Pinhome

Arsitektur & Desain

Kelebihan dan Kekurangan Desain Dinding Kaca yang Perlu Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 18 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Desain dinding kaca menawarkan beberapa model termasuk pintu geser, dinding eksterior, jendela besar, dan partisi ruangan kaca.  Elemen kaca dan sifatnya yang terbuka terhadap alam dapat dirancang untuk digunakan di ruangan mana pun, termasuk ruang tamu, dapur, atau bahkan kamar mandi utama.  Desain rumah dinding kaca membantu menciptakan perasaan lapang yang modern dan menarik.  Selain itu, dinding kaca membantu memberikan lebih banyak cahaya alami di dalam rumah sehingga menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Pinhome – Desain dinding kaca memberi orang lebih banyak akses ke pemandangan indah dan membantu menambahkan nuansa modern ke dalam rumah. Berikut ini Pinhome jabarkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari desain rumah dinding kaca yang perlu kamu ketahui. 

Baca Juga:

Ini Dia Keunggulan Kaca Nako untuk Jendela Rumah!

Kelebihan Desain Dinding Kaca

(colonal)

Seperti halnya dengan material pada umumnya, pemilihan material dinding kaca juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum masuk pada kekuranganya, kita ketahui dahulu kegunaan dan kelebihan dari desain dinding kaca berikut ini yuk!

Ruangan Lebih Terang

(Living4media)

Penggunaan dinding kaca untuk memisahkan ruangan memberikan efek transparansi pada ruang, sehingga menghasilkan volume keterangan cahaya yang lebih banyak dalam ruangan. Inilah mengapa dalam kondisi ruangan tertentu, beberapa titik pencahayaan memanfaatkan cahaya yang berasal dari ruangan lain.

Implementasi dinding kaca seperti ini sangat cocok untuk ruangan yang sempit dan gelap, atau juga untuk ruangan seperti dapur. Karena dapur merupakan ruang yang harus dipisahkan, tetapi juga memerlukan pencahayaan yang cukup. Karena itu, menempatkan dinding kaca untuk dapur bisa menjadi solusi.

Baca Juga:

Desain Ruang Tamu Kecil Sekali Namun Tidak Terasa Sesak

Efek Ruangan Yang Lebih Luas

(Hgtv) 

Membuat partisi ruang dengan material kaca memungkinkan kita untuk melihat ke luar. Hal tersebut menunjukkan kesinambungan dengan ruangan yang berada di sebelahnya. Desain rumah dinding kaca seperti ini menghasilkan efek ruangan menjadi lebih besar. 

Menambah Estetika

desain dinding kaca
(Gharpedia)

Dalam beberapa kondisi rumah yang cenderung berpenampilan gelap, dinding berbahan kaca bisa menjadi penyelemat. Selain itu, penambahan interior dinding kaca dalam rumah bisa menghasilkan efek modern pada interior rumah. Dinding kaca dapat membuat struktur terlihat lebih memukau, canggih dan menambah keindahan bangunan. Kaca dapat memberikan tampilan estetis yang lengkap ke seluruh struktur.

Selain manfaatnya untuk ruangan, kaca juga digunakan oleh arsitek untuk alasan estetika. Pola pada salah satu panel dinding kaca dapat menciptakan suasana yang menarik di dalam bangunan

Tahan Air dan Debu

desain dinding kaca
(Gharpedia)

Dinding kaca memiliki permukaan mengkilap dan halus, sehingga tahan debu dan dapat dibersihkan. Tidak seperti bahan lain, desain rumah dinding kaca cenderung memiliki perawatan yang mudah. Selain itu, dinding kaca merupakan salah satu material yang tahan air. Jadi, dengan kedua manfaat ini, dinding kaca lebih disukai di area yang sering terpapar debu ataupun air. Menggunakan dinding kaca memudahkan Pins untuk membersihkan dan memelihara dinding ruangan tanpa membuang banyak waktu dan energi. 

Hemat Listrik

(Modernize)

Selain manfaat kesehatan dari matahari yang masuk ke dalam ruangan, manfaat secara material juga bisa dirasakan ketika menggunakan desain rumah dinding kaca. Menggunakan desain satu ini untuk mendapatkan lebih banyak cahaya alami dalam sebuah ruangan dapat membantu kita menghemat biaya pengeluaran listrik. Hal tersebut dikarenakan, jika kamu bisa mendapatkan lebih banyak cahaya ke rumah, kamu tidak perlu menyalakan lampu sesering mungkin, sehingga membantu menghemat biaya listrik.

Baca Juga:

Tips Menghemat Listrik Agar Tidak Naik

Kekurangan Desain Dinding Kaca

desain dinding kaca
(Adorable Home)

Setelah kita ketahui manfaat desain rumah dinding kaca yang beragam, kini sebagai bahan pertimbangan kamu juga perlu ketahui kekurangannya sebagai berikut.

Desain Dinding Kaca Memakan Biaya

(Miwindows)

Walaupun menghemat dalam segi biaya listrik, kaca merupakan salah satu bahan bangunan yang tergolong lebih mahal dibandingkan dengan bahan lain yang digunakan dalam industri konstruksi. Selain itu, menggunakan dinding kaca pada bangunan juga akan menambah biaya dalam segi keamanan, seperti penambahan material penutup untuk privasi karena transparansi yang dihasilkan dari dinding kaca ini. Karena itu, penggunaan dinding kaca dalam sebuah bangunan menghasilkan total biaya yang lebih tinggi. 

Daya Tahan Tidak Maksimal

desain dinding kaca
(Gharpedia)

Meskipun kaca kuat dan tahan lama, dinding kaca bisa rapuh dalam situasi yang salah. Apalgi jika mendapat tekanan dari benturan keras atau gerakan tanah, kaca dapat pecah secara keseluruhan. Oleh karena itu, desain rumah dinding kaca harus dihindari di daerah yang rawan gempa. Saat tanah bergerak, bingkai dinding kaca bisa melengkung, memberi tekanan berlebih pada kaca dan menyebabkannya pecah.

Selain rentan pecah, dinding kaca juga rentan terhadap korosi, meskipun dalam skala yang jauh lebih lambat dan lebih kecil daripada bahan lainnya. Jika tanpa perawatan dan perhatian khusus, dinding kaca bisa mudah kusam. Hal tersebut terjadi karena adanya alkali yang secara alami terdapat pada atmosfer perlahan-lahan akan merusak kaca dalam usia tahunan.

Desain Dinding Kaca Juga Menyerap Panas

desain dinding kaca
(Archdaily)

Material kaca memiliki keunggulan transparansi dan menyerap cahaya. Karena itu, silau cahaya bisa menjadi masalah lain saat matahari bersinar secara berlebihan. Terlebih lagi, rumah dinding kaca yang dirancang dengan tidak baik sebenarnya dapat menimbulkan risiko terjadi kebakaran. Saat cahaya masuk, panas akan diperbesar oleh kaca, dan jika kaca memungkinkan panas terkonsentrasi di satu lokasi, itu bisa menjadi cukup panas untuk melelehkan plastik atau membakar kertas. Inilah mengapa sangat penting untuk menyewa arsitek berpengalaman sehingga potensi masalah ini tidak muncul.

Memang jika dalam kondisi yang kurang sesuai, penggunaan desain dinding kaca mungkin bukan pilihan tepat. Meskipun memiliki banyak kegunaan, kamu juga perlu mempertimbangkan semua kelebihan dan kekurangannya agar tidak menyesal menggunakan dinding kaca. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel