BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Jenis Karpet dan Bahannya yang Sesuai dengan Lantai Rumah
0
0

10 Jenis Karpet dan Bahannya yang Sesuai dengan Lantai Rumah

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Apr 9, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
jenis karpettop-right-banner

Ternyata penggunaan karpet di rumah bisa membuat penampilan yang berbeda lho! Selain menambah estetika pada tampilan rumah, karpet juga bisa digunakan bagi kamu yang tidak ingin lantai menjadi cepat rusak atau kotor.

Sayangnya, tidak semua jenis karpet dibuat dari material yang baik untuk membuat nyaman penggunanya. Bagi kamu yang sedang berburu karpet untuk di rumah, yuk simak jenis-jenis karpet serta bahan karpet lantai yang bagus dan cocok untuk digunakan di rumah!

Pins juga bisa menemukan rumah dengan halaman yang cukup besar di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Cobalah ajukan KPR di Pengajuan KPR untuk membantumu memulai pengerjaan rumahmu yang mudah dan bisa pembayarannya bisa disesuaikan dengan angsuran agar tidak memberatkanmu.

Baca juga: 15 Rekomendasi Karpet Lantai Ruang Tamu yang Menarik

Jenis Karpet dan Bahannya yang Sesuai dengan Lantai Rumah

Adanya karpet di rumah kamu akan memberikan kenyamanan saat dipijakkan. Tentunya hal ini ketika kamu memilih karpet yang lembut. Berikut ini kamu perlu mengetahui jenis-jenis karpet dan bahannya agar sesuai dengan lantai rumahmu:

1. Karpet Polypropylene

(Pinterest)

Karpet yang satu ini telah banyak diproduksi dan digunakan pada rumah-rumah. Karpet polypropylene ini dibuat dari bahan karpet lantai serat sintetis (buatan). Meski terbuat dari serat sintetis, namun penggunaan karpet ini cukup memberikan kenyamanan. Selain itu, karpet ini juga sangat mudah dibersihkan. 

Tidak hanya itu, kelebihan lain dari karpet lantai ini juga dijual dengan harga yang relatif murah sehingga menjadi favorit banyak orang. Namun karpet ini memiliki kekurangan, yaitu warna karpet yang mudah pudar seiring berjalannya waktu.

Baca juga: 6 Model Karpet Kamar Mandi Anti Licin, Bikin Lebih Aman

2. Karpet Nilon

(Pinterest)

Salah satu bahan karpet lantai yang saat ini lazim diproduksi adalah nilon. Jenis karpet ini memiliki daya tahan yang cukup kuat sehingga membuatnya cukup awet. Karpet ini juga memiliki berat yang ringan sehingga sangat mudah untuk dipindah-pindahkan. 

Selain itu, harganya juga relatif murah sehingga mudah dijangkau. Karpet berbahan nilon ini juga tersedia dalam berbagai motif dan warna sehingga kamu tidak perlu takut jika karpet ini akan membuat ruangan di rumah terasa monton.

Baca juga: Cara Memilih Karpet Kamar Tidur yang Tepat

3. Karpet Katun

(Pinterest)

Jika berbicara mengenai jenis-jenis karpet, bahan karpet lantai yang satu ini memang telah digunakan sejak dulu. Katun memang merupakan karpet yang tersedia dalam berbagai motif dan ukuran namun dijual dengan harga yang sangat terjangkau. 

Sayangnya, bahan karpet lantai ini memiliki daya tahan yang tidak lama, sehingga sebaiknya penggunaan karpet katun ini digunakan pada spot-spot ruangan yang tidak memiliki lalu lintas tinggi untuk memperlambat kerusakan yang dapat terjadi pada karpet.

Baca juga: 10 Desain Ruang Tamu Lesehan Karpet yang Cozy

4. Karpet Wol

(Pinterest)

Wol memang terkenal akan permukaannya yang sangat halus. Tidak jarang wol digunakan sebagai material baju atau bahkan karpet lantai. Karpet ini memiliki daya tahan yang sangat tinggi dan tahan terhadap noda maupun air. 

Tidak hanya itu, permukaannya yang halus membuat karpet ini menjadi karpet yang sangat nyaman. Bahkan jika dirawat secara berkala dan perawatannya tepat, karpet wol ini bisa awet hingga bertahun-tahun. Sayangnya karpet wol ini memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan karpet lainnya.

Baca juga: 5 Tips Memilih Karpet Ruang Tamu yang Tepat

5. Karpet Vinyl

(Pinterest)

Berbeda dengan bahan karpet lainnya, karpet vinyl ini sangat lentur sehingga sangat nyaman untuk diinjak. Ketebalan karpet ini juga beragam mulai dari 0,5-2,2 mm yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Umumnya karpet vinyl ini digunakan untuk melapisi seluruh permukaan lantai untuk memberikan tampilan yang berbeda pada lantai. Karpet ini tersedia dalam berbagai ukuran dan motif mulai dari motif kayu, batu alam atau bahkan motif lainnya yang bisa membuat lantai kamu sangat unik.

Baca juga: 15 Motif dan Warna Karpet Lantai Plastik yang Bagus

6. Karpet Sutra

(Pinterest)

Karpet yang satu ini memang sangat berbeda jika dibandingkan dengan karpet lantai lainnya. Karpet sutra adalah karpet yang terbuat dari sutra. Sutra memang jarang digunakan di rumah-rumah karena harganya yang sangat mahal. Namun untuk kualitasnya tentu tidak perlu diragukan lagi. 

Penggunaan karpet lantai yang satu ini bisa membuat tampilan rumah kamu menjadi mewah dan elegan. Selain itu karpet sutra ini juga tersedia dalam berbagai motif, warna dan ukuran yang mana membuat tampilan rumah menjadi lebih fresh dan tidak monoton.

Baca juga: Cara Mengukur Karpet Lantai Kantor Dengan Tepat

7. Karpet Kulit Hewan

(Pinterest)

Material karpet yang satu ini memang telah populer sejak lama. Bahan karpet lantai yang terbuat dari kulit hewan, memang benar-benar dibuat dari kulit hewan yang dibersihkan dan dikeringkan. 

Berbeda dengan karpet lainnya, karpet kulit hewan ini memiliki daya tahan yang sangat kuat dan tersedia dalam berbagai bentuk yang menarik. Namun jika Pins ingin menggunakan karpet ini di rumah, maka tempatkan karpet ini di tempat yang kering agar karpet tidak mudah rusak.

Baca juga: Cara Jaga Karpet Rumah Tetap Bersih dan Wangi

8. Karpet Sisal

(Pinterest)

Karpet sisal adalah karpet lantai yang terbuat dari tanaman yang mana memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Namun karpet ini memiliki tekstur yang cukup kasar pada permukaannya, sehingga mungkin akan membuat penggunanya sedikit tidak nyaman. Namun Pins bisa menggunakan karpet yang satu ini untuk lantai dengan permukaan licin sehingga dapat menurunkan risiko terpeleset.

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Karpet Kantor Sebaiknya Model Tile

9. Karpet Permadani

Source : CekList.ID

Karpet permadani biasanya dibuat dari bahan serat sintetis seperti polypropylene, niloi, atau wol. Karpet ini identik dengan coraknya yang indah dan megah sehingga seringkali dianggap memiliki harga yang mahal. Menggunakan karpet ini dapat menghangatkan kaki dan memperindah ruangan kamu lho, Pins!

Baca juga: 12 Model Karpet Kecil untuk Ruang Tamu

10. Karpet Bulu Rafsur

Source : Jasa Cuci Sofa Bandung

Dirancang untuk mengakomodasi kegiatan bersantai, karpet bulu rafsur memiliki tekstur yang mirip dengan bahan dasar untuk boneka. Pada bagian dalamnya, karpet ini dilengkapi dengan busa sehingga akan terasa lembut dan nyaman.

Itulah daftar jenis karpet lantai yang bisa menjadi pilihan Pins di rumah. Semoga dengan ulasan di atas dapat membuat kamu semakin mengenal jenis-jenis karpet dan memilih karpet yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu di rumah.

Baca Juga:

Feature Source Image: ObrasKarpet


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download