BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Desain Ruang Bermain Anak yang Seru dan Edukatif
0
0

10 Ide Desain Ruang Bermain Anak yang Seru dan Edukatif

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Agu 11, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bermain bagi anak merupakan aktivitas yang mampu mendukung kemampuan kognitif dan motoriknya. Orang tua bisa membangun ruang bermain anak di dalam rumah agar mudah dalam pengawasan. Desain ruang bermain anak berikut ini menggunakan warna cerah ceria yang menarik perhatian buah hati.

Apabila Pins ingin mencari Rumah Ekslusif baru mungkin rumah baru di kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence atau rumah second di kab Mojokerto tentu perlu mempertimbangkan luas hunian. Kamu perlu menyisihkan beberapa meter persegi guna membangun ruang bermain anak yang seru dan edukatif. 

Ide Desain Ruang Bermain Anak

Desain tempat bermain anak berikut ini mampu menyesuaikan kesediaan lahan. Beberapa diantara ide desain playroom memakai lahan sempit sebagai berikut:

1. Ruang Bermain Anak dengan Bunk Bed

Source : Pexels

Gunakan loteng sebagai tempat bermain dan kamar tidur anak. Atapnya yang miring membentuk sudut berbeda yang difungsikan sebagai letak storage. Kamu bisa menghiasi dinding kamar dengan dedaunan, bunga maupun binatang. Ruangan yang tak begitu luas akan terkesan lapang jika cat dinding memakai warna putih. 

Buku-buku kesayangan buah hati dapat ditata rapi di ambalan dengan ketinggian yang pas bagi sikecil. Ruang ini bisa ditempati lebih dari dua orang anak dengan bunk bed. Ditambahkan lagi kursi dan meja panjang sebagai media menggambar atau belajar.

Baca juga: 7 Inspirasi untuk Model Rumah Letter U di Kampung

2. Ruang Bermain Anak Ala Swedish Wall

Source : Pexels

Bagian dinding ruangannya dilapisi wallpaper bermotif tanaman dengan gambar pohon di salah satu area dindingnya. Lantainya dilapisi dengan karpet hijau seperti rumput yang bertekstur lembut agar anak nyaman bermain. Ditambahkan pula mainan panjat-panjatan agar mengembangkan keterampilan fisik anak sekaligus melatih keseimbangannya.

3. Ruang Bermain Anak Ala Rumah Pohon

Source : thinkterior

Apabila anak-anak suka nuansa alam dapat menerapkan desain rumah pohon. Ruang bermain ini mempunyai area panggung dengan rak penyimpanan built in. rumah pohon buatan mengesankan anak bermain di alam. Tambahkan ayunan sebagai dekorasi ruangan dengan wallpaper dinding disesuaikan tema interior ruangan.

4. Ruang Bermain Penuh Bean Bag

Source : Pxhere

Ruang bermain anak bisa memakai bean bag daripada kursi berkaki. Bean bag dapat difungsikan sebagai tempat duduk santai, membaca buku bahkan menonton TV. Kursi ini juga cocok bagi kalangan dewasa dan nyaman pula untuk tiduran. 

Gunakan bean bag berwarna-warni atau motif yang disukai anak. Lantainya memakai alas agar saat bersantai di area ini anak tidak mudah terpeleset dan merasa hangat.

5. Blue Playroom

Source : Pxfuel

Warna biru sering menjadi warna favorit bagi anak-anak. Manfaat warna ini adalah meningkatkan energi menurut psikologi. Selain area dindingnya, bagian lantai juga dapat memakai warna biru yang lebih tua. Boneka kesayangan dapat digantung di dinding dengan posisi terbalik jika tak punya tempat menyimpan barang lagi. Hiasan dinding dapat berupa abjad atau angka agar melatih anak mengingatnya.

Baca juga: 6 Solusi untuk Letak Kamar Mandi di Bawah Tangga Menurut Feng Shui

6. Ruang Bermain dengan Perosotan

Source : Pxhere

Ruang bermain indoor tak kalah menarik dengan tempat bermain outdoor. Apalagi jika playroom dilengkapi dengan perosotan. Mainan seperti ini memberikan manfaat bagi si kecil khususnya melatih keseimbangan, koordinasi, dan melatih kemampuan motorik. Sebaiknya perosotan diletakan di sudut ruangan agar sisi lainnya terhalang dinding.

7. Ruang Bermain Menyatu dengan Perpustakaan

Source : Pexels

Jika ingin membiasakan anak membaca buku coba gabungkan ruang bermain dengan perpustakaan. Tak perlu sekat antara dua ruangan ini cukup pertegas dengan perbedaan warna. Misalnya area perpustakaan memakai warna biru laut. Bagian ruang bermain anak memakai warna putih netral sebagai penyeimbang.

Kamu dapat menggunakan karpet wol di ruang bermain anak. Kursi santainya berupa sofa bed agar jika anak lelah bermain bisa langsung beristirahat. Untuk pencahayaan dapat mengandalkan jendela besar dan lampu sorot yang diletakan di tengah ruangan.

8. Ruang Bermain Tipe loft

desain ruang bermain anak tipe loft
Source : Pexels

Loft sebenarnya bermakna ruang paling atas yang langsung berada di bawah atap. Cirinya langit-langit yang tinggi sehingga ada tambahan ruang setengah lantai. Pins dapat membangun ruang bermain tipe loft dengan lantai bawah sebagai tempat menonton TV. lantai atasnya dapat difungsikan sebagai tempat bermain anak.

9. Ruang Bermain Memanjang

Source : Pexels

Ruangan yang memiliki bentuk memanjang ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat bermain. Tempat penyimpanan memakai rak gantung maupun ambalan agar lebih spacious. Area bermain dipasang karpet hijau agar anak tidak mudah jatuh. Pakai cat dinding warna putih agar ruangan terkesan luas.

Baca juga: 8 Inspirasi Membuat Desain Ruang Karaoke Kecil

10. Ruang Bermain di Bawah Tangga

desain ruang bermain anak dibawah tangga
Source : Suburban Renewal

Bagian bawah tangga bisa disulap sebagai tempat bermain anak tersembunyi. Desain ini cocok bagi anak yang menyukai clubhouse rahasia. Tata ruangan sedemikian rupa agar terlihat luas dan nyaman untuk dipakai bermain. Bagian sisi tangga lainnya dapat pula dipakai sebagai rak penyimpanan tambahan. Pastikan tinggi tangga sesuai dengan tinggi badan anak agar bisa nyaman bermain di dalamnya.

Ruang bermain anak dapat didesain dengan perabotan warna netral. Misalnya coklat, putih dan lainnya. Sementara dinding, plafon maupun lantai memakai motif dengan warna yang lebih berani agar terlihat atraktif.

Ide desain ruang bermain anak di atas dapat menjadi rujukanmu dalam interior ruangan anak. Bagaimana tertarik untuk memulai mendesain ruang bermain anak mulai dari sekarang?

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download