BlogPemilik PropertiDesain HunianPlus Minus Pemakaian Atap Beton Untuk Hunian
0
0

Plus Minus Pemakaian Atap Beton Untuk Hunian

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Atap beton sering digunakan pada hunian modern. Ciri dari atap ini adalah datar dengan dak beton. Tampilan fasad rumah seperti hunian berbentuk kotak bila dilihat dari luar.

Dak beton merupakan pembatas satu lantai dengan lantai lainnya. Walaupun disebut sebagai dak beton namun penyusunnya juga memakai material lain. Misalnya saja penggunaan kayu dan tanah liat yang nantinya dicor.

Struktur Atap Dak Beton

fasad rumah dengan atap beton
Pexels

Bahan untuk membangun struktur atap dak beton utamanya adalah cor semen. Keunggulannya adalah struktur lebih kokoh dan mampu menahan beban berat. Struktur atap dak beton dikatakan baik jika memenuhi kriteria sebagai berikut : 

  • Dimensi dan jumlah besi tulangan pas agar solid dan kuat dalam menahan beban. Pengerjaannya halus dan merata agar menjaga estetika rumah secara menyeluruh
  • Ketebalan dak cukup yakni bila digunakan hanya sebagai atap maka berkisar 8 cm. Sementara bila memakai atap beton juga sebagai rooftop ketebalannya mencapai 12 cm.
  • Komposisi adukan semen cor yang homogen akan membuat struktur atap dak beton lebih kuat. Adukan tidak memiliki butiran yang terpisah. Gunakan kain basah untuk menghindari pengerasan sebelum waktunya
  • Pengecoran dak beton dilakukan di malam hari agar sinar matahari tidak mengenai atap secara ekstrim.

Baca juga: 8 Model Atap Pelana Modern & Plus Minusnya

Kelebihan & Kekurangan Atap Beton

Atap beton memiliki kelebihan dan kelemahan yang perlu Pins ketahui sebelum memutuskan membangun hunian. Adapun plus minusnya dari segi biaya maupun sirkulasi udara bisa disimak disini!

Multifungsi

atap beton untuk taman dan rooftop
Pexels

Dak beton sangat multifungsi selain sebagai atap juga bisa digunakan untuk rooftop. Area ini bisa digunakan untuk menjemur pakaian maupun bersantai bersama keluarga.

Rooftop bisa pula difungsikan sebagai ruang terbuka hijau. Tempatkan pot-pot kecil di atas atap serta tambahkan kursi dan meja lipat. Pins dapat bersantai menikmati keindahan langit di malam hari di area ini.

Kuat

Daya tahan beton lebih kuat daripada genteng. Ketika terkena benturan atap tidak mudah rusak. Berbeda dengan atap genting yang mudah hancur ketika terkena lemparan batu.

Dak beton memiliki pori-pori yang rapat sehingga nyaman dipijak. Selain itu dak beton tahan akan berbagai cuaca baik terpaan angin maupun hujan. 

Pins tidak perlu khawatir berlindung dibawah atapnya. Ketahanannya mampu bertahan hingga puluhan tahun.

Perawatan Mudah

wanita berdiri diatas atap beton membawa sapu
Pexels

Perawatan atap tidak sulit dibandingkan dengan atap genteng. Pembangunan atap genteng dibuat miring sehingga saat membersihkannya perlu keseimbangan. 

Sedangkan dak beton memiliki permukaan yang datar. Jika ada sampah yang tertinggal mudah untuk dibersihkan. Biasanya Pins hanya perlu menyapu kotoran yang tertinggal di atap dengan sapu.

Bagian permukaan memakai cat anti bocor agar air hujan tidak merembes ke dinding. Selain itu atap bisa disiram air untuk menghilangkan noda membandel yang melekat.

Efisien & Ekonomis

Pengerjaan finishing mudah karena cukup dilapisi dengan cat. Pins menambahkan plafon gypsum agar estetik. Banyak orang mengatakan pembangunan dak beton cenderung mahal.

Bila melihat kedepan dak beton memerlukan biaya besar saat awal-awal saja. Jika Pins ingin menambah lantai di atasnya tidak membutuhkan dana besar. Alasannya karena Pins tidak harus membongkar atap secara keseluruhan.

Desain Kekinian

Dak beton cocok untuk semua jenis desain hunian kekinian. Mulai dari kontemporer, modern hingga berkonsep hunian ramah lingkungan. Fasad rumah unik dan berbeda dengan hunian lainnya.

Tak heran model dak ini semakin banyak peminatnya. Fasad dari luar terlihat seperti permainan jenga. Hunian ini cenderung memiliki langit-langit yang tinggi sehingga ruangan terasa lapang. 

Baca juga:

Menghalau Panas & Api

Keunggulan lainnya adalah mampu menghalau panas. Apalagi atap yang dicat dengan warna cerah seperti putih bisa memantulkan sinar matahari dengan baik. Rumah memiliki ruangan yang sejuk walaupun cuaca sedang panas terik.

Kelebihan dari dari struktur atap dak beton adalah tidak mudah terbakar. Apabila memakai atap genteng umumnya memakai rangka kayu yang mudah terbakar. Alhasil jika terjadi kebakaran akan mudah menyebar ke ruangan lain.

Rawan Tergenang Air

wanita berjalan di atap beton
Pexels

Walaupun menawarkan banyak keunggulan namun dak beton memiliki kekurangan. Permukaannya yang datar membuat dak rentan tergenang air. Berbeda bila memakai atap genteng yang miring.

Air hujan akan langsung turun ke bawah atap. Sementara dak beton membutuhkan saluran air melalui pipa sehingga genangan air bisa langsung turun ke bawah.

Memerlukan Tenaga Ahli

Dalam pembangunan atap ini membutuhkan tenaga ahli. Tidak semua tukang bisa membangun dak beton. Hal ini karena perlu perhitungan tulang besi agar atap tidak roboh.

Adukan komposisi semen juga harus benar-benar tercampur rata. Jangan sampai ada butiran yang menyebabkan penurunan kepadatan dak beton. Apalagi atap ini tidak mudah dibongkar karena penghancurannya sulit dan memerlukan waktu lama.

Baca juga:

Kelembaban Tinggi

Dak beton rentan tergenang air sehingga kelembabannya tinggi. Lumut mudah menyerang dak beton. Dampaknya bagian atap mudah berjamur dan pudar.

Endapan air yang dibiarkan secara terus-menerus mampu mengakibatkan kebocoran. Pins perlu mengecek atap secara berkala guna melihat potensi kebocoran ataupun lumut.

Atap beton merupakan pilihan struktur atap untuk rumah kekinian. Permukaannya yang rata menawarkan banyak keunggulan salah satunya mudah dalam menambahkan lantai di atasnya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image : Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download