BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Ruang Tamu Lesehan Karpet yang Cozy
0
0

10 Desain Ruang Tamu Lesehan Karpet yang Cozy

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 27, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain ruang tamu lesehan karpet menjadi salah satu pilihan gaya dekorasi yang bertujuan untuk menghemat tempat, apalagi bila kamu mempunyai lahan yang terbilang sempit. Namun, tidak hanya sekedar menghemat tempat, tampilan lesehan pada ruang tamu juga menekankan bahwa penghuni mengutamakan kenyamanan dan tampilan kasual.

Itulah mengapa banyak diantaranya menggunakan aksesoris karpet sebagai dekorasi utama. Karpet lantai ruang tamu berguna untuk menutup lantai sekaligus penambah estetika dalam ruang, lho! Mulai dari bahan, ukuran serta bentuk bisa kamu pilih sesuai selera. Bagaimana, Pins? Mulai tertarik membuat ruang tamu bergaya lesehan? Intip langsung yuk desain ruang tamu lesehan karpet di bawah ini, ya!

Kamu dapat menerapkan desain ruang tamu lesehan di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung, misalnya di BRI Bandung. Desain ruang tamu lesehan karpet yang cozy dapat kamu temukan dengan penelusuran hunian terbaik edisi pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca juga: 5 Tips Memilih Karpet Ruang Tamu yang Tepat

Desain Ruang Tamu Lesehan Karpet yang Cozy

Fungsi ruang tamu adalah sebagai tempat menyambut dan memberikan kenyamanan kepada para tamu yang datang berkunjung. Biasanya penghuni rumah akan mempersilakan tamu mereka untuk duduk di ruang tamu sembari menjamu mereka dengan hidangan ringan seperti minuman sambutan dan cemilan-cemilan.

Pins harus memperhatikan desain ruang tamu di rumah yang menekankan pada ruang tamu yang dapat memberikan kenyamanan bagi siapapun yang datang berkunjung. Caranya adalah dengan memperhatikan penggunaan kursi, sofa, meja, karpet, dan keleluasaan ruang tamu. Salah satu desain ruang tamu yang menarik, yaitu desain ruang tamu lesehan karpet yang cozy berikut ini:

1. Ruang Tamu Lesehan Karpet Ukuran Besar

Source : Tokopedia

Karpet berukuran besar yang diletakan di ruang tamu bisa sekaligus menjadi penutup lantai dalam ruang. Khususnya untuk kamu yang menggunakan alas lantai dengan material seadanya ataupun ingin mengubah lantai menjadi tidak monoton. Bila dipadukan dengan gaya tempat duduk lesehan pada ruang tamu, pasti akan semakin lengkap.

Kamu bisa menambahkan furnitur pendukung di dalamnya agar ruang lebih menarik dan nyaman untuk ditempati. Usahakan untuk menggunakan material karpet yang nyaman dan mudah dibersihkan ya! Hal tersebut dikarenakan banyak kegiatan akan dilakukan di karpet tersebut, tentu kebersihan dan kesehatan menjadi prioritas utama bukan?

Baca juga: 10 Model Lemari Hias Minimalis Ruang Tamu Kecil Anti Sesak

2. Ruang Tamu Lesehan Karpet Bulu yang Lembut

Source : Ubuy

Selain memperhatikan ukuran karpet itu sendiri, kamu pun juga harus memperhatikan bahannya. Salah satunya adalah karpet bulu. Karpet berbulu yang digunakan pada ruangan lesehan di rumah bisa menciptakan nilai estetika ruangan yang lebih tinggi. Selain itu tentunya faktor kenyamanan.

Karpet berbulu pun mempunyai jenis, warna dan bentuk yang cukup bervariasi. Usahakan untuk menyelaraskan dengan tone ruangan agar hasilnya sedap dipandang mata. Cocok sekali ditambahkan pula bantal-bantal di dalamnya. Dijamin tamu betah berlama-lama di rumahmu.

3. Ruang Tamu Lesehan Karpet dengan Warna yang hangat

Source : Carpetshop

Kehangatan dalam ruang tidak hanya diukur dari suhu dalam suatu ruang Pins, tetapi juga faktor penglihatan. Itulah mengapa mayoritas warna yang digunakan dalam interior rumah biasanya mewakili perasaan penghuninya. Bila tidak ingin bermain pada warna cat ruang tamu, kamu bisa menggunakan permainan warna pada furniture maupun aksesoris.

Bila dalam desain ruang tamu lesehan karpet, kamu bisa pula menggunakan karpet dengan warna-warna yang hangat. Seperti orange, kuning, merah dan kombinasi antara ketiga warna tersebut. Warna-warna tersebut mampu membuat suasana ruang hidup dan tentunya ceria, Pins! Cocok sekali untuk kamu yang senang dengan suasana rumah yang menyenangkan.

4. Ruang Tamu Lesehan dengan Floor Chair

Source : Bunnings

Dengan penggunaan karpet pada desain ruang tamu lesehan, kamu dan keluarga tentu akan merasa nyaman saat menerima tamu. Namun untuk membuat mereka tidak merasa sungkan untuk duduk, kamu bisa menambahkan floor chair sebagai pemanis. Floor chair merupakan tempat duduk lesehan yang adjustable. Kamu bisa mengatur sandaran sesuai dengan kemiringan yang kamu inginkan.

Biasanya terbuat dari rangka besi, kamu bisa memadupadankan ruang tamu lesehan dengan karpet berbentuk lingkaran maupun abstrak agar semakin menarik. Namun, kamu tidak perlu khawatir akan model kursi tersebut, Pins! Kini sudah banyak berbagai model floor chair yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera. Mulai dari rangka, bentuk, bahan, hingga warna yang bervariasi.

Baca juga: 20 Rekomendasi Sekat Ruang Tamu Minimalis Modern

5. Floor Pillow Sebagai Dekorasi Tambahan

ruang tamu lesehan karpet
Source : Walmart

Selain floor chair, ternyata floor pillow atau bantal yang khusus digunakan untuk tempat duduk lesehan bisa kamu tambahkan sebagai dekorasi ruang tamu lesehan karpet. Desain ruang tamu karpet dengan penggunaan bantal menjadi lebih selaras. Bantal duduk lesehan ini juga cocok diadaptasi untuk ruang tamu bergaya Jepang. Padukan dengan lantai kayu dan alas karpet yang tipis, Pins!

Baca Juga: 10 Ide Desain Wall Moulding Ruang Tamu yang Manis

6. Floor Couch Sebagai Dekorasi Tambahan

Source : Pinterest

Nah, lain hal lagi dengan penggunaan floor couch dalam model ruang tamu lesehan. Kamu harus mempertimbangkan dalam segi ukuran ruang tamu milik kamu. Hal tersebut dikarenakan floor couch cukup banyak memakan tempat, Pins! Sama saja seperti penggunaan sofa di ruang keluarga

Namun penggunaan tempat duduk tipe satu ini sangat disarankan, apalagi untuk kamu yang sangat senang berkumpul bersama keluarga di ruangan tersebut. Dijamin kamu akan betah berlama-lama karena kenyamanannya. Kamu bisa menambahkan karpet berbulu sebagai pemanis.

7. Gunakan Bean Bag Minimalis

ruang tamu lesehan karpet
Source : Whitesands Design Build

Beberapa penghuni menggunakan bean bag untuk area outdoor di rumah, tetapi bean bag pun bisa menjadi bagian terpenting pada desain ruang tamu lesehan karpet di dalam rumah. Tempat duduk satu ini terbuat dari styrofoam atau gabus sintetis dan terdiri dari cukup banyak bentuk yang pastinya menarik. Bahkan ada pula jenis bean bag yang bisa dipakai sekaligus dua orang atau two seater.

Namun, bila memilikinya kamu harus memperhatikan material dari bean bag itu sendiri. Jahitan yang tidak rapi bisa membuat gabus keluar dari sarung. Hal tersebut akan mengotori karpet dan membuat bean bag kempis. Cobalah untuk rutin melakukan pengecekan dan perawatan ya!

8. Gunakan Cushion Stool Rotan

ruang tamu lesehan karpet
Source : AliExpress

Tidak hanya terbuat dari bahan katun saja, ternyata ada pilihan lain untuk variasi tempat duduk tipe lesehan pada ruang tamu. Salah satunya cushion stool rotan yang unik. Model kursi rotan ini membuat ruang tamu semakin aesthetic, Pins! Namun, tidak lupa untuk tetap menggunakan karpet dengan warna yang senada ya! Karpet akan menyelaraskan kenyamanan ruang. Salah satunya adalah warna cokelat muda ataupun putih gading. Lihat contohnya pada gambar di atas, cukup menarik bukan?

Baca Juga: 10 Ide Inspirasi Ruang Tamu Aesthetic

9. Gunakan Meja Berukuran Rendah

ruang tamu lesehan karpet
Source : Pinterest

Selain ragam jenis tempat duduk yang dapat membuat ruang tamu jenis lesehan semakin menarik, kamu juga harus menentukan jenis meja yang cocok, Pins! Desain ruang tamu dengan meja berukuran rendah sangat cocok dipadupadankan dengan bahan karpet yang nyaman. Hal tersebut juga berguna bila kamu tidak menginginkan banyak kursi terletak di sekitar meja.

Penggunaan meja yang berukuran rendah, dapat membantu kamu untuk dapat menjamu hidangan dengan nyaman. Kini pun sudah banyak jenis meja berukuran rendah dengan material yang bisa kamu pilih. Baik berbahan kayu maupun besi, sesuaikan dengan tema dalam ruang ya!

10. Pilih Furnitur Kayu ala Jepang

ruang tamu lesehan karpet
Source : Istock

Sering mendengar mengenai istilah tatami? Tatami merupakan salah satu jenis alas lantai berupa tikar yang terbuat dari kain dan alang-alang yang ditenun. Tatami sendiri merupakan produk asli tradisional Jepang yang sampai sekarang masih menjadi ciri khas yang kental pada rumah Jepang. Bila kamu mengadaptasi tema ala Jepang pada ruang tamu, kamu bisa menggunakannya sebagai pengganti karpet, Pins! 

Bila sudah seperti itu, kamu pun bisa menambahkan perabot kayu khas Jepang yang unik.

Mulai dari model meja makan, bantal duduk hingga dekorasi pada dinding rumah. Kamu pun bisa menggunakan wall moulding bahan kayu untuk membuat ruang tamu lesehan milik kamu semakin ala Jepang. 

Itulah beberapa desain yang bisa kamu gunakan sebagai ide dalam membuat ruang tamu lesehan menggunakan karpet. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga:

Feature Source Image: Freepik/lookstudio


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download