Perlu Tahu! Kenali Tips Memilih Sofa yang Tepat Sebagai Dekorasi Rumah

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ 4 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Memiliki ruang tamu yang indah dan nyaman tentu menjadi dambaan setiap pemilik rumah. Hal ini dapat dicapai dengan pemilihan warna ruangan yang tepat, dekorasi yang komplementer, dan yang terpenting, perabotan yang sesuai.

Salah satu perabotan yang esensial ada di ruang tamu adalah sofa. Selain berfungsi sebagai tempat duduk, sofa dapat memberikan kenyamanan dan menjadikan ruangan lebih indah.

Namun, apa saja tips-tips dalam memilih sofa yang tepat untuk dekorasi rumah? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, ya!

Baca juga: Dekorasi Rumah Dengan Piring

Tips Memilih Sofa yang Tepat Sebagai Dekorasi Rumah

Sofa merupakan salah satu elemen utama dalam ruang tamu, untuk itu pemilihan sofa pun harus tepat dan memperhatikan beberapa faktor. Jangan sampai sofa yang seharusnya memberikan kenyamanan malah kehilangan fungsinya akibat perhitungan yang tidak tepat. Berikut adalah beberapa kiat dalam memilih sofa.

Perhatikan Ukuran Sofa

(Pinterest)

Jenis sofa yang akan dipilih dapat bergantung dari selera dan keinginan pemilik rumah. Tetapi, perlu juga diperhatikan kondisi ukuran ruangan dengan ukuran sofa yang akan dibeli.

Hindari memilih sofa terlalu besar atau terlalu kecil. Selain membuat tidak nyaman untuk digunakan, sofa yang terlalu kecil juga akan mengganggu aspek dekorasi ruangan.

Sementara itu, pastikan juga bahwa sebelum memilih sofa untuk ruangan. Aspek fungsional atau orientasi penggunaannya sudah diketahui dengan pasti, apakah sofa untuk ruang keluarga, ruang tamu, atau keperluan lainnya.

Baca juga: Tips Dekorasi Rumah Dengan Bunga

Pastikan Sudut Peletakannya

Dalam memilih perabotan, hendaknya kamu juga memperhatikan area sudut rumah. Hendaknya, perabotan yang kamu beli nantinya muat untuk diletakkan pada ruangan sehingga tidak menghasilkan dead space.

Tetapi, era modern saat ini menawarkan banyak hal yang siap pakai, termasuk sofa. Membeli atau memilih sofa siap pakai tentu sah-sah saja dan lebih praktis, tapi memastikan sudut dan ruangan peletakannya jelas adalah cara yang bijak untuk memilih sofa yang fungsional sekaligus indah dari segi dekorasi.

Baca juga: Tips Memilih Kursi Ruang Tamu Minimalis

Pertimbangkan Kualitas dan Harga

(Evening Standard)

Selain nyaman, sofa hendaknya memiliki harga yang terjangkau dan material yang baik. Sofa dengan material yang tidak berkualitas cenderung akan lebih cepat rusak dan tidak awet. Tidak ada salahnya untuk mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk perabotan yang berkualitas namun bisa awet dipakai dalam waktu yang lama.

Perhatikan Material Sofa

Salah satu penunjang kenyamanan sofa ada di bahan pembungkusnya. Sofa yang nyaman biasanya berbahan kain chenille atau kulit karena lebih kuat dan lembut di kulit. Hal ini akan membuat sofa semakin awet dan tahan lama.

Hindari Sofa Berbentuk Bulat

(Insider)

Sofa berbentuk bulat harus dihindari karena akan menyisakan ruangan-ruangan kecil yang kerap dikenal dengan dead space. Penggunaan perabotan berbentuk bulat atau lingkaran seringkali membuat ruangan tidak terpakai secara optimal.

Sebagai gantinya, cobalah menggunakan perabotan yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Perabotan seperti ini dapat diatur mepet dengan dinding sehingga ruangan dapat dimanfaatkan secara menyeluruh dan efektif.

Baca juga: Cara Membuat Rumah Semakin Menarik

Gunakan Sofa dengan Kabinet

(Pinterest)

Dalam konteks ruangan yang kecil, kamu tentu memerlukan tempat untuk menyimpan barang-barang. Salah satu solusinya adalah menggunakan sofa kabinet. Sofa jenis ini biasanya memiliki kompartemen di dalamnya yang dapat kamu tarik atau buka untuk menyimpan benda-benda berharga. Nyaman dan fungsional, bukan?

Kokoh dan Kuat

(Pinterest)

Sofa yang baik adalah sofa yang nyaman dan kuat. Usahakan jeli dalam menentukan material untuk sofa yang akan dibeli karena akan berpengaruh pada kekuatan dan kekokohan sofa.

Gunakan sofa yang memiliki rangka dari besi atau kayu. Pastikan juga kerangka ini dikencangkan dengan menggunakan baut, las, atau lem kayu agar lebih kuat. Hal ini mencegah sofa roboh ketika sedang dipakai dan membuat sofa lebih awet.

Minimalis dan Minim Dekorasi

Agar sofa tampak luas dan nyaman untuk diduduki, hindari penggunaan dekorasi berlebihan dan desain yang terlalu unik. Hendaknya sofa yang dipilih cocok dengan kondisi ruangan mulai dari warna yang senada, ukuran yang pas, kerangka yang kuat, dan bahan pelapis yang berkualitas. Dijamin kamu akan lebih nyaman dan ruangan terasa tidak sumpek.

Pilih Warna Senada

(Pinterest)

Sofa hendaknya juga memiliki warna yang senada atau komplimenter dengan ruang tamu. Jangan sampai sofa yang kamu miliki malah mengganggu keindahan ruang tamu secara visual, ya! Konsultasikan hal ini ke penjual sofa saat atau kamu dapat melihat inspirasi-inspirasi ruangan dari majalah, internet, atau artikel!

Nah, jadi itu adalah beberapa tips memilih sofa yang tepat untuk ruang tamu kamu. Semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi kamu ya, Pins!

Baca juga: Tips Memilih AC Rumah Paling Tepat 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Rolling Door Terbaru dari Berbagai Tipe

Rolling door tak cuma bisa digunakan sebagai pintu toko. Kamu pun bisa memakai rolling door untuk g

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Kayu Jati Semua Ukuran, Terlengkap dan Terbaru!

Kayu jati merupakan salah satu jenis material yang umum digunakan untuk membangun rumah atau membua

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Teralis Jendela Terbaru, Lengkap dengan Tips Memilihnya

Demi alasan keamanan, kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan teralis jendela pada rumahanya. S

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Mengenal Atap Membran, Inovasi Atap yang Fleksibel dan Unik

Atap membran atau yang juga dikenal dengan sebutan kanopi membran, bukanlah inovasi baru. Meski pen

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Material Atap Rumah dan Cara Merawatnya Agar Tahan Lama

Material atap rumah ada bermacam-macam. Pins tentunya sudah mengenal sejumlah material yang digunak

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia