BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Tips Dekorasi Ruang Tamu Hitam yang Punya Kesan Hangat
0
0

10 Tips Dekorasi Ruang Tamu Hitam yang Punya Kesan Hangat

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Nov 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Hitam dikenal sebagai warna yang melambangkan elegansi. Tidak hanya dalam gaya berpakaian ala mamba saja yang menggunakan baju warna gelap, akan tetapi juga dapat diaplikasikan pada interior untuk ruang tamu warna hitam. Terutama, desain ruangan dengan warna gelap dapat memperlihatkan kesan yang mewah dan elegan. Selain itu, penggunaan perabot warna gelap juga dapat membuat kesan ruangan yang lebih luas dan hangat.

Ditengah banyaknya penggunaan palet warna pastel dan neon, kombinasi warna putih dan hitam pada sebuah ruangan masih menjadi salah satu favorit yang sering digunakan. Selain tergolong netral, kedual warna ini dapat memberikan tampilan interior yang klasik dan bersih. Sehingga, tidak perlu heran jika orang-orang masih banyak menggunakan warna tersebut sebagai palet utama pada interiornya termasuk ruang tamu.

Pins bisa memilih unit-unit di Pinhome seperti rumah di Pesona Ciputih atau rumah di Bogor lainnya. Tidak hanya rumah baru, Pins juga bisa mempertimbagkan rumah bekas seperti rumah second di Jakarta Pusat. Inspirasi rumah nyaman dan cantik lainnya juga dapat Pins temukan di Rumah Ekslusif, kumpulan rumah pilihan untuk kamu dari Pinhome.

Baca juga: 

Tips Dekorasi Ruang Tamu Hitam yang Punya Kesan Hangat

Seperti yang telah dijelaskan, penggunaan warna hitam pada ruang tamu dapat memberikan kesan yang elegan dan mewah. Walaupun terlihat mudah, mendekorasi ruang tamu warna hitam sejatinya cukup tricky, apalagi jika Kamu ingin membuat tampilannya memiliki kesan yang hangat dan terlihat maksimal.

Pada artikel ini, Pinhome telah merangkum beberapa tips dekorasi ruang tamu hitam yang punya kesan hangat. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Bermain dengan Tekstur

Source : Architecture Art Designs

Tips dekorasi ruang tamu warna hitam yang pertama yaitu menggunakan banyak tekstur pada perabotan ataupun teksil. Hal ini bisa menciptakan ruang tamu hitam yang lebih semarak. Kamu dapat menggunakan tekstur suede pada sarung bantal sofa, ataupun sentuhan warna glossy pada bagian dinding tertentu. Kamu juga dapat menggunakan berbagai material seperti wool, kayu-kayuan, kain linen, bahkan bahan kulit sebagai referensi untuk memperindah ruangan.

2. Bermain dengan Grafis, Pola, dan Seni

Tips berikutnya yaitu menggunakan permainan pola. Hal ini juga dapat menjadi sentuhan yang menarik pada interior ruang tengah ataupun ruang tamu di rumah Kamu. Jika bosan dengan warna yang solid, maka tips yang satu ini dapat Kamu tiru.

Permainan pola tidak harus terlalu dominan, Kamu dapat menerapkan pada furnitur tertentu ataupun hanya pada salah satu sisi dinding saja. Kamu juga dapat memajang beberapa gambar hitam putih pada dinding agar membuat ruang tamu seakan berwarna, walaupun hanya dua warna saja. Perpaduan dua warna ini dapat membuat ruang tamu hitam Kamu mempunyai kesan yang hangat.

3. Maksimalkan Pencahayaan

Source : Behance

Penerangan yang sempurna dapat membuat ruang tamu terlihat hangat dan nyaman, maka Kamu harus memilih bentuk lampu yang sesuai dengan konsep yang Kamu gunakan di ruang tamu. Contohnya saja, menggunakan lampu gantung jika ruang tamu menggunakan konsep klasik, ataupun lampu LED kecil jika ruang tamu menggunakan gaya modern. Tidak hanya berguna sebagai penerangan saja, lampu juga dapat menjadi dekorasi yang indah untuk ruang tamu.

4. Menambahkan Tanaman Hias

Hindari tampilan ruang tamu yang membosankan dengan memberikan sedikit sentuhan alami di dalamnya. Kamu dapat menggunakan berbagai pilihan tanaman hias, seperti lidah mertua atau monstera. Terdapatnya unsur alam pada ruang tamu dapat memberikan kesan yang segar dan hangat. Jika Kamu tidak begitu suka dengan tanaman hijau, Kamu dapat menggunakan vas bunga kemudian isi dengan ranting ataupun bunga kering.

5. Padukan dengan Warna Lain Sebagai Finishing

Tips berikutnya yaitu memadukan warna hitam dengan warna hitam sebagai finishing. Menggunakan warna hitam, buka berarti Kamu dilarang untuk menggunakan berbagai warna lainnya. Justru, detail kecil seperti warna merah, biru, emas, ataupun warna lainnya dapat membuat ruang tamu menjadi lebih memanjakan mata para tamu.

6. Memadukan Konsep Gaya dari Berbagai Era

Warna hitam juga dapat dikombinasikan dengan beraneka ragam desain. Kamu dapat menggabungkan furnitur baru dan lama, ataupun elemen dekorasi dari berbagai era sebagai sebuah kreasi yang menarik. Tips yang satu ini pastinya bisa menciptakan kesan timeless pada ruang tamu hitam Kamu.

7. Menggunakan Karpet

Source : Behance

Pada dasarnya, warna hitam membuat ruangan menjadi lebih dingin. Agar ruangan terasa lebih hangat dan tetapi estetik, Kamu dapat menggunakan karpet lantai berwarna abu-abu seperti contoh di atas.

8. Gantung Cermin Pada Dinding

Cermin dapat memantulkan cahaya sehingga ruangan terlihat lebih luas. Kamu dapat memilih cermin dengan aksen warna gold atau emas, kuningan, ataupun tembaga agar ruang tamu kamu terliaht lebih mewah dan hangat.

9. Menambahkan Hiasan Dinding yang Glossy

Jika menggunakan cat dinding warna hitam, pastinya ruangan akan terasa dingin dan suram. Terutama, warna tersebut membuat area tembok tidak bisa memantulkan cahaya sama sekali. Oleh karena itu, Kamu perlu menambahkan hiasan dinding dengan tekstur glossy ataupun berkilau seperti contoh di atas.

10. Menggunakan Beraneka Nuansa Warna

Source : Behance

Warna hitam tidak hanya terdiri dari satu pilihan saja. Warna hitam juga mempunyai banyak variasi, mulai dari hitam pekat sampai hitam metalik. Menciptakan ruangan yang lebih hangat dapat dilakukan dengan mengandalkan dua warna. Menggabungkan berbagai variasi warna bisa membuat ruang tamu hitam terlihat lebih indah.

Itu dia beberapa tips dekorasi ruang tamu hitam yang punya kesan hangat. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Crown Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download