BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Tips Menata Ruang Tamu Pintu Tengah Agar Proposional
0
0

7 Tips Menata Ruang Tamu Pintu Tengah Agar Proposional

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 6, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
menata ruang tamu pintu tengahtop-right-banner

Ruang tamu menjadi salah satu ruang yang cukup sakral, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Ruang tersebut ibarat cermin penghuni di dalamnya dan sebagai tempat utama dalam menjamu kehadiran tamu di rumah. Karenanya, desain ruang tamu sangat penting untuk diperhatikan, khususnya dalam menata ruang tamu pintu tengah.

Penggunaan pintu tengah pada ruang tamu juga merupakan bagian dari desain agar pencahayaan dalam ruang lebih maksimal. Apalagi bila Pintu tersebut menjadi salah satu ventilasi utama dalam desain hunian pada lahan yang terbatas.

Rumah Ekslusif seperti hunian dekat Universitas Jayabaya, rumah second di Bogor seperti Paradise Serpong City 2 atau rumah dijual di Jagakarsa memiliki pintu tengah pada area ruang tamunya yang menambah keunikan interior ruangan.

Menata Ruang Tamu Pintu Tengah

Pintu tengah tersebut sebagai elemen utama sebagai keluar masuknya penghuni sekaligus sirkulasi udara untuk kenyamanan penghuni. Namun seperti apa cara yang benar dalam menata ruang tamu pintu tengah? Pinhome akan menyajikan 7 tips sederhana di bawah ini!

Baca juga: 16 Contoh Lemari Hias Ruang Tamu

1. Perhatikan Model Pintu 

menata ruang tamu pintu tengah
(

Menata ruang tamu pintu tengah bisa dilakukan dengan penentuan desain model pintu rumah masa kini yang tepat. Model pintu yang berada di tengah ruang, usahakan menjadi pusat perhatian. Bila ruang dalam hunian cukup kecil, kamu bisa menggunakan model pintu kaca seperti di atas.

Kaca digunakan penghuni pada pintu untuk membuat cahaya dari luar masuk ke dalam ruang. Namun, Pins tidak perlu khawatir akan udara panas yang masuk, beberapa model kaca modern sudah dilengkapi dengan lapisan anti UV yang baik. Dari luar seperti tidak ada sekat dan membuat ruang tamu semakin menarik dan cerah.

Selain itu, Pins Pun bisa menggunakan model pintu dorong atau menggunakan rel pada bagian depan untuk menghemat tempat. Cara tersebut cukup efektif diaplikasikan pada hunian di lahan terbatas milik kamu.

Baca juga: 13 Desain Sofa Minimalis Untuk Ruang Tamu dan Keluarga

2. Gunakan Ukuran Furnitur yang Proporsional

menata ruang tamu pintu tengah
(

Nah, menata ruang tamu pintu tengah selanjutnya bisa dilakukan dengan proporsional dengan pemilihan furnitur yang tepat nih Pins! Hindari penggunaan furnitur berbentuk bulat dan usahakan jauhkan dari pintu masuk.

Meja bundar misalnya, justru membuat ruang semakin sempit. Selain itu, perhatikan pula jarak pintu tengah dengan perabot yang ada di dalam. Usahakan ada jarak dan tidak menempel.

Pins bisa menggunakan model sofa two seater, sofa ruang keluarga maupun leter L yang ditempatkan pada bagian sudut ruang. Hal tersebut akan menghemat tempat dan tentunya tampilan ruang akan semakin terlihat.

Namun, bila ruang tamu milik kamu dalam keadaan besar, kamu bisa menambahkan partisi pada bagian tengah ruang agar orang luar tidak bisa melihat ke dalam atau bisa dikatakan meningkatkan privasi penghuni.

3. Rapatkan Furnitur ke Dinding

Source : Carousell

Usahakan furnitur yang kamu miliki sesuai denga bentuk ruang dengan begitu kamu dapat merapatkannya ke dinding. Hal ini diterapkan agar kamu memiliki ruang gerak yang luas dan tidak menghalangi jalan masuk dan akses menuju ruangan dalam rumah.

Kamu bisa menggunkan sofa L,, meja berbentuk persegi, dan lain sebagainya. Penampilan ruangan juga akan semakin rapi serta kamu dapat lebih maksimal dalam mengolah ruangan.

4. Gunakan Nuansa Warna Cerah Pada Ruang Tamu

menata ruang tamu pintu tengah
(

Penggunaan warna cerah baik dalam interior maupun eksterior rumah memang menampilkan keleluasaan. Ruang akan terlihat lebih lega dan tentunya tidak terlihat sesak.

Kamu bisa menggunakan warna-warna lembut dan cerah sebagai alternatif. Hal ini akan membuat kesalahan penempatan pintu tengah menjadi hal yang tidak terlihat.

Bila tamu sudah terpana dengan keadaan di dalam ruang, hal tersebut tidak akan menjadi salah satu kendala. Cobalah untuk menyelaraskan bagian perabot dan dinding ruang agar semakin indah. Selain itu jangan lupa pula untuk memperhatikan warna pintu tengah yang sejajar dengan dinding.

Pins bisa membuat warna kontras maupun warna yang seakan-akan sama menjadi satu. Bagaimana idenya, apa Pins juga sudah melakukannya di rumah?

Baca juga: 15 Desain Rak Kayu Palet Unik untuk Furniture Rumah

5. Tetapkan Alur Jalan Masuk dari Pintu Utama

(

Selanjutnya adalah menentukan alur jalan masuk. Hal ini mungkin terkadang sering dilupakan. Penghuni ingin membuat tampilan rumah estetik dengan banyaknya perabot di dalamnya tanpa memikirkan bagaimana penghuni berlalu lalang.

Usahakan buatlah jalur untuk jalan dari pintu tengah hingga bagian dalam rumah, sehingga tidak ada perabot yang pecah ataupun rusak karena sering bergesekan.

Pins bisa menyediakan space ruang kosong pada bagian setelah pintu masuk, ataupun membuat layaknya jalan setapak yang bisa dibaca oleh orang sekalipun ia baru pertama kali masuk. Hal ini akan menambah pula kenyaman penghuni dalam beraktivitas di dalamnya.

Pins tentu tidak nyaman bukan, bila kesana kemari selalu terkena perabot. Inilah mengapa perabot di dalam rumah usahakan untuk ditempatkan sesuai fungsinya, jangan justru membuat tampilan rumah semakin penuh.

6. Pemilihan Tirai Jendela yang Tepat

(

Terakhir adalah pemilihan desain tirai jendela saat menata ruang tamu pintu tengah agar proporsional. Penggunaan tirai panjang yang cenderung membuat hunian semakin sempit, usahakan dihindari.

Pins bisa menggunakan jenis tirai sederhana dengan model gorden ruang tamu berbentuk kupu-kupu ataupun model kayu rolling yang minimalis dan tidak banyak memakan tempat. Desain tirai kayu yang modern pun kini sudah mulai banyak di pasaran, Pins hanya perlu memilih model yang Pins sukai dan selaraskan pula dengan tema ruang tamu.

7. Manfaatkan Dekorasi Kaca

Source : Pinterest

Jika ruang tamu yang kamu punya agak sempit dan kecil, kamu bisa memanfaatkan hiasan kaca. Tujuannya adalah untuk memberi efek ilusi seolah-olah ruangan tersebut luas. Selain itu, dengan kaca, kamu juga bisa memberi sentuhan modern dan modis dalam ruangan, lho!

Itulah beberapa tips sederhana dalam menata ruang tamu pintu tengah agar proporsional dan tidak merugikan penghuni. Semuanya bisa Pins lakukan dengan anggaran yang terbatas dan tidak berlebih. Intip juga artikel dari Pinhome lainnya yang tak kalah bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Telaga Golf Araya dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download