BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Denah Interior Rumah Terbaik 2023
0
0

15 Desain Denah Interior Rumah Terbaik 2023

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Okt 19, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain denah rumah interior meliputi gambaran bagian dalam bangunan rumah terkait tata letak dan penyusunan. Desain bagian dalam rumah juga akan erat kaitannya dengan pemilihan furniture ruangan yang mendukung dengan gaya desain ruangan yang dipilih. Tantangan yang cukup berat dalam desain denah rumah bagian interior memang terletak pada upaya memadukan beragam furniture, tata letak dan tema warna yang dipilih untuk desain ruangan.

Namun bagi mereka yang hobi, hal ini justru menjadi hal keasyikan tersendiri, bagaimana mengatur ukuran ruangan, meletakkan dan memposisikan, semuanya menjadi tantangan yang cukup menarik bagi para peminatnya. Ingin tau desain denah rumah interior secara umum? Berikut ini akan dibahas pada artkel ini!

Kamu dapat mengikuti desain denah interior rumah sebagai referensi dalam mencari rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Pins juga bisa membangun rumah mengikuti desain denah interior berikut ini dengan KPR rumah.

Desain Denah Interior Rumah

Dalam proses penciptaan rumah yang indah dan nyaman, tentunya Pins harus memikirkan konsep eksterior dan interior rumah sebagai hal yang utama dalam konstruksi tersebut. Tentunya Pins tidak cukup hanya dengan berandai-andai saja, diperlukan sketsa yang menggambarkan konsep eksterior dan interior yang sesuai dengan keinginan Pins, salah satu caranya adalah dengan membuat desain denah interior pada hunian yang akan kamu bangun.

Desain denah interior hunian menjadi penting, karena di dalamnya akan terdapat pilihan-pilihan yang sesuai dengan selera Pins terkait desain ruangan, tata letak dan penyusunan, pemilihan furniture, dan warna juga berperan penting. Berikut ini beberapa desain denah interior rumah terbaik yang dapat menjadi referensi kamu:

1. Ruang Tamu

Source : iStock

Desain denah rumah yang pertama sekali kita temukan pada bagian interior rumah adalah ruang tamu. Tata lah ruang tamu senyaman mungkin untuk membuat orang yang berkunjung ke rumah Anda menjadi nyaman dan betah. Untuk rumah dengan ukuran kecil, ruang tamu sebaiknya juga tidak terlalu besar, secukupnya saja untuk meletakkan sofa dan furniture primer lainnya.

Baca juga: Denah Rumah Satu Lantai: Pilihan Tepat Bagi Anda dan Keluarga

2. Ruang Keluarga

Source : iStock

Desain denah rumah berikutnya setelah ruang tamu adalah ruang keluarga. Ruang ini merupakan ruangan privasi untuk anggota keluarga. Bisa dirancang sesuai dengan selera si penghuni rumah. Namun bagi beberapa tamu yang sudah akrab, ruang keluarga bisa berfungsi sebagai ruang tamu mereka. Kamu juga dapat mengetahui cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga.

3. Kamar Tidur

Source : iStock

Pada desain denah rumah yang cukup sempit, kamar tidur terkadang bahkan menyatu dengan ruang keluarga. Atau bahkan bisa jadi menjadi satu dengan ruang tamu. Idealnya kamar tidur didesai terpisah dari beberapa ruangan tersebut agar Anda dapat beristirahat secara nyaman.

4. Dapur dan Kamar Mandi

Source : iStock

Desain denah rumah interior yang paling belakang biasanya adalah bagian dapur dan kamar mandi. Namun untuk kamar mandi biasanya juga ada yang terhubung langsung dengan kamar tidur. Desain dapur juga bisa digabung dengan ruang makan yang ditata senyaman mungkin, dan diperjelas antara kawasan dapur dan kawasan ruangan untuk makan.

5. Desain Denah Rumah Mezzanine

Source : iStock

Desain denah interior rumah berikut ini sangat cocok bagi Pins yang memiliki ukuran rumah tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit juga. Rumah satu ini menggunakan konsep mezzanine, yang mana cocok sekali bagi Pins yang tinggal sendiri ataupun berdua bersama pasangan. Kamu dapat menghemat ruang pada denah rumah minimalis,

6. Desain Denah Rumah Tanpa Sekat

Source : iStock

Bagi kamu yang menginginkan desain rumah tanpa sekat, semuanya tersambung dalam satu wilayah, maka desain denah interior rumah berikut ini sangat cocok untuk diterapkan pada hunian baru kamu. Model desain seperti ini akan membuat interior rumah kamu tampak sangat luas. Ketahui desain rumah mezzanine dalam rumah untuk hemat ruang.

7. Desain Interior 2 Kamar

Source : iStock

Desain denah interior rumah yang satu ini sangat cocok kamu terapkan di rumah minimalis, dengan ukuran yang pas dan tidak terlalu luas. Pada desain denah interior ini, terdapat dua kamar yang dibangun saling bersebelahan. Lalu, dapur diletakkan di bagian depan dekat dengan ruang tamu. Ketahui kesalahan saat membuat denah rumah minimalis.

8. Denah Interior Rumah Tingkat

Source : iStock

Desain denah interior berikut ini dapat menjadi referensi kamu yang ingin membangun rumah dengan 2 tingkatan. Rumah tingkat tentunya akan menambah nilai jual pada bangunan kamu. Dengan adanya desain denah, kamu dapat menentukan posisi-posisi yang tepat agar nyaman ketika rumah tersebut telah jadi.

9. Desain Denah Rumah di Lantai 2

Source : iStock

Bagi Pins yang bingung dengan desain denah interior di lantai 2, di urutan ke sembilan ini dapat menjadi referensi kamu! Dapat terlihat di lantai 2, kamu dapat membuat 3 ruang kamar tidur yang cukup luas dengan 2 kamar mandi. Lalu, terdapat juga ruang kumpul keluarga yang menghadap langsung ke arah balkon.

Baca juga: Cara Membuat Denah Rumah Tinggal

10. Desain Denah Rumah dengan Kolam Renang

Source : iStock

Siapa yang memiliki keinginan untuk memiliki kolam renang di rumah impiannya? Rumah yang dilengkapi kolam renang, tentu menjadi idaman seluruh orang. Seperti pada desain denah satu ini, bangunan rumah yang tidak terlalu luas dapat tercukupi karena terdapat 2 lantai pada bangunannya.

Lalu, halaman belakang rumah dimanfaatkan sebagai tempat untuk duduk bersantai dan terdapat kolam renang yang teduh. Pins dapat menerapkan inspirasi denah rumah 4 kamar dengan 1 mushola.

11. Desain Denah Rumah dengan Carport

Source : iStock

Desain denah interior selanjutnya, memiliki ide desain yang dilengkapi dengan carport untuk memarkir kendaraan pribadi kamu. Desain denah interior satu ini jelas terlihat kecil, namun kamu dapat mensiasatinya dengan menambah lantai di atasnya untuk melengkapi ruang di rumah kamu.

Pada bagian belakang rumah juga terdapat halaman luas untuk kamu melakukan kegiatan di ruang terbuka. Ketahui model plesteran halaman rumah untuk carport.

12. Desain Denah Rumah Tanpa Halaman

Source : iStock

Desain denah interior berikut ini sangat cocok bagi kamu yang tidak ingin memiliki halaman pada rumah kamu. Kamu dapat memaksimalkan luasnya bangunan di seluruh tanah tempat bangunan kamu berdiri. Pada desain denah satu ini, hanya terdapat 1 kamar saja.

13. Denah Interior Rumah Sederhana

Source : iStock

Pada desain denah interior hunian berikut ini, desain denah menitikberatkan pada penggunaan konsep desain yang sederhana. Seperti rumah-rumah sederhana pada umumnya, kamu dapat mengenali kesederhanaannya karena rumah dibangun tanpa banyaknya sekat-sekat yang menghubungkan setiap ruangan. Pins dapat mengikuti desain rumah sederhana tapi mewah? begini caranya!

14. Denah Interior Rumah dengan Garasi

Source : iStock

Pada desain denah interior berikut ini, dapat kamu terapkan jika menginginkan hunian dilengkapi dengan garasi tertutup yang menyatu dengan bangunan hunian kamu. Garasi yang menyatu dengan bangunan akan ditambahkan pintu masuk yang langsung mengarah ke dalam rumah. Di desain denah satu ini, kamar yang dibangun berjumlah 3.

Lalu, di bagian belakangnya terdapat ruang terbuka yang ditempati dengan sofa untuk bersantai. Pins harus tahu juga perbedaan carport dan garasi mobil.

15. Desain Interior Rumah Modern

Source : iStock

Bagi Pins yang menyukai hunian bergaya modern, desain denah interior berikut ini cocok untuk menjadi referensi kamu dalam membangun hunian. Pemilihan warna dan furniture pada desain denah tersebut sangat tepat untuk menciptakan kesan modern. Uniknya, untuk mengarah ke ruang tidur ke-2, kamu harus melalui koridor kamar mandi untuk sampai di sana.

Itulah beberapa desain denah interior rumah yang dapat menjadi referensi kamu. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat!

Baca juga: Tips Desain Interior Rumah Klasik

Featured Image Source: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Villa Jatiluhur dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download