BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Tips Memilih Karpet Ruang Tamu yang Tepat
0
0

5 Tips Memilih Karpet Ruang Tamu yang Tepat

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Nov 29, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi ruang tamu dan karpet.top-right-banner

Dalam menjadikan ruang tamu sebagai pusat perhatian dalam rumah, mengikuti tips memilih karpet lantai ruang tamu dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan suasana yang nyaman dan elegan. Sebagai pemilik rumah, setiap orang tentu menginginkan ruang tamu menjadi tempat yang menyenangkan untuk bersantai bersama keluarga atau menyambut tamu.

Oleh karena itu, memiliki pemahaman tentang mengetahui karpet yang cocok menjadi kunci utama untuk mencapai kesan estetis dan fungsionalitas yang diinginkan. Apa saja?

Sebelum pembahasan yang satu ini dilanjutkan, perlu diketahui bahwa The Agathis merupakan salah satu hunian Rumah Ekslusif. Untuk mencari tahu lebih lanjut, Kamu bisa mendapatkan infonya melalui PinValue, yaitu fitur dari Pinhome yang menyediakan kebutuhan terkait harga estimasi rumah.

Melalui fitur tersebut, Kamu juga bisa mencari informasi terkait perumahan di Depok. Tidak hanya itu karena Kamu bisa mendapatkan rekomendasi alternatif seperti rumah second di Kota Tangerang Selatan.

Baca juga: 15 Motif dan Warna Karpet Lantai Plastik yang Bagus

5 Tips Memilih Karpet Ruang Tamu

Tips memilih karpet ruang tamu.
Source : Freepik

Karpet memiliki peran penting dalam merancang ruang tamu karena tidak hanya memberikan kenyamanan fisik, namun juga dapat menjadi elemen dekoratif yang kuat. Berikut adalah 5 tips memilih karpet ruang tamu yang akan menambah keindahan dan keseimbangan ruang tamu:

1. Seimbangkan dengan Palet Ruangan

Pertimbangkan palet warna keseluruhan ruangan sebelum memilih karpet. Karpet yang seimbang dengan warna dinding, furnitur, dan aksesori dapat menciptakan harmoni visual.

Jika ruangan memiliki warna-warna cerah, pertimbangkan karpet dengan warna netral atau motif yang tidak terlalu mencolok. Sebaliknya, ruangan dengan warna netral dapat diberikan kehidupan dengan karpet berwarna-warni atau berpola.

2. Sesuaikan Ukuran Karpet dengan Ruangan

Ukuran karpet memainkan peran kunci dalam menciptakan proporsi yang seimbang di ruang tamu. Pastikan karpet tidak terlalu besar atau terlalu kecil untuk area tersebut.

Sebagai panduan umum, pastikan setidaknya dua kaki karpet mencapai bawah sofa atau kursi untuk menciptakan tata letak yang seimbang dan nyaman. Atau, Kamu dapat menggunakan karpet kecil untuk ruang tamu.

3. Material yang Mudah Dicuci

Ruang tamu sering menjadi pusat aktivitas keluarga dan tempat berkumpul, sehingga karpet rentan terkena noda atau kotoran. Pilihlah karpet dengan material yang mudah dicuci, seperti wol sintetis atau bahan yang dapat dibersihkan dengan mudah. Ini tidak hanya membuat perawatan karpet lebih sederhana, tetapi juga memastikan karpet tetap terlihat segar dan bersih sepanjang waktu.

4. Pemilihan Tekstur dan Warna

Pentingnya tips memilih karpet ruang tamu.
Source : Freepik

Tekstur karpet dapat memberikan dimensi tambahan pada ruang tamu. Pertimbangkan keberlanjutan tekstur karpet dengan furnitur dan elemen dekoratif lainnya.

Misalnya, jika furnitur milikmu memiliki tekstur halus, pertimbangkan karpet dengan tekstur yang lebih kasar untuk menambahkan kontras visual. Selain itu, pemilihan warna hingga jenis-jenis karpet yang sesuai dengan suasana ruangan dapat menciptakan nuansa yang diinginkan, apakah itu tenang, cerah, atau bersemangat.

5. Pemilihan Motif Karpet

Motif karpet dapat memberikan karakter khusus pada ruang tamu. Pilih motif yang sesuai dengan gaya dan tips dekorasi rumah.

Untuk ruang tamu dengan desain minimalis, motif sederhana dengan warna netral mungkin lebih cocok, sedangkan ruang tamu dengan dekorasi yang lebih berani dapat dihidupkan dengan motif yang lebih kompleks dan berwarna-warni.

Baca juga: 10 Desain Ruang Tamu Lesehan Karpet yang Cozy

Cara Ampuh Membersihkan Karpet Ruang Tamu

Cara dan tips memilih karpet ruang tamu.
Source : Freepik

Membersihkan karpet ruang tamu secara efektif membutuhkan perhatian khusus untuk menjaga kebersihan dan tampilan ruangan. Berikut adalah beberapa cara ampuh membersihkan karpet ruang tamu:

1. Vakum Rutin

Vakum karpet secara teratur untuk menghilangkan debu, kotoran, dan serbuk yang dapat merusak serat karpet. Pastikan Kamu menggunakan vakum dengan daya hisap yang baik dan ubahlah kantong vakum secara teratur.

2. Cuci dengan Sering

Meskipun sering kali terlihat bersih, karpet dapat menyimpan banyak kotoran yang tidak terlihat. Cucilah karpet secara berkala dengan menggunakan pembersih karpet atau menyewa jasa pembersihan profesional.

3. Fleksibilitas Pembersih

Gunakan pembersih karpet yang sesuai dengan jenis karpet yang Kamu miliki. Beberapa pembersih dapat merusak serat karpet atau merusak warna, jadi baca petunjuk dengan cermat sebelum penggunaan.

4. Cepat Tanggap terhadap Noda

Tanggapi noda segera setelah terjadi. Gunakan kain bersih atau tisu untuk menyerap noda dan hindari menggosoknya agar tidak merusak serat karpet.

5. Penggunaan Bahan Alami

Pertimbangkan untuk menggunakan bahan pembersih alami seperti cuka, soda kue, atau campuran air dan deterjen ringan. Ini dapat membantu membersihkan karpet tanpa menggunakan bahan kimia keras.

6. Penyaring Udara

Gunakan penyaring udara di ruang tamu untuk mengurangi debu dan partikel yang dapat jatuh ke karpet. Ini membantu menjaga kebersihan karpet lebih lama.

7. Hindari Kelembaban Berlebihan

Jaga agar karpet tetap kering untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. Ventilasi ruangan dengan baik dan hindari meletakkan barang-barang basah di atas karpet.

8. Pergantian Posisi Perabot

Sesekali, ubah posisi perabot untuk mencegah bekas-bekas bayangan dan keausan yang tidak merata pada karpet. Hal itu dapat membuat karpet lebih awet secara tekstur.

Itulah berbagai tips dalam memilih karpet ruang tamu yang tepat, dan pastikan Kamu mengikutinya. Selain itu, penting untuk diketahui tentang bagaimana cara membersihkan karpet ruang tamu agar tetap awet.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download