Inspirasi Ruang Tamu Ala Jepang, Cocok Untuk Rumah Minimalis!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ 9 December 2021 ∙ 6 menit membaca

Ruang tamu berbentuk persegi, dengan meja rendah ditengah diikuti beberapa bantal datar merupakan ciri khas dari desain ruang tamu ala Jepang. Berasal dari filsafat tradisional Zen, mayoritas desain mengedepankan unsur kesederhanaan alami yang negara Jepang yakini.

Pinhome – Ruang tamu ala jepang memang menarik untuk diulas. Apalagi dengan ciri khas desain lesehan yang membuat suasana keluarga kian erat. Mendengar kata lesehan pasti yang terlintas dalam benak Pins adalah makan.

Menyantap makanan dengan cara lesehan memang lebih nikmat dan menciptakan suasana yang lebih santai. Tidak heran banyak dari hunian memakainya baik dalam pengaplikasian desain ruang makan maupun ruang tamu.

Bila Pins menyukai model ruang tamu lesehan ala Jepang, kamu wajib melihat artikel di bawah ini sampai habis! Dijamin kamu tidak akan menyesal melihat keindahan ruang demi ruang yang dibalut dalam arsitektur bergaya jepang yang menenangkan. Langsung saja yuk!

Baca juga: Melirik Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Sederhana Tapi Menarik

Ruang Tamu ala Jepang Minimalis

ruang tamu ala jepang
(home-designing)

Desain minimalis modern yang mempunyai pengaruh gaya Jepang memang tidak terlepas dari unsur perabot yang cenderung rendah. Hal tersebut yang membuat ruang tamu lesehan banyak ditemui dalam hunian bergaya Jepang.

Walau dengan cara lesehan, namun hunian mu akan tetap terlihat modern dan kekinian. Cukup tambahkan karpet berbulu lembut pada ruangan dan juga kursi kayu dengan warna cerah.

Ruang Tamu Lesehan Semi Outdoor

ruang tamu ala jepang
(home-designing)

Nah, untuk kamu yang memang menyukai ruang tamu lesehan ala jepang, Pins bisa menempatkannya pada bagian luar rumah. Ruangan semi outdoor yang berada pada teras membuat tamu lebih nyaman.

Tidak hanya sampai disitu, kamu dan keluarga pun bisa menyantap kopi hangat sore hari dengan semilir angin yang berhembus. Jangan lupa tambahkan beberapa bantal agar duduk kamu dan keluarga lebih nyaman ya!

Ruang Tamu Teras Rumah

 Ruang tamu tanpa sofa
(Instagram/omah_bodas)

Teras rumah juga bisa digunakan sebagai ruang tamu Pins! Cocok sekali untuk kamu yang tinggal pada hunian dengan lahan terbatas. Kamu bisa berkreasi menghadirkan ruang tamu nyaman yang berada di teras rumah. 

Salah satu contohnya adalah penggunaan tempat duduk berbahan semen yang dibuat pada sudut siku. Selain dapat menikmati semilir udara di luar, kamu pun bisa santai berbincang disana. Jangan lupa pula untuk menggunakan lantai keramik dengan motif menarik agar teras terlihat artistik.

Kini kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai tidak adanya sofa dalam ruang tamu. Inspirasinya banyak dan pastinya tidak terbatas akan desain yang monoton. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 8 Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Agar Terlihat Luas

Ruang Tamu dengan Suasana Khas Jepang

ruang tamu ala jepang minimalis
(home-designing)

Pemakaian material kayu pada hunian bergaya Jepang memang tidak pernah dilupakan. Ini sudah seperti layaknya cerita Galih dan Ratna yang tak pernah bisa dipisahkan. Kamu dapat menggunakan material tersebut pada alas lantai, dinding, maupun segala perabot di dalamnya.

Tidak lupa untuk melakukan pemilihan model pintu dan jendela ala Jepang dengan list yang cukup banyak. Dijamin sekejap, kamu akan serasa berada di negeri Sakura tersebut.

Baca juga: 5 Keuntungan Ruangan Lesehan Di Dalam Rumah

Ruang Tamu Klasik Ala Jepang

(home-designing)

Desain ruang tamu lesehan ala Jepang memang tidak ada habisnya nih Pins! Mengusung tema nyaman dan mengedepankan ketenangan, kamu dapat menambahkan dekorasi pada luar ruang tamu.

Seperti desain kaca terbuka yang luas dengan pemandangan asri khas taman. Kamu bisa mengisinya dengan koleksi tanaman hias milik kamu.

Selain bisa menampilkan segala ragam jenis tanaman, tamu pun akan senang melihatnya. Ini bisa menjadi bahan pembicaraan yang panjang lho dengan tamu yang berkunjung. Selain itu, selalu ingat bahwa desain lesehan yang baik terletak pada pemilihan jenis tempat duduk yang benar.

Baca juga: Berbagai Jenis Lampu Hias Ruang Tamu dengan Harga Terjangkau

Ruang Tamu Dekorasi Khas Jepang

(feinmann)

Kamu suka dengan pernak pernik ala Jepang? Ini bisa dijadikan dekorasi menarik dalam hunian Pins! Ruang tamu lesehan ala Jepang milikmu akan terlihat lebih menarik dan hidup bila kamu memiliki ciri khas kental di dalamnya.

Rak penuh dengan pernak pernik, pajangan lukisan alam, pakaian maupun motif-motif cantik pada sarung bantal bisa menjadi detail yang unik. Jangan lupa untuk tetap memakai alas lantai berbahan kayu ya Pins, agar desain interior Jepang mu terlihat lebih maksimal dan nyata.

Baca juga: 7 Hiasan di Ruang Tamu Minimalis yang Simple

Ruang Tamu Bergaya Modern

(homeanddecor_sg)

Bosan dengan jenis gaya tempat duduk lesehan? Pins bisa membuatnya tetap bergaya modern dengan sentuhan ala Jepang yang samar. Contohnya seperti pada desain di atas.

Meja tetap dibuat lebih rendah daripada tempat duduk, namun tetap berbahan kayu dengan perpaduan material menarik di dalamnya. Kamu bisa menggunakan lantai keramik marmer atau porselen dengan motif yang modern. Ini akan membuat ruang tamu Pins menarik dan elegan.

Ruang Tamu Bergaya Tradisional

(thenateshow)

Tempat duduk lesehan, tidak hanya bisa untuk duduk dalam bentuk bersila maupun bersimpuh. Pins bisa menggunakan alternatif lainnya dengan menyediakan ruang kosong yang terletak di bawah meja, seperti pada contoh di atas.

Walau tetap mengedepankan desain tradisional Jepang, kamu dan keluarga akan tetap nyaman saat sedang bercengkrama. Desain ruang makan yang bisa kamu buat menjadi ruang tamu dapat Pins temui di beberapa interior restoran dengan makanan khas Jepang.

Baca juga: Ketahui Kelebihan Kursi Kayu Jati yang Banyak Digunakan di Ruang Tamu

Ruang Tamu Ala Jepang Minimalis Minim Dekor

(pinterest)

Kekosongan dalam ruang yang menciptakan sebuah ketenangan batin memang menjadi filosofi utama dalam rumah ala Jepang. Secara tidak sadar, rumah yang minim akan dekorasi dan barang membuat mood kita lebih baik.

Ruang tamu ala jepang minimalis yang minim dekor bisa Pins terapkan dalam hunian modern. Kamu bisa menyembunyikan barang-barang dengan desain ruangan rahasia maupun smart furniture.

Ruang Tamu Bergaya Minimalis

 Ruang tamu tanpa sofa
(Design Cafe)

Selanjutnya tipe minimalis yang mengedepankan keleluasaan dalam ruang gerak. Ruang tamu tanpa sofa tipe minimalis cenderung menitikberatkan pada jenis perabot di dalamnya. Desainnya minimalis dan tidak memiliki bobot yang terlihat berat atau desain dengan dekorasi yang penuh. 

Di dalam interior ruang tamu seperti ini, kamu akan menemukan keterbatasan dalam segi corak maupun warna yang cenderung monoton. Baik jenis kursi tanpa sandaran, dengan sandaran tinggi pun tetap cocok digunakan dengan dalam ruang tamu tipe satu ini.

Baca Juga: 8 Desain Ruang Tamu Minimalis Bikin Kamu Betah di Rumah

Ruang tamu ala jepang minimalis di atas memang cukup menenangkan dan cocok diaplikasikan pada hunian modern. Desain arsitektur Jepang pun memang banyak ditempatkan pada lahan yang cenderung sempit.

Jadi, walaupun rumah kamu kecil, kamu pun tetap dapat menggunakan ruang tamu dengan desain Jepang kekinian.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah seperti pada perumahan Serpong Natura City dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Mengenal SolarTuff, Inovasi Baru untuk Atap Rumah Modern

Pernah dengar tentang atap solartuff? Jenis atap yang satu ini memang masih terbilang baru dan belu

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia