BlogPemilik PropertiDesain Hunian16 Model Gorden Ruang Tamu yang Simple dan Manis
0
0

16 Model Gorden Ruang Tamu yang Simple dan Manis

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 24, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Model gorden ruang tamu akan menentukan penilaian dari orang yang datang terhadap sang tuan rumah. Tidak sebagai penyaring cahaya terik yang masuk, gorden yang tepat akan menambah nilai dekorasi dan estetika yang cocok.

Ruang tamu model minimalis, misalnya, cocok untuk dipasang sebagai model gorden ruang tamu terbaru yang sempit karena tidak banyak bermain motif sehingga menciptakan suasana ruangan yang lebih lega dan jauh dari kata sesak. Dengan begitu rumah eksklusif kamu akan secantik rumah di Cipayung di sekitar Cibubur Junction ataupun Mutiara Gading City.

Mari disimak beberapa model gorden untuk ruang tamu terbaru yang simpel dan manis seperti di bawah ini.

Model Gorden Ruang Tamu Terbaik

Bingung ingin menggunakan model gorden seperti apa untuk ruang tamu kamu? Yuk cobain beberapa rekomendasi berikut ini.

1. Model Retro

Source : Shopee

Gorden retro sangat cocok untuk yang suka dengan desain khas tahun 70-an. Berbeda dengan gaya vintage, retro lebih mengambil motif geometri repetitif namun teratur. Warna yang diusung juga cukup vibrant, seperti merah, orange, neon, kuning, sampai hijau terang.

2. Gorden Mewah

Source : Pinterest

Gorden mewah biasanya memakan lebih banyak biaya karena bahannya yang tebal dan ornamennya yang banyak. Motif dan desainnya persis seperti yang sering dipakai di jendela-jendela istana Eropa ataupun diterapkan di bagian tempat tidur dengan atasan super tinggi. 

Desainnya yang megah dan mewah sangat cantik jika Kamu bisa memadukan warna-warna ‘kaya’ di dalamnya. Seperti merah dan emas, ataupun emas dan perak.

3. Gorden Vintage

Source : Aliexpress

Gorden vintage tanpa disadari sering ditemukan di rumah-rumah Indonesia. Ciri khasnya adalah pemakaian poni gorden yang sekaligus berfungsi sebagai pelindung matahari meski gorden utamanya disibak atau diikat ke samping. Berbeda dengan retro meski sama-sama berasal dari tahun zaman dulu, gaya vintage menjadi tren di tahun 40-50an.

4. Gorden Minimalis Hidden Rollet

Source : Grants Blinds

Gorden gaya satu ini cukup unik karena bagian rollet atau pangkal atasnya yang berfungsi untuk menggeser gorden tersembunyi di celah langit-langit ruangan di depan jendela. Tersembunyinya rollet ini akan menambah kesan minimalis pada sebuah ruangan dan ruangan akan terlihat lebih tinggi. 

5. Gorden Minimalis Rollet Cincin

Source : AliExpress

Rollet cincin mungkin mirip dengan gorden vintage. Namun, tanpa poni gorden dan biasanya cincinnya menyatu di body gorden sehingga tidak banyak elemen lain yang melengkapi gorden ini. Kamu tinggal memasukkan cincin-cincin di gordennya saja ke tiang pengaitnya. Jadi deh desain ruang tamu minimalis yang nyaman.

Baca juga: 15 Model Cermin Dinding Ruang Tamu

6. Gorden Rollet Batang Kayu

Source : Kompas

Gorden rollet satu ini adalah variasi dari gorden rollet cincin. Hanya saja, bagian tiangnya diganti menjadi batang kayu yang sudah didesain sedemikian rupa untuk menambah estetika sebuah ruangan. Bisa memilih kayu asli atau sintetis yang cantik dengan sedikit hiasan daun maupun bunga-bunga kecil pada batangnya.

7. Gorden Geometris

Source : Pinterest

Siapa bilang ruangan minimalis hanya bisa diciptakan dari gorden polos? Coba gorden bermotif geometris yang tidak memakai banyak warna dan pengulangan motif yang rapi. Motif renggang maupun padat tetap menambah kesan minimalis, asalkan dipadukan dengan cat dinding yang polos dan tidak terlalu kontras dengan warna gorden geometris itu sendiri.

8. Gorden Checkered

Source : Tokopedia

Checkered adalah motif kotak-kotak seperti papan catur atau motif kotak yang terbentuk dari garis-garis berwarna hitam dan putih. Motif ini sering dipilih karena kesannya yang tidak akan pernah ketinggalan jaman dan cocok diterapkan di gaya minimalis sekalipun. Walaupun biasanya digunakan pada jendela yang pendek, ruang tamu tetap terlihat manis lho!

9. Gorden Khas Jepang

Source : Shopee

Jika ingin menambah nuansa klasik tapi enggan dari negara Eropa, kamu bisa memilih gorden khas Jepang yaitu Shoji. Shoji biasanya berbahan kertas kuat atau kanvas yang cocok dipadukan dengan furniture kayu-kayuan minimalis dari Jepang. 

Shoji yang biasanya berwarna asli krem atau broken white ini agak samar dan transparan yang memungkinkan memasukkan cahaya matahari dengan sejuk. Tidak hanya di jendela, jenis gorden satu ini juga apik digunakan sebagai aksesoris pembatas ruangan.

Baca juga: Berbagai Pilihan Model Gorden Mewah Minimalis

10. Warna Transparan

model gorden ruang tamu
Source : Tokopedia

Gorden warna transparan juga bisa dipilih untuk kamu yang tidak suka keramaian tapi ingin tetap terlihat unik. Pilih gorden dengan model sheer dan hanya bermain dalam satu warna. Gorden transparan hitam juga sempat laris di pasaran karena tren warna monochrome yang menjamur belakangan ini.

11. Gorden Bergelombang

model gorden ruang tamu
Source : Pexels

Model gelombang dalam gorden satu ini akan menambah kesan unik tapi tidak berlebihan karena hadir dengan satu warna polos saja. Gorden ini juga sangat cocok dipasang pada ruangan dengan rumah bergaya minimalis karena simpel tapi tetap ada tekstur tambahan yang cantik.

12. Gorden Ombre

model gorden ruang tamu
Source : AliExpress

Gorden ombre juga jadi favorit karena memungkinkan pengguna bermain warna tanpa takut terlihat berlebihan dengan gaya gradasinya. Apalagi gorden ombre juga sarat dan akan menambah kesan feminim pada ruangan.

13. Motif Bordir

model gorden ruang tamu
Source : Ru.Rosegal

Gorden bordir biasanya menjadi pasangan terbaik untuk tipe gorden yang memiliki poni. Asalkan, motif yang dipilih tidak terlalu ramai agar tetap menyatu apik dengan poni gordennya. 

14. Gorden Kain Tebal

model gorden ruang tamu
Source : Freepik/Lifestylememory

Gorden dengan bahan kain tebal memiliki beberapa keuntungan sendiri. Karena bahannya yang tebal, gorden ini lebih kuat sehingga lebih tahan lama dan tidak cepat rusak. Selain itu gorden ini juga cocok dipakai di rumah-rumah yang bercuaca dingin atau sering hujan karena menambah kehangatan.

Apalagi jika memilih warna yang pas, kesan hangat dan nyaman akan terpancar hanya dari satu warna gorden saja. Warna yang cocok dipilih bisa cokelat, mustard, merah marun sampai hijau tua.

Baca juga: Tips Memilih Gorden Untuk Rumah Pins

15. Gorden Ruang Tamu Klasik

model gorden ruang tamu
Source : AliExpress

Sekilas gorden klasik sering tertukar dengan gorden vintage. Memang, keduanya memiliki kelengkapan yang mirip seperti poni gorden, tassel, batang gorden yang bertekstur atau berpola serta motif yang ramai.

Bedanya, gaya vintage biasanya hanya bermain di warna pastel, sementara gorden-gorden gaya klasik berani memakai warna-warna yang lebih mencolok di mata. Sangat cocok pula sebagai dekorasi rumah klasik.

16. Gorden Draperies

model gorden ruang tamu
Source : Amazon

Gorden draperies atau disebut juga dengan tipe drapes akan semakin menambah kesan minimalis tapi juga elegan yang nyata pada sebuah ruangan. Ciri khasnya model gorden ruang tamu satu ini adalah mempunyai tumpukan ataupun ikatan pada bagian atas gorden dan bergelombang cantik ke bawah. Juntaian demi juntaian nya simple, tetapi tetap menarik untuk dilihat.

Dari sekian banyak rekomendasi gorden ruang tamu terbaru di atas, kira-kira mana yang paling cocok untuk rumahmu?

Baca juga: 8 Model Gorden Jendela Kecil Minimalis untuk Percantik Ruangan

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download