BlogPemilik PropertiDesain HunianPerlu Tahu! Kenali Tips Memilih Sofa yang Tepat untuk Ruang Tamu
0
0

Perlu Tahu! Kenali Tips Memilih Sofa yang Tepat untuk Ruang Tamu

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Bryan Dharmanta

Mar 31, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Tips Memilih Sofatop-right-banner

Memiliki ruang tamu yang indah dan nyaman tentu menjadi dambaan setiap pemilik rumah. Hal ini dapat dicapai dengan pemilihan warna ruangan yang tepat, dekorasi yang komplementer, dan yang terpenting, perabotan yang sesuai.

Salah satu perabotan yang esensial ada di ruang tamu adalah sofa. Selain berfungsi sebagai tempat duduk, sofa dapat memberikan kenyamanan dan menjadikan ruangan lebih indah.

Namun, apa saja tips-tips dalam memilih sofa yang tepat untuk dekorasi rumah? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, ya!

Baca juga: Dekorasi Rumah Dengan Piring

Tips Memilih Sofa yang Tepat untuk Ruang Tamu

Sofa merupakan salah satu elemen utama dalam ruang tamu, untuk itu pemilihan sofa pun harus tepat dan memperhatikan beberapa faktor. Jangan sampai sofa yang seharusnya memberikan kenyamanan malah kehilangan fungsinya akibat perhitungan yang tidak tepat. Berikut adalah beberapa kiat dalam memilih sofa.

Pilih Warna dengan Aksen yang Netral

Source : Pinterest

Dalam merancang ruang tamu, kamu bisa menggunakan warna-warna netral yang kalem sebagai warna ruangan. Warna-warna ini dipercaya dapat membuat suasana ruang lebih baik serta dapat meningkatkan mood penggunanya. Beberapa warna yang bisa kamu gunakan adalah putih, abu-abu, krem, beige atau cokelat terang.

Dengan menggunakan warna-warna cerah seperti ini, ruangan juga akan tampak lebih bersih dan luas.

Gunakan Dekorasi yang Minimalis dan Minim

Dalam mendekorasi ruang tamu yang kecil, hendaknya kamu tidak meletakkan terlalu banyak dekorasi atau perabotan, terutama yang berukuran besar. Salah satu perabot yang sangat penting di ruang tamu adalah sofa. Selain berguna untuk duduk, sofa juga dapat digunakan sebagai dekorasi ruangan. Kamu bisa menggunakan model sofa yang minimalis namun masih terlihat modern. Hal ini juga dapat berpengaruh pada penampilan ruangan menjadi lebih bersih dan luas.

Agar sofa tampak luas dan nyaman untuk diduduki, hindari penggunaan dekorasi berlebihan dan desain yang terlalu unik. Hendaknya sofa yang dipilih cocok dengan kondisi ruangan mulai dari warna yang senada, ukuran yang pas, kerangka yang kuat, dan bahan pelapis yang berkualitas. Dijamin kamu akan lebih nyaman dan ruangan terasa tidak sumpek.

Perhatikan Ukuran Ruang Tamu dan Model Sofa

Jenis sofa yang akan dipilih dapat bergantung dari selera dan keinginan pemilik rumah. Tetapi, perlu juga diperhatikan kondisi ukuran ruangan dengan ukuran sofa yang akan dibeli.

Hindari memilih sofa terlalu besar atau terlalu kecil. Selain membuat tidak nyaman untuk digunakan, sofa yang terlalu kecil juga akan mengganggu aspek dekorasi ruangan.

Sementara itu, pastikan juga bahwa sebelum memilih sofa untuk ruangan. Aspek fungsional atau orientasi penggunaannya sudah diketahui dengan pasti, apakah sofa untuk ruang keluarga, ruang tamu, atau keperluan lainnya.

Baca juga: Tips Dekorasi Rumah Dengan Bunga

Pertimbangkan Kualitas dan Harga

Source : Evening Standard

Selain nyaman, sofa hendaknya memiliki harga yang terjangkau dan material yang baik. Sofa dengan material yang tidak berkualitas cenderung akan lebih cepat rusak dan tidak awet. Tidak ada salahnya untuk mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk perabotan yang berkualitas namun bisa awet dipakai dalam waktu yang lama.

Perhatikan Material Pelapis Sofa

Salah satu penunjang kenyamanan sofa ada di bahan pembungkusnya. Sofa yang nyaman biasanya berbahan kain chenille atau kulit karena lebih kuat dan lembut di kulit. Hal ini akan membuat sofa semakin awet dan tahan lama.

Hindari Sofa Berbentuk Bulat

Source : Insider

Sofa berbentuk bulat harus dihindari karena akan menyisakan ruangan-ruangan kecil yang kerap dikenal dengan dead space. Penggunaan perabotan berbentuk bulat atau lingkaran seringkali membuat ruangan tidak terpakai secara optimal.

Sebagai gantinya, cobalah menggunakan perabotan yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Perabotan seperti ini dapat diatur mepet dengan dinding sehingga ruangan dapat dimanfaatkan secara menyeluruh dan efektif.

Baca juga: Cara Membuat Rumah Semakin Menarik

Gunakan Sofa Bed

Source : iStock

Terkadang di rumah yang kecil, kekurangan ruang akan menjadi permasalahan yang cukup pelik. Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan sofa multifungsi. Salah satu model sofa yang bisa kamu digunakan adalah sofa bed, Selain nyaman, sofa bed juga dapat digunakan sebagai tempat tidur ketika tamu sedang berkunjung. Kamu juga dapat menyimpannya kembali dengan cara dilipat jika sudah selesai digunakan.

Gunakan Sofa yang Multifungsi dengan Penyimpanan

Source : Pinterest

Dalam konteks ruangan yang kecil, kamu tentu memerlukan tempat untuk menyimpan barang-barang. Salah satu solusinya adalah menggunakan sofa kabinet. Sofa jenis ini biasanya memiliki kompartemen di dalamnya yang dapat kamu tarik atau buka untuk menyimpan benda-benda berharga. Nyaman dan fungsional, bukan?

Kerangka Harus Kokoh dan Kuat

Source : Pinterest

Sofa yang baik adalah sofa yang nyaman dan kuat. Usahakan jeli dalam menentukan material untuk sofa yang akan dibeli karena akan berpengaruh pada kekuatan dan kekokohan sofa.

Gunakan sofa yang memiliki rangka dari besi atau kayu. Pastikan juga kerangka ini dikencangkan dengan menggunakan baut, las, atau lem kayu agar lebih kuat. Hal ini mencegah sofa roboh ketika sedang dipakai dan membuat sofa lebih awet.

Pastikan Sudut Peletakannya

Dalam memilih perabotan, hendaknya kamu juga memperhatikan area sudut rumah. Hendaknya, perabotan yang kamu beli nantinya muat untuk diletakkan pada ruangan sehingga tidak menghasilkan dead space.

Tetapi, era modern saat ini menawarkan banyak hal yang siap pakai, termasuk sofa. Membeli atau memilih sofa siap pakai tentu sah-sah saja dan lebih praktis, tapi memastikan sudut dan ruangan peletakannya jelas adalah cara yang bijak untuk memilih sofa yang fungsional sekaligus indah dari segi dekorasi.

Nah, jadi itu adalah beberapa tips memilih sofa yang tepat untuk ruang tamu kamu. Semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi kamu ya, Pins!

Baca juga: Tips Memilih AC Rumah Paling Tepat 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download