Pinhome

Tips Memilih Sofa Sebagai Dekorasi Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 4 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Beragam hal bisa menjadi bagian dari desain interior ruangan yang apik dan cantik dari segi dekorasi. Ini tentu adalah idaman setiap orang untuk memiliki dan tinggal di rumah yang tak hanya indah, tapi juga memiliki fungsi yang nyaman dan tenteram bagi para penghuninya.

Salah satu hal yang bisa menjadikan rumah terasa nyaman adalah pilihan furniture dan perabotan di dalamnya. Seperti halnya pemilihan jenis sofa. Sofa, merupakan salah satu dekorasi yang bisa digunakan di berbagai ruang, mulai dari kamar tidur, ruang keluarga, maupun ruang tamu.

Baca juga: Dekorasi Rumah Dengan Piring

Tak hanya sebagai dekorasi, sofa juga memiliki fungsi yang berbeda-beda dari setiap jenisnya. Belakangan, seiring dengan kemajuan desain interior, jenis ragam dan bentuk sofa yang ditawarkan di pasarang semakin beragam. Ini tentu saja menggoda siapa saja yang melihat untuk memiliki.

Tapi beberapa tips berikut harus menjadi dasar pertimbangan sebelum memilih sofa sebagai bagian dari dekorasi rumah.

Baca juga: Cara Membuat Rumah Semakin Menarik

Tips Memilih Sofa

Tips Memilih Sofa
(Shutterstock)

1. Memilih Ukuran Sofa

Jenis sofa yang akan dipilih sebagai pelengkap ruangan jelas tergantung dari selera dan keinginan pemilik rumah. Tetapi, secara umum ada dua hal yang harus menjadi pertimbangan utama sebelum memilih, pertama adalah ukuran ruangan.

Hindari memilih sofa terlalu besar atau terlalu kecil. Selain membuat tidak nyaman untuk digunakan, sofa yang terlalu kecil juga akan menganggu aspek dekorasi ruangan.

Sementara itu, pastikan juga bahwa sebelum memilih sofa untuk ruangan. Aspek fungsional atau orientasi penggunaannya sudah diketahui dengan pasti, apakah sofa untuk ruang keluarga, ruang tamu, atau keperluan lainnya.

Baca juga: Tips Dekorasi Rumah Dengan Bunga

2. Pastikan Sudut Peletakannya

Meskipun sebagian orang banyak yang memilih furniture bersamaan dengan pembangunan rumah berlangsung. Biasanya furniture dipesan dari tukang kayu atau toko mebel yang sebelumnya sudah dilakukan pengukuran agar sesuai dengan sudut peletakan. Ini jelas adalah cara paling pas memilih furniture untuk rumah atau tempat tinggal.

Tetapi, era modern saat ini menawarkan banyak hal yang siap pakai, termasuk sofa. Membeli atau memilih sofa siap pakai tentu sah-sah saja dan lebih praktis, tapi memastikan sudut dan ruangan peletakannya jelas adalah cara yang bijak untuk memilih sofa yang fungsional sekaligus indah dari segi dekorasi.

Baca juga: Tips Memilih Kursi Ruang Tamu Minimalis

3. Pertimbangkan Kualitas dan Harga

Mengetahui material pembuatan, jelas adalah hal yang perlu diketahui. Tak hanya akan menghemat dari segi harga, memillih jenis sofa berkualitas juga akan membuat nyaman saat digunakan.

Secara garis besar, terdapat 2 aspek penting dalam memilih sofa sebagai dekorasi rumah, yaitu aspek fungsional dan estetika. Tips memilih sofa di atas mungkin bisa membantumu menemukan sofa terbaik sesuai dengan kebutuhan rumah. Semoga bermanfaat ya, Pins!

Artikel terkait:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel