5 Tips Menerapkan Dekorasi Rustic di Rumah

Pinhome

5 Tips Menerapkan Dekorasi Rustic di Rumah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 4 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Kenyamanan dalam hunian adalah prioritas utama sebagai unsur menciptakan tempat tinggal. Tidak heran banyak penghuni yang mengedepankan kesederhanaan dalam desain hunian untuk menciptakan suasana rumah yang homey. Desain rustic hadir sebagai penyelamat rumah sederhana agar berpenampilan lebih menarik. Kesan natural, kasar dan kembali ke alam menjadi poin utama dalam tips dekorasi rustic di rumah.

Pinhome – Apa Pins pernah melihat pengaplikasian desain rustic dalam hunian? Walaupun selalu dikaitkan dengan ciri khas kayu yang ada pada bangunan zaman dahulu, rustic dapat dibuat modern pula dengan tata letak perabot dan material yang tepat. Gaya arsitektur asal Amerika Serikat ini mengedepankan tekstur kasar pada material yang bisa dikatakan tanpa finishing.

Baca Juga:

Tips Menerapkan Dekorasi Rustic Di Rumah Dengan Mudah

Seperti apa penerapannya? Berikut Pinhome akan bagikan 5 tips sederhana menerapkan dekorasi rustic di rumah.

Gunakan Material Kayu yang Khas

tips dekorasi rustic
(Elle Decor)

Di dalam penerapan dekorasi rustic di rumah dibutuhkan unsur kental yang selalu menempel, yaitu kayu. Kayu menjadi material unggulan dalam pengaplikasian desain satu ini. Cobalah memakainya pada beberapa furnitur, dinding, lantai ataupun partisi kayu dalam ruang keluarga. Bila Pins tidak menyukai gaya rustic yang cenderung membuat ruang gelap, kamu tidak perlu menggunakan semua unsur kayu dalam rumah. Pins bisa mengadaptasi desain modern di dalamnya.

Kayu berwarna putih pun akan terlihat menarik bila ditempelkan pada dinding dengan perpaduan meja kayu unik berwarna kayu kasar, ataupun dinding kayu yang sengaja ditempatkan dalam ruang kamar tidur dengan tema monokrom seperti di atas. Tampilan kamar tetap terlihat modern namun mengedepankan desain rustic di dalamnya. Jangan lupa untuk selalu memilih kayu yang bertekstur kasar ataupun mempunyai serat yang terlihat ya, agar ruang rustic milik kamu semakin  sempurna.

Baca Juga:

Coba Tonjolkan Tekstur Dalam Ruang

(Houzz)

Penambahan tekstur pada material rumah bergaya rustic menjadi salah satu hal yang tidak bisa terlupakan. Tekstur tersebut justru membuat ruangan terlihat lebih menarik dan kental akan nuansa rustic. Dinding dengan batu alam misalnya bisa membuat ruang natural dan terkesan alami. Penggunaan material batu alam di dalam rumah rustic akan semakin berharga bila ditempatkan di tengah ruang. Lihat contohnya dalam tempat perapian di atas, semakin membuat ruang hangat bukan?

Pins pun bisa menggunakan tekstur lainnya dalam ruang seperti pada dekorasi. Mulai dari karpet, rak atau keranjang, pajangan dalam bentuk anyaman dan masih banyak lagi. Namun, bila Pins kurang tertarik dengan dekorasi yang berlebih dalam ruang, kamu bisa menggunakan pilar di langit-langit yang didominasi dengan serat kayu yang besar. Hal ini akan membuat suasana ruang otomatis kembali ke zaman dahulu. Tertarik mencobanya?

Baca Juga:

Penerapan Furnitur Etnik yang Unik

tips dekorasi rustic
(The Budget Decorator)

Tips selanjutnya dalam dekorasi rustic di rumah adalah penerapan desain furnitur etnik yang unik. Barang-barang bekas pun bisa dijadikan furnitur yang bermanfaat bila ditempatkan dalam sudut ruang terbaik. Seperti penggunaan peti yang digunakan sebagai tempat penyimpanan, potongan kayu yang dapat pula digunakan sebagai meja dan kursi seperti pada contoh di atas maupun lampu-lampu yang bisa ditemukan di dalam pasar loak. Hal ini akan menambah detail menarik dalam unnsur rustic di dalam rumah.

Suasana pedesaan segar yang ditonjolkan dari warna natural pada dinding, akan membuat furnitur etnik milik kamu menjadi pusat perhatian. Cobalah melakukan dan berinovasi dalam hal baru. Jangan terbatas dengan ide-ide yang sudah pernah dicoba orang lain. Box kayu pun dapat dibuat menjadi tempat duduk klasik yang dapat menghiasi ruang tamu lho! Apa Pins yakin tidak ada lagi ide menarik yang dapat membuat hunian rustic milik kamu berbeda dari yang lain?

Baca Juga:

Padupadan Tema Ruang

(Apartement Theraphy)

Nah, bila Pins merasa bosan dengan pengaplikasian dekorasi rustic di rumah, kamu bisa memadupadankan dengan tema lainnya. Boho dan rustic misalnya, ruang akan terlihat lebih ramai dan tentunya semarak dengan kehadiran kain-kain yang menghiasi ruang tamu, ataupun daun-daun kering yang bisa dijadikan pajangan. Ide satu ini bisa membuat ruang monoton milik kamu lebih hidup. 

Namun, bila Pins ingin tampilan modern, Pins Pun bisa memadupadankan scandinavian dengan rustic agar ruang tidur lebih modern. Caranya adalah dengan mengedepankan pewarnaan ruang dan furnitur berwarna putih, dengan detail kayu khas rustic pada dinding ataupun langit di rumah. Hasil akhirnya pasti akan memanjakan mata.

Pemilihan Warna Natural dalam Dekorasi Rustic di Rumah

tips dekorasi rustic
(Home Decor Bliss)

Mengedepankan pemilihan hal yang bernuansa alami memang menjadi ciri khas dalam desain rustic. Dekorasi rustic di rumah akan lebih menonjol dengan warna ruang natural yang mendominasi. Contohnya seperti putih, coklat muda, warna kayu maupun warna alami yang lembut dapat menciptakan pula kenyaman tersendiri dalam desain rumah bergaya rustic.

Tambahkan sedikit tanaman hias sebagai dekorasi tambahan, ataupun lukisan artistik yang cenderung menghadirkan tampilan menenangkan. Hal ini akan membuat ruang rustic milik kamu dan keluarga nyaman. Hal terpenting adalah tetap menonjolkan unsur kasar dalam ruang agar desain rustic yang diinginkan tidak tenggelam bersama dengan elemen lainnya dalam ruang.

Itulah 5 tips sederhana bagaimana menerapkan dekorasi rustic di rumah. Pahami dengan benar unsur terpenting dalam desain rustic agar kamu bisa bereksplorasi sendiri. Semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat. Intip juga ya artikel dari Pinhome lainnya!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel