BlogPemilik PropertiDesain HunianInspirasi Desain Dinding Kaca Untuk Hunian Beserta Kekurangan dan Kelebihannya!
0
0

Inspirasi Desain Dinding Kaca Untuk Hunian Beserta Kekurangan dan Kelebihannya!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jun 25, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
desain dinding kacatop-right-banner

Salah satu desain yang populer untuk hunian adalah penggunaan dinding kaca. Desain dinding kaca ini bisa diaplikasikan menjadi beberapa model seperti pintu geser, dinding eksterior, jendela besar, hingga partisi ruangan kaca.  Elemen kaca dan sifatnya yang terbuka terhadap alam dapat dirancang untuk digunakan di ruangan mana pun, termasuk ruang tamu, dapur, atau bahkan kamar mandi utama. 

Desain dinding kaca memberi orang lebih banyak akses ke pemandangan sekitar dan membantu menambahkan nuansa modern ke dalam rumah. Melalui ulasan ini, Pins bisa mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan desain rumah dinding kaca beserta inspirasi desainnya.

Baca Juga:

Kelebihan dan Kekurangan Desain Dinding Kaca

desain dinding kaca
Source : colonal

Sebelum memutuskan untuk menggunakan konsep desain ini, Pins perlu memahami terlebih dahulu kekurangan dan kelebihannya. Pemahaman ini akan membantu kamu menentukan apakah desain ini worth it untuk diaplikasikan pada rumah.

Kelebihan

  • Ruangan mendapat pencahayaan optimal sehingga lebih terang, khususnya saat siang hari.
  • Hunian terasa lebih luas karena partisi atau sekat kaca justru membuat pandangan berkesinambungan dengan ruangan lain.
  • Material kaca pada hunian bisa menambah nilai estetika.
  • Perawatan lebih mudah karena tahan cuaca, air, dan debu.
  • Penggunaan material kaca membuat cahaya matahari masuk ke dalam ruangan sehingga lebih hemat energi.

Kekurangan

  • Desain ini butuh biaya cukup banyak sehingga Pins perlu mengalokasikan dana dengan baik agar tidak ada kekurangan di tengah jalan.
  • Pada dasarnya ketahanan material kaca bervariasi tergantung jenis dan tingkat ketebalan. Tetapi daya tahannya memang kurang maksimal dibanding material lain.
  • Material kaca menyerap panas sehingga kurang cocok untuk hunian di daerah tropis atau perkotaan padat penduduk.

10 Inspirasi Desain Dinding Kaca untuk Hunian Impian

Pins yang tertarik untuk menggunakan desain ini bisa banget mempertimbangkan beberapa inspirasi di bawah ini. Kamu bisa memilih satu atau beberapa desain untuk diaplikasikan pada hunian. Pastikan desain pilihanmu sudah sesuai dengan kondisi kelayakan bangunan ya!

1. Sekat untuk Dapur dan Ruang Makan

Source : Living4media

Penggunaan dinding kaca untuk memisahkan ruangan memberikan efek transparansi pada ruang, sehingga menghasilkan volume keterangan cahaya yang lebih banyak dalam ruangan. Inilah mengapa dalam kondisi ruangan tertentu, beberapa titik pencahayaan memanfaatkan cahaya yang berasal dari ruangan lain.

Implementasi dinding kaca seperti ini sangat cocok untuk ruangan yang sempit dan gelap. Pins bisa membuat sekat dari kaca untuk memisahkan dapur bersih dengan ruang makan. Untuk memaksimalkan efek, pilih cat dinding warna putih dan hitam untuk furnitur serta rangka sekat. Ini akan menghasilkan warna kontras yang menarik.

Baca Juga: Teralis Jendela Minimalis Untuk Pelindung Rumah

2. Pintu Geser Ke Area Luar

desain dinding kaca
Source : Hgtv

Membuat partisi ruang dengan material kaca memungkinkan Pins untuk melihat ke luar lebih leluasa. Hal tersebut menunjukkan kesinambungan dengan ruangan yang berada di sebelahnya. Contohnya, Pins bisa menggunakan pintu geser dengan material kaca untuk akses dari dalam ke kolam renang.

Tidak hanya pintu geser saja, dalam desain ini hampir seluruh dinding menggunakan material kaca sehingga hunian terlihat berkesinambungan dengan area luar. Perlu Pins ingat, jika ingin mengaplikasikan konsep ini pastikan membangun tembok atau pagar tinggi di sekeliling rumah untuk melindungi privasi.

Baca juga: 7 Model Jendela Kayu Tanpa Kaca

3. Sekat untuk Taman Vertikal

Source : MagicBricks

Pins bisa memanfaatkan dinding kaca untuk memisahkan area luar yakni taman vertikal dengan ruang tamu atau ruang santai. Dinding ini akan membuat ruangan lebih luas dan asri karena taman vertikal seperti terhubung langsung dengan ruangan.

Untuk mempermudah akses, Pins dapat memasang pintu menuju taman vertikal di sisi lainnya. Saat hujan, suasana akan terasa begitu indah dan tenang.

Baca juga: 8 Model Gorden Jendela Kecil Minimalis Untuk Percantik Ruangan

4. Dinding Kaca dengan Tirai

Source : Architecture Beast

Kamar mandi pribadi di ruang tidur jlas memudahkan kamu untuk beraktivitas dan menjaga privasi. Tetapi beberapa orang mungkin bosan dengan tampilan biasa dan ingin sesuatu yang berbeda. Alih-alih ruang tertutup untuk kamar mandi, Pins bisa membuatnya semi terbuka.

Caranya dengan menambahkan sekat atau dinding kaca di dekat bathtub. Atr letak bathtub di area paling ujung dekat tempat tidur misalnya. Tambahkan tirai di untuk menutup dinidng kaca sewaktu-waktu.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Kayu Pada Kusen, Pintu, dan Jendela

5. Dinding Kaca untuk Sekat di Kamar Mandi

Source : NoBroker

Pins juga bisa memanfaatkan dinding kaca di dalam kamar mandi. Efeknya membuat ruangan lebih luas dan estetik. Di sini, dinding kaca juga menjaga agar beberapa area kamar mandi tetap kering. Selain itu, shower dan bathtub terpisah membuat kamu dan pasangan bisa menggunakan kamar mandi tanpa perlu menunggu lamaa.

Caranya dengan membuat area khusus untuk shower. Sementara bagian wastafel, kaca, dan bathtub ada di luar sekat. Di dekat bathtub, kamu dapat memasang jendela.

Baca Juga: Desain Rumah Tropis Sederhana Terpopuler

6. Toilet dan Ruang Laundry

Source : Design Cafe

Beberapa orang suka membuat ruangan fungsional sehingga seluruh area terpakai dengan efektif. Pins bisa mencoba menggabungkan area toilet dengan laundry. Manfaatkan sekat pemisah dari kaca untuk membuat ruangan tidak terlalu sempit.

Pilih alas atau lantai dari material kayu untuk area toilet. Sementara keramik untuk area laundry. Sejajarkan kabinet dan mesin cuci agar ruangan tetap lega dan terlihat teratur.

Baca juga: Uniknya Dekorasi Dinding Dengan Piring

7. Tinted Glass untuk Walk-In Wardrobe

Source : BeSpoke Decor

Ruangan wardrobe seringkali menjadi favorit banyak orang di rumah. Kamu bisa berperan selayaknya ratu sambil mempersiapkan outfit terbaik untuk hari ini. Di luar desain konvensional, Pins dapat mempertimbangkan penggunaan dinding kaca di ruang wardrobe.

Tampilan ruang menjadi lebih estetik. Apalagi jika kamu memnggunakan tinted glass yang menampilkan pencahayaan lebih lembut dan tidak terlalu menyilaukan.

Baca juga: Tips Memasang Wallpaper Dinding Rumah Agar Menarik

8. Teras dengan Dinding Kaca

Source : Glassonweb

Pins bisa membuat teras di belakang atau samping rumah dengan tampilan berbeda. Gunakan atap dan dinding kaca untuk menampilkan suasana outdoor tetapi indoor. Saat cuaca cerah maupun hujan, penghuni rumah tetap bisa beraktivitas atau bersantai di teras karena material kaca yang dipasang.

Kombinasikan dengan lantai kayu agar lebih serasi dengan meja dan kursi di teras. Dinding kaca ini juga memudahkan pengawasan ketika anak-anak bermain di luar rumah.

Baca juga: 6 Model Dinding Teras Batu Alam Agar Terasa Lebih Menyegarkan

9. Sekat Kaca dengan Pola untuk Ruang Baca

Source : Pilkington

Sekat atau dinding kaca punya banyak jenis. Salah satunya adalah pattern glass. Material ini menawarkan tampilan estetik sekaligus menjaga privasi penghuni ruangan.

Pins bisa memasang kaca ini sebagai sekat dengan membiarkan area separuhnya terbuka ataupun mengaplikasikan pattern glass secara keseluruhan untuk memisahkan ruangan.

Baca juga: 3 Cara Membuat Garis Tembok Dengan Mudah dan Rapih

10. Dinding Kaca untuk Kamar Tidur dengan Balkon

Source : Design Cafe

Buat kamar tidur lebih indah dan nyaman dengan dinding beserta pintu kaca. Desain ini cocok untuk kamar yang memiliki balkon. Letakkan tanaman hidup di area balkon untuk membuat suasana lebih hidup.

Kamu juga bisa meletakkan kursi dan meja untuk bersantai di area balkon jika memungkinkan.

Dari 10 desain dinding kaca untuk hunian di atas, semoga Pins mendapatkan inspirasi. Pastikan untuk menimbang antara kelebihan dan kekurangan penggunaan desain ini sebelum kamu mengaplikasikannya, mengingat biaya konstruksi untuk material kaca lumayan pricey ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami The Capital Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download