12 Ide Desain Ruang Tamu Outdoor yang Nyaman

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 31 August 2022 ∙ 7 menit membaca

Menempatkan ruangan yang berbeda dari biasanya di rumah, merupakan salah satu cara agar rumah terasa nyaman dan lebih menarik. Apalagi untuk kamu yang anti-mainstream, tata letak ruang yang cenderung tidak biasa menjadi hal terbaik dalam menata interior rumah. Salah satu ide menariknya adalah menghadirkan desain ruang tamu outdoor.

Desain ruang tamu yang berada di luar ruangan cenderung menghemat ruang di dalam rumah dan memetakan skala privacy yang jelas. Khususnya untuk kamu yang menempatkan ruang tamu outdoor pada sisi terdepan rumah. Namun, bila hal tersebut tidak menjadi kekhawatiran, kamu pun bisa menempatkan ruang tamu pada bagian belakang rumah yang menyatu dengan taman.

Nah, apa masih belum ada gambaran yang jelas? Beberapa desain ruang tamu outdoor di bawah ini pastinya dapat mengembangkan ide dalam pembuatannya. Lihat langsung yuk!

Ruang Tamu Outdoor dengan Unsur Rotan

(The Spruce)

Rotan merupakan salah satu jenis tumbuhan merambat yang sering digunakan sebagai material furnitur. Ciri khas kental dan kaya akan unsur tradisionalnya membuat rotan menjadi furnitur andalan berbagai kebutuhan rumah tangga. Unik dan menarik menjadi hal yang selalu terlihat dari penampilan material satu ini.

Tidak terkecuali untuk penggunaan furnitur dengan unsur rotan pada ruang tamu outdoor milikmu. Keunggulannya pun tidak perlu diragukan lagi. Kokoh, ringan, mudah dibentuk dan pastinya memiliki harga yang terjangkau. Cocok sekali ditempatkan pada ruangan dengan tema outdoor, Pins! Apalagi bila bahan yang kamu gunakan adalah rotan sintetis, bahan tersebut tahan terhadap air dan juga paparan cahaya matahari.

Baca Juga: 7 Inspirasi Model Kursi Rotan Unik dan Terbaik

Nuansa Putih dengan Rotan

(Pinterest)

Ruang tamu outdoor minimalis bisa kamu hadirkan pula dari perpaduan warna netral yang cerah. Salah satunya adalah penggunaan warna putih, Pins! Nuansa putih yang kental pada ruang, mampu membuat ruangan bercahaya dan terlihat sangat bersih. Perpaduan furnitur rotan pada ruang tamu bernuansa serba putih juga menjadi teman yang cocok.

Namun, bila kamu ingin membuat ruang tidak terlihat monoton, kamu bisa menambahkan aksesoris pelengkap dengan warna lainnya. Warna apapun yang kamu padukan dengan warna putih tetap bisa selaras. Jadi, jangan takut untuk menambahkan warna yang terang maupun gelap pada aksesoris.

Penggunaan Furnitur Kayu Jati

ruang tamu outdoor
(Tokopedia)

Furnitur berbahan kayu jati juga tidak kalah tenar dengan bahan rotan. Beberapa penghuni memanfaatkan furnitur tersebut sebagai bagian dari interior pelengkap. Kayu jati pun mempunyai material terbaik yang tentunya tidak perlu diragukan lagi. 

Meskipun memiliki harga yang cukup tinggi, tetapi daya tahannya cukup lama. Kayu jati mampu bertahan hingga puluhan tahun, Pins! Desain ruang tamu dengan furnitur kayu jati juga banyak diterapkan. Baik menggunakan bantalan maupun tanpa bantalan, furnitur tetap terlihat berkelas.

Nuansa Kayu Putih

ruang tamu outdoor
(Pinterest)

Nuansa putih pada sebuah ruangan memang kaya akan makna yang menyenangkan bukan? Tidak heran warna tersebut sering digunakan pada desain interior maupun eksterior ruangan. Kayu putih pun kini sudah wara-wiri hadir dalam desain perumahan, khususnya untuk penggunaan furnitur hingga material bangunan pada perumahan minimalis modern.

Kamu pun juga bisa menggunakan ide tersebut dalam desain ruang tamu outdoor. Bila warna lain menjadi kendala, kamu bisa memadupadankan dengan warna kayu asli yang cenderung muda. Lihat saja penampilannya pada ruang tamu santai di atas, nyaman dan terlihat bersih. Ide tambahan penggunaan karpet anyaman pada ruang tamu pun merupakan salah satu ide brilian.

Tema Earth Tone

ruang tamu outdoor
(Elledecor)

Tidak hanya ruang tamu yang ditempatkan pada bagian depan dan belakang rumah, kamu pun dapat membuat ruang tamu outdoor yang berada di rooftop, Pins! Padukan dengan desain interior mayoritas warna earth tone agar tampak lebih alami dan tentunya nyaman. Rangka rooftop pun bisa kamu buat dari bebatuan alami yang tentunya tahan terhadap cuaca ekstrem.

Setelahnya, kamu bisa menambahkan furnitur di dalamnya dengan bahan waterproof maupun penambahan desain atap yang menarik. Dijamin tamu akan betah berlama-lama di rumahmu, Pins!

Ruang Tamu Outdoor dengan Banyak Tanaman

ruang tamu outdoor
(Pinterest)

Nah, berbeda lagi untuk kamu yang senang dengan nuansa alami dengan bantuan tumbuh-tumbuhan. Koleksi tanaman hias bisa kamu tambahkan di sana. Ruang tamu tema outdoor akan semakin lengkap dengan adanya tumbuhan. Alas lantai bisa menggunakan bebatuan alami dan tidak lupa pula tambahan sofa panjang yang nyaman.

Baca Juga: 15 Warna Sofa yang Elegan untuk Ruang Tamu

Ruang Tamu Outdoor dengan Gazebo

ruang tamu outdoor
(Jetta Living)

Ide penggunaan gazebo pada ruang tamu yang ditempatkan di luar ruangan juga bisa menjadi inspirasi. Gazebo yang memang terkenal dengan tampilan yang nyaman, pasti akan membuat tamu nyaman. Namun, coba perhatikan tata letaknya dan sesuaikan dengan ukuran lahan di rumah. Jangan paksakan bila lahan terbatas ya! Penggunaan gazebo cocok pada halaman yang cukup luas dengan penghijauan di sekitarnya, Pins!

Ruang Tamu Outdoor dengan Ayunan

ruang tamu outdoor
(Housetrends)

Selain gazebo, ayunan juga menjadi salah satu hal yang menarik untuk kamu tempatkan pada ruang tamu. Ruang tamu outdoor akan terasa lebih unik dan tidak membosankan. Namun tidak juga menempatkan ayunan anak-anak seperti di sekolah, tempat duduk ayunan modern kini sudah banyak bisa kamu temukan. Modelnya pun beragam dengan kenyamanan tempat duduk yang tentunya tidak ada duanya.

Tampilan Minimalis Abu-Abu

ruang tamu outdoor
(Shopee)

Nuansa warna lainnya yang bisa menjadi pilihan tema ruangan outdoor adalah minimalis dengan mayoritas warna abu-abu. Desain ruang tamu outdoor minimalis cenderung tidak menggunakan banyak aksesoris di dalamnya. Cukup menempatkan furnitur utama seperti kursi dan meja saja. Kamu bisa bermain pada warna-warna menarik alas lantai hingga dinding yang mengelilingi ruangan.

Baca Juga: 10 Pilihan Model Dapur Semi Terbuka di Bagian Belakang Rumah

Ruang Tamu Outdoor Serba Hitam

(Homestolove)

Ide selanjutnya adalah hadir dari varian warna yang cenderung gelap, yaitu hitam. Kamu bisa menciptakan ruang tamu modern dengan mayoritas warna hitam di dalamnya. Tidak perlu takut ruang terlihat gelap, kamu bisa memadupadankan warna tersebut dengan beberapa warna pilihan. Misalnya putih, abu-abu, hingga cokelat muda. 

Namun yang perlu kamu perhatikan adalah hindari penggunaan warna dinding gelap bila kamu ingin menggunakan warna hitam pada perabot. Apalagi bila ruang tamu luar ruangan milik kamu berada di depan rumah. 

Ruang Tamu Outdoor dengan Kursi Letter L

(Rolling Stones Landscape)

Kursi dengan model letter L menghadirkan suasana kenyaman bagi penguni di dalamnya. Kamu bisa merasakannya karena tampilannya yang santai dan cenderung lebih lebar dibandingkan two seater pada umumnya. Walaupun memakan banyak tempat dalam ruang, kursi tersebut bisa membuat tamu dan penghuni lebih santai.

Ruang tamu luar ruangan dengan kursi letter L bisa kamu tempatkan pada sisi kolam renang, hingga taman belakang. Hal tersebut sekaligus menambah kenyamanan tersendiri saat duduk dan bercengkrama.

Penggunaan Warna Cerah

(Nonagon.style)

Terakhir tentunya desain ruang tamu yang berada di luar ruangan dengan permainan warna cerah. Warna hijau muda, biru muda, krem hingga warna lainnya bisa kamu gunakan sebagai warna dasar. Rona warna cerah mampu membuat orang asing yang datang pertama kali ke rumah pun merasakan kenyamanan. Apalagi bila kamu mengetahui tata letak interior yang baik. 

Pastikan pula untuk mengetahui arah matahari. Usahakan untuk menempatkan tempat duduk berlawanan dengan sinar matahari. Hal tersebut untuk menghindari paparan yang membuat ruangan terasa panas.

Itulah beberapa desain menarik mengenai ruang tamu yang berada di area outdoor rumah. Kini tentu kamu akan beralih bukan? Segera rombak yuk desain ruang tamu di rumah!

Featured Image Source: Freepik/lifeforstock

Baca Juga: 15 Desain Angkringan Outdoor yang Cozy


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Looks Keramik Kamar Mandi Hitam yang Elegan

Pernah terpikirkan untuk membuat tampilan kamar mandi berbeda? Kamu bisa bermain dengan warna dari

Lifestyle
Lifestyle 5 Cara Login Telegram di Laptop yang Aman & Cepat

Messenger yang memiliki banyak user menuntut founder dan developer-nya untuk memberikan kemudahan.

Lifestyle
Lifestyle 4 Cara Download WA di Laptop Windows & Mac

Bagi sebagian besar pengguna smartphone di tanah air, eksistensi WhatsApp adalah sebuah keharusan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 13 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Agar Rapi dan Bersih

Dapur merupakan salah satu ruangan penting di setiap rumah yang kebersihannya harus selalu dijaga.

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia