BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Desain Wall Moulding Ruang Tamu yang Manis
0
0

10 Ide Desain Wall Moulding Ruang Tamu yang Manis

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Wall moulding adalah salah satu teknik dekorasi dinding dengan bahan cetakan yang biasanya berbahan material PVC, gypsum sampai bahan kayu. Biasanya, wall moulding digunakan di dinding yang tidak rata karena menutupi seluruh bagian dinding. Tapi belakangan, wall moulding ruang tamu juga diterapkan untuk menciptakan suasana ruang minimalis dan tentunya aesthetic.

Dengan mempelajari desain wall moulding untuk ruang tamu, kamu selangkah lebih maju dalam membuat rumah kamu menjadi rumah yang nyaman. Senyaman rumah yang ada di perumahan Paradise Serpong City 2 atau di Taman Kedoya Baru Residence. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Pemakaian teknik wall moulding pada dinding ruang tamu, ternyata menciptakan tampilan ruang yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan dinding tidak terlihat monoton dan terkesan tiga dimensi. Seperti apa saja desain wall moulding ruang tamu menarik yang pastinya cocok diterapkan di rumah? Intip langsung yuk ke-10 pilihannya!

Baca juga: 17 Rekomendasi Desain Ruang Tamu Mewah

Ide Desain Wall Moulding Ruang Tamu

Merancang ruang tamu yang elegan dan berkesan dengan 10 ide desain wall moulding yang menakjubkan. Sentuhan artistik pada dinding ruang tamu dapat menciptakan suasana yang lebih mewah dan menarik. Pilihlah motif dan bentuk yang sesuai dengan gaya interior Pins untuk menciptakan ruang tamu yang istimewa dan memikat tamu Pins.

1. Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis Putih

wall moulding ruang tamu
Source : Pinterest

Wall moulding putih mungkin bisa disebut wall moulding paling ‘aman’ untuk diterapkan di segala ruangan. Baik yang bergaya mewah maupun minimalis, cocok dipadukan dengan berbagai perabotan. Wall moulding ruang tamu kecil ini mampu membuat ruang terlihat lebih terang dan menarik.

Teknik dinding tersebut juga cocok diterapkan di ruang keluarga karena akan menambah kesan hangat dan ruangan terlihat lebih luas. Jika dipakai di ruang tamu, akan menambah kesan elegan pula jika dipadukan dengan furniture dan dekorasi bertema Eropa.

Baca juga:

2. Wall Moulding Minimalis Abu-Abu

Source : Pinterest

Walaupun berbeda warna dengan putih, abu-abu terutama yang berwarna agak gelap bisa menambah kesan ruangan yang lebih panjang. Terapkan wall moulding abu-abu di salah satu sisi ruangan, seperti di kamar tidur dan ruangan akan terasa lebih panjang dan terkesan lebih luas. Namun, bila kamu ingin menerapkan pada ruang tamu natural, kamu bisa menambahkan pula beberapa dekorasi khas. Salah satunya seperti menambahkan beberapa tanaman hidup.

3. Wall Moulding Garis Panjang Hijau Gelap

Source : Freepik

Wall moulding garis panjang sangat cocok diterapkan pada dinding yang kurang rata karena satu dan lain hal. Garis panjang akan memberi ilusi memudarkan dinding yang kurang rata tersebut dan akan merapikan tampilan dinding tersebut.

Pilih warna hijau gelap agar terhindar dari kesan berlebihan atau norak tapi justru meneduhkan ruang tamu dan terlihat lebih hidup. Jangan lupa untuk mengkombinasikannya dengan warna yang serasi seperti abu-abu muda atau biru dan pink agar terlihat lebih cantik.

4. Wall Moulding Miring

Source : Unsplash/carrie618

Menciptakan wall moulding gypsum ruang tamu bisa juga dengan jenis wall moulding miring atau garis tapi tidak berbentuk lurus dari atas ke bawah. Hal tersebut akan menambah kesan unik pada ruangan rumahmu, termasuk ruang tamu. 

Kamu bisa menerapkan wall moulding miring pada beberapa kelompok. Beberapa miring ke kanan, dan beberapa lagi miring ke kiri tapi tetap pertahankan kerapihan dan simetris garisnya ya!

Biasanya, wall moulding miring ini sering diterapkan di bagian belakang rak atau meja televisi atau sebagai alas lukisan yang tidak terlalu ramai. Wall moulding jenis ini juga tetap cocok dipadukan dengan perabotan berwarna kontras jika Kamu memilih wall moulding miring berwarna nude.

Baca juga: 10 Ide Desain Ruang Tamu Modern dan Simple

5. Wall Moulding Cross X

wall moulding ruang tamu
Source : Pinterest

Wall moulding cross X sering juga disebut wall moulding criss cross karena memang berbentuk X. Model ini akan memberikan gaya French pada ruangan. Selain itu, biasanya diterapkan hanya setengah bagian dari dinding, antara hanya bagian atas atau setengah bagian bawah. Hal tersebut berguna agar tidak menimbulkan kesan berlebihan dan membuat mata sakit ketika melihatnya.

Namun jika Kamu memilih untuk menerapkan wall moulding cross X ini ke seluruh bagian dinding, bisa diakali dengan memilih warna yang netral seperti putih atau krem, lalu ukuran cross-nya pilih yang besar serta coba terapkan pada sisi dinding yang paling kecil.

6. Wall Moulding Nyambung ke Ceiling

Source : Pinterest

Ide wall moulding lainnya pada desain ruang tamu aesthetic adalah menerapkan bentuk garis-garis tapi menyambung sampai bagian atas atau ceiling. Selain menambah kesan estetik, wall moulding menyambung ke ceiling ini sangat cocok diterapkan di bagian rumah yang berbentuk lorong.

7. Wall Moulding Klasik Eropa

Source : Bisnis

Ingin memberikan rumah kesan klasik khas gaya Eropa? Gunakan wall moulding berwarna elegan seperti putih yang memiliki motif di setiap ujung moulding-nya. Tidak hanya di dinding, moulding tipe ini juga bisa diterapkan di langit-langit dan ditambahkan lampu klasik agar semakin mempertajam kesan klasik Eropa.

Untuk dinding, Kamu bisa menambahkan lampu tempel gaya klasik serta lukisan abstrak yang mewah. Jangan lupa untuk memadukan ruangan dengan furniture gaya Eropa seperti sofa lembut berwarna abu-abu dan meja motif marmer untuk menambah kesan mewah.

Baca juga: 15 Kombinasi Cat Ruang Tamu 2 Warna yang Serasi

8. Wall Moulding Kotak Kecil

wall moulding ruang tamu
Source : Pinterest

Wall moulding kotak-kotak kecil juga bisa jadi pilihan agar ruang tamu tidak terlihat monoton. Kotak kecil sedap dipandang dan dianggap cocok diimplementasikan tidak hanya pada ruang tamu yang memberi kesan ramah. Ruangan kerja, kamar tidur hingga dapur pun menarik terlihat dan dipercaya menambah inspirasi. 

Tipsnya, karena kotak-kotak kecil ini akan terlihat lebih banyak, coba pilih warna yang tidak saling kontras atau menabrak ya, Pins. Itupun jika kamu memilih untuk menerapkan dua warna di wall moulding kotak kecil ini.

9. Wall Moulding dengan Lukisan

Source : IDN Times

Jika ingin memadukan wall moulding dengan lukisan, ada beberapa caranya agar tampak serasi dan tidak aneh dipandang. Diaplikasikan pada ruang tamu kecil pun tetap bisa kamu wujudkan. Pilih wall moulding dengan ukuran yang sesuai dengan lukisan.

Pastikan lebih besar ukuran kotak wall mouldingnya dibandingkan lukisan. Hal ini bertujuan membuat wall moulding berperan sebagai bingkai dari lukisannya.

Karena itu, tentu saja sebaiknya pilih lukisan tanpa pigura alias lukisan kanvas saja agar tidak tampak berlebihan. Lebih baik lagi, wall moulding yang digunakan mempunyai salah satu warna yang ada di dalam lukisan tersebut agar lebih serasi. 

Baca juga: 17 Warna Cat Ruang Tamu yang Bikin Nyaman

10. Wall Moulding Setengah Badan

wall moulding ruang tamu
Source : Roomdsign

Wall molding setengah badan adalah wall moulding yang dipasang hanya di setengah bagian dinding. Fleksibel bisa setengah bagian atas atau setengah bagian bawah. Tergantung selera dan kesesuaian penempatan barang atau perabotan di dekatnya. 

Jika kamu banyak menaruh barang di lantai yang menutupi sebagian bawah dinding, mungkin bisa memilih wall moulding setengah badan ke atas. Sayang kan, wall moulding cantik di bagian bawah tertutup banyak barang?

Wall moulding ruang tamu minimalis setengah badan ke atas lebih yang berbentuk garis atau kotak memanjang juga akan menambah aksen ruangan yang lebih tinggi sehingga terkesan lebih luas ke atas dan minim kesan sesak. Sehingga ini menjadi solusi ruangan yang memiliki barang cukup banyak.

Demikian beberapa ide desain wall moulding ruang tamu yang manis. Semoga menambah inspirasi dekorasi rumahmu, Pins!

Baca juga: Kenali Lebih Dalam Kelebihan Wall Moulding Kamar Tidur

Featured Image Source: Freepik/vanitjan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Samesta Bumi Bajeng Permai dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download