BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Menghitung Berapa Watt Lampu LED Agar Hemat Listrik
0
0

Cara Menghitung Berapa Watt Lampu LED Agar Hemat Listrik

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 14, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghitung watt lampu ledtop-right-banner

Berapa watt lampu LED, dan bagaimana cara menghitungnya? Ini sangat penting untuk Pins ketahui jika ingin hemat listrik. Sayangnya terkadang Pins lupa dan untuk menghitung watt lampu sehingga tagihan listrik akan membengkak di akhir bulan. Penting lho mengetahui cara menghitung watt lampu LED supaya Pins hemat listrik.

Dengan mengetahui cara menghitung berapa watt lampu LED, akan membuat kamu semakin tenang dan nyaman di rumah karena listrik lebih hemat. Seperti rumah-rumah di perumahan Dewe Residence atau di Green Ara Residence. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Penting untuk memilih lampu dengan watt yang sesuai untuk kebutuhan kamu. Salah satu jenis lampu yang sering digunakan adalah lampu LED (Light Emitting Diode). Nah jika Pins penasaran dengan watt LED di rumah, yuk simak cara menghitung watt lampu LED agar lebih hemat listrik pada ulasan di bawah ini!

Baca Juga: Tagihan Air Naik? Ini Dia 10 Cara Menghemat Air di Rumah

Mengenal Apa Itu Lampu LED

Source : Pinterest

Lampu LED adalah diode yang disusun menjadi sebuah lampu. Lampu ini memiliki usia pakai yang lebih panjang dan efisien listrik yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis-jenis lampu lainnya. Bahkan lampu LED ini dapat menghasilkan cahaya yang terang tanpa harus pemanasan terlebih dulu (warm up). 

Namun biaya awal lampu LED ini cukup mahal. Meski begitu lampu LED tetap menjadi favorit banyak orang karena variasi warna yang sangat banyak dan sangat hemat listrik. Jadi lampu ini bisa menjadi salah satu lampu pilihan kamu untuk penerangan di rumah.

Lampu LED memiliki bentuk seperti bohlam dengan ukuran kecil namun berbeda dengan lampu pijar pada umumnya. Hal ini karena LED tidak membutuhkan pembakaran filamen sehingga tidak menimbulkan panas saat menghasilkan cahaya.

LED memiliki 2 kutub, yaitu kutub positif kutub negatif dan chip semikonduktor yang menimbulkan junction positif dan negatif serta listrik. LED memancarkan cahaya saat diberi aliran listrik tegangan maju yang masuk ke dalam kategori transduser yang berperan dalam merubah energi listrik menjadi cahaya.

Baca juga:

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan LED

Source : Pinterest

Kelebihan lampu LED adalah salah satu jenis lampu yang paling banyak ditemukan di pasaran. Harganya juga lebih ekonomis jika dibandingkan dengan LED strip 24 V. Tidak hanya itu, lampu LED juga lebih aman digunakan karena tegangannya yang rendah, sehingga tidak begitu berbahaya apabila terkena tubuh.

Selain itu lampu LED juga tersedia dalam berbagai varian warna sehingga bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi rumah atau menjadi lampu tidur. LED juga jenis lampu yang sangat awet dan tahan lama. 

Bahkan kapasitas LED ini bisa mencapai 100 ribu jam dan 30 kali lebih awet jika dibandingkan dengan jenis-jenis lampu biasa lainnya. Tidak hanya itu, varian warna yang banyak dan bentuknya yang tersedia dalam berbagai macam bentuk membuat LED menjadi lampu dekorasi yang bisa digunakan di berbagai ruangan.

Namun jika ada kelebihan, tentu juga terdapat kekurangan pada lampu LED ini. Salah satunya adalah semakin rendah tegangan lampu LED, maka untuk kekuatan yang sama dibutuhkan arus listrik yang lebih besar. Hal ini menyebabkan semakin besar panas tahanan yang dialirkan pada rangkaian sirkuit LED.

LED ini memang telah diakui sebagai lampu produk baru yang hemat energi dan lebih ramah terhadap lingkungan. Selain itu, lampu LED juga mengonsumsi daya yang cukup rendah. Mungkin banyak dari Pins yang penasaran dengan konsumsi daya dari lampu LED. Berikut beberapa tips cara menghitung kebutuhan lampu LED terhadap daya listrik, antara lain:

  • Cari jenis lampu yang sesuai dengan kebutuhan kamu
  • Ketahui besaran watt atau daya dari LED yang kamu pilih
  • Hitung total daya atau watt yang dibutuhkan oleh LED dengan rumus Watt = Ampere x Volt

Baca juga: Kelebihan Lampu LED yang Harus Kalian Tahu!

Cara Menghitung Berapa Watt Lampu LED

lampu led berapa watt
Source : Pinterest

Dalam cara menghitung kebutuhan lampu LED, Pins harus menghitung beberapa hal untuk akhirnya menghitung daya lampu LED. Berikut penjelasan yang sebaiknya kamu simak.

R = Resistor

I = Arus LED (arus maksimal LED = 20 mA)
Vs = Tegangan sumber (listrik PLN 220 V)
Vd = Tegangan kerja LED (tegangan kerja maksimal LED = 3,7 volt)

1. Perhitungan Beban Kerja LED

Untuk perhitungan bebean kerja LED bisa Pins lihat di bawah ini:

  • R = (220 V – (3,7 V x 30 pcs) / 0,02 A
  • R = (220 V – 111 V) / 0,02 A
  • R = 109 V / 0,02 A
  • R = 5.450 ohm

2. Perhitungan Besar Arus Total LED

Jika ingin menghitung besar arus total, Pins bisa lihat rumus di bawah ini:

  • Id = Arus LED
    R = Beban total LED
    Id = (Vs-Vd) / R
  • Id = (220 V – 111 V) / 5.450 ohm
  • Id = 109 / 5.450 ohm
  • Id = 0,02

3. Perhitungan Besar Daya LED

Dan terakhir Pins bisa menghitung besar daya LED-nya di bawah ini:

  • Pd = Besar daya lampu LED
  • Pd = 0,02 A x 111 V
  • Pd = 2,22 Watt

Jadi besar watt lampu LED adalah 2,22 Watt.

Cara Memilih Berapa Besar Watt Lampu LED yang Tepat

Ketika memilih lampu LED, perhatikan kebutuhan ruangan. Pilih watt yang sesuai agar pencahayaan optimal tanpa boros energi. Hitung luas ruangan dan pertimbangkan fungsi, misalnya, apakah ruangan itu tempat bekerja atau beristirahat. 

Dengan mempertimbangkan faktor ini, Pins dapat memilih lampu LED dengan watt yang pas, menciptakan suasana nyaman dan efisien energi.Berikut ini pembahasan lebih lengkap cara memilih berapa watt lampu LED yang tepat sesuai dengan ruangannya.

1. Tentukan Jumlah Lumen yang Ideal

Source : Keistrikancom

Untuk menentukan jumlah lumen yang tepat, atau cahaya yang dibutuhkan ruangan. Pins dapat simak tabel di bawah ini:

2. Cek Kondisi Ruangan

berapa watt lampu led
Source : Panasonic

Pastikan area kerjamu dilengkapi dengan jendela yang luas agar dapat memaksimalkan masuknya cahaya alami dari luar. Kamu disarankan untuk menggunakan tirai dengan motif menarik atau tirai transparan guna menyesuaikan intensitas cahaya, mencegah silau berlebihan pada pagi dan siang hari.

Dengan memanfaatkan cahaya alami, konsumsi energi untuk pencahayaan di dalam ruangan dapat diminimalkan, terutama pada siang hari. Selain manfaat efisiensi energi, paparan cahaya alami dapat meningkatkan kenyamanan visual, memberikan keseimbangan yang optimal bagi kesehatan mata selama bekerja.

Pastikan ruangan kerjamu dilengkapi dengan jendela yang cukup besar untuk memastikan pencahayaan alami yang maksimal. Untuk mengatur intensitas cahaya, gunakan tirai berdesain menarik atau tirai transparan yang dapat menyeimbangkan cahaya saat pagi dan siang hari tanpa menyilaukan.

Manfaatkan cahaya alami tidak hanya untuk efisiensi energi, tetapi juga untuk kesehatan mata. Paparan cahaya alami dapat menciptakan suasana kerja yang lebih nyaman dan mendukung kesejahteraan visual selama aktivitas bekerja.

3. Tentukan Jenis Lampu yang Cocok

berapa watt lampu led
Source : PT Terang Abadi Jaya

Berbagai varian lampu seringkali menjadi pilihan di rumah, mulai dari lampu pijar, halogen, CFL, hingga LED. Namun, ketika mempertimbangkan pencahayaan di ruang kerja, kecenderungan lebih condong kepada lampu LED.

Dalam konteks ruang kerja, lampu sering kali perlu dinyalakan sepanjang hari. Oleh karena itu, penting untuk memilih lampu yang efisien energi dan minim panas. Dibandingkan dengan opsi lampu lainnya, lampu LED terbukti memiliki konsumsi energi yang lebih hemat serta mengeluarkan cahaya yang tidak merugikan mata.

Daya tarik khusus dari lampu LED adalah cahaya yang dihasilkannya terasa lebih lembut dan hangat. Selain itu, keunggulan lainnya adalah ketahanan yang lebih baik dan kemampuan untuk tetap dingin lebih lama. Pemilihan lampu LED tidak hanya memberikan efisiensi energi, tetapi juga kenyamanan visual dan ketahanan jangka panjang.

4. Pilih Warna Cahaya yang Diinginkan

Source : Ace Hardware

Pencahayaan di ruang kerja memegang peran krusial dalam menjaga kesehatan mata dan meningkatkan produktivitas selama jam kerja. Pemilihan warna lampu yang tepat juga turut berkontribusi pada atmosfer dan suasana kerja yang optimal. Umumnya, lampu berwarna cool white atau daylight dianggap ideal untuk ruang kerja.

Pentingnya pemilihan warna lampu tidak hanya berkaitan dengan estetika, tetapi juga mempengaruhi kinerja dan fokus saat bekerja atau belajar. Lampu berwarna warm white, misalnya, sangat sesuai untuk menciptakan suasana santai dan membantu melepas penat setelah beraktivitas seharian. Sebaliknya, lampu berwarna cool white dapat meningkatkan tingkat konsentrasi, mendukung produktivitas, dan memfasilitasi proses belajar.

5. Tentukan Jumlah Watt yang Pas

Source : detikcom

Sebagai catatan, umumnya 1 watt dapat menghasilkan sebanyak 75 lumens cahaya. Untuk mempermudah perhitungan Pins. Berikut adalah contoh perhitungan kebutuhan lampu untuk ruang kerja dengan dimensi 4 meter panjang dan 3 meter lebar.

Dengan merujuk pada tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa cahaya yang diperlukan untuk ruangan ini mencapai 3000 lumens. Selanjutnya, untuk mendapatkan jumlah lampu yang diperlukan, kamu dapat membagi total lumens yang dibutuhkan (3000 lumens).

Dengan nilai lumens yang dihasilkan oleh satu watt (75 lumens). Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa diperlukan lampu dengan daya sekitar 40 watt untuk mencukupi kebutuhan cahaya dalam ruangan tersebut.

Itulah informasi mengenai cara menghitung watt lampu LED. Semoga dengan ulasan di atas bisa menambah pengetahuan kamu mengenai lampu LED dan cara menghitung kebutuhan lampu LED serta jenis-jenis lampu lainnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 13 Model Lampu Gantung Ruang Tamu untuk Mempercantik Rumah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download