BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Rekomendasi Merk Semen Terbaik di Indonesia
0
0

15 Rekomendasi Merk Semen Terbaik di Indonesia

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 3, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Semen merupakan salah satu material bangunan yang cukup penting dalam tahapan membangun rumah. Jadi, tidak heran ada begitu banyak macam-macam merk semen terbaik di Indonesia yang menawarkan berbagai kelebihan dan kekurangan.

Rumah bekas di Kab Mojokerto maupun rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Cikarang Griya Pratama atau di sekitar Mall Lippo Cikarang juga menggunakan merk semen di bawah ini. Unduh dan instal aplikasi Pinhome untuk mewujudkan rumah terbaikmu dengan Pengajuan KPR.

Merk Semen Terbaik

Kelebihan dan kekurangan semen tentu akan memengaruhi harga semen per sak yang umumnya berada di kisaran 55 ribu rupiah per sak. Namun, hal tersebut bisa berubah tergantung lokasi hingga tipe semen. Penasaran? Simak deretan rekomendasi semen terbaik di Indonesia berikut ini!

1. Semen Gresik

Source : PT. Semen Gresik

Semen Gresik merupakan salah satu macam-macam merk semen di Indonesia yang sudah cukup populer. Pasalnya, bahan bangunan satu ini memberikan kualitas dan mutu yang tertinggi hingga mampu mendirikan pondasi rumah yang tahan lama.

Terlebih lagi, semen Gresik sudah memiliki sertifikasi ISO 14001. Artinya, semen ini ramah lingkungan. Dengan harga yang cukup terjangkau per sak, kamu bisa memperoleh beragam kelebihan dan manfaat dari semen Gresik, seperti:

  • Mengandung pozzolan yang memberikan daya kuat tekan berkelanjutan.
  • Tahan terhadap sulfat dan asam karena pozzolan menjaga kandungan semen dari keduanya.
  • Tahan retak berkat pozzolan yang menjaga suhu terbebas saat reaksi semen dengan air semakin rendah.

Baca juga:

2. Semen Tiga Roda

Source : PT. Indocement Tunggal Prakarsa

Merk semen bangunan lainnya yang bisa jadi referensi Pins adalah Semen Tiga Roda. Semen Tiga Roda masuk dalam jajaran jenis semen yang telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan European Standard (EU).

Standarisasi tersebut menjadikan Semen Tiga Roda bisa dipakai dalam pembangunan berskala besar, termasuk membangun di luar negeri, lho. Tidak kalah dari kompetitornya, semen produksi PT. Indocement Tunggal Prakasa Tbk ini ramah lingkungan dan menghasilkan plester yang rapat dan halus. Alhasil, pondasi rumah pun akan kokoh.

3. Semen Merah Putih

Source : Lazada

Semen Merah Putih adalah salah satu semen berkualitas premium untuk bangunan yang lebih kuat dan tahan lama. Semen yang diproduksi PT Cemindo Gemilang ini juga sudah memiliki standarisasi Indonesia (SNI) dan Eropa.

Berkat teknologi yang canggih, semen ini akan menciptakan pondasi yang kokoh sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Jenis semen ini juga bisa Pins gunakan pada berbagai permukaan bangunan, nih.

4. Semen Holcim

Source : Shopee

Macam-macam semen di Indonesia lainnya yang bisa jadi bahan pertimbangan adalah semen Holcim. Pasalnya, tipe semen satu ini mengandung Micro Filler Particle, yaitu butiran mineral mikro halus yang bisa mengisi rongga dengan sempurna.

Teknologi tersebut menciptakan hasil akhir yang kokoh dan permukaan yang halus sehingga rumah pun akan lebih tahan lama. Pins juga tidak perlu khawatir karena Semen Holcim masuk dalam produk ramah lingkungan dengan sertifikasi Green Label dari Singapura.

Baca juga: Ini Daftar Biaya Membangun Rumah 2 Lantai yang Patut Diketahui

5. Semen Padang

Source : Siplah Raja Store

Pins tahu tidak kalau Semen Padang merupakan merk semen tertua di Indonesia? Berkat pengalamannya yang sudah sangat lama tersebut, produsen semen satu ini tentu menawarkan kualitas yang tidak main-main.

Pertama, Semen Padang sudah teruji bisa membangun bangunan menjadi lebih kokoh berkat kandungan di dalamnya yang tahan terhadap serangan sulfat. Meski kandungannya cukup berguna, semen ini juga ramah lingkungan dan mampu menghasilkan permukaan yang halus.

Hal ini mungkin dikarenakan Semen Padang diproduksi di kawasan Indarung, Sumatera Barat. Kawasan tersebut merupakan daerah yang dikenal sebagai penghasil bahan baku pembuat semen terbaik di Indonesia, lho.

6. Semen Batu Raja

Source : Semen Batu Raja

Beberapa dari Pins mungkin baru mendengar merk Semen Batu Raja. Faktanya, merk semen satu ini sangat mudah ditemukan di toko bangunan, kok.

Walau terdengar asing, Semen Batu Raja memberikan kelebihan dan kualitas yang tidak kalah jauh dari pesaingnya. Pins bisa mendapatkan hasil semen yang tidak mudah retak akibat panas hidrasi.

Terlebih lagi, cara mencampurkan semen ini tergolong praktis dan mudah. Meski begitu, bahan bangunan ini bisa menghasilkan bangunan yang kokoh karena tahan terhadap serangan sulfat dan kedap air. Bahkan, Semen Batu Raja menciptakan plesteran yang halus, lho.

7. Semen Tonasa

Source : Bukalapak

Semen Tonasa adalah produsen semen terbesar di kawasan Indonesia Timur yang sudah melalangbuana sejak 1960. Kelebihan dari semen asal kota Makassar ini tidak jauh berbeda dari pesaingnya yang mungkin lebih terkenal di ibukota.

Pertama, Semen Tonasa sudah diproduksi berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan menawarkan teknologi yang terus berkembang untuk membangun bangunan yang tahan lama. Di samping itu, Semen Tonasa dibanderol dengan harga terjangkau agar masyarakat di Indonesia semakin mudah membelinya.

Baca juga: Mau Bangun Rumah 50 Juta? Bisa Dong! Ini Kisaran Biaya dan Model Terlengkapnya

8. Semen Instan Elephant

Source : Shopee

Semen Instan Elephant juga masuk dalam jajaran macam-macam merk semen terbaik di Indonesia. Semen dengan logo gajah ini menawarkan daya rekat yang berkualitas berkat campuran formulasi yang digunakan.

Walau berkualitas tinggi dan berteknologi mutakhir, Semen Instan Elephant dihargai dengan harga terjangkau, kok. Pins bisa membeli Semen Instan Elephant dengan harga sekitar Rp55 ribu, nih.

9. Semen Jakarta

Source : Lazada

Jika Pins sedang menghemat budget pembangunan, coba deh pilih Semen Jakarta sebagai material bangunan pondasi rumah. Pasalnya, semen yang dinamai nama ibukota ini dibanderol dengan kisaran harga Rp39.000 – Rp54.000.

Kisaran harga tersebut sudah termasuk murah dengan hasil adonan yang cukup halus. Ini tentu membuat Pins tidak perlu khawatir akan keretakan pada pondasi rumah.

Bahkan, Semen Jakarta juga memberikan hasil yang cukup baik, seperti cepat kering, kokoh, dan tahan lama. Untuk jumlah pemakaian pun tidak begitu banyak. Pins bisa menghemat semen ini, terutama ketika memiliki budget yang tipis.

10. Semen Garuda

Source : Inti Sumber Bajasakti

Merk semen terbaik lainnya adalah Semen Garuda karena sudah terbukti tahan terhadap serangan sulfat dan tahan air. Selain itu, semen yang sudah mempunyai sertifikasi SNI ini bisa menciptakan permukaan yang halus dan tidak mudah retak setelah kering. Hanya dengan harga mulai dari Rp37.000 – Rp58.000, Pins bisa mendapatkan semen yang mampu membangun rumah yang kokoh dan kuat, nih.

11. Semen Conch

Source : Tokopedia

Jika sebelumnya beragam merk semen di atas cukup sering terdengar oleh masyarakat awam, tidak dengan Semen Conch. Merk semen ini memang lebih dikenal di kalangan pekerja bangunan dibandingkan orang biasa.

Ini karena Semen Conch menjadi alternatif ketika pekerja bangunan memerlukan merek semen terjangkau dalam waktu mendadak dengan jumlah yang banyak. Meski begitu, kualitas Semen Conch tidak perlu diragukan karena diklaim memiliki waktu kering yang pas.

Baca juga: Dinding Semen Ekspos atau Unfinished: Kenali 10 Kekurangan dan Kelebihannya

12. Semen Andalas

Source : SIG

Merk semen ini merupakan produk dari PT Solusi Bangun Andalas yang juga bagian dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG). Keunggulannya adalah daya rekat lebih unggul, mudah dalam pengaplikasiannya, tidak mudah retak dan hasil akhir kuat dengan permukaan lebih halus. Kegunaannya bisa untuk gedung, jembatan, power plant, block beton, pekerjaan masonry, hingga jembatan.

13. Semen Bosowa

Source : Mampu

Semen Bosowa merupakan produk dari perusahaan swasta nasional terbesar di Indonesia yakni PT Semen Bosowa Maros. Dalam memproduksi semennya menggunakan teknologi modern dan bahan baku berkualitas. Cocok untuk semua jenis konstruksi bangunan termasuk hunian tempat tinggal.

14. Semen Tonasa

Source : Tokopedia

Dalam distribusi semen Tonasa menggunakan pelabuhan khusus sehingga lebih cepat sampai ke pelanggan. Seluruh semen yang dihasilkan melalui kualifikasi teknis dan kualitas di atas Standar Nasional Indonesia (SNI). Semennya memiliki beberapa kemasan yakni zak 40 kg dan 50 kg, curah hingga jumbo bag 1 dan 2 ton.

15. Semen Dynamix

Source : Okezone

Semen Dynamix lebih ekonomis daripada merk lainnya. Daya sebarnya meluas dan adukannya pulen. Hal ini bisa terjadi karena controlling Agent Teknologi yang membuat adukan semen ini lebih pulen sehingga dapat segera dikerjakan.

Nah, itu tadi sederet macam-macam merk semen terbaik yang ada di Indonesia. Pins bisa mencoba salah satu atau lebih dari semen-semen di atas untuk mendapatkan bangunan rumah yang terbaik, baik di kantong maupun kualitas. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Daun Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download