Pinhome

Tips Properti

Cara Melakukan Efisiensi Desain Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Ada banyak tren yang dapat Anda lakukan untuk mendesain rumah minimalis. Artikel ini akan membahas cara melakukan efisiensi desain rumah minimalis.

Telah banyak tren yang berkembang dalam beberapa tahun belakangan ini untuk mendesain rumah. Mendesain rumah bisa sangat menarik ketika kita mendesainnya dengan efisien dan menata dengan benar. Untuk mendesain rumah, kita membutuhkan kecerdasan dalam membagi ruangan dan menghiasinya dengan efesien. Pada dasarnya rumah kecil memiliki keterbatasan terhadap lahan untuk meletakkan barang secara berlebihan. Untuk itu perlu cara yang tepat untuk mengoptimalkan ruang yang ada agar ruangan tersebut lebih efisien dalam fungsi dan kegunaanya. Ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk mendesain rumah minimalis dengan efisien sehingga rumah menjadi  tenang dan nyaman.

efisiensi desain rumah

efisiensi desain rumah

Mendekorasi dapur

Salah satu trik untuk menciptakan ruang dapur kecil yaitu menggunakan peralatan-peralatan dapur dengan versi yang slim dan kecil. Seperti: mengganti lemari es dengan model yang lebih slim dan mengunakan kompor dengan microwave sehingga meja dapur tidak diambil terlalu banyak ruang. Selain itu Anda juga perlu mengatur pencahayaan sehingga dapur terlihat lebih besar. Sebaiknya Anda membatasi jumlah perlalatan yang akan Anda gunakan dan pilihlah peralatan yang mempunyai banyak fungsi.

Memilih funiture multi fungsi

Penggunaan furniture multi fungsi merupakan solusi terbaik untuk menyiasati furniture di dalam rumah.  Pilihlah furniture yang Anda rasa dibutuhkan di rumah. Anda dapat memilih furniture seperti meja makan yang dapat dilipat ketika tidak digunakan, menggunakan ruang bawah tempat tidur sebagai penyimpanan barang, penggunaan meja lipat pada meja belajar dan kursi lipat. Beberapa furniture seperti ini sudah beredar di pasaran dan Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Pemilihan warna

Pilihlah warna terang untuk memberikan cat di dinding anda karena warna terang akan membuat ruangan anda terasa lebih luas. Sedangkan untuk warna gelap akan membuat rumah menjadi sempit dan lesu.

Penggunaan aksesoris

Penggunaan aksesoris pada dinding memang sangat dibutuhkan untuk memperindah rumah tetapi secukupnya jangan berlebihan. Pilihlah pernak-pernik atau aksesoris yang sesuai dengan perabotan sehingga tidak menghilangkan kesan minimalis.

Cermin

Cermin dapat membantu menciptakan ilusi optic yang membuat seolah-olah ruangan lebih luas. Anda dapat meletakkan cermin di dinding dan pintu atau Anda dapat meletakkannya sesuai dengan keinginan anda.

Gunakanlah peralatan, furniture, aksesoris dan barang lain diperlukan dengan tepat agar membuat suasana ruangan dan rumah Anda terasa lebih indah dan nyaman. Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan desain rumah efisien, sebaiknya Anda menentukan konsep rumah yang diinginkan terlebih dahulu. Jika di rumah Anda ada banyak majalah, koran, kertas atau buku-buku yang tidak berguna lebih baik dibuang atau dijual. Buatlah ide kreatif untuk mendesain rumah minimalis dengan efisien.

Tags :

Bagikan Artikel