Pinhome

Tips Properti

Tips Desain Teras Rumah Jadi Lebih Cantik

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 21 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Teras merupakan bangunan lantai yang lebih tinggi dari pada bagian depan rumah. Sebagai bagian paling depan dari sebuah bangunan rumah, maka kehadiran teras sangat penting untuk diperhatikan.

Teras merupakan bagian yang akan memberikan kesan pertama pada tamu untuk menilai seperti apa rumah secara umum. Menata bagian teras dengan berbagai tanaman hijau yang segar, meja,  kursi dan beberapa hiasan pelengkap lain yang akan menjadikan tampilan hunian lebih indah dan nyaman.

Cara Membuat Teras Rumah

Lebar Ideal Teras

cara membuat teras rumah
(sumber: Fatiha Decor)

Untuk negara yang mempunyai iklim tropis seperti Indonesia, maka sebaiknya kamu menyisihkan lahan lebih dari 1 meter persegi untuk membuat teras. Sedangkan yang memiliki rumah mungil, maka bisa memanfaatkan teras untuk ruang tamu atau ruang duduk, tetapi dengan luas yang lebih besar.

Luas yang diperlukan untuk teras multifungsi ini berkisar 2 x 2 meter persegi. Hal ini bertujuan untuk memberikan tata letak yang lebih bagus untuk kursi, meja, atau elemen lain yang akan diletakkan di teras.

Material Alas

teras rumah
(sumber: Mega Kapuas)

Untuk alas di bagian teras maka sebaiknya memilih material teras yang bertekstur. Hal ini bertujuan supaya teras tidak licin jika terkena air hujan. Oleh karena itu, memilih lantai dengan tekstur atau material lainnya seperti kayu akan lebih baik untuk teras.

Model Teras Rumah

teras rumah
(sumber: Rumah Pro)

Model teras yang akan dipilih mempengaruhi rumah secara keseluruhan. Hal ini karena teras berada di bagian yang paling depan sebuah bangunan. Untuk memilih gaya yang menarik maka kamu bisa menerapkan gaya teras tradisional, modern, etnik, ataupun minimalis.

Tinggi Plafon Pada Teras

desain teras rumah
(sumber: rumahminimalispro)

Untuk negara yang beriklim tropis seperti Indonesia, maka tinggi plafond teras bangunan rumah yang disarankan adalah sekitar 2,75 meter.

Kamu juga harus bisa memperhatikan tinggi bagian luar rumah yang lain seperti carport atau taman dengan tinggi teras. Harus ada perbedaan diantara tinggi teras dengan bagian rumah luar tersebut supaya teras semakin tampak cantik.

Elemen Pelengkap

desain teras rumah
(sumber: Pinterest)

Apabila bangunan rumah menghadap barat atau timur, maka tambahkan kerai untuk melindungi dari terpaan sinar matahari terik secara langsung.

Selain itu juga dapat menambahkan elemen pelengkap lain seperti tempat payung, lukisan, vas bunga ukuran besar, ataupun hiasan lainnya.

Salah satu ruang untuk penyambut tamu yang berada di depan adalah teras. Di bagian ini banyak sekali hal yang dapat dieksplor yang berfungsi menciptakan kesan lebih hangat dan nyaman dalam sebuah rumah tinggal.

Teras menjadi media penggabungan antara pintu utama, kursi di halaman depan dan tempat teduh yang menaungi segala perabot pada bagian itu. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi untuk membuat teras menjadi lebih cantik.

Baca Juga: 8 Model Kanopi Minimalis untuk Teras Mungil


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel