BlogPemilik PropertiDesain HunianApa Perbedaan Kolase dan Mozaik? Ini Dia Penjelasannya!
0
0

Apa Perbedaan Kolase dan Mozaik? Ini Dia Penjelasannya!

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 23, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Di dalam karya seni rupa dua dimensi banyak istilah-istilah yang terkadang tidak dimengerti masyarakat awam. Namun, beberapa diantaranya bisa menilai dari gambar atau hasil karya yang telah dibuat. Contohnya adalah kolase dan mozaik. Apa Pins tahu perbedaan kolase dan mozaik? Kolase dan mozaik banyak dinilai sama tetapi sebenarnya keduanya adalah karya yang berbeda.

Seni rupa dua dimensi antara mozaik dan kolase pada intinya adalah penyusunan sebuah bentuk dalam sebuah karya. Teknik penggabungan dan menjadikan satu kesatuannya tersebutlah yang membuat perbedaan kolase dan mozaik menjadi lebih nyata. Apabila Pins sudah mengetahui details dari keduanya, Pins bisa mengaplikasikannya pada hunian. Baik kolase maupun mozaik dapat menjadi barang dekorasi dalam mempercantik hunian.

Atau kamu bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Oleh sebab itu, kamu bisa menemukan beragam perbedaan mozaik dan kolase beserta contoh karyanya untuk membuka wawasan dalam membuat dekorasi rumah. Yuk, simak!

Sejarah Kehadiran Kolase dan Mozaik Beserta Penjelasan

Sebelum itu mari menjelajahi perjalanan menarik kolase dan mozaik dalam sejarah seni. Dari akar-akarnya yang kuno hingga perubahan peran mereka dalam ekspresi kreatif modern, artikel ini akan menguraikan evolusi seni ini. Mari gali lebih dalam tentang seni kolase dan mozaik serta signifikansi mereka dalam dunia seni.

Seni Kolase

Di dalam sejarahnya, seni kolase yang termasuk dalam karya seni dua dimensi ini berkembang pesat pada abad ke-17 di negara Italia, tepatnya di kota Venice. Seiring dengan perkembangan zaman, kolase pun mulai terkenal di bagian negara Eropa lainnya seperti Inggris, Jerman, dan Perancis.

Kolase sendiri adalah komposisi artistik yang ditempelkan pada permukaan gambar, bisa dalam bentuk potongan kertas, kain, kaca, logam, dan barang-barang lainnya.

Selain hasil karya yang terbentuk dari kepingan, teknik yang ditekankan pada seni kolase adalah bentuk nyata dari kepingan itu sendiri. Contohnya, jika Pins menggunakan kerang sebagai bagian dari kolase, usahakan agar kerang tersebut benar-benar berbentuk kerang seutuhnya tanpa harus kamu ubah atau hancurkan terlebih dahulu.

Seniman kolase yang terkenal hingga mancanegara adalah Henri Matisse, Pablo Picasso, Max Ernst dan Georges Braque. Nah, jika kepingan kolase bisa terdiri dari beberapa jenis, mozaik biasanya hanya terdiri dari satu jenis saja.

Seni Mozaik

Seni mozaik sendiri merupakan karya seni dua dimensi yang menciptakan sebuah gambar dari kepingan-kepingan kertas-kertas kecil, kepingan kaca yang sering digunakan, maupun batu yang memiliki warna. Apabila Pins masih belum bisa memahami perbedaan antara kolase dan mozaik, Pins bisa melihat contoh-contoh kolase dan mozaik untuk lebih memahami. 

Seni mozaik sendiri ditemukan pertama kali pada abad sebelum masehi. Sebuah kuil di Irak menjadi buktinya. Di dalam kuil tersebut terdapat karya mozaik, sehingga, sejak saat itu mozaik diterima oleh masyarakat seluruh dunia. Bangsa Romawi pun menamai teknik mozaik dengan sebutan ‘tesserae’ yang berarti menyatukan kepingan manik-manik dan bahan lainnya pada media.

Contoh-Contoh Karya Mozaik dan Kolase

Setelah memahami perbedaan antara kolase dan mozaik yang sudah dijelaskan sebelumnya, kini saatnya Pins mempelajari perbedaan keduanya dari contoh-contoh karyanya seperti berikut.

Ruang Publik

Mozaik dan kolase memang sudah lama menjadi konsumsi ruang publik yang dapat membantu menjernihkan pikiran dan membuat suatu bangunan terlihat menarik. Apa Pins sudah pernah melihatnya?

1. Taman Mozaik, Surabaya

perbedaan kolase dan mozaik
Source : puteramentari

Bangunan pada gambar di atas berada di kota Surabaya. Sebuah ruang publik yang digunakan sebagai salah satu taman wisata membuat seni mozaik menghiasi dinding bangunan.

Mozaik yang dibuat pada kaca tersebut terlihat sangat menarik dan sedap dipandang. Perbedaan mozaik dan kolase kian nyata terlihat dari material yang digunakan. Lihat, material kaca memang identik \’kan dengan mozaik?

Baca Juga: Berikut Penjelasan Apa Yang Dimaksud Dengan Mozaik

2. Gereja Kelahiran Yesus, Betlehem

Source : mediaindonesia

Selanjutnya Pins bisa menemukan karya mozaik pada beberapa dinding gereja dunia. Seperti yang ada pada Gereja Kelahiran Yesus yang ada di Betlehem. Ornamen mozaik pada kaca yang menggambarkan ciri khas keagamaan menambah kesan menarik dalam desain gereja.

Tak hanya itu, cerita di balik gambar mozaik tersebut juga memiliki sejarah sendiri yang menarik. Tidak heran simbol mozaik menjadi suatu hal menarik di mata masyarakat.

Desain Interior Hunian

Merambahnya kedua karya seni ini dalam hunian dapat Pins lihat dari beberapa contohnya yang dapat kamu aplikasikan pada desain rumah. Selain menimbulkan kesan artsy yang menarik, hunian akan terasa lebih menyenangkan.

3. Mozaik pada Dinding Dapur

perbedaan kolase dan mozaik
Source : hgmosaic.en.made-in-china

Lihat, betapa cantiknya dinding dapur berwarna biru di atas! Perpaduan dinding mozaik membuat suasana dapur kian berwarna. Kamu bisa menyesuaikan warna favoritmu pada dinding dan menyelaraskan dengan furnitur di dalamnya. Dijamin dapurmu akan terlihat artsy dan kekinian. Perbedaan mozaik dan kolase kini bisa Pins ketahui bukan?

Baca Juga: Desain Untuk Model Dapur Minimalis Sederhana

4. Kolase Pada Dekorasi Ruang

Source : Wiktionary

Pada umumnya, teknik kolase sendiri memang digunakan sebagai penghias ruangan. Kamu bisa memasangnya pada dinding ruang tamu maupun desain kamar tidur sebagai dekorasi yang menarik. Kamu bisa membuat hasil karya sendiri, ataupun membelinya di pasaran.

Perbedaan kolase dan mozaik bisa terlihat dari benda yang digunakan. Untuk kolase, benda akan nyata dengan tekstur asli sedangkan mozaik secara garis besar terdapat pada bidang datar.

5. Mozaik Pada Lantai Ruangan

perbedaan kolase dan mozaik
Source : leaderfloors

Selanjutnya mozaik pada lantai ruangan. Untuk Pins yang sudah bosan dengan lantai berwarna putih monoton, Pins bisa mencoba pengaplikasian lantai mozaik yang fun. Lantai tersebut akan otomatis membuat suasana ruang berbuah menjadi lebih ceria. Coba ambil motif ramai abstrak untuk kesan yang lebih artsy.

Bagaimana, apakah kini Pins sudah cukup mengerti perbedaan antara kolase dan mozaik? Walaupun memiliki kesamaan yaitu seni dua dimensi, tetapi pada pengaplikasian dan hasil karya akan terlihat perbedaannya. Kamu pun dapat mengadaptasi kedua jenis karya tersebut dalam hunian impianmu. Tunggu apalagi?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Ramanda Salsa

Editor: Annisa Hapsari

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download