BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Model Ventilasi Rumah dari Kayu
0
0

10 Inspirasi Model Ventilasi Rumah dari Kayu

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 7, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
moddel ventilasi kayutop-right-banner

Ventilasi udara adalah bagian dari bangunan yang berfungsi sebagai saluran pengaliran udara. Bagian ventilasi punya banyak model, salah satunya model ventilasi kayu yang biasa dipasang di atas pintu atau jendela. 

Ventilasi menjadi salah satu unsur penting jika kamu ingin beli rumah second di Jakarta Timur. Hal yang sama juga perlu jadi pertimbangan untuk membeli rumah di Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence untuk memastikan rumah punya sirkulasi udara yang bagus. Sedangkan kamu yang punya rumah tidak ditempati bisa titip jual rumah di Pinhome.

Aliran udara yang melalui ventilasi dapat dari dalam bangunan menuju ke luar bangunan maupun sebaliknya. Keberadaan ventilasi udara memungkinkan terjadinya pertukaran udara di dalam dan di luar bangunan secara terus-menerus.

Baca juga: 8 Model Ventilasi Rumah, Bikin Udara Lebih Segar

Model Ventilasi Kayu

Ventilasi rumah dari kayu bisa memberikan sentuhan alami dan estetika yang menarik pada desain rumah kamu. Berikut adalah 10 inspirasi model ventilasi rumah dari kayu yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Ventilasi Kayu Louvre

model ventilasi kayu
Pinterest

Jendela kayu dengan louver atau jendela dan model pintu geser yang dapat dibuka dan ditutup untuk mengatur aliran udara dan cahaya masuk ke dalam rumah. Model ventilasi kayu ini memungkinkan udara keluar masuk dengan mencegah elemen lain untuk masuk seperti air atau kotoran. 

Keunggulan lainnya dari louver adalah mampu menahan angin kencang saat cuaca ekstrim. Selain itu privasi tetap terjaga karena celah jendela dapat diatur dibuka tutup sesuai kebutuhan. Modelnya unik sehingga menambah kesan eksklusif pada interior rumah tersebut.

Baca juga: 10+ Model Kusen Pintu dan Jendela Minimalis untuk Hunian Simpel

2. Ventilasi Atap Kayu

model ventilasi kayu
Pinterest

Umumnya ventilasi diletakkan di atas pintu atau jendela rumah. Namun ada pula ventilasi yang dibuat di bagian atap rumah seperti pada gambar. Model ventilasi tersebut memungkinkan udara untuk masuk sehingga ruangan terasa lebih segar. 

Model ventilasi atap mampu mengurangi resiko pertumbuhan jamur yang tidak sehat bagi penghuni rumah. Udara yang masuk ke dalam ruangan juga lebih merata karena dialiri dari setiap sudut atap. Ventilasi seperti ini juga cocok sekali bagi rumah yang memiliki model loteng minimalis.

3. Ventilasi Jendela

model ventilasi kayu
Pinterest

Model ini menggabungkan dua fungsi sekaligus yaitu ventilasi dan jendela. Pertama kamu bisa membuka dan menutup daunnya sebagai jendela. Kedua, ketika posisi tertutup kamu tidak perlu khawatir karena udara akan tetap masuk dan keluar lantaran ia juga berfungsi sebagai ventilasi. 

Manfaat lainnya dari ventilasi jendela adalah memungkinkan sinar cahaya matahari tetap masuk meskipun jendela tidak dibuka seluruhnya. Dengan begitu ruanganpun tetap terasa terang meskipun lampu ruangan tidak dinyalakan. Model ini sangat direkomendasikan untuk hunian dua lantai.

4. Ventilasi Minimalis

model ventilasi kayu
Pinterest

Kamu yang punya rumah minimalis tentu akan membuat setiap bagian rumah juga bergaya minimalis. Maka model ventilasi kayu klasik yang minimalis ini akan cocok. Model ventilasi ini disebut klasik karena terletak di atas jendela.

Bukaan ventilasi tersebut biasanya tanpa ada sekat agar udara bisa masuk. Selain itu juga mampu meningkatkan pencahayaan dalam rumah karena sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah tanpa sekat.

5. Ventilasi Buka Tutup

model ventilasi kayu
Pinterest

Model ventilasi kayu berikutnya hampir mirip dengan ventilasi minimalis di atas. Bedanya, ventilasi ini diletakkan di atas pintu dengan terdapat engsel sehingga ia bisa dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan. 

Penggunaan kaca yang digunakan biasanya berupa frosted glass dimana satu sisi luar dibuat buram sementara bagian kaca yang ada di dalam ruangan tetap bisa melihat area luar dengan jelas. Tujuannya agar menjaga privasi penghuni dari orang luar. Selain frosted glass terdapat pula tinted glass yakni jenis kaca buran di dua sisinya.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Lantai Kekinian

6. Ventilasi Ukiran

model ventilasi kayu
Pinterest

Kamu yang suka ukir-ukiran dan seni tentu menyukai mode ventilasi kayu berikut ini. Model ini bisa kamu pasang di atas pintu atau jendela dengan ukuran sesuai yang akan menambah kesan klasik di rumah. 

Udara bisa masuk dari celah ukiran yang dibuat dan biasanya dipasang di atas jendela, pintu maupun celah yang dimanfaatkan untuk ventilasi. Kepingan roaster kayu di atas membuat rumah terlihat lebih estetik dan kebanyakan menggunakan kayu jati yang terkenal kuat serta memiliki warna kayu alami yang cantik.

7. Ventilasi Veranda

model ventilasi kayu
Pinterest

Model berikutnya cocok untuk dipasang pada bagian pintu yang menghubungkan rumah dengan taman atau teras. Kamu bisa memasang ventilasi dari kayu pada bagian luar pintu.

Ketika pintu dibuka, udara akan masuk dengan bebas namun di sisi lain juga akan menghadang elemen lain untuk masuk ke dalam rumah. Model ventilasi ini sering pula ditemukan pada desain rumah Jepang yang sederhana namun tetap ikonik.

8. Ventilasi Bulat

model ventilasi kayu
Pinterest

Model ventilasi berikutnya berbentuk bulat. Biasanya model ini dipasang di bagian segitiga atap rumah dengan ada dua buah sehingga menyerupai mata. Selain itu, model ini juga cocok dipasang di kamar dengan opsi yang bisa dibuka maupun ditutup.

9. Ventilasi Setengah Lingkaran

model ventilasi kayu
Pinterest

Model ventilasi kayu berikutnya berbentuk setengah lingkaran. Ventilasi kayu model ini akan menambah kesan klasik dan mewah jika diberi sentuhan warna cream dan disesuaikan dengan warna pintu dan dinding. 

10. Ventilasi Atap

model ventilasi kayu
Pinterest

Model ventilasi kayu ini cocok dipasang pada desain rumah 1 setengah lantai, dan dipasang pada bagian atap. Ventilasi kayu dengan model ini akan menawarkan estetika dan fungsi yang optimal sehingga lantai atas akan tetap segar. 

Itulah 10 inspirasi model ventilasi kayu yang bisa kamu terapkan. Pastikan untuk mempertimbangkan ukuran, bentuk, dan lokasi ventilasi kayu agar sesuai dengan desain rumah dan kebutuhan sirkulasi udara. 

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Dewe Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download