Menata Ruang Tamu Pintu Tengah Agar Proporsional

Pinhome

5 Tips Menata Ruang Tamu Pintu Tengah Agar Proposional

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 16 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Bagian dalam rumah yaitu ruang tamu, bagi penduduk di negara kita menjadi salah satu ruang yang cukup sakral. Ruang tersebut ibarat cermin penghuni di dalamnya dan sebagai tempat utama dalam menjamu kehadiran tamu di rumah. Menata ruang tamu pintu tengah agar terlihat proporsional juga perlu pemahaman nih Pins! Jangan sampai tampilan ruang tamu milik kamu tidak sesuai yang berakibat tidak sedap dipandang.

Pinhome – Penggunaan pintu tengah pada ruang tamu juga merupakan bagian dari desain agar pencahayaan dalam ruang lebih maksimal. Apalagi bila Pintu tersebut menjadi salah satu ventilasi utama dalam desain hunian pada lahan yang terbatas. Hal ini menjadikan pintu tersebut sebagai elemen utama sebagai keluar masuknya penghuni sekaligus sirkulasi udara untuk kenyamanan penghuni. Namun seperti apa cara yang benar dalam menata ruang tamu pintu tengah? Pinhome akan menyajikan 5 tips sederhana di bawah ini!

Baca Juga: Cara Membuat Rumah Bersih Dan Rapi Setiap Saat

Perhatikan Model Pintu 

menata ruang tamu pintu tengah
(This Old House)

Menata ruang tamu pintu tengah bisa dilakukan dengan penentuan desain model pintu yang tepat. Model pintu yang berada di tengah ruang, usahakan menjadi pusat perhatian. Bila ruang dalam hunian cukup kecil, kamu bisa menggunakan model pintu kaca seperti di atas. Kaca digunakan penghuni pada pintu untuk membuat cahaya dari luar masuk ke dalam ruang. Namun, Pins tidak perlu khawatir akan udara panas yang masuk, beberapa model kaca modern sudah dilengkapi dengan lapisan anti UV yang baik.

Dari luar seperti tidak ada sekat dan membuat ruang tamu semakin menarik dan cerah. Selain itu, Pins Pun bisa menggunakan model pintu dorong atau menggunakan rel pada bagian depan untuk menghemat tempat. Cara tersebut cukup efektif diaplikasikan pada hunian di lahan terbatas milik kamu.

Ukuran Furnitur yang Digunakan Usahakan Proporsional

menata ruang tamu pintu tengah
(Elements.envato)

Nah, menata ruang tamu pintu tengah selanjutnya bisa dilakukan dengan proporsional dengan pemilihan furnitur yang tepat nih Pins! Hindari penggunaan furnitur berbentuk bulat dan usahakan jauhkan dari pintu masuk. Meja bundar misalnya, justru membuat ruang semakin sempit. Selain itu, perhatikan pula jarak pintu tengah dengan perabot yang ada di dalam. Usahakan ada jarak dan tidak menempel.

Pins bisa menggunakan model sofa two seater maupun leter L yang ditempatkan pada bagian sudut ruang. Hal tersebut akan menghemat tempat dan tentunya tampilan ruang akan semakin terlihat. Namun, bila ruang tamu milik kamu dalam keadaan besar, kamu bisa menambahkan partisi pada bagian tengah ruang agar orang luar tidak bisa melihat ke dalam atau bisa dikatakan meningkatkan privasi penghuni.

Gunakan Nuansa Warna Cerah Pada Ruang Tamu

menata ruang tamu pintu tengah
(TLC Interiors)

Penggunaan warna cerah baik dalam interior maupun eksterior rumah memang menampilkan keleluasaan. Ruang akan terlihat lebih lega dan tentunya tidak terlihat sesak. Kamu bisa menggunakan warna-warna lembut dan cerah sebagai alternatif. Hal ini akan membuat kesalahan penempatan pintu tengah menjadi hal yang tidak terlihat. Bila tamu sudah terpana dengan keadaan di dalam ruang, hal tersebut tidak akan menjadi salah satu kendala.

Cobalah untuk menyelaraskan bagian perabot dan dinding ruang agar semakin indah. Selain itu jangan lupa pula untuk memperhatikan warna pintu tengah yang sejajar dengan dinding. Pins bisa membuat warna kontras maupun warna yang seakan-akan sama menjadi satu. Bagaimana idenya, apa Pins juga sudah melakukannya di rumah?

Tetapkan Alur Jalan Masuk dari Pintu Utama

(Little Piece of Me)

Selanjutnya adalah menentukan alur jalan masuk. Hal ini mungkin terkadang sering dilupakan. Penghuni ingin membuat tampilan rumah estetik dengan banyaknya perabot di dalamnya tanpa memikirkan bagaimana penghuni berlalu lalang. Usakan buatlah jalur untuk jalan dari pintu tengah hingga bagian dalam rumah, sehingga tidak ada perabot yang pecah ataupun rusak karena sering bergesekan.

Pins bisa menyediakan space ruang kosong pada bagian setelah pintu masuk, ataupun membuat layaknya jalan setapak yang bisa dibaca oleh orang sekalipun ia baru pertama kali masuk. Hal ini akan menambah pula kenyaman penghuni dalam beraktivitas di dalamnya. Pins tentu tidak nyaman bukan, bila kesana kemari selalu terkena perabot. Inilah mengapa perabot di dalam rumah usahakan untuk ditempatkan sesuai fungsinya, jangan justru membuat tampilan rumah semakin penuh.

Pemilihan Tirai Jendela yang Tepat

(Decorist)

Terakhir adalah pemilihan desain tirai jendela saat menata ruang tamu pintu tengah agar proporsional. Penggunaan tirai panjang yang cenderung membuat hunian semakin sempit, usahakan dihindari. Pins bisa menggunakan jenis tirai sederhana dengan gorden berbentuk kupu-kupu ataupun model kayu rolling yang minimalis dan tidak banyak memakan tempat.

Desain tirai kayu yang modern pun kini sudah mulai banyak di pasaran, Pins hanya perlu memilih model yang Pins sukai dan selaraskan pula dengan tema ruang tamu. Tirai kayu klasik seperti di atas pun tetap menarik perhatian bukan? Desain tirai kayu seperti ini sangat cocok dipadupadankan dengan material kayu pada lantai. Pins bisa mengadaptasi tema japandi yang kekinian dalam ruang. Selamat mencoba!

Itulah beberapa tips sederhana dalam menata ruang tamu pintu tengah agar proporsional dan tidak merugikan penghuni. Semuanya bisa Pins lakukan dengan anggaran yang terbatas dan tidak berlebih. Intip juga artikel dari Pinhome lainnya yang tak kalah bermanfaat ya!

Baca Juga: Tips dan Cara Menata Ruangan Sempit Agar Rapi


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel