BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Rumah Kayu Mungil yang Super Cozy
0
0

10 Desain Rumah Kayu Mungil yang Super Cozy

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Apr 24, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
Rumah kayu memiliki desain yang indah.top-right-banner

Di tengah hiruk-pikuk perkotaan dan desain modern yang canggih, desain rumah kayu mungil kembali meraih popularitasnya. Dengan tampilan klasik serta ramah lingkungan, rumah kayu telah mencuri hati banyak orang dengan daya tariknya. Terlebih lagi jika Kamu bisa mengkombinasikan antara desain dan berbagai perabot di dalam rumah, maka nuansa rumah akan membuatmu semakin betah. Simak artikel ini untuk mengetahui desain rumah kayu mungil!

Pins juga bisa menemukan rumah dengan halaman yang cukup besar di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Manfaatkan Rumah Ekslusif untuk menemukan rumah idaman kamu versi terbaik dari Pinhome.

Baca juga: Tips dan Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis Agar Rumah Terlihat Lebih Luas

Keunggulan Menggunakan Desain Rumah Kayu Mungil

rumah kayu
Source : Pinhome

Rumah kayu memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan menarik, di antaranya adalah:

1. Hemat Energi

Kayu memiliki sifat yang efektif dalam mencegah perambatan panas. Hal ini berarti rumah kayu dapat menghemat banyak energi jika dibandingkan dengan rumah yang terbuat dari batu, beton, atau bata.

Selain berfungsi sebagai insulator suhu yang baik, rumah kayu juga mampu menyerap suara dengan sangat baik. Sehingga, hunian kayu akan terasa lebih hangat, tenang, dan cocok untuk tempat bersantai.

Baca juga: 20 Ide Desain Kanopi Kayu Garasi yang Buat Adem

2. Konstruksi Lebih Cepat

Pembangunan rumah kayu memerlukan perencanaan yang matang. Namun, proses pembangunan rumah kayu cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan rumah dari bahan lain seperti batu atau beton yang memerlukan waktu untuk penataan dan pengecatan yang lebih lama.

3. Ramah Lingkungan

Dengan menggunakan bahan dasar alami, rumah kayu menjadi salah satu pilihan ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bangunan non-alami lainnya. Selain itu, struktur kayu juga membantu secara aktif dalam penyerapan dan penyimpanan karbondioksida di lingkungan sekitar rumah kayu tersebut.

Baca juga: Baja Ringan vs Kayu, Mana yang Unggul untuk Membangun Rumah?

4. Kokoh dan Tahan Lama

Meskipun memiliki bobot ringan, rumah kayu tetap memiliki daya tahan yang kuat. Rumah kayu yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi memiliki masa pakai yang tak kalah dengan rumah yang dibangun dengan bahan batu bata atau beton.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sebagian aula olahraga menggunakan bahan kayu untuk dinding dan lantainya. Selain itu, rumah kayu juga memerlukan perawatan minimal dan dapat diperbaiki dengan mudah melalui sedikit reparasi manual.

5. Estetika yang Tinggi

Kayu juga merupakan salah satu material dekoratif yang indah dan memiliki karakteristik yang khas. Setiap jenis kayu memiliki warna, desain, dan corak yang khas, sehingga saat diaplikasikan sebagai bahan bangunan, rumah kayu akan menciptakan tempat tinggal dengan nilai estetika yang tinggi.

Baca juga: 20 Inspirasi Desain Kantor Kecil Terbaik 2023

Kekurangan Menggunakan Desain Rumah Kayu Mungil

Selain keunggulannya yang perlu kamu ketahui, kekurangan dari desain rumah kayu mungil juga perlu kamu perhatikan. Berikut ini kekurangannya:

1. Harga Bahan Bakunya yang Semakin Mahal

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa kini harga kayu semakin mahal. Ditambah lagi kualitas kayu yang semakin tinggi akan membuat harganya melambung tinggi. Salah satu contoh kayu dengan kualitas yang bagus adalah kayu jati, harganya sangat mahal.

Oleh karena itu, dalam membuat rumah yang berbahan kayu membutuhkan uang yang tidak sedikit. Mungkin kamu bisa saja memilih kayu yang murah, tetapi kualitasnya tidak bisa menjamin akan ketahanannya ke depannya.

Baca juga: 10 Model Lemari Hias Kamar Tidur Berbahan Kayu

2. Berisiko Memicu Kebakaran

Material kayu memiliki resiko terbakar yang sangat tinggi dibandingkan rumah dengan material lainnya. Hal ini didasarkan karena kayu memiliki sifat yang mudah terbakar.

Jika kamu memiliki rumah yang terbuat dari material kayu, maka kamu harus menjauhkan segala aktivitas api dari material satu ini agar tidak menyebabkan kebakaran.

3. Sering Dimakan Rayap

Kekurangan yang terakhir dari penggunaan material kayu sebagai bahan utama membuat rumah adalah resiko dihinggapi dan dirusaki oleh rayap. Jika rayap telah memakan kayu-kayumu, maka cepat atau lambat rumahmu dapat hancur.

Baca juga: 10 Inspirasi Model Ventilasi Rumah dari Kayu

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memiliki Rumah Kayu

rumah kayu
Source : Pinhome

Jika tengah merencanakan untuk membeli atau membangun rumah, mungkin kamu dapat mempertimbangkan desain rumah kayu mungil. Namun, sebelum mulai membeli material dan menyewa tukang untuk mewujudkan rumah impian ini, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan:

1. Keindahan Artistik dan Kesan Alami

Rumah kayu memiliki pesona artistik yang khas, terutama di tengah-tengah perkembangan dunia modern saat ini. Para pemilik rumah jenis ini biasanya menghargai nilai-nilai orisinal dan tradisional.

Bahan baku kayu yang diambil dari hutan dan perkebunan juga memberikan kesan alami pada rumah tersebut. Apalagi, jika dilengkapi dengan interior rumah yang sesuai, dijamin Kamu akan selalu merasa rileks berada di dalamnya.

Baca juga: 10 Contoh Meja Kayu Minimalis untuk Ruang Tamu

2. Biaya Lebih Tinggi

Rumah kayu dapat dimiliki dengan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan rumah yang menggunakan semen atau beton. Salah satu penyebabnya adalah harga papan kayu yang kini jauh lebih mahal dibandingkan dengan satu sak semen.

Saat ini, segala hal yang kembali ke alam memang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan versi buatan manusia. Ini juga berlaku untuk harga papan yang diperlukan dalam pembangunan rumah kayu.

Terlebih lagi, Kamu harus memilih kayu yang kuat agar rumah dapat bertahan menghadapi berbagai kondisi cuaca.

3. Pemeliharaan yang Mahal dan Rumit

Kayu yang digunakan untuk membangun rumah harus diawetkan agar tahan lama dan kokoh. Salah satu langkahnya adalah dengan memberikan perlindungan anti-rayap untuk mencegah serangan serangga yang dapat merusak kayu tersebut.

Selain itu, langkah pencegahan lainnya harus dilakukan agar kayu yang digunakan tidak menjadi lembab dan berpotensi membusuk. Setelah rumah dihuni, Kamu juga harus rutin merawat dan membersihkan rumah dengan bahan baku kayu.

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Ala Villa Bali Yang Nyaman Dan Asri

10 Rekomendasi Desain Rumah Kayu Mungil

Berikut adalah 10 desain rumah kayu mungil yang bisa jadi inspirasimu:

1. Rumah Kayu Modern Minimalis

Desain rumah kayu mungil dengan konsep minimalis.
Source : Freepik

Desain ini menggabungkan elemen kayu dengan sentuhan modern dan minimalis. Pilih kayu berkualitas tinggi untuk membangun rangka atap dan fasad rumah, lalu tambahkan sentuhan aksen seperti jendela besar atau dinding kaca untuk memberikan kesan yang lebih terang dan luas.

Baca juga: 11 Ide Desain Pergola Kayu yang Nyaman untuk Bersantai

2. Rumah Kayu Bergaya Kabin

Rumah Kayu Bergaya Kabin.
Source : Freepik

Desain ini terinspirasi dari kabin di pegunungan yang hangat dan nyaman. Gunakan kayu dengan serat yang khas dan tampilan alami pada dinding dan lantai. Padukan dengan perabotan dan dekorasi yang rustic untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.

3. Rumah Kayu Tradisional

Rumah Kayu Tradisional
Source : Freepik

Ambil inspirasi dari rumah-rumah tradisional di berbagai daerah yang menggunakan kayu sebagai bahan utama. Ciptakan nuansa klasik dengan tata letak dan ornamen yang mencerminkan kekayaan budaya dan sejarah.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Dinding Kayu Cantik dengan Kesan Hangat

4. Rumah Kayu Eklektik

Rumah Kayu Eklektik.
Source : Freepik

Pilih desain eklektik dengan menggabungkan berbagai gaya arsitektur dan elemen kayu yang berbeda. Misalnya, kombinasikan sentuhan modern dengan unsur-unsur vintage atau etnik untuk menciptakan tampilan yang unik dan menarik.

5. Rumah Kayu dengan Taman dalam Ruangan

Desain rumah kayu mungil dengan taman.
Source : Freepik

Kombinasikan rumah kayu dengan konsep taman dalam ruangan yang menyatu dengan alam di dalam rumah. Gunakan dinding kaca dan pot tanaman besar untuk menciptakan suasana hijau yang menyegarkan.

Baca juga: 8 Model Plafon Kayu untuk Rumah, Bikin Hunian jadi Aesthetic!

6. Rumah Kayu dengan Veranda atau Balkon

Balkon mempermanis desain rumah kayu mungil.
Source : Freepik

Tambahkan veranda atau balkon dari kayu untuk menciptakan area terbuka yang nyaman. Kamu bisa menikmati pemandangan sekitar sambil menikmati udara segar.

7. Rumah Kayu Bertingkat

Ide desain rumah kayu mungil sederhana.
Source : Freepik

Jika lahan memungkinkan, coba desain rumah kayu bertingkat untuk memberikan nuansa yang lebih luas dan berbeda di setiap lantainya.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Jamur di Pintu Kayu

8. Rumah Kayu dengan Atap Pelana

Desain rumah kayu mungil sederhana dengan atap.
Source : Freepik

Ciptakan kesan klasik dengan menggunakan atap pelana pada rumah kayu. Bentuk atap ini memberikan kesan yang elegan dan menawan.

9. Rumah Kayu Ramah Lingkungan

Desain rumah kayu mungil sederhana dengan ramah lingkungan.
Source : Freepik

Pilih kayu dari sumber yang berkelanjutan dan gunakan teknologi ramah lingkungan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Baca juga: 15 Inspirasi Keramik Motif Kayu Untuk Hunian Minimalis

10. Rumah Kayu dengan Desain Kreatif

Uniknya desain rumah kayu mungil.
Source : Freepik

Bermainlah dengan desain kreatif, seperti memadukan kayu dengan batu alam atau bahan lainnya. Ciptakan kombinasi yang menarik untuk menghasilkan rumah kayu dengan karakter unik.

Itulah berbagai desain rumah kayu mungil yang bisa menjadi inspirasi. Namun sebelum membangun rumah impian menjadi super cozy, Kamu perlu mempertimbangkan banyak hal dari dampak hingga biaya perawatannya.

Baca juga:

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download