16 Model Gorden Ruang Tamu yang Simple dan Manis

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 2 September 2022 ∙ 6 menit membaca

Model gorden ruang tamu akan menentukan penilaian dari orang yang datang terhadap sang tuan rumah. Tidak sebagai penyaring cahaya terik yang masuk, gorden yang tepat akan menambah nilai dekorasi dan estetika yang cocok.

Ruang tamu model minimalis, misalnya, cocok untuk dipasang sebagai model gorden ruang tamu yang sempit karena tidak banyak bermain motif sehingga menciptakan suasana ruangan yang lebih lega dan jauh dari kata sesak. Mari disimak beberapa model gorden ruang tamu yang simpel dan manis seperti di bawah ini.

Model Gorden Ruang Tamu Retro

(Shopee)

Gorden retro sangat cocok untuk yang suka dengan desain khas tahun 70-an. Berbeda dengan gaya vintage, retro lebih mengambil motif geometri repetitif namun teratur. Warna yang diusung juga cukup vibrant, seperti merah, orange, neon, kuning, sampai hijau terang.

Gorden Mewah

(Pinterest)

Gorden mewah biasanya memakan lebih banyak biaya karena bahannya yang tebal dan ornamennya yang banyak. Motif dan desainnya persis seperti yang sering dipakai di jendela-jendela istana Eropa ataupun diterapkan di bagian tempat tidur dengan atasan super tinggi. 

Desainnya yang megah dan mewah sangat cantik jika Kamu bisa memadukan warna-warna ‘kaya’ di dalamnya. Seperti merah dan emas, ataupun emas dan perak.

Gorden Vintage

(Aliexpress)

Gorden vintage tanpa disadari sering ditemukan di rumah-rumah Indonesia. Ciri khasnya adalah pemakaian poni gorden yang sekaligus berfungsi sebagai pelindung matahari meski gorden utamanya disibak atau diikat ke samping. Berbeda dengan retro meski sama-sama berasal dari tahun zaman dulu, gaya vintage menjadi tren di tahun 40-50an.

Gorden Minimalis Hidden Rollet

(Grants Blinds)

Gorden gaya satu ini cukup unik karena bagian rollet atau pangkal atasnya yang berfungsi untuk menggeser gorden tersembunyi di celah langit-langit ruangan di depan jendela. Tersembunyinya rollet ini akan menambah kesan minimalis pada sebuah ruangan dan ruangan akan terlihat lebih tinggi. 

Gorden Minimalis Rollet Cincin

(AliExpress)

Rollet cincin mungkin mirip dengan gorden vintage, tapi tanpa poni gorden dan biasanya cincinnya menyatu di body gorden sehingga tidak banyak elemen lain yang melengkapi gorden ini. Kamu tinggal memasukkan cincin-cincin di gordennya saja ke tiang pengaitnya.

Gorden Rollet Batang Kayu

(Kompas)

Gorden rollet satu ini adalah variasi dari gorden rollet cincin. Hanya saja, bagian tiangnya diganti menjadi batang kayu yang sudah didesain sedemikian rupa untuk menambah estetika sebuah ruangan. Bisa memilih kayu asli atau sintetis yang cantik dengan sedikit hiasan daun maupun bunga-bunga kecil pada batangnya.

Gorden Geometris

(Pinterest)

Siapa bilang ruangan minimalis hanya bisa diciptakan dari gorden polos? Coba gorden bermotif geometris yang tidak memakai banyak warna dan pengulangan motif yang rapi. Motif renggang maupun padat tetap menambah kesan minimalis, asalkan dipadukan dengan cat dinding yang polos dan tidak terlalu kontras dengan warna gorden geometris itu sendiri.

Gorden Checkered

(Tokopedia)

Checkered adalah motif kotak-kotak seperti papan catur atau motif kotak yang terbentuk dari garis-garis berwarna hitam dan putih. Motif ini sering dipilih karena kesannya yang tidak akan pernah ketinggalan jaman dan cocok diterapkan di gaya minimalis sekalipun. Walaupun biasanya digunakan pada jendela yang pendek, ruang tamu tetap terlihat manis lho!

Model Gorden Ruang Tamu Khas Jepang

(Shopee)

Jika ingin menambah nuansa klasik tapi enggan dari negara Eropa, kamu bisa memilih gorden khas Jepang yaitu Shoji. Shoji biasanya berbahan kertas kuat atau kanvas yang cocok dipadukan dengan furniture kayu-kayuan minimalis dari Jepang. 

Shoji yang biasanya berwarna asli krem atau broken white ini agak samar dan transparan yang memungkinkan memasukkan cahaya matahari dengan sejuk. Tidak hanya di jendela, jenis gorden satu ini juga apik digunakan sebagai aksesoris pembatas ruangan.

Baca Juga: Berbagai Pilihan Model Gorden Mewah Minimalis

Gorden Warna Transparan

model gorden ruang tamu
(Tokopedia)

Gorden warna transparan juga bisa dipilih untuk kamu yang tidak suka keramaian tapi ingin tetap terlihat unik. Pilih gorden dengan model sheer dan hanya bermain dalam satu warna. Gorden transparan hitam juga sempat laris di pasaran karena tren warna monochrome yang menjamur belakangan ini.

Gorden Bergelombang

model gorden ruang tamu
(Pexels)

Model gelombang dalam gorden satu ini akan menambah kesan unik tapi tidak berlebihan karena hadir dengan satu warna polos saja. Gorden ini juga sangat cocok dipasang pada ruangan dengan rumah bergaya minimalis karena simpel tapi tetap ada tekstur tambahan yang cantik.

Gorden Ombre

model gorden ruang tamu
(AliExpress)

Gorden ombre juga jadi favorit karena memungkinkan pengguna bermain warna tanpa takut terlihat berlebihan dengan gaya gradasinya. Gorden ombre juga sarat dan akan menambah kesan feminim pada ruangan.

Gorden Motif Bordir

model gorden ruang tamu
(Ru.Rosegal)

Gorden bordir biasanya menjadi pasangan terbaik untuk tipe gorden yang memiliki poni. Asalkan, motif yang dipilih tidak terlalu ramai agar tetap menyatu apik dengan poni gordennya. 

Gorden Kain Tebal

model gorden ruang tamu
(Freepik/Lifestylememory)

Gorden dengan bahan kain tebal memiliki beberapa keuntungan sendiri. Karena bahannya yang tebal, gorden ini lebih kuat sehingga lebih tahan lama dan tidak cepat rusak. Selain itu gorden ini juga cocok dipakai di rumah-rumah yang bercuaca dingin atau sering hujan karena menambah kehangatan.

Apalagi jika memilih warna yang pas, kesan hangat dan nyaman akan terpancar hanya dari satu warna gorden saja. Warna yang cocok dipilih bisa cokelat, mustard, merah marun sampai hijau tua.

Baca Juga: Tips Memilih Gorden Untuk Rumah Pins

Model Gorden Ruang Tamu Klasik

model gorden ruang tamu
(AliExpress)

Sekilas gorden klasik sering tertukar dengan gorden vintage. Memang, keduanya memiliki kelengkapan yang mirip seperti poni gorden, tassel, batang gorden yang bertekstur atau berpola serta motif yang ramai.

Bedanya, gaya vintage biasanya hanya bermain di warna pastel, sementara gorden-gorden gaya klasik berani memakai warna-warna yang lebih mencolok di mata.

Gorden Draperies

model gorden ruang tamu
(Amazon)

Gorden draperies atau disebut juga dengan tipe drapes akan semakin menambah kesan minimalis tapi juga elegan yang nyata pada sebuah ruangan. Ciri khasnya model gorden ruang tamu satu ini adalah mempunyai tumpukan ataupun ikatan pada bagian atas gorden dan bergelombang cantik ke bawah. Juntaian demi juntaian nya simple, tetapi tetap menarik untuk dilihat.

Dari sekian banyak rekomendasi gorden ruang tamu di atas, kira-kira mana yang paling cocok untuk rumahmu?

Featured Image Source: Freepik/dit2678

Baca Juga: 8 Model Gorden Jendela Kecil Minimalis untuk Percantik Ruangan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Ide Hiasan Kantor Untuk Mempercantik Dinding

Hiasan kantor tidak hanya membuat dinding tampak lebih hidup. Tujuan keberadaan hiasan kantor adala

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ragam Jenis Meja Kantor & Kegunaannya

Setiap perusahaan tentu membutuhkan meja kantor untuk meningkatkan kenyamanan dalam bekerja. Ternya

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia