Pinhome

Uncategorized

Tips Membersihkan Lantai Kayu di Teras Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Memiliki teras rumah merupakan dambaan bagi banyak orang. Teras banyak dibangun oleh masyarakat yang fungsinya untuk menjadi tempat berkumpul bersama keluarga yang nyaman selain di ruang keluarga. Teras dengan bentuk dan bangunan yang baik tentu akan membuat nyaman penghuninya.  Salah satu yang menjadi perhatian ketika ingin membangun teras yaitu lantainya. Lantai pada teras juga harus dipilih yang sesuai dengan suasana rumah. Banyak orang yang menggunakan lantai kayu pada teras rumahnya. Lantai kayu dianggap lebih nyaman dari pada material lantai lainnya, karena lantai kayu dapat menyajikan suasana tropis yang nyaman. Namun tidak sedikit juga yang tidak mengetahui cara membersihkan lantai kayu di teras. Berikut tips yang dapat dilakukan untuk membersihkan lantai kayu di teras, yaitu :

Bersihkan Permukaan Lantai

Langkah awal yang dapat dilakukan yaitu membersihkan permukaan lantai kayu terlebih dahulu. Anda dapat membersihkan permukaan lantai dengan menggunakan sapu. Jika sudah bersih, gunakanlah bahan khusus untuk pembersih kayu agar lantai kayu dapat terlihat bersih seperti baru lagi.

Sikat Permukaan Lantai

Selain membersihkan permukaan lantai dengan menggunakan sapu dan pembersih kayu, Anda dapat membersihkan lantai kayu dengan menyikat permukaanya. Sikat permukaan lantai kayu dengan menggunakan sikat yang tebal namun halus, agar tidak merusak permukaan kayu. Namun sebelum menyikatnya, siramlah terlebih dahulu lantai kayu dengan menggunakan air. Sikatlah permukaan lantai sampai bersih dengan menggunakan cairan pembersih. Gunakanlah sarung tangan agar kulit tangan Anda terhindar dari paparan cairan pembersih tersebut. jika sudah bersih bilas kembali menggunakan air.

Keringkan Lantai Kayu

Setelah membersihkan lantai kayu, keringkanlah menggunakan pel kering dan diamkan sampai lantai kayu benar-benar kering dengan maksimal. Jika sudah kering, Anda dapat memberikan olesan pelindung lantai kayu agar kayu tidak mudah rusak apabila terkena sinar matahari. Lantai kayu yang tidak diberi pelindung khusus untuk lantai kayu akan membuat kayu mudah kotor dan kusam.

Perhatikan Susunan Kayu

Semprotlah lantai kayu di rumah Anda menggunakan air. Namun pastikan susunan kayu di teras rumah Anda tersusun dengan baik. Jika ada bilah kayu yang terlepas dari posisi semula atau kayunya mengelupas perbaikilah terlebih dahulu. Kayu yang mengelupas dapat terjadi karena cuaca yang sangat panas. Setelah diperbaiki, Anda dapat menyemprotkan air di lantai kayu lalu gunakanlah vacuum agar lantai terlihat bersih.

Hindari Menempatkan Barang Lembab

Sebaiknya hindarilah menempatkan barang-barang yang lembab di atas lantai kayu. Periksalah setiap barang yang ada di teras Anda seperti kaset. Pastikan kaset yang ada di lantai kayu pada teras tidak lembab atau basah, agar lantai kayu tidak mudah mengelupas.

Ada baiknya Anda membersihkan lantai kayu yang ada di teras rumah setiap dua hari sekali. Hal tersebut dilakukan agar lantai kayu tetap terlihat bersih dan tidak kusam, sehingga Anda dan keluarga dapat berkumpul di teras dengan nyaman.

Tags :

Bagikan Artikel