingkirkan barang dan furnitur berlebih dari ruang tamu. Penggunaan barang yang berlebihan di ruang tamu tidak hanya membatasi ruang gerak tapi juga tidak sesuai konsep minimalis yang Pins ingin terapkan.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel