Segala Hal Yang Perlu Diketahui Dari Dapur Letter L

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ 22 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Lahan yang terbatas untuk dapur sering memakai model letter L. Dapur letter L memiliki desain dua kabinet panjang yang bertemu pada sudut ruangan. Sudut yang dihasilkan dari pertemuan kabinet ini adalah siku-siku 90 derajat.

Panjang kedua kabinet tidak sama atau salah satunya lebih panjang. Perbedaan panajng dapat disesuaikan dengan ukuran dinding dapur tersebut. 

Kelebihan & Kekurangan Dapur Letter L

(Unsplash)

Rumah dengan ukuran kecil biasanya mengandalkan model letter L. Ada beberapa kelebihan dari model desain dapur seperti ini yaitu :

Hemat Ruang 

Tata letak ruangan adalah kunci utama dalam membangun dapur. Seperti diungkapkan sebelumnya bahwa desain dapur ini mampu menghemat ruangan. Pins bisa membangun dapur di sudut ruangan bahkan dibawah tangga.

Desain ini hanya memanfaatkan dua sisi dan tidak sepanjang dinding. Tak heran bila dapur terlihat lebih lebar dan luas. 

Pins bahkan bisa tidak memakai sekat antara dapur dan ruang makan. Interior seakan menyatu dengan baik meskipun tanpa pembatas dinding.

Fungsional

Desain dapur seperti ini cocok sekali dengan furniture kitchen island. Kabinet dan mejanya multifungsi sebab tidak ada lemari yang membatasi penempatannya. 

Pins bisa memasukan meja atau tempat duduk lainnya sebagai pengganti kitchen island. Kabinet akan diletakan di bagian sisi bawah atas maupun bawah dengan ragam modelnya yang fungsional.

Kerapian Terjaga

Kebanyakan peralatan memasak disimpan dalam kabinet. Hal ini membuat dapur tampak lebih rapi. Jikapun kabinet yang tersedia tidak muat maka dapat dibuatkan rak terbuka maupun digantung.

Keunggulan dari desain L adalah menghemat perabotan. Bagian meja dapur umumnya dibangun menyatu dengan tembok sehingga cukup menambahkan kulkas saja.

Bebas Bergerak

Pemilik rumah juga bebas bergerak saat memasak. Ia tidak perlu berjalan jauh dalam mengambil alat masak, ke wastafel maupun saat ingin menuju kompor. Wastafel akan menyatu dengan kabinet.

Dari sudut pandang Fengshui, desain ini dianggap efisien. Pins dapat berpindah dengan cepat dari kompor ke kulkas maupun kompor ke wastafel.

Meskipun ada banyak sekali kelebihannya namun dapur letter L juga memiliki kekurangan. Bentuknya sering dianggap monoton karena umum dipakai pada dapur minimalis. Kesannya kaku apalagi bila dapur menghadap ke teras. 

Baca juga : Tips & Ide Interior Dapur Mewahmu

Tips Penataan Dapur Letter L

(Unsplash)

Dalam penataan dapur letter L mementingkan posisi dan model furniture. Khususnya dalam pemilihan lemari penyimpanan peralatan memasak. Adapun kiat-kiatnya bisa Pins simak dibawah ini :

Segitiga Area Kerja

Sebelum membangun dapur kenali dulu zona terpentingnya. Ada empat zona penting seperti wastafel, kompor, tempat memotong bahan dan kulkas. Keempat zona ini membentuk segitiga area kerja.

Pertimbangkan segitiga area kerja ini sekaligus tata letak furniture. Pikirkan dengan matang sehingga dapur juga ramah keluarga.

Tambahkan Jendela

Seimbangkan dapur dengan adanya jendela sebagai sirkulasi udara. Pins bisa menambahkan cooker hood untuk menyaring udara yang tidak sedap.  Jendela juga akan memberikan pemandangan di luar sebagai pelengkap desain.

Gunakan Lemari Vertikal

Lemari penyimpanan sebaiknya meliputi seluruh lebar dinding bahkan mencapai langit-langit. Dengan begitu tercipta banyak space untuk bumbu dan alat memasak.

Simoan set pisau di sepanjang strip magnetik yang ada di dinding. Manfaatkan pula sudut ruangan dengan memakai partisi kayu maupun aluminium sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Manfaatkan Pola & Warna

Warna gelap cenderung akan menghangatkan dapur yang memiliki ukuran ruangan lebih besar. Pemilihan warna gelap yang bagus untuk dapur adalah abu-abu. Warna ini memancarkan keanggunan interior ruangan.

Selain itu warna gelap mampu menyamarkan noda lebih baik. Pola bisa dibuat dari kayu yang dicat. Gunakan material ini untuk kordinasi dinding dan lemari dapur.

Maksimalkan Ruang Dapur Kecil

Pada lahan terbatas, desain bentuk L memusatkan penyimpanannya pada kedua sisi ruangan. Sebaiknya pertahankan warna terang untuk dinding dan kabinet agar ruangan terasa lebih lega dan besar.

Posisi Kulkas

Letak kulkas harus sejalan dengan segitiga area erja. Pertimbangkan pula tempat oven dan wastafel. Umumnya kulkas diletakan di kedua ujung meja kerja. Posisi ini menjadi titik awal perjalanan beraktivitas di dapur.

Baca juga : 7 Pilihan Wallpaper Dinding Dapur & Pemasangannya

Ide Desain Dapur Letter L

Jika Pins berminat menggunakan model dapur ini bisa mencoba beberapa referensi berikut :

Skandinavia

(Unsplash)

Dapur Skandanavia terkenal rapi dna material alamnya. Kebanyakan peralatan memasak tersembunyi di kabinet. Skandinavia juga selalu memberikan sirkulasi udara yang baik seperti pemakaian jendela yang besar.

Dapur Sudut

(Unsplash)

Dapur letter L memakai sudut ruangan dengan lahan terbatas. Dapur sudut memakai kabinet yang memenuhi seluruh bagian dinding termasuk langit-langit ruangan. 

Bagian wastafel dalam satu bar dengan kompor serta memakai rak terbuka. Tujuannya agar mudah mengambil bahan memasak dan mengesankan ruangan yang lebih lega.

Modern Minimalis

(Unsplash)

Jangan takut menggunakan motif ramai untuk dinding dapur. Seimbangkan dengan lemari gantung berwarna biru. Lemari menyatu dengan oven yang berada di bagian bawah.

Meskipun sudah ada lemari jangan lupa tambahkan cooker hood tepat diatas kompor.  Ruang kosong antara lemari gantung dan kabinet bawah bisa pula dijadikan posisi oven.

Ternyata ada banyak sekali keunggulan dapur letter L. Selain dari visualnya estetik juga mampu menghemat ruangan dan perabotanmu.

Baca juga : 10 Desain Lemari Gantung Dapur Minimalis di 2022


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Plat Besi Semua Jenis dan Ukuran, Terbaru 2022

Plat besi merupakan salah satu material bangunan yang dibutuhkan saat membuat konstruksi bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru 2022! Harga Borongan Pengecatan Tembok Per Meter

Cat dinding rumah tampak perlu dicat ulang karena sudah kusam? Atau sekadar ingin mengganti suasana

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia