Kamus Istilah Properti

Fasilitas Penginapan

istilah properti

Fasilitas Penginapan

Fasilitas Penginapan adalah sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kebutuhan para tamu yang menginap. 

Apa Itu Fasilitas Penginapan?

(Beritasatu.com)

Fasilitas penginapan adalah sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kebutuhan para tamu yang menginap. 

Tak semua penginapan memiliki fasilitas yang sama. Hal ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis penginapan itu sendiri. 

Namun, sekalipun hanya sebuah penginapan sederhana, sebaiknya fasilitas yang ditawarkan tetaplah harus terbaik untuk dapat menarik minat pelanggan agar mau menginap di tempat tersebut.

Selain untuk membuat pelanggan merasa nyaman, tujuan dan fungsi fasilitas penginapan adalah sebagai upaya perbaikan sistem pemasaran sehingga efisiensi operasional dan penetapan harga jual dapat tercapai.

Apalagi saat ini sebuah penginapan tidak hanya sebagai tempat beristirahat saja, melainkan juga sebagai tempat resepsi pernikahan, seminar, pertemuan bisnis hingga tempat musyawarah.

Sarana Menginap Berdasarkan Jenis Penginapan

Fasilitas Penginapan
(booking.com)

Jenis penginapan terdiri dari berbagai macam mulai dari hotel, hostel, hingga resort. Fungsi utamanya memang tempat menginap bagi para wisatawan. Nah, perbedaannya dari segi harga, lokasi, fasilitas, dan jumlah kamar, serta jenis pengunjungnya sendiri.

Yuk simak berikut ini fasilitas penginapan berdasarkan jenis penginapan yang ada saat ini:

Hotel

Hotel adalah jenis penginapan yang paling populer dari berbagai segmen. Ciri khas hotel biasanya memiliki banyak kamar dan berada di sebuah bangunan bertingkat. 

Hotel juga memiliki kategori dari bintang 1 sampai 5 yang mana letak perbedaannya berdasarkan jumlah kamar, luas kamar, serta fasilitas yang diberikan. 

Pada umumnya fasilitas penginapan yang dapat dijumpai di hotel antara lain:

  • Kolam renang
  • Gym
  • Restoran
  • Ruang meeting
  • Tempat spa 

Budget Hotel

Kalau Pins merasa menginap di hotel harganya terlalu mahal, maka bisa memilih budget hotel. Sebab, jenis budget hotel memiliki fasilitas penginapan, standar kamar dan pelayanan seperti hotel pada umumnya.

Namun, yang membedakan budget hotel yaitu memberikan standar yang paling mendasar, terutama dalam hal kamar. 

Kalau kamar hotel pada umumnya memberikan fasilitas lengkap mulai dari mini bar hingga safe deposit box, maka budget hotel biasanya hanya menyediakan tempat tidur, kamar mandi, serta AC, dan TV saja. 

Selain itu, ada pula budget hotel yang hanya memberikan fasilitas kamar yang dibutuhkan tamunya, sehingga bisa ada kamar hotel yang tidak memiliki AC maupun TV.  

Boutique Hotel

Boutique hotel adalah jenis penginapan yang memiliki fasilitas standar seperti hotel pada umumnya. Boutique hotel biasanya memberikan pengalaman yang lebih personal daripada hotel biasa. 

Selain desain hotelnya yang lebih unik, boutique hotel memiliki jumlah kamar yang lebih sedikit dibanding hotel biasa. Cukup banyak boutique hotel yang memiliki tema dan desain yang berbeda untuk masing-masing kamar, sehingga bisa menyesuaikan dengan preferensi setiap tamunya.  

Hostel

Bagi para solo traveler, hostel banyak dipilih dibandingkan hotel. Sebab, biaya menginap di hostel cukup terjangkau. Selain itu, di hostel juga memungkinkan adanya kesempatan untuk bertemu traveler lain dari berbagai kota di dunia. 

Biasanya, hostel menyediakan kamar tipe asrama dengan bunk bed yang bisa diisi mulai dari empat hingga dua puluh orang. Bicara fasilitas umumnya, di hostel tersedia loker dan kamar mandi dalam jumlah banyak. 

Kemudian, hostel menyediakan ruang komunal dan dapur untuk dipergunakan seluruh tamu, sekaligus sebagai tempat untuk bersosialisasi.  

Guesthouse

Jenis penginapan selanjutnya adalah guesthouse. Sebuah guesthouse biasanya dijalankan dengan cara kekeluargaan dan lebih tradisional. 

Fasilitas penginapan yang ada di guesthouse juga standar tempat tidur dan sarapan ala hotel pun jarang ditemui dalam sebuah guesthouse. 

Akan tetapi, Pins akan memiliki kesempatan untuk tinggal bersama pemilik, serta mendapatkan pengalaman perjalanan yang lebih utuh, karena bisa merasakan “hidup ala warga lokal”.

Bed & Breakfast

Mirip dengan guesthouse, Bed & Breakfast adalah jenis penginapan yang dijalankan oleh orang pribadi. Sifatnya pun lebih intim dan sederhana. Bentuknya pun berupa sebuah rumah, sehingga memberikan pengalaman menginap seperti di rumah sendiri.

Hampir mirip dengan guest house, tapi biasanya Bed & Breakfast dijalankan dengan lebih profesional dan menggunakan standar hotel dalam urusan tempat tidur dan sarapannya. 

Banyak traveler menyukai tipe penginapan Beda & Breakfast, terutama traveler muda yang bepergian bersama teman atau pasangan. 

Apartemen

Jika ingin merasakan tinggal di apartemen, lengkap dengan fasilitas furnitur yang biasanya ada di apartemen, maka Pins bisa memilih jenis penginapan ini. Penginapan berjenis apartemen biasanya dikelola individu dan tidak memberi fasilitas standar layaknya hotel. 

Saat menginap di penginapan jenis apartemen, ada tiga pilihan yang bisa dijumpai dalam penyewaan apartemen, memiliki seluruh tempat, berbagi ruangan dengan tamu lain, atau tinggal bersama sang pemilik apartemen.  

Aparthotel

Pernahkah Pins melihat apartemen dengan fasilitas standar pelayanan layaknya hotel? Nah, inilah yang disebut aparthotel. Berbeda dengan apartemen, di aparthotel Pins akan bertemu dengan resepsionis, barang bisa diantar oleh bellboy, kamar pun akan dibersihkan oleh cleaning service.

Tak hanya itu, Pins pun bisa mendapatkan sarapan setiap pagi. Selain dijadikan pilihan bagi para pebisnis, aparthotel biasanya dijadikan pilihan tempat tinggal oleh para expatriate untuk jangka waktu yang lama.

Resort

Fasilitas penginapan yang ditawarkan oleh resort yaitu standar layaknya hotel, tapi resort lebih mengutamakan fasilitas rekreasi bagi para tamunya. 

Biasanya, resort terletak di lokasi yang sangat strategis, seperti pantai ataupun pegunungan, dan menawarkan fasilitas yang sangat banyak dan lengkap. 

Dengan menawarkan fasilitas yang mewah serta lokasi yang strategis, harga resort pun cenderung lebih mahal, bahkan ketimbang hotel bintang lima sekalipun. 

Villa

Sama seperti resort, villa juga biasanya ditemui di daerah wisata yang aman dan tentram. Berbeda dengan resort, villa bersifat lebih private dan jauh dari keramaian. 

Villa biasanya berbentuk rumah dengan satu kamar atau lebih, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan juga dilengkapi kolam renang. 

Villa biasanya cocok ditinggali oleh keluarga ataupun kelompok pertemanan dalam jumlah besar, yang ingin menghabiskan banyak waktu bersama dan menjalin keakraban antara satu dengan yang lainnya.

Fasilitas untuk Menginap Berdasarkan Tipe Kamar 

Fasilitas Penginapan
(CNN.com)

Selain berdasarkan jenis penginapannya, fasilitas penginapan juga berbeda-beda tergantung tipe kamar yang Pins sewa. 

Berikut ini fasilitas penginapan berdasarkan tipe kamar: 

Standard Room 

Tipe kamar ini paling dasar yang dimiliki hotel. Harga yang ditawarkan dari tipe kamar ini biasanya mempunyai harga paling murah jika dibandingkan tipe kamar lainnya.

Luas ruangannya juga hanya sekitar 30 meter persegi. Bicara soal fasilitas penginapan di kamar ini biasanya akan berbeda-beda tergantung pada tingkat atau klasifikasi hotel, terutama pada hotel berbintang.

Fasilitas yang disediakan tipe Standar, yaitu:

  • Tempat tidur
  • Televis
  • Kamar mandi

Superior Room 

Jenis kamar di atas kamar Standar. Tipe kamar ini bisa dikatakan memiliki fasilitas ruangan yang lebih bagus dan luas dari kamar Standar. 

Kamar ini biasanya mempunyai fasilitas tambahan berupa pemandangan dan lokasi yang lebih baik dari kamar Standar. 

Pilihan tempat tidur di jenis kamar Superior ini, umumnya ada double bed yang artinya satu kasur dengan ukuran queen atau king, dan twin bed.

Deluxe Room  

Kamar jenis deluxe biasanya menyuguhkan pemandangan yang lebih menarik dari balik jendela lantai atas. Arti Deluxe sendiri memang sebuah kamar yang memiliki luas lebih lebar, fasilitas lebih banyak, dan pemandangan lebih baik dari kamar Superior. 

Tipe kamar ini biasanya memiliki luas ruangan sekitar 40 meter persegi.  Selain fasilitas standar, deluxe room juga memiliki fasilitas tambahan seperti:

  • Coffee maker
  • Kulkas
  • Letak kamar yang berada di lantai atas. 

Junior Suite Room 

Ukuran kamar junior suite room lebih luas dari tipe kamar sebelumnya, biasanya 50 meter persegi. Ciri khas lain yang bisa dilihat adalah adanya sekat antara ruangan yang memisahkan ruang tidur dan ruang duduk. 

Selain fasilitas yang ada di deluxe room, fasilitas penginapan di tipe kamar junior suite room, antara lain: 

  • Ruang duduk atau living room yang diberi sekat agar ruang tidur tak terlihat
  • Kamar mandi dilengkapi bathtub, shower, dan toilet yang lebih nyaman dan bersekat. 
  • Ada beberapa hotel yang memiliki akses langsung ke lounge hotel.

Suite Room  

Suite room biasanya mulai tersedia di hotel-hotel berbintang tiga. Beberapa hotel juga menyebut kamar Suite dengan kamar Bisnis atau Business room. 

Berukuran lebih besar dari jenis Junior Suite, yaitu 80 meter persegi. Fasilitas yang disediakan hampir mirip dengan Junior Suite. Namun, dalam Kamar Suite terdapat ruang tamu dan dapur.

Kamar ini lebih sering dinilai seperti kamar apartemen berkelas dengan fasilitas mewah.

Presidential Suite Room  

Tipe kamar presidential suite room atau disebut juga Royal Suite adalah tipe paling tinggi di sebuah hotel berbintang, yang biasanya dimiliki oleh hotel bintang lima. Jenis kamar Presidential Suite, biasanya berada di lantai paling atas dari hotel. 

Para tamu pun akan menikmati pemandangan ke segala arah. Kamar ini juga disebut sebagai penthouse. 

Jika sebuah hotel kedatangan tamu VVIP, biasa ditempatkan di Presidential Suite.

Fasilitas mewah dihadirkan dalam kamar ini, seperti:

  • Kamar yang lebih dari satu, hingga bisa tiga ruang tidur.
  • Ruang tamu.
  • Ruang makan.
  • Area kerja. 

Pada beberapa hotel, tipe kamar ini juga biasanya memiliki pelayanan pribadi seperti Butler. Bahkan ada tipe kamar Presidential Suite yang memiliki kolam renang pribadi, ruang olahraga pribadi, hingga jendela anti peluru karena kemewahan dan keamanannya.