BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Jenis Ukuran Sofa yang Ideal dan Banyak Digunakan
0
0

7 Jenis Ukuran Sofa yang Ideal dan Banyak Digunakan

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 31, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memilih ukuran sofa yang tepat ternyata menunjang kenyamanan penggunanya. Kebanyakan furnitur memiliki ukuran standar termasuk sofa. Tujuan ukuran sofa standar ini adalah agar pas saat diletakan di ruangan sekaligus sesuai dengan tujuan penggunanya.

Begitu pula dalam Pengajuan KPR harus memperhitungkan ketersediaan dana, bunga dan tenornya. Dengan begitu Pins bisa mendapatkan rumah bekas di Bogor maupun perumahan di Bekasi yang diidam-idamkan selama ini seperti Ananta Homes Tenjo.

Jenis Ukuran Sofa yang Ideal

Apabila Pins bingung mencari ukuran sofa standar untuk ruang tamu atau kamar tidurmu, mungkin informasi berikut bisa jadi rujukan yang tepat. Ukuran sofa bisa dipilih sesuai luas ruangan, jumlah anggota keluarga ataupun lainnya.

1. Sofa Single

ukuran sofa single
Source : Pexels

Sofa single atau satu dudukan memiliki ukuran kecil sehingga hanya bisa diduduki oleh satu orang saja. Standar ukurannya mempunyai panjang 75-110 cm dengan kedalaman 70-90 cm dan tinggi 80-110 cm. Model sofa seperti ini cocok untuk ruang tamu yang mungil.

Kebanyakan orang menganggap sofa ini hanya sebagai dekoratif. Sofa 1 dudukan memiliki bersifat multifungsi sebab selain dipakai untuk duduk bisa pula dijadikan dekorasi di sudut ruangan.

Baca juga: 11 Ide Fasad Rumah Scandinavian 1 Lantai

2. Loveseat

ukuran sofa loveseat
Source : Pexels

Ukuran sofa 2 seater bervariasi dengan rata-rata 145-185 cm. Sofa dua dudukan ini cocok untuk ruangan berskala kecil atau pas-pasan. Biasanya dikombinasikan dengan sofa single agar ruangan lebih dinamis. 

Sofa ini bisa untuk ruangan berukuran 2×2 meter. Kedalaman sofa sebaiknya 72-95 cm dan tinggi 65-110 cm. Loveseat dapat digunakan untuk 2-3 orang sekaligus.

3. 3 Seater

Source : Pexels

Selanjutnya ada pula ukuran sofa 3 seater dengan panjang sekitar 180-254 cm. Kedalaman sofanya mulai dari 75-100 cm dan tinggi sekitar 85-110 cm. Ukurannya yang lumayan panjang bisa dijadikan tempat untuk tidur.

Seimbangkan sofa jenis ini dengan loveseat agar lebih pas di ruangan. Penataannya bisa diatur bagian yang panjang diposisikan dekat dengan dinding. Sisakan sedikit jarak antara bagian belakang sofa dengan dinding. Sofa tiga dudukan cocok untuk ruang tamu berukuran 3.5 m x 3.5 meter.

4. 4 Seater

Source : East Living

Jenis sofa ini merupakan yang terbesar daripada lainnya karena bisa mencapai tiga meter. Keunggulan ukuran sofa ini adalah bisa dijadikan tempat tidur karena cukup untuk merentangkan badan. Pins bisa meletakan sofa ini di apartemen studio yang memiliki ruangan terbatas.

4 seater bisa diletakan di ruang keluarga atau ruang tamu. Pins bisa menggunakannya sebagai pembatas antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Selain itu cukup tambahkan satu meja panjang atau meja bundar saja untuk melengkapi kursi ini jika ruangan tidak begitu luas.

5. Sofa Bed

Source : Pixabay

Model sofa ini cukup beragam namun umumnya memiliki panjang 130-200 cm. Lebar kedalamannya sekitar 50-60 cm dan bila direntangkan menjadi ranjang maka lebarnya mencapai 100-150 cm. Desainnya simpel bahkan panjangnya bisa melebihi 2 meter.

Prinsipnya sofa bed sangat multifungsi dan menghemat tempat. Selain digunakan sebagai dudukan dapat pula dijadikan tempat tidur tambahan bila ada tamu yang menginap. 

Baca juga: Mengenal Konsep Frugal Living: Pengertian, Manfaat dan Tips Menjalankannya

6. Sofa L

Source : Pxhere

Sofa L adalah kombinasi dari beberapa dudukan kecil dengan satu dudukan lebih panjang yang membentuk huruf L. Model sofa ini sering memiliki ruang penyimpanan tambahan di bawah dudukannya. Jenis sofa ini enak untuk selonjoran dan terkesan elegan serta mewah.

Biasanya model sofa ini bisa diduduki oleh 3-4 orang sekaligus. Cocok sekali untuk keluarga besar dan umumnya standar panjangnya kurang lebih 200-286 cm. Kedalaman sofa sekitar 139-186 cm dan tinggi sekitar 83-110 cm. Sofa L cocok sekali untuk ruangan dengan ukuran 4×3 meter persegi.

7. Recliner

Source : Wikipedia Commons

Sofa recliner memiliki beragam seater yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Desain klasiknya sangat cocok untuk dudukan santai di ruang baca. Recliner dengan single sofa berukuran 83 x 94 x 101 cm, dua dudukan biasanya berukuran 169 x 102 x 98 cm, dan tiga dudukan sekitar 203.2 x 96.5 x 95.2 cm.

Cara Memilih Sofa yang Tepat

Source : Pexels

Ukuran sofa selain disesuaikan dengan jenisnya juga perlu mempertimbangkan luas ruangannya. Berikut beberapa poin yang diperhatikan saat memilih model sofa yang tepat di rumah.

  • Ketahui dulu luas ruangannya agar bisa menyesuaikan ukuran sofa yang ada. Misalnya untuk ruangan dengan ukuran 5×5 meter ke atas lebih baik menggunakan sofa L
  • Pastikan ukuran sofa juga memperhatikan kemudahan saat bergerak. Jika sofa terlalu besar akan membuat ruangan semakin sempit
  • Ada dua jenis bahan sofa yang diminati yakni kulit dan kain yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sofa kulit lebih tahan lama namun perawatannya tidak boleh sembarangan berbanding terbalik dengan sofa kain

Model sofa ternyata ada banyak sekali mulai dari satu dudukan hingga recliner ataupun sofa L. Ukuran setiap modelnya berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan. Luas ruangan bisa mempengaruhi pemilihan sofa yang ingin digunakan.

Ukuran sofa juga harus memperhatikan ruang gerak. Jenis bahan sofa juga menjadi bahan pertimbangan. Untuk menghemat ruangan biasanya dipilih sofa bed karena dapat difungsikan sebagai tempat tidur tambahan saat ada tamu menginap.

Baca juga: 10 Inspirasi Model Pintu Kamar Unik yang Cocok untuk Rumah Kamu

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi New Abaya Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download