BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Tips Memilih Tanaman Hias Indoor yang Tepat
0
0

10 Tips Memilih Tanaman Hias Indoor yang Tepat

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Feb 28, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
memilih tanaman hias indoor yang cocoktop-right-banner

Selain mempercantik dekorasi rumah, sejumlah tanaman hias di dalam ruangan bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Penasaran bagaimana cara memilih tanaman hias indoor yang bikin rumah baru maupun rumah second makin apik? Simak di sini!

Kamu dapat melakukan penelusuran rumah yang cocok berdesain indah untuk ditinggali di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Ketahui perkiraan atau estimasi jumlah biaya KPR sebelum kamu mengajukan KPR pada Bank tertentu di Kalkulator KPR.

Baca juga: 13 Tanaman yang Lagi Viral dan Cantik untuk Dirawat

Cara Memilih Tanaman Hias Indoor yang Tepat

Memilih tanaman hias indoor yang tepat ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, kamu harus menentukan mana tanaman yang cocok dengan kondisi dan kebutuhan dalam ruangan. Hal ini tentu bisa jadi tantangan seru untuk Pins, bukan?

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara memilih tanaman hias di dalam ruangan. Berikut ini beberapa tips cara memilih tanaman hias indoor yang tepat:

1. Pertimbangkan Cahaya di Dalam Ruangan

memilih tanaman hias indoor yang tepat
Source : Pexels

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli tanaman hias indoor yang tepat adalah mempertimbangkan cahaya di dalam ruangan. Pasalnya, beberapa tanaman memerlukan lebih banyak cahaya, sedangkan lainnya tumbuh dengan baik tanpa harus sering terpapar cahaya. 

Salah-salah menempatkan tanaman di dalam ruangan justru bisa menyebabkan tanaman hias layu dan tidak terawat dengan baik. Jadi, periksa lagi apakah ruangan di dalam rumah kamu memiliki tempat yang tepat untuk tanaman hias, ya!

2. Cek Suhu dan Kelembapan Rumah 

tanaman hias
Source : Pexels

Memilih tanaman hias indoor yang tepat ternyata juga harus memeriksa suhu dan kelembapan rumah. Begini, ada tanaman tertentu yang membutuhkan lebih banyak kelembapan daripada yang lain. 

Sebagian besar ruangan di rumah mungkin memiliki kelembapan yang rendah karena penggunaan AC. Jika iya, sebaiknya jauhkan tanaman hias dari AC atau radiator. 

Bila Pins memilih tanaman tropis, usahakan untuk menyemprot tanaman hias ini setiap hari. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan tingkat kelembapan yang tepat. Bagi kamu yang tidak ingin repot mungkin bisa membeli tanaman yang memerlukan sedikit kelembapan. 

Baca juga: 37 Jenis Tanaman Hias Gantung di Teras Rumah yang Menyegarkan

3. Periksa Ukuran Tanaman yang Hendak Dibeli

memilih tanaman hias indoor yang tepat
Source : Pexels

Ukuran tanaman hias indoor akan sangat penting karena bisa memengaruhi estetika dan kenyamanan ruangan. Bila memilih tanaman yang terlalu besar pada ruangan yang kecil, ini tentu menciptakan ruangan yang tampak penuh dan tidak nyaman. 

Sebaliknya, membeli tanaman yang terlalu kecil mungkin tidak menciptakan efek visual yang cukup. Alhasil, tanaman terlihat tenggelam di dalam ruangan yang luas.

Maka dari itu, pilih tanaman dengan ukuran yang tepat di luas ruangan yang tepat pula. Siapa tahu penempatan tanaman hias bikin ruangan makin cantik dan jadi spot foto yang bagus, terlebih ketika Pins ingin menjual rumah dan memasarkannya di Pinhome. 

4. Beli Jenis Tanaman yang Mudah Dirawat

Source : Pexels

Memilih tanaman hias indoor yang tepat ternyata harus melihat tingkat kesulitan perawatan dari tanaman tersebut. Jika masih pemula, sebaiknya pilih jenis tanaman hias yang mudah dirawat

Hal ini bertujuan agar kamu bisa mempelajari dasar-dasar perawatan tanaman dan membangun kepercayaan diri. Tidak hanya itu, tanaman yang mudah dirawat cenderung menghemat waktu dan usaha karena bisa bertahan dan tumbuh dengan baik.

Baca juga: Tanaman Hias yang Cocok untuk Dirawat Oleh Pemula, Apa Saja?

5. Pilih Tanaman Hias Sesuai dengan Dekorasi Ruangan

memilih tanaman hias indoor yang tepat untuk dekorasi rumah
Source : Pexels

Pada saat memilih tanaman hias indoor, jangan lupa sesuaikan dengan dekorasi ruangan. Misalnya, tanaman dengan nuansa tropis bisa memberikan suasana yang menyenangkan. Sementara itu, tanaman dengan daun runcing dan lurus cocok dengan dekorasi ruang tamu minimalis

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tambahan nilai estetika dan membuat ruangan terlihat lebih indah. Ini juga memberikan kesan harmoni dan keseimbangan dalam ruangan sehingga membuat penghuni lebih betah. 

6. Tentukan Tanaman Hias yang Cocok di Dalam Pot Bunga

pot bunga
Source : Pexels

Pot bunga adalah tempat di mana tanaman hias akan tumbuh dan berkembang. Jika ditanam di pot bunga yang sesuai dengan jumlah air dan nutrisi yang cukup, tanaman akan tumbuh dengan baik. 

Beberapa tanaman mungkin membutuhkan media tanaman khusus, sementara lainnya bisa Pins tanam dalam potongan kayu atau batu-batuan. Jika bingung, coba tanyakan kepada penjual bunga yang biasanya lebih ahli dalam memberikan opini soal media tanam. 

Baca juga: 11 Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah

7. Perhatikan Efek Samping Tanaman

memilih tanaman hias indoor yang tepat
Source : Pexels

Meskipun tanaman hias indoor memberikan kualitas udara yang lebih baik, beberapa tanaman bisa menyebabkan efek samping tertentu, misalnya: 

  • Reaksi alergi akibat serbuk sari, misalnya gatal-gatal, bersin, hidung tersumbat, atau ruam pada kulit. 
  • Racun dari senyawa kimia pada bagian bunga, daun, atau buah. 
  • Kemunculan serangga dan hama tanaman, misalnya ulat dan kutu yang bisa merusak dekorasi ruangan. 

8. Pertimbangkan Kebutuhan Air Tanaman

Source : Pexels

Pada saat memilih tanaman hias indoor yang tepat jangan lupa pertimbangkan kebutuhan air tanaman. Air dibutuhkan oleh tanaman hias indoor untuk menjaga keseimbangan nutrisi dan menjaga kelembaban tanah. Jika tanaman hias tidak mendapatkan air yang cukup, pertumbuhan dan kesehatannya dapat terganggu.

Jadi, pastikan kamu memilih tanaman yang cocok dengan kebutuhan air di ruangan. Beberapa tanaman mungkin memerlukan banyak air sehingga harus ditempatkan di ruangan yang mudah dibersihkan. Sementara itu, tidak sedikit pula tanaman hias lain yang tahan kekeringan, misalnya kaktus. 

Baca juga: 11 Tanaman Rambat untuk Kanopi yang Lebih Cantik

9. Memperhatikan Hama Tanaman

Source : iStock

Tips selanjutnya dalam memilih tanaman hias indoor yang tepat adalah memperhatikan tanaman hias kamu dengan kemungkinan kemunculan hama tanaman. Munculnya hama tanaman seperti ulat, serangga, jamur, dan virus penyebab penyakit seringkali membuat tanaman hias kamu menjadi layu dan bahkan mati.

Kamu dapat menghindarinya dengan rajin membersihkan tanaman-tanaman kamu dari debu di permukaan daun bagian bawah dan juga atas. Kamu dapat memanfaatkan cairan susu yang diletakkan sedikit di lap kering untuk membuat daun tanaman menjadi mengkilap.

10. Pilihlah Tanaman yang Sesuai Kebutuhan

Source : iStock

Tips terakhir dalam memilih tanaman hias indoor yang tepat adalah dengan memilih tanaman yang sesuai kebutuhan kamu Pins. Tentu perbedaan lingkungan rumah dapat membuat kamu membutuhkan tanaman dengan jenis yang berbeda.

Apabila kamu berada di lingkungan dengan tingkat polusi udara yang tinggi, maka kamu membutuhkan tanaman hias dengan manfaat dapat menyaring udara kotor.

Nah, itu tadi sederet tips memilih tanaman hias indoor yang tepat yang bisa jadi bahan referensi Pins. Semoga tips-tips di atas dapat membantu kamu mendekorasi rumah dengan lebih natural, ya!

Baca juga:

Feature Source Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Bekasi Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download