Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Lifestyle
  • 10 Contoh Tanaman Semak untuk Membuat Taman Rumah Menjadi Cantik

10 Contoh Tanaman Semak untuk Membuat Taman Rumah Menjadi Cantik

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 17 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Tanaman semak biasa disebut sebagai tanaman perdu dikarenakan bentuknya beragam. Baik berupa pohon, semak-semak hingga tumbuhan berkayu, memilki cabang atau biasa disebut dengan perdu. Itulah mengapa istilah tanaman ini beragam. Namun, untuk mengenali jenisnya, tumbuhan semak menjadi salah satu tanaman hias yang dapat membuat taman rumah cantik. Sebelum membahas lebih jauh, kenali dulu yuk contoh-contohnya!

Pinhome – Tumbuhan semak memiliki ciri khas bercabang dan tumbuh dekat dengan permukaan tanah. Tanaman hias satu ini cenderung merumpun, membentuk semak-semak dengan banyak ranting di dalamnya. Inilah mengapa tanaman semak sering digunakan sebagai penghias pagar maupun sebagai tanaman merambat yang dapat menghiasi pekarangan rumah. Beberapa jenis tumbuhan ini pun dipercaya dapat menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Nah, agar Pins tidak semakin penasaran, intip yuk contoh tanaman semak di bawah ini yang bisa membuat taman di rumahmu semakin indah.

Tanaman Semak Lilac

(Unsplash)

Sudah pernah melihat tumbuhan semak bernama Lilac? Sesuai dengan namanya, tumbuhan ini memiliki warna indah keunguan yang lembut persis seperti warna baju-baju kekinian dengan isitlah nama lilac. Sering disebut sebagai ‘Ratu Semak’ contoh tanaman semak ini memang sangat indah dan wangi yang pastinya membuat taman di rumah semakin cantik. Cara merawatnya pun cukup mudah yaitu dengan menanam pada tanah yang subur dan sering terkena sinar matahari.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Buah untuk Mempercantik Hunian

Tumbuhan Semak Privet

tanaman semak
(Weed Action)

Untuk Pins yang senang dengan tumbuhan semak, privet bisa menjadi alternatif pertama. Privet dapat tumbuh dengan cepat dan lebat pada udara tropis. Ciri khasnya kuat dengan daun tegak berwarna hijau dan bunga putih. Banyak pula dari para penghuni yang menjadikannya tanaman pagar selain menjadi tanaman penghias pekarangan. Jenis tanaman kebun ini, akan bertahan lama bila Pins rawat dengan baik. Seperti menyiram, memberi pupuk dan memotongnya secara teratur. 

Daun Beluntas

tanaman semak
(Greeners)

Nah, jenis tanaman hias semak selanjutnya yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah daun beluntas. Daun ini sudah terkenal dipakai sebagai obat tradisional di beberapa negara Asia, khususnya Indonesia, Thailand dan Malaysia. Dipercaya menurunkan kadar kolesterol, gula darah, hingga mengurangi resiko terjadinya kanker, Pins bisa merebus daunnya dan diminum ataupun dibuat sebagai campuran dalam teh. Selain membuat taman belakang rumah cantik, kamu pun dapat memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan keluarga.

Baca Juga: Beragam Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya

Bunga Merah Asoka

tanaman semak
(Pixabay)

Melihat tanaman satu ini membuat pandangan semakin cerah. Bunga asoka dengan nama ilmiah Ixora coccinea mempunyai ciri khas bunga berwarna merah merona dengan daun berwarna hijau pucat. Inilah mengapa dari kejauhan tanaman ini akan terlihat amat terang diantara dedaunan pucatnya. Tidak heran bunga satu ini sering disebut sebagai flame of the wood atau api hutan. Bunga ini seperti menyala sebagai lampu dalam hutan. Namun, bunga satu ini pun memiliki khasiat yang tidak kalah dengan privet, yaitu mengobati memar, melancarkan haid hingga mengobati gejala disentri.

Mock Orange

tanaman semak
(Gardening Know How)

Hadir dari famili Hydrangeaceae tanaman mock orange menjadi spesies tumbuhan semak yang asli berasal dari Amerika Utara. Mock orange atau philadelphus memiliki ciri khas bunga berwarna putih bersinar, tanaman hias satu ini dapat bertahan pada area outdoor dengan tampilan yang elegan. Varietasnya berbunga tunggal dan sangat menarik bagi lebah dan juga kupu-kupu. Dengan merawat tanaman ini, dijamin taman akan harum semerbak dengan bunga cantik yang melimpah.

Lavender

tanaman semak
(Unsplash)

​​Lavandula angustifolia atau biasa disebut dengan tumbuhan lavender memiliki ciri khas bunga cantik berwarna ungu yang bersinar. Masuk dalam genus semak pendek dan tumbuhan rumput-rumputan membuat lavender banyak ditanam pada perumahan. Tanaman hias ini memiliki ciri keharuman yang khas dan sering dipakai pula sebagai pewangi ruangan dengan aroma segarnya. Disebut juga sebagai tanaman multiguna, lavender juga berkhasiat bagi kesehatan khususnya minyaknya.

Cassia Fistula

(Plants Live)

Disebut pula sebagai tanaman tengguli, cassia fistula memiliki ciri bunga berwarna kuning merona yang sedap dipandang mata. Taman rumah milik Pins akan seketika meriah dengan penanaman tanaman ini. Tidak hanya sampai disitu Pins, masuk dalam jenis tanaman obat pula, tengguli terkenal mampu melancarkan pencernaan. Menjadi salah satu bunga nasional negara Thailand, cassia dapat bertahan pada cuaca tropis. Maka dari itu cocok ditanam di Indonesia.

Bunga Kertas

(Unsplash)

Bougainvillea atau bunga kertas merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer. Mampu bertahan di dalam ruangan, bunga kertas juga bisa dijadikan tanaman pagar yang cantik menghiasi taman rumah. Warna merona merah muda keunguannya membuat mata akan sangat segar ketika melihatnya. Masuk dalam genus tanaman semak, saat awal penanaman bougainvillea sebaiknya selalu siram secara teratur, karena bunga satu ini membutuhkan cakupan air yang tidak sedikit.

Tanaman Semak Bromelia

(Unsplash)

Selanjutnya contoh tanaman semak yang dapat membuat taman cantik adalah bromelia. Bromelia terdiri dari ratusan spesies, dengan warna bunga dan corak daun yang menarik. Bunganya berkelopak runcing dan tentunya menghadirkan suasana khas tropis dalam hunian. Jika Pins ingin merawatnya dalam hunian, kamu bisa memperhatikan kelembapan udara disekitarnya ataupun menjaganya agar tidak kering. Dengan asupan air dan matahari yang cuup, bromelia dapat bertahan lama dalam pekaranganmu.

Tanaman Semak Mawar

(Pixabay)

Rosa yang biasa Pins sebut dengan bunga mawar merupakan jenis tanaman semak yang tergolong berduri dan biasanya dapat hidup pada udara yang sejuk. Tumbuhan semak mawar dapat tumbuh maksimal 5 meter dan dapat pula merambat. Wangi semerbak yang dikeluarkan tanaman satu ini akan membuat hunian terasa harum dan tentunya menenangkan. Salah satu jenis tanaman hias ini berparas cantik dan sangat disukai kaum wanita. Tidak heran beberapa lambang kasih sayang menggambarkan bunga ini sebagai perwakilan romantisme antar pasangan.

Beberapa pilihan contoh tanaman semak di atas sangat indah bukan? Bayangkan bila menghiasi taman belakang rumah, tentu akan membuat suasana rumah kian nyaman. Jangan lupa untuk melakukan pemangkasan teratur pada jenis tanaman hias satu ini, agar cepat berbunga dan tetap terlihat rapi dan sedap dipandang.

Baca Juga: Ragam Jenis Tanaman Air Hias untuk Kamu yang Ingin Mulai Berkebun


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel