BlogPemilik PropertiDesain HunianIngin Ganti Suasana? Yuk Sulap Teras Jadi Ruang Tamu Mini Dengan Ide Ini!
0
0

Ingin Ganti Suasana? Yuk Sulap Teras Jadi Ruang Tamu Mini Dengan Ide Ini!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta

Apr 5, 2023

11 menit membaca

Copied to clipboard
sulap teras jadi ruang tamutop-right-banner

Hunian minimalis di lahan yang cukup terbatas terkadang membuat pemiliknya harus pintar memutar otak. Desain yang dipakai akan mempresentasikan tampilan secara keseluruhan. Sulap teras jadi ruang tamu salah satunya.

Memanfaatkan ide ruang tamu pada bagian teras juga dapat meminimalisir penggunaan ruang pada bagian dalam rumah. Jadi, kamu dapat menggunakannya untuk ruang lain seperti ruang keluarga dan desain dapur terbuka.

Baca juga: 9 Desain Teras Rumah Minimalis Mewah dan Menawan

Ide Sulap Teras Jadi Ruang Tamu Mini

sulap teras jadi ruang tamu
Source : Freepik

Ide menarik ini mampu membuat ruang sempit dalam rumah terlihat lebih lapang. Kini, Pins tidak perlu khawatir lagi meski harus membangun hunian di atas lahan yang tidak terlalu luas. Yuk, intip seperti apa saja ide luar biasa untuk menyulap teras rumah agar bisa jadi ruang tamu yang nyaman:

Teras Jadi Ruang Tamu Minimalis

sulap teras jadi ruang tamu minimalis
Source : Instagram/ckkhome

Sulap teras jadi ruang tamu yang minimalis juga bisa dilakukan dengan pemilihan desain tampilan yang cenderung simpel. Kanopi transparan dapat kamu tempatkan agar teras hunian tetap terjaga saat musim penghujan tiba.

Taruh sofa nyaman berwarna natural di sana dan coba tempatkan meja kecil sebagai pemanis. Bila ingin terlihat lebih menawan, Pins bisa bermain di pemilihan motif lantai keramik yang unik.

Baca Juga: Rekomendasi Model Keramik Lantai Minimalis Untuk Rumah Kamu

Tampilan Asri Minim Perawatan

teras jadi ruang tamu asri
Source : Unsplash/anitaescu

Penggunaan karpet berbahan sintetis juga bisa menjadi alternatif, Pins!

Kamu yang senang dengan suasana yang asri namun tidak ingin merawat banyak tanaman, bisa banget menggunakannya. Rumput sintetis dengan tampilan yang menarik akan mampu mengubah teras rumah menjadi ruang tamu yang menyenangkan.

Tambahkan beberapa furnitur cantik di dalamnya, maka teras ruang tamu milik kamu akan menjadi tempat favorit.

Baca juga: 15 Desain Ruang Keluarga Lesehan yang Buat Nyaman Berlama-lama

Desain Perabot yang Unik

tempat duduk ayun di teras
Source : Instagram/sfmeble.pl

Ide lainnya dalam menyulap teras jadi ruang tamu yang menarik adalah menekankan pada pemilihan perabot di dalamnya. Penggabungan beberapa perabot dengan material yang beragam pun juga bisa dilakukan.

Sofa minimalis, kursi rotan hingga tempat duduk ayun bisa kamu gunakan disana. Namun, usahakan untuk memilih desain alas lantai dan tembok tanpa motif, agar ruang tetap terlihat selaras.

Baca juga: 7 Inspirasi Model Kursi Rotan Unik dan Terbaik

Mengusung Tema Bohemian

Source : Unsplash/sonniehiles

Tema bohemian yang kental dengan nuansa detail dari dekorasi juga bisa menambah kehangatan dalam ruang tamu. Apalagi bila berada di area teras rumah.

Kamu bisa menggunakan beberapa kain dekorasi untuk meja dan sofa dengan material rotan sebagai bahan dasar furnitur. Tidak lupa gunakan lantai teras kayu agar teras ruang tamu milik kamu kaya akan unsur bohemian.

Baca juga: Tips Membersihkan Lantai Kayu di Teras Rumah

Model Sederhana dengan Tampilan Menarik

Source : AVSO

Model sederhana pada teras rumah juga bisa menjadi ide dasar penerapan desain. Ruang tamu didesain dengan tampilan letter L dengan sofa berbahan kayu yang menempel ke area dinding.

Tidak lupa tambahkan beberapa bantal hias sebagai pemanis yang juga menambah kenyamanan saat bercengkrama. 

Baca juga: Segala Hal Yang Perlu Diketahui Dari Dapur Letter L

Sulap Teras Jadi Ruang Tamu Bergaya Modern

Source : Pinterest

Ruang tamu bergaya modern dengan tampilan kekinian juga mampu membuat hunian terlihat menarik. Hal ini pula yang akan menambah kenyamanan kamu saat berada di rumah.

Pon yang paling penting adalah buat sesederhana mungkin dengan permainan warna yang tidak mencolok. Tambahkan beberapa tanaman semak pada daerah sekitar teras untuk udara yang asri dan sejuk.

Baca Juga: 10 Contoh Tanaman Semak Untuk Membuat Taman Rumah Menjadi Cantik

Desain Ruang Tamu Simpel

Source : Renovsolution

Selanjutnya untuk tampilan yang simpel, kamu bisa mengandalkan beberapa ornamen perabot yang wajib ada di ruangan. Seperti tempat duduk dan meja.

Kedua perabot sebaiknya ada pada ruang tamu sebagai tempat untuk orang duduk dan menaruh barang. Keduanya bisa ditempatkan masing-masing satu buah dengan tampilan yang serba minimalis.

Kamu pun bisa menambahkan karpet berbahan kayu atau rotan untuk nuansa yang lebih artistik.

Baca juga: 8 Jenis Karpet dan Bahannya yang Sesuai dengan Lantai Rumah

Ruang Tamu Serba Putih

Source : Pinterest

Ruang tamu warna putih memang memunculkan tampilan yang bersih dan rapi. Tidak heran penerapan desainnya pada hunian menjadi laris manis.

Ide menyulap teras jadi ruang tamu juga bisa menerapkan warna satu ini. Baik lantai maupun dinding bisa berwarna putih dengan keselarasan warna pula pada perabot di dalamnya.

Namun, untuk meminimalisir kesan monoton, kamu bisa bermain dari corak keramik lantai maupun desain perabot.

Sulap Teras Jadi Ruang Tamu Serba Monokrom

sulap teras jadi ruang tamu
Source : Instagram.com/ckkhome

Berbeda lagi dengan tampilan serba monokrom, kamu bisa mengubah warna pada keseluruhan ruang dengan tema ini.

Hitam dan putih menjadi warna dasar dari keseluruhan rona dalam ruang. Ide menerapkan desain lantai keramik catur misalnya, bisa membuat ruang tamu semakin menarik dan tentunya tidak membosankan. 

Baca juga: 15 Rekomendasi Merk Keramik Lantai yang Cocok untuk Rumah Kamu

Ruang Tamu Tipe 36

sulap teras jadi ruang tamu
Source : Youtube/amorashow

Nah, untuk kamu yang memiliki rumah tipe 36 tidak perlu berkecil hati. Desain teras rumah yang disulap menjadi ruang tamu tetap bisa terlihat menarik dengan tampilan sederhana.

Disini kamu akan banyak bermain pada detail dekorasi dalam ruang. Seperti pemilihan jenis keset, rak pada bagian depan hingga meja dan kursi yang menarik. Lihat contohnya di atas, tetap menyenangkan bukan?

Adaptasi Desain Aesthetic

sulap teras jadi ruang tamu
Source : ninawilliamsblog.com

Desain aesthetic yang kini banyak disukai oleh para kaum millenials memang tidak terlepas dari detail. Baik desain lampu tumblr yang ditempatkan menghiasi teras hingga pemilihan perabot menjadi hal yang tidak bisa kamu asal pilih.

Gunakan warna-warna natural seperti coklat muda dan krem agar sauna ruang tetap nyaman dan sedap dipandang mata.

Ruang Tamu Teras dengan Tanaman Hias

sulap teras jadi ruang tamu
Source : Instagram/rumahkecilts

Bagi Pins yang senang dengan koleksi tanaman hias, kamu bisa menempatkannya sebagai penghias ruang tamu.

Menyulap teras jadi ruang tamu pada bagian depan rumah akan menambah keceriaan dengan penambahan koleksi tanaman hias. Kamu bisa menempatkan rak kecil pada bagian sudut ruang, hingga menatanya dalam garis.

Dijamin ruang tamu akan semakin asri dan nyaman.

Baca juga: 15 Model Lampu Gantung Ruang Tamu

Nuansa Warna Biru Pada Teras Rumah

sulap teras jadi ruang tamu
Source : Instagram/eiykadsw_stories

Warna dasar yang diterapkan menjadi ide dasar dalam tema juga mempengaruhi tampilan secara keseluruhan. Sebut saja penggunaan nuansa warna biru pada teras rumah.

Baik cat tembok berwarna biru maupun penggunaan furnitur berwarna biru menjadi hal yang dapat membuat tampilannya menawan. Cocok sekali untuk kamu yang senang dengan pengaplikasian hunian dengan warna favorit.

Teras Minimalis dengan Tempat Duduk Ayunan

sulap teras jadi ruang tamu
Source : Instagram/plankandpillow

Desain perabot pada teras sebaiknya memiliki tingkat kenyamanan paling tinggi.

Hal tersebut karena area satu ini akan sering menjadi tempat beristirahat penghuni di dalamnya. Baik saat selesai bepergian, saat hendak keluar rumah, hingga menyambut tamu yang hadir.

Untuk itu tempatkan furnitur seperti model ayunan di atas yang bisa menjadi alternatif. Dijamin bakal betah berlama-lama di teras kamu, Pins!

Baca juga: Tips Memilih Kursi Ruang Tamu Minimalis

Teras Cantik Tampilan Feminin

sulap teras jadi ruang tamu
Source : Fabelio

Ide sulap teras jadi ruang tamu mini pun bisa diwujudkan dengan tampilan yang feminin, Pins!

Desain cantik dengan dekorasi kekinian akan membuat teras semakin menarik. Kamu bisa menggunakan sofa dengan detail renda hingga beberapa dekorasi tanaman bunga yang cantik sebagai pemanis. Furnitur juga perlu ditempatkan pada posisi yang nyaman ya!

Teras Bergaya Industrial

Source : Pinterest

Selanjutnya, kamu bisa mendekorasi teras dengan gaya industrial dengan memberikan pernak-pernik dan perabotan dengan material besi.

Pins juga dapat menerapkan konsep dinding semen ekspos untuk memberi kesan unfinished yang senada dengan tema industrial. Tanaman dalam pot juga dapat kamu gunakan agar memberikan kesan yang asri.

Teras dengan Sofa Rotan Sintetis

Source : OLX

Desain teras selanjutnya adalah menggunakan perabotan dari material rotan sintetis. Gaya ini sangat sederhana dan mudah diaplikasikan karena cocok dengan segala tema teras.

Kamu bisa menggunakan sofa 3 tempat duduk, meja, ottoman, dan karpet. Penggunaan material sintetis juga akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Teras Unik Bergaya Rustik

Source : Asliindonesia

Teruntuk kamu yang menyukai nuansa alami, bisa mencoba konsep teras rustik dengan menggunakan material alami, yaitu kayu dan rotan.

Desain ini dapat kamu aplikasikan dengan menggunakan lemari serta kursi untuk menciptakan ruang duduk kecil. Kamu juga dapat menghias dengan tanaman dalam pot dan aksesoris dinding.

Gaya teras ini akan membuat kamu terasa nyaman dan ingin duduk berlama-lama pokoknya.

Ruang Tamu Teras dengan Kolam Ikan

Source : Cari Properti

Jika kamu memiliki kolam ikan di area teras, kamu bisa membuat suasana ruang tamu teras yang menenangkan dan minimalis.

Bayangkan ketika kamu duduk dan dapat mendengarkan suara air, menenangkan bukan?

Tidak perlu desain yang terlalu rumit, cukup gunakan material yang senada dengan rumah kamu dan tambahkan tanaman pot untuk sentuhan alami.

Ruang Tamu Teras Serbaguna

Source : Sisiruang

Memiliki teras di bagian depan rumah memang merupakan salah satu poin tambah. Konsep kali ini adalah bagaimana teras yang disulap menjadi ruang tamu dapat digunakan juga untuk hal lain.

Kamu dapat menambahkan taman di sekitar,teras, Selain itu, teras juga dapat digunakan sebagai tempat main anak.

Baca juga: Perlu Tahu! 9 Desain Ruang Tamu Minimalis 3×3 yang Dijamin Bikin Nyaman

Penerapan penggunaan teras sebagai ruang tamu memang sangat cocok diaplikasikan pada hunian yang cenderung memiliki keterbatasan dalam segi lahan. Untuk itu, kamu harus pintar menatanya agar tampilannya tetap lega dan tidak terkesan sumpek.

Ingat Pins, tampilan pertama tamu yang hadir ada pada teras mungil milikmu, sehingga desainnya sebaiknya tidak asal-asalan ya! Semoga ide sulap teras jadi ruang tamu di atas bermanfaat!

Baca Juga: Pilihan Warna Rumah Yang Tepat Untuk Tipe Minimalis

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download