BlogPemilik PropertiDesain HunianSegala Hal Yang Perlu Diketahui Dari Dapur Letter L
0
0

Segala Hal Yang Perlu Diketahui Dari Dapur Letter L

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dapur dengan lahan terbatas sering memakai model letter L. Dapur letter L memiliki desain dua kabinet panjang yang bertemu pada sudut ruangan. Sudut yang dihasilkan dari pertemuan kabinet ini adalah siku-siku 90 derajat.

Panjang kedua kabinet tidak sama atau salah satunya lebih panjang sebelah. Perbedaan panjang dapat disesuaikan dengan ukuran dinding dapur tersebut. 

Kelebihan & Kekurangan Dapur Letter L

dapur letter l tanpa sekat
Source : Unsplash

Rumah dengan ukuran kecil biasanya mengandalkan model letter L. Ada beberapa kelebihan dari model desain dapur seperti ini yaitu :

Hemat Ruang

Tata letak ruangan adalah kunci utama dalam membangun dapur. Seperti diungkapkan sebelumnya bahwa desain dapur ini mampu menghemat ruangan. Pins bisa membangun dapur di sudut ruangan bahkan dibawah tangga.

Desain ini hanya memanfaatkan dua sisi dan tidak sepanjang dinding agar dapur terlihat lebih lebar dan luas. Pins bahkan bisa tidak memakai sekat antara dapur dan ruang makan. Interior seakan menyatu dengan baik meskipun tanpa pembatas dinding.

Fungsional

Desain dapur seperti ini cocok sekali dengan furniture kitchen island. Kabinet dan mejanya multifungsi sebab tidak ada lemari yang membatasi penempatannya. 

Pins bisa memasukan meja atau tempat duduk lainnya sebagai pengganti kitchen island. Kabinet akan diletakan di bagian sisi bawah atas maupun bawah dengan ragam modelnya yang fungsional.

Kerapian Terjaga

Kebanyakan peralatan memasak disimpan dalam kabinet. Hal ini membuat dapur tampak lebih rapi. Jikapun kabinet yang tersedia tidak muat maka dapat dibuatkan rak terbuka maupun digantung.

Keunggulan dari desain L adalah menghemat perabotan. Bagian meja dapur umumnya dibangun menyatu dengan tembok sehingga cukup menambahkan kulkas saja.

Bebas Bergerak

Pemilik rumah juga bebas bergerak saat memasak. Ia tidak perlu berjalan jauh dalam mengambil alat masak, ke wastafel maupun saat ingin menuju kompor. Wastafel akan menyatu dengan kabinet.

Dari sudut pandang Fengshui, desain ini dianggap efisien. Pins dapat berpindah dengan cepat dari kompor ke kulkas maupun kompor ke wastafel.

Meskipun ada banyak sekali kelebihannya namun dapur letter L juga memiliki kekurangan. Bentuknya sering dianggap monoton karena umum dipakai pada dapur minimalis. Kesannya kaku apalagi bila dapur menghadap ke teras. 

Baca juga:

Tips Penataan Dapur Letter L

Source : Unsplash

Dalam penataan dapur letter L mementingkan posisi dan model furniture. Khususnya dalam pemilihan lemari penyimpanan peralatan memasak. Adapun kiat-kiatnya bisa Pins simak dibawah ini :

Segitiga Area Kerja

Sebelum membangun dapur kenali dulu zona terpentingnya. Ada empat zona penting seperti wastafel, kompor, tempat memotong bahan dan kulkas. Keempat zona ini membentuk segitiga area kerja.

Pertimbangkan segitiga area kerja ini sekaligus tata letak furniture. Pikirkan dengan matang sehingga dapur juga ramah keluarga.

Tambahkan Jendela

Seimbangkan dapur dengan adanya jendela sebagai sirkulasi udara. Pins bisa menambahkan cooker hood untuk menyaring udara yang tidak sedap.  Jendela juga akan memberikan pemandangan di luar sebagai pelengkap desain.

Gunakan Lemari Vertikal

Lemari penyimpanan sebaiknya meliputi seluruh lebar dinding bahkan mencapai langit-langit. Dengan begitu tercipta banyak space untuk bumbu dan alat memasak.

Simoan set pisau di sepanjang strip magnetik yang ada di dinding. Manfaatkan pula sudut ruangan dengan memakai partisi kayu maupun aluminium sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Manfaatkan Pola & Warna

Warna gelap cenderung akan menghangatkan dapur yang memiliki ukuran ruangan lebih besar. Pemilihan warna gelap yang bagus untuk dapur adalah abu-abu. Warna ini memancarkan keanggunan interior ruangan.

Selain itu warna gelap mampu menyamarkan noda lebih baik. Pola bisa dibuat dari kayu yang dicat. Gunakan material ini untuk koordinasi dinding dan lemari dapur.

Maksimalkan Ruang Dapur Kecil

Pada lahan terbatas, desain bentuk L memusatkan penyimpanannya pada kedua sisi ruangan. Sebaiknya pertahankan warna terang untuk dinding dan kabinet agar ruangan terasa lebih lega dan besar.

Posisi Kulkas

Letak kulkas harus sejalan dengan segitiga area erja. Pertimbangkan pula tempat oven dan wastafel. Umumnya kulkas diletakan di kedua ujung meja kerja. Posisi ini menjadi titik awal perjalanan beraktivitas di dapur.

Baca juga:

Ide Desain Dapur Letter L

Jika Pins berminat menggunakan model dapur ini bisa mencoba beberapa referensi berikut :

Skandinavia

dapur letter l dekat jendela
Source : Unsplash

Dapur Skandanavia terkenal rapi dan material alamnya karena kebanyakan peralatan memasak tersembunyi di kabinet. Skandinavia juga selalu memberikan sirkulasi udara yang baik seperti pemakaian jendela yang besar.

Dapur Sudut

dapur letter l dengan kabinet
Source : Unsplash

Dapur letter L memakai sudut ruangan dengan lahan terbatas. Dapur sudut memakai kabinet yang memenuhi seluruh bagian dinding termasuk langit-langit ruangan. 

Bagian wastafel dalam satu bar dengan kompor serta memakai rak terbuka. Tujuannya agar mudah mengambil bahan memasak dan mengesankan ruangan yang lebih lega.

Modern Minimalis

dapur letter l dengan cooker hood
Source : Unsplash

Jangan takut menggunakan motif ramai untuk dinding dapur. Seimbangkan dengan lemari gantung berwarna biru. Lemari menyatu dengan oven yang berada di bagian bawah.

Meskipun sudah ada lemari jangan lupa tambahkan cooker hood tepat diatas kompor.  Ruang kosong antara lemari gantung dan kabinet bawah bisa pula dijadikan posisi oven.

Ternyata ada banyak sekali keunggulan dapur letter L. Selain dari visualnya estetik juga mampu menghemat ruangan dan perabotanmu.

Baca juga: 10 Desain Lemari Gantung Dapur Minimalis di 2022

Source Feature Image: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download