BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Desain Balkon di Atas Carport yang Bagus
0
0

7 Desain Balkon di Atas Carport yang Bagus

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Sep 9, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Balkon adalah istilah yang digunakan untuk mengarah kepada area di lantai atas bangunan bertingkat. Hal ini biasanya ditemukan pada bangunan seperti rumah tapak, hotel, gedung perkantoran, dan apartemen. Khusus untuk bangunan residensial seperti rumah tapak, balkon biasanya dimanfaatkan sebagai area bersantai keluarga. Pada artikel kali ini, Pinhome akan memberikan beberapa desain balkon di atas carport yang bagus.

Akan tetapi, saat ini banyak juga yang menggunakan balkon sebagai tempat untuk bercocok tanam atau menyalurkan hobi dari si pemilik rumah. Balkon biasa diletakkan pada area depan, di atas garasi atau carport. Peletakkan balkon di atas carport mempunyai beberapa keuntungan, salah satunya yaitu memaksimalkan tata ruang pada rumah dengan luas yang terbatas.

Tidak hanya itu, Kamu juga tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk mebuat atap kanopi. Karena, balkon yang berada di atas carport sudah otomatis akan berguna sebagai atap dari garasi tersebut.

 Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Desain Balkon di Atas Carport yang Bagus

Balkon di atas garasi sudah sering digunakan pada rumah-rumah bertingkat di Indonesia. Bahkan, desain dan modelnya pun terbilang cukup beragam. Berikut beberapa desain balkon di atas carport yang bagus.

1. Balkon Kecil dengan Pagar Kaca

Source : Planner 5D

Jika Kamu mempunyai garasi yang muat untuk dua mobil, cukup gunakan setengah areanya untuk membangun balkon yang satu ini. Kamu dapat memilih area paling ujung agar jarak pandang Kamu nantinya akan lebih leluasa pada saat Kamu bersantai di area tersebut.

Tambahkan pagar dari kaca mengelilingi balkon untuk memberikan keamanan lebih kepada penghuni ketika beraktivitas di area ini. Kamu juga dapat melindungi balkon dengan atap datar yang dibangun memanjang atau sedikit menjorok dari dinding rumah.

2. Desain Balkon Memanjang di Atas Garasi Rumah

Source : Hgtv

Jika Kamu memiliki lahan rumah yang cukup luas, Kamu dapat memanfaatkan lahan tersebut dengan membangun balkon memanjang seperti contoh di atas. Kamu dapat menggunakan dak kayu sebagai atap dari garasi agar pondasinya lebih kuat untuk Kamu merubahnya menjadi balkon.

Kamu juga dapat menaruh kursi santai di salah satu sudutnya untuk meningkatkan kenyaman pada saat Kamu bersantai di area ini. Dengan balkon yang berukuran luas dan memanjang, Kamu dapat memanfaatkan area luas tersebut sesuai yang Kamu inginkan.

3. Desain Klasik di Sudut Depan Rumah

Desain balkon diatas garasi berikutnya sangat cocok untuk digunakan di rumah minimalis tipe 36. Kamu dapat menggunakan konsep klasik di sudut rumahnya. Pemilihan tema klasik akan memberikan kesan yang berbeda dan sangat unik serta elegan, dengan unsur kayu dan pagar berstektur dengan warna hitam elegan. Adapun, penambahan kesan hijau yang mencerahkan akan membuat suasana menyatu dengan alam.

4. Desain Balkon Mini di Rumah Masa Kini

Untuk membangun balkon di atas garasi, sebenarnya Kamu tidak perlu menggunakan seluruh bagian atap dari garasi. Karena, balkon bukanlah area yang akan selalu Kamu gunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Kamu cukup menyediakan lahan terbuka selebar setengah meter seperti contoh desain diatas untuk balkon. Kamu juga dapat memberikan pengaman berupa teralis. Dengan tambahan hias merambat pada bagian teralisnya akan memberikan kesan yang lebih sejuk dan asri juga.

5. Balkon Di Atas Garasi Pada Rumah Modern

Source : Kern Haus

Luas lahan yang terbatas bukanlah alasan untuk mengurungkan niat Kamu untuk membangun balkon rumah. Kamu dapat memperluas rumah secara vertikal, kemudian Kamu dapat menggunakan ruang kosong di atas garasi.

Bangun area ini dengan pengaman seperti railing kaca agar memberikan tampilan yang lebih estetik pada eksterior rumah Kamu. Kemudia, Kamu juga dapat memasang atap kayu di atasnya agar area bawah terlindung dari hujan ataupun cuaca yang panas.

6. Model Balkon di Atas Garasi untuk Rumah Tumbuh

Jika rumah Kamu mengedepankan konsep rumah tumbuh, menggunakan desain balkon di atas garasi terbuka yang satu ini adalah ide yang sangat cemerlang. Area balkon juga akan mempunyai tampilan yang menari, walaupun ukurannya yang tidak terlalu luas.

Kamu juga dapat memasang vinyl kayu pada bagian lantainnya, dan pagar besi berwarna netral untuk pagar pembatasnya agar lebih aman. Perpaduan elemen dekorasi besi dan kayu sangatlah ampuh untuk memberikan tampilan yang menarik pada rumah Kamu.

7. Desain Balkon di Atas Garasi dengan Konsep Tropis Hijau

Source : Bhg

Balkon diatas garasi berikutnya dapat Kamu gunakan dengan konsep suasana tropis hijau yang menarik. Pemilihan rumput sintetis dengan kombinasi kayu akan menambahkan suasana yang minimalis serta elegan dari berbagai sudut. Kamu juga dapat mengaplikasikan sudut balkon ini sebagai ruang terbuka, sekaligus tempat bersantai di rumah bersama keluarga.

Itu dia beberapa desain balkon di atas garasi yang bisa Kamu jadikan sebagai inspirasi di rumah Kamu. Membuat balkon mempunyai beberapa manfaat juga untuk rumah Kamu. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download