Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Apa Sih Ruang Tamu Minimalis Itu? Kamu Bisa Lakukan Hal Simpel Ini Untuk Mendapatkannya

Tips Properti

Apa Sih Ruang Tamu Minimalis Itu? Kamu Bisa Lakukan Hal Simpel Ini Untuk Mendapatkannya

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Ruang tamu menjadi salah satu spot penting di dalam rumah. Kebanyakan waktu keluarga dihabiskan bersama di ruang tamu. Tidak hanya tempat berkumpul, ruang tamu juga menjadi tempat untuk menerima kunjungan teman, keluarga atau rekan sejawat. Ketika tuntutan untuk memiliki ruang tamu yang cantik dan elegan, tapi dalam hati tidak ingin memiliki sesuatu yang berlebihan, ruang tamu minimalis menjadi jawaban bagi keluarga modern yang ingin memiliki ruang yang elegan dan berkelas tanpa perlu memiliki banyak furniture dan dekorasi.

Menjadi tempat berkumpul keluarga dan ruangan penting yang pertama kali dimasuki, ruang tamu menjadi salah satu tempat terpenting yang ada dalam rumah. Karena tidak sedikit keluarga Indonesia yang menginvestasikan furniture mahal dan berkelas untuk dipajang di ruang tamu, meski tidak sesuai dengan kepribadian pemiliknya. Nah, jalan keluar dari permasalahan ini adalah dengan memilih gaya ruang tamu minimalis yang tidak membutuhkan banyak dekorasi dan furniture namun tetap bisa terlihat elegan dan berkelas.

Tidak membutuhkan banyak furniture bukan berarti kamu bisa menomorduakan kepentingan dan fungsi dari furniture ini sendiri ya, Pins! Keseluruhan furniture yang ada dalam ruang tamu menggambarkan karakter ruangan itu sendiri. Kamu bisa mengangap pembelian furniture untuk ruang tamu ini sebagai investasi karena rata – rata barang – barang yang kamu beli akan bertahan selama 10 hingga 25 tahun lamanya.

Kunci terpenting saat ingin membeli furniture untuk ruang tamu minimalis adalah kegunaannya. Ia harus praktis namun tetap terlihat cantik estetik. Jangan terlalu memaksakan, sesuaikan harga barang furniture, kekuatan kantong dan fungsi dari barang itu sendiri ya Pins. Tak ada salahnya juga untuk membeli barang bekas yang memiliki kualitas tinggi. Jangan sampai kita tergiur harga murah dan malah membeli barang dengan kualitas yang diragukan. Salah – salah kamu malah merugi dan mengeluarkan lebih banyak uang karena furniture yang dibeli sangat cepat rusak.

Baca juga 3 Alasan Rumah Tipe 36 Menjadi Perumahan Minimalis Favorit Milenials

Berikut ada beberapa inspirasi dan tips untuk mengakali ruang tamu kecil yang kita miliki, lalu mengubahnya menjadi ruang tamu minimalis yang elegan dan tentunya berkelas.

#1 Furniture, Furniture, Furniture

Sebelum mulai mendekorasi ruang tamu, cobalah untuk membayangkan seperti apa ruang tamu yang kita butuhkan. Setelah itu tentukan warna yang kita inginkan, seperti apa material furniture yang kita inginkan hingga kesan apa yang ingin dimunculkan pertama kali saat orang – orang memasuki ruang tamu? Ingat, pada dasarnya ruang tamu adalah ajang untuk menghibur orang – orang, sesekali menjadi tempat beristirahat bagi mereka yang telah bekerja dan beraktivitas berat di luar ruang.
Apakah kita ingin mendekorasi ulang ruang tamu yang sudah dimiliki atau sekedar mengupdate look ruang tamu menjadi terbaru, inilah kesempatan emas bagi kita ya Pins untuk bisa benar – benar memilih furniture seperti apa yang cocok dipakai
Contohnya, apakah kita ingin membeli meja kopi dengan dua kursi nyaman yang akan dipakai untuk mengobrol dan menghabiskan waktu atau lebih memilih untuk membeli peralatan olahraga yang akan digunakan sebagai gym pribadi? Apakah lampu biasa sudah cukup ataukah ruang tamu kamu membutuhkan lampu tambahan seperti lampu sorot, lampu meja ataupun lampu dinding.

#2 Pilihlah sofa yang berkualitas tinggi
Saat membayangkan layout dari ruang tamu minimalis idaman, pastinya kita akan terbayang sofa seperti apa yang akan digunakan untuk bersantai nantinya. Nah, tempat berkumpul menjadi salah satu poin penting dari ruang tamu itu sendiri, maka penting bahwa desain ruang tamu kita untuk memiliki sofa yang mampu bertahan lama namun tetap sejalan dengan selera dan keinginan.  Sembarangan memilih sofa yang murah justru akan merepotkan kita kedepannya.
Yang jelas Pins, kita harus berhati – hati dalam memilih warna dan pola yang akan digunakan karena kita tidak ingin sofa ini menjadi pengrusak suasana. Tidak hanya menyesuaikan dengan selera dan gaya dari ruang tamu minimalis impian, ada baiknya ya Pins, kita memilih sofa yang sesuai dengan kebutuhan dan luas dari ruang tamu. Sebagai contoh, rasanya tidak cocok kalau sofa besar dan mewah dipilih untuk ruang tamu di apartemen tipe studio.
Lalu kalau ada anak – anak dan binatang peliharaan, kita juga harus mempertimbangkan bahan sofa yang mudah dibersihkan, kuat dan tidak cepat rusak. Sudah sewajarnya anak – anak mengeksplor kreativitasnya dan juga sudah seharusnya binatang peliharaanmu aktif dan lari kesana kemari, kedua hal inilah yang seharusnya menjadi pertimbangan utama saat membeli sofa.

#3 Buatlah poin perhatian
Poin perhatian ini menjadi penting karena hal itulah yang menjadi pusat perhatian setiap kali ada orang yang masuk ke dalam rumah. Apakah akan menentukannya dengan lukisan, lemari atau malah televisi. Semua sah – sah saja. Jika televisi menjadi poin perhatian, ada baiknya untuk menambahkan detail menarik di bawah lemari tv. Lalu kalau ada halaman indah yang terawat, tidak ada salahnya membuat jendela besar agar pemandangan ke taman tidak terganggu dan mampu memanjakan mata bagi siapapun yang melihatnya. TV ataupun taman bukan menjadi jawaban? It’s okay, Pins. Dekorasi sederhana seperti kaca oversized, lukisan besar nan indah ataupun piano juga bisa menjadi alternatif menarik. Aturlah layout tempat duduk dan laju aktivitas agar bisa berpusat kepada poin perhatian yang sudah kita tentukan.

#4 Pemilihan warna palette yang cocok
Pemilihan warna cat pada ruang tamu minimalis akan sangat mempengaruhi bagaimana perasaan orang lain saat berada di dalamnya. Inilah salah satu kunci paling penting untuk menentukan ruang tamu yang estetis dan harmonis. Kombinasi pengaturan dan pemilihan warna yang cocok akan menghasilkan sinergi yang elegan dan berkelas pastinya. Jika kita sudah terlanjur menentukan atau memiliki furniture yang serbaguna dan sesuai dengan karakter kita, sekarang menjadi saat yang pas untuk memilih warna cat yang sesuai dengan konsep desain ruang tamu minimalis yang pas dengan keinginan kita ya Pins.

Baca juga Tips Memilih Warna Rumah Yang Bagus

#5 Utamakan fungsi
Baik dari segi layout, pemilihan cat hingga penempatan furniture, usahakan semuanya sudah berjalan sesuai fungsinya. Keindahan memang penting, tapi nilainya justru akan berkurang jika pada praktek sehari – harinya, barang – barang ini malah merepotkan kita atau juga keluarga, Pins.  Pilihlah warna cat yang bisa mengurangi suasana panas atau dingin di rumah, atau mungkin cat yang tetap tidak akan rusak jika anak – anak secara tak sengaja mencorat – coretnya. Pengaturan peletakan layout sofa dan furniture pun harus hati – hati karena kita tidak ingin menganggu laju gerak dari mereka yang memakai ruang tamu sehari – harinya kan.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel