BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Ciri Desain Rumah Hemat Energi
0
0

9 Ciri Desain Rumah Hemat Energi

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 2, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kini desain rumah hemat energi semakin digemari karena mampu menghemat biaya bulanan. Misalnya saja dalam pemakaian listrik untuk lampu bisa dihemat dengan dukungan sirkulasi udara berupa jendela kaca besar.

Cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan dengan maksimal sehingga ruangan tidak terasa gelap. Selain itu desain rumah hemat energi juga memiliki beberapa ciri yang bisa diidentifikasi sebagai berikut:

Lokasi Strategis

desain rumah hemat energi dengan halaman hijau yang luas
Source : Pexels

Sebelum membangun rumah impian patut perhatikan lokasi dimana rumah akan dibangun. Lokasi yang strategis tentu akan mempengaruhi nilai dari properti tersebut.

Lokasi rumah ramah lingkungan sebaiknya tidak dekat dengan daerah resapan air dan pembuangan sampah. Alasannya karena mampu mengganggu siklus daur air sehingga rentan terkena bencana alam seperti banjir.

Desain rumah hemat energi memperhatikan tata guna lahan yang memang diprioritaskan sebagai lahan hunian. Lokasi yang dianggap efisien di antaranya adalah dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, pusat perbelanjaan hingga perkantoran.

Baca juga:

Fasad Dua Lapis

desain rumah hemat energi di musim dingin
Source : Pexels

Fasad merupakan tampilan luar rumah yang mempengaruhi suhu dalam hunian. Apabila hunian menghadap langsung ke arah barat atau timur maka perlu panel tambahan.

Penggunaan panel ini sebagai lapisan penahan sinar matahari pertama bagi ruang makan yang diposisikan di sisi barat. Kemiringan panel akan disesuaikan dari mana arah masuknya cahaya.

Fasad dua lapis berguna sebagai penahan panas serta aksentuasi rumah agar menarik dari luar maupun interiornya. Hunianmu jadi lebih cantik dari segi arsitektur namun tetap multifungsi.

Baca juga:

Langit-Langit Tinggi

desain rumah hemat energi dengan langit tinggi
Source : Shutterstock

Ciri desain rumah hemat energi selanjutnya adalah langit-langit tinggi. Semakin tinggi plafon maka semakin dingin pula ruangan tersebut.

Dengan begitu Pins bisa menghemat penggunaan AC karena ventilasi sudah bekerja dengan baik. Plafon yang tinggi mampu membuat ruangan tampak lebih lapang dan luas. Langit yang tinggi juga membantu cahaya masuk ke dalam rumah dengan maksimal.

Sinar matahari yang masuk ke rumah membuat hunian semakin homey. Selain itu Pins bisa leluasa berkreasi pada dinding dan ruangan. Misalnya saja penggunaan lampu gantung, kipas angin maupun lukisan serta rak dinding.

Panel Surya

desain rumah hemat energi dengan atap panel surya
Source : Shutterstock

Panel surya merupakan alat yang bisa mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Panel surya dipasang di atap rumah sehingga tidak memakan ruang maupun lahan. 

Pemasangan panel pada atap mudah dikontrol sebab dekat dengan baterai. Jaminan keamanannya bisa diadu serta menurut peneliti bisa menurunkan panas pada atap sampai 38 %.

Panel ini dapat pula digunakan untuk melindungi atap dari resiko kebocoran. Tampilan panel di atap membuat eksteriornya terlihat futuristik.

Material Lantai & Dinding

desain rumah hemat energi dengan jendela besar
Source : Shutterstock

Material dinding rumah umumnya terbuat dari bahan batu bata. Alasannya karena bahan ini memiliki beberapa keunggulan di antaranya adalah:

  • Mampu melindungi bangunan lebih lama dari api karena tahan panas
  • Membuat suhu di dalam rumah lebih sejuk tanpa kecuali saat musim kemarau
  • Harga batu bata cukup terjangkau

Sementara material lantai bisa menggunakan keramik, batu alam maupun kayu. Bahan tersebut mengesankan hunian lebih hangat dan sejuk.

Lantai kayu sangat diminati karena kekuatan dan coraknya yang tidak biasa. Bahan lantai dari batu alam terkesan mewah dan elegan. Selain itu anti lumut serta tak mudah berjamur.

Baca juga: 7 Kesalahan Membeli Furniture Minimalis Rumah Pertama yang Harus Dihindari

Area Hijau

desain rumah hemat energi dengan panel surya di tengah halaman
Source : Shutterstock

Desain rumah hemat energi umumnya disertai area hijau. Area ini bisa berupa halaman maupun ruang hijau dalam hunian.

Jika lahan yang tersisa tidak begitu luas bisa memanfaatkan balkon maupun rooftop. Taman bisa dibuat secara vertikal dengan metode hidroponik.

Keberadaan ruang terbuka hijau akan memenuhi standar rumah ramah lingkungan. Ketersediaan lahan untuk area hijau minimal 30 % dari keseluruhan luas lahan.

Kehadiran area hijau ini mampu menghasilkan oksigen. Lahan bisa pula difungsikan sebagai camping ground apabila cukup luas. Taman ini berfungsi pula sebagai area resapan air. 

Jendela Besar

desain rumah hemat energi dengan jendela lebar
Source : Shutterstock

Fungsi jendela yang besar akan mempermudah sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Cahaya dalam ruangan akan menghadirkan suasana lebih cerah. 

Pins bisa menghemat listrik karena tidak perlu banyak menggunakan lampu pada sebuah ruangan. Dalam satu hunian minimal ada satu jendela besar setidaknya di salah satu sudut rumah.

Selain itu jendela besar mampu mengatur pergantian udara lebih baik. Dari ukuran jendela maka perluasan secara visual dapat dimaksimalkan. 

Lampu Hemat Energi

desain rumah hemat energi dengan memasang lampu LED
Source : Shutterstock

Lampu LED merupakan lampu hemat energi jika dibandingkan dengan lampu halogen biasa. Lampu LED dirancang bebas merkuri sehingga lebih tahan lama. Rata-rata lampu jenis ini bisa bertahan hidup selama 25.000 jam.

Lampu ini mampu menghemat energi hingga 80 % dibandingkan lampu pijar. Efek cahayanya putih hangat dan bisa diredupkan sesuai kebutuhan. Desainnya beragam sehingga cocok untuk interior rumah minimalis hingga mewah.

Lampu LED selain hemat energi juga tidak memancarkan radiasi UV. Ini artinya lampu seperti ini aman digunakan khususnya dalam hal kesehatan.

Baca juga:

Cat Dinding Cerah

desain rumah hemat energi
Source : Shutterstock

Tujuan utama memakai cat dinding berwarna cerah untuk memaksimalkan pencahayaan dalam ruangan. Pemilihan warna dinding bisa membuat nuansa ruangan lebih nyaman.

Warna dinding juga membantu memperbaiki suasana mood yang kurang baik. Pemilihan warna dinding dipengaruhi pula dengan furniture yang digunakan.

Warna cerah memberikan kesan lebih hidup. Di antaranya adalah warna kuning, biru, jingga dan lainnya. Warna cerah ini mampu menarik perhatian dan memberikan kesan positif bagi penghuni.

Desain rumah hemat energi bisa memaksimalkan pencahayaan dalam ruangan. Selain itu membantu penghuni dalam menggunakan sumber energi lebih proposional. 

Baca juga: 10 Cara Cepat Jual Rumah Agar Cepat Laku!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Shutterstock

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download