BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Jenis Pohon di Perumahan untuk Sensasi Sejuk dan Percantik Halaman
0
0

15 Jenis Pohon di Perumahan untuk Sensasi Sejuk dan Percantik Halaman

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 4, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Halaman rumah masih terasa kosong? Untuk memberikan suasan hunian yang sejuk dan fresh, kamu bisa menambahkan pepohonan, Pins. Kini pohon di perumahan bukanlah lagi hal yang asing. Meski mayoritas penghuni rumah mencari desain hunian yang modern dan didukung teknologi tinggi, tetapi pemandangan hijau tetap masuk aspek yang diinginkan. Simak artikel ini untuk mengetahui jenis pohon di perumahan yang biasa ditemukan di halaman rumah.

Kamu dapat menemukan rumah asri dilengkapi dengan pepohonan yang membuat lingkungan sejuk di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Kamu dapat mengajukan kredit pembayaran rumah kepada Bank melalui Pengajuan KPR.

Baca juga: 5 Cara Unik Untuk Mempercantik Halaman Rumah

Jenis Pohon di Perumahan untuk Sensasi Sejuk dan Percantik Halaman

Pohon merupakan tumbuhan yang menjadi paru-paru kita sebagai manusia. Di balik kayu dan dedaunan tersebut menyimpan manfaat yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pohon memiliki beragam manfaat, salah satunya adalah sebagai sumber penghasil oksigen dan air.

Pohon dapat membersihkan kualitas udara di lingkungan kita yang kurang baik untuk paru-paru, karena pohon dapat menetralisir polusi udara, dan menciptakan oksigen baru untuk dilepaskan ke udara. Berikut ini beberapa jenis pohon di perumahan:

1. Pohon Ketapang Kencana

Source : Sampaijauh

Pohon dengan jenis akar tunggang ini memiliki daun rindang dengan batang yang ramping. Pohon ini akan memberikan suasana yang sejuk di sekitar lingkungan rumah. Kembali lagi membahas mengenai pohon Ketapang Kencana, pohon ini dapat tumbuh hingga 20 meter! Nah, agar tidak menutupi secara total bagian depan rumah, kamu bisa rajin memangkas pohon ini agar ketinggiannya pas sesuai dengan keinginanmu.

Baca juga: 10 Dekorasi Pohon Natal Terbaru yang Kreatif

2. Pohon Tabebuya

Source : Lindungihutan

Pohon di perumahan selanjutnya yang bisa kamu tanam di taman depan rumah adalah pohon Tabebuya. Pohon ini sangat cocok untuk Pins yang ingin menambah nilai estetika hunian. Secara sekilas, Tabebuya hampir mirip seperti pohon bunga Sakura asal Jepang.

Oleh karena itu, banyak orang yang menjadikan pohon ini sebagai salah satu tanaman di halaman rumahnya. Pohon Tabebuya memiliki berbagai varian warna, mulai dari kuning, oranye, pink, magenta, hingga putih.

3. Pohon Pucuk Merah

Source : Grid

Syzygium oleana atau pohon Pucuk Merah masuk ke dalam kategori tanaman hias. Pohon ini memiliki ciri khas daun berwarna hijau dengan kombinasi daun merah pada bagian atas pucuknya. Tanaman ini tumbuh lebat dan rimbun sehingga memberikan kesan yang teduh bagi orang yang melihatnya.

Untuk cara menanamnya disarankan dengan cara stek, karena menanam dengan menggunakan biji cenderung lebih sulit.

4. Pohon Kersen

Source : Grid

Ingin menanam pohon, tapi tanpa ribet? Alternatif pilihannya bisa jatuh pada pohon Kersen, Pins. Pohon yang berasal dari Amerika Latin ini cepat tumbuh dan tidak membutuhkan perawatan yang intensif.

Pohon Kersen merupakan jenis pohon dengan kanopi yang berbentuk seperti payung. Meski pohon ini bisa tumbuh dengan ketinggian hingga mencapai 12 meter, tetapi pepohonan ini lebih sering ditemukan tumbuh sekitar 3-6 meter.

Baca juga: 7 Jenis Akar Pohon yang Bisa Merusak Pondasi Rumah

5. Pohon Flamboyan

Source : Gardencenter

Pohon Flamboyan memiliki karakter batang pohon yang besar dan bunga yang tumbuh dengan warna merah cerah. Pohon yang terlihat indah ini dapat dijadikan sebagai pohon peneduh hunianmu, karena tumbuh dengan rindang.

Pada umumnya, bunga dari pohon Flamboyan akan tumbuh di waktu musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Untuk ketinggiannya pohon ini bisa tumbuh mencapai 15 meter.

6. Pohon Tanjung

Source : Gardencenter

Apakah kamu cukup familiar dengan pohon satu ini, Pins? Pohon tanjung adalah salah satu pohon yang sering ditemukan pada pinggir jalan, taman, maupun halaman rumah sebagai tanaman peneduh. Pohon tanjung tumbuh rindang dan menghasilkan bunga dan buah.

Bukan hanya meneduhkan rumah, pohon tanjung juga dapat meredam suara dan debu. Multifungsi sekali, bukan?

Baca juga: 15 Jenis Pohon Peneduh yang Bisa Ditanam di Depan Rumah

7. Pohon Mangga

Source : Kompas

Tahukah Pins kalau pohon mangga berasal dari bahas Tamil ‘mankay’. Jika diartikan ke bahasa Indonesia, ‘man’ berarti pohon mangga, dan ‘kay’ bermakna buah. Pada dasarnya pohon ini dapat mencapai ketinggian hingga 30 meter lebih. 

Namun, untuk pohon Mangga di pekarangan ketinggiannya bisa diatur agar pendek dengan cara teknik pemangkasan. Selain memberikan pembandangan hijau, kamu juga bisa mengkonsumsi buah yang dihasilkan dari pohon Mangga.

8. Pohon Kiara Payung

Source : JurnalAsia

Kiara Payung dikenal sebagai pohon yang memiliki karakteristik kuat terhadap terpaan angin kencang. Pohon yang memiliki nama latin Fellicium Decipiens ini memiliki ketinggian rata-rata sekitar 5 meter. Beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dengan menanam pohon dengan daun yang lebat ini antara lain, menyaring polutan, meredam suara, dan mencegah erosi.

Baca juga: 15 Desain Taman Batu Koral yang Membuat Hunian Lebih Sejuk

9. Pohon Angsana

Source : Bukalapak

Angsana merupakan jenis pohon yang bagian batang kayunya sering dimanfaatkan untuk industri. Selain menghasilkan kayu berkualitas tinggi, pohon ini bagus untuk menghiasi halaman rumah. Hal ini dikarenakan pohon Angsana memiliki bunga-bunga berwarna kuning cerah yang sangat indah.

Oleh karena itu, selain memberikan efek teduh, Angsana juga dapat menjadi penghias halaman.

10. Bambu

Source : Kompas

Pohon yang cepat tumbuh dengan ciri memiliki ruas batang dan tumbuh dalam bentuk rumpun ini, dapat memberikan efek sejuk pada rumah. Selain itu, Bambu juga membantu mencegah erosi dan banjir. Terdapat beberapa jenis pohon Bambu, namun untuk menghiasi halaman rumah salah satunya bisa dengan memilih Bambu Kuning.

Jenis pohon Bambu ini dapat tumbuh hingga 9 meter, Pins.

Baca juga: 15 Jenis Pohon Rindang yang Bikin Rumah Makin Teduh

11. Pohon Cemara Pensil

Source : Popbela

Pohon dengan keunikan bentuk yang meruncing ke arah atas dan memiliki struktur daun padat ini bisa juga dijadikan pohon di perumahan. Terutama untuk Pins yang mengusung konsep hunian minimalis, pohon Cemara akan semakin mempertegas konstruksi hunainmu.

Pohon yang masuk ke dalam kategori tumbuhan evergreen ini dapat tinggi menjulang hingga 15 meter. Akan tetapi, sebaiknya pangkas Cemara Pensil pada ketinggian yang tidak terlalu menjulang agar tidak memberikan kesan gelap pada rumah.

12. Pohon Palem

Source : Shopee

Jenis pohon di perumahan berikutnya yang bisa menjadi pilihanmu adalah pohon Palem. Pohon Palem memiliki beragam jenis. Mulai dari yang berukuran pendek hingga tinggi mencapai 10 meter. Agar cahaya matahari tidak terhalang, sebaiknya pilih pohon Palem yang tidak terlalu tinggi. Contohnya seperti Palem Putri dan Palem Merah. 

Baca juga: Kenapa Tidak Boleh Menanam Pohon Pepaya di Depan Rumah?

13. Pohon Kihujan

Source : Jurnal Asia

Pohon yang dikenal juga dengan nama pohon Trembesi ini merupakan pohon tinggi dengan tajuk yang melebar. Dikelompokkan sebagai tanamah peneduh membuat pohon Kihujan bisa kamu tanam di halaman rumah. Agar tidak tumbuh terlalu lebat dan memberikan kesan gelap pada hunian, kamu perlu rajin memangkas pohon ini begitu tumbuh tinggi, Pins.

14. Pohon Holly Amerika

Source : Idntimes

Sesuai dengan namanya, pohon ini berasal dari Amerika Serikat. Pohon Holly Amerika banyak dipilih sebagai tanam hias di halaman rumah. Pohon ini memiliki bentuk daun yang unik, meruncing di setiap sisi-sisinya. Kemudian terdapat buah kecil berwarna merah yang berkelompok.

Meski berbuah, tetapi buah Holly ini tidak bisa dikonsumsi karena beracun. Pohon Holly Amerika dapat tumbuh dengan subur di dearah dengan iklim yang lembap.

Baca juga: 18 Jenis-Jenis Lampu Dekorasi Taman untuk Halaman Rumah

15. Pohon Beringin

Source : Shopee

Pohon Beringin sering dianggap memancarkan hawa mistis. Padahal, asalkan bisa dirawat dengan baik, pohon ini bisa menambah nilai estetika taman belakang atau depan rumahmu. Caranya adalah dengan menghias pohon Beringin layaknya seperti tanaman hias Bonsai. Beberapa jenis pohon Beringin yang bisa kamu pilih, yaitu Beringin Korea, Beringin Kimeng, dan Beringin Afrika.

Untuk memilih dan menanam pohon di perumahan dari rekomendasi di atas, kamu perlu menyesuaikannya dengan luas halaman. Untuk halaman dengan luas yang agak terbatas, kamu bisa memilih jenis pohon yang lebih ramping dan tidak terlalu tinggi. Berlaku juga hal sebaliknya, Pins. Selamat bercocok tanam, ya!

Baca juga:

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Parama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download