BlogPemilik PropertiDesain Hunian16 Trik Menciptakan Ruang Tamu Vintage Sederhana
0
0

16 Trik Menciptakan Ruang Tamu Vintage Sederhana

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta

Mar 31, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
ruang-tamu-vintagetop-right-banner

Salah satu area penting di rumah yang sering dilihat orang adalah ruang tamu. Ya, ruangan yang satu ini memang menjadi tempat menjamu tamu saat datang berkunjung ke rumah. Namun terkadang ruang tamu dibuat dengan desain yang biasa karena memaksimalkan fungsi. Padahal ruang tamu dapat didesain semenarik mungkin dengan tetap memaksimalkan fungsinya lho! Salah satu desain yang cantik meski klasik adalah ruang tamu vintage sederhana. 

Pinhome – Gaya yang satu ini memang sangat populer di masa-masa orang tua kita. Namun jangan salah ya! Karena tema vintage akan selalu menarik jika penataannya tepat. Jika Pins tertarik, yuk simak 8 trik menciptakan ruang tamu vintage sederhana untuk di rumah!

Ciri Khas Desain Ruangan Vintage

(Pinterest)

Meski berikut ini Pins akan mendapatkan trik membuat ruang tamu vintage sederhana, namun simak dulu yuk apa saja yang menjadi ciri khas desain ruangan vintage supaya kamu lebih memahaminya. Adapun ciri khas yang pertama adalah penggunaan furnitur jadul yang akan mendukung kesan vintage pada ruangan. 

Pins bisa menggunakan kursi kayu jadul atau meja kayu yang memiliki gaya vintage. Tidak hanya itu, Pins juga bisa menambahkan dekorasi antik seperti tempat lilin yang jadul atau bingkai-bingkai foto bergaya lama.

Pada desain vintage, biasanya juga dihiasi dengan berbagai motif seperti floral, polkadot, garis-garis dan motif lainnya. Pins bisa mengaplikasikan motif-motif ini pada gorden ataupun dinding sehingga membuat ruang tamu semakin terasa bergaya vintage. Jangan lupa untuk menggunakan warna-warna yang netral atau sesuai dengan konsep ruangan agar desain interior dengan dekorasi lebih menyatu.

Baca juga: Desain Ruang Tamu Natural Terpopuler Dan Kekinian

Gunakan Gorden Bermotif Floral

(Pinterest)

Salah satu ciri khas gaya vintage adalah motif floral yang sangat populer. Pins bisa menggunakan gorden bermotif floral untuk membuat gaya vintage semakin kental pada ruang tamu di rumah. Gunakan gorden dengan warna dasar yang netral seperti putih, krem atau coklat agar lebih mudah menyatu dengan konsep interior kamu. 

Gunakan Meja Kopi Bekas sebagai Meja di Ruang Tamu

(Pinterest)

Umumnya di ruang tamu terdapat meja yang digunakan untuk menjamu tamu dengan berbagai hidangan serta minuman. Nah, kamu bisa menggunakan meja kopi bekas sebagai meja utama di ruang tamu yang akan membuat ruang tamu di rumah semakin terasa bergaya vintage. Gunakan taplak meja renda yang akan menambah kesan vintage pada meja utama di ruang tamu. Taplak meja ini akan menambahkan kesan vintage pada ruang tamu kamu.

Pemilihan Sofa yang Tepat

(Pinterest)

Trik selanjutnya untuk membuat ruang tamu vintage sederhana adalah dengan pemilihan sofa yang tepat. Guna membuat kesan vintage semakin kental, kamu bisa menggunakan sofa bergaya shabby chic ataupun kursi berbahan rotan. Pilihlah sofa atau kursi yang memiliki warna sesuai dengan konsep ruangan agar lebih menyatu. Pins juga bisa menambahkan bantal sofa agar tamu dapat duduk dengan nyaman saat berkunjung.

Baca juga: 16 Contoh Lemari Hias Ruang Tamu

Gunakan Sarung Bantal Sofa yang Tepat

(Pinterest)

Demi menambah kesan vintage pada ruang tamu, Pins bisa menggunakan sarung bantal yang tepat. Beberapa sarung bantal sofa yang bisa menjadi pilihan kamu adalah sarung bantal yang terbuat dari kain perca dan sarung bantal dengan motif floral. Pins juga bisa menggunakan sarung bantal sofa motif yang berbeda-beda supaya kesan vintage semakin terasa.

Baca juga: Tips Desain Ruang Tamu Agar Nyaman Mengesankan

Dekorasi Vintage

(Pinterest)

Dekorasi sangat penting untuk mempercantik penampilan ruang tamu vintage kamu. Pins bisa menambahkan beberapa dekorasi seperti bingkai foto, vas bunga, taplak meja renda dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menggunakan karpet dengan motif floral ataupun polos yang akan menambah kesan cozy pada ruang tamu di rumah.

Pemilihan Furniture Berbahan Kayu

(Pinterest)

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membuat ruang tamu vintage sederhana adalah dengan memilih furniture berbahan kayu. Pins bisa menggunakan berbagai furniture berbahan kayu agar kesan vintage semakin terasa pada ruang tamu. Adapun pilihan furniture berbahan kayu yang bisa kamu coba adalah kursi tamu, meja tamu, lantai kayu hingga bufet pada ruang tamu yang akan menambah kesan vintage.

Baca juga: 7 Tips Menata Ruang Tamu Pintu Tengah Agar Proposional

Lampu Utama Bergaya Vintage

(Pinterest)

Lampu utama pada ruang tamu juga akan memberi kontribusi kesan vintage jika dipilih dengan tepat. Umumnya lampu bergaya vintage ini berukuran besar dengan material kaca yang indah. Pins bisa meletakkannya pada plafon tepat di tengah-tengah ruangan agar menjadi center dari ruang tamu.

Warna Dinding

(Pinterest)

Warna dinding sangat berpengaruh terhadap ruang tamu bergaya vintage milik kamu. Karena jika warna dinding sangat jauh dari warna-warna bergaya vintage, yang ada konsep ruang tamu dengan warna dinding justru tidak menyatu dengan baik. Pins bisa menggunakan warna-warna soft seperti krem, coklat, putih atau bahkan motif dinding seperti garis-garis vertikal dan floral yang akan menambah kesan vintage pada ruang tamu.

Menggunakan Permainan Pola

Source : Pinterest

Hal yang paling sering dibahas ketika berbicara mengenai ruangan vintage yaitu adalah permainan pola. Seringkali banyak pola yang dipakai mengacu pada pola kulit hewan atau geometris. Cermat dalam memilih pola-pola yang saling komplimenter akan membuat ruangan terasa lebih hidup dan cerita tanpa terkesan berlebihan atau norak.

Tanaman Sebagai Hiasan

Source : The Navage Patch

Merasa ada yang kurang dalam dekorasi ruangan vintage kamu? Mungkin kamu bisa melengkapinya dengan tanaman dalam pot, Tanaman akan membuat ruangan terasa hijau, segar, dan asri.

Ubin Terakota

Source : The Spruce

Ubin terakota seringkali digunakan dalam mendekorasi ruangan bergaya vintage. Pasalnya, ubin ini memiliki pori-pori serta nyaman untuk dipijak.

Baca juga: 15 Hiasan Ruang Tamu Minimalis yang Simpel

Lantai Parkit

Source : Broadleaf Timber

Lantai parkit dapat memberikan kesan natural dan vintage pada rumah. Beberapa jenis parket yang dapat kamu pilih antata lain seperti parket kayu jati, merbau, atau sonokeling. Parket memiliki lapisan yang dapat melindungi dari kondisi luar untuk menjaga ketahanan dan kualitasnya.

Menggunakan Plafon Ekspos

Source : Pinterest

Tahukah kamu, dengan menerapkan gaya plafon ekspos, akan membuat ilusi seakan ruangan kamu lebih tinggi. Akan tetapi, perlu diperhatikan saat pemasangan plafon bahwa kayu yang digunakan memiliki kualitas terbaik. Warna coklat dari kayu akan memberi kesan sederhana yang hangat pada ruangan.

Dekorasi DIY

Source : Pexels

Hiasan dalam ruangan bertema vintage tidak harus mahal. Banyak barang sehari-hari yang dapat kamu daur ulang atau upcycle menjadi hiasan yang menarik. Seperti buku tua yang tidak terpakai, sepeda kuno, atau barang-barang antik lainnya.

Menggunakan Dekorasi Bergaya Lengkung

Source : Pinterest

Furnitur dan dekorasi yang memiliki bentuk lengkung memberikan nuansa ruangan yang halus dan manis. Hal ini dapat diterapkan pada sofa, tempat perapian, atau bahkan dekorasi ruang berbentuk lengkungan.

Itulah 16 trik membuat ruang tamu vintage sederhana yang bisa kamu aplikasikan sendiri di rumah. Semoga dengan informasi di atas memudahkan kamu dalam membuat ruang tamu vintage yang keren. Pastikan kamu telah menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan serta memilih warna-warna barang yang sesuai agar lebih menyatu saat penataan ruang tamu. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 20 Ide Sulap Teras Jadi Ruang Tamu Mini


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download