Kamus Istilah Properti

Kamar Mandi

istilah properti

Kamar Mandi

Kamar mandi adalah tempat yang digunakan untuk membersihkan tubuh, sering kali bisa juga untuk buang air kecil maupun buang air besar.

Apa Itu Kamar Mandi? 

(Interior Design Ideas)

Di dalam sebuah bangunan, kamar mandi adalah salah satu ruangan penting dan harus ada. Secara umum, kamar mandi atau bathroom adalah tempat yang digunakan untuk membersihkan tubuh. 

Di dalamnya terdapat tempat penampungan air seperti bak, maupun bisa juga memakai shower. Seringkali bathroom juga dilengkapi dengan dan kaskus sehingga bisa sekaligus sebagai tempat untuk buang air kecil maupun buang air besar. 

Bahkan saat ini sudah bathroom dibuat untuk memenuhi fungsi estetika ruang dengan menambahkan fungsi lain pada bathroom mulai dari cermin, meja rias, wastafel, bathtub dengan sistem whirlpool, fasilitas air panas dan dingin hingga sauna. 

Untuk itu, di dalam bathroom Pins sudah bisa berendam berdandan, hingga menjadikannya ruang relaksasi dengan berendam air hangat. 

Bicara soal tata letaknya, bathroom bisa diletakan di area belakang rumah, bisa juga di tengah. Ada juga bathroom yang langsung terhubung dengan kamar tidur atau disebut en-suite bathroom yang biasanya hanya digunakan oleh pengguna kamar tidur tersebut.

Jenis Kamar Mandi 

(Home Atlas)

Ruangan ini memiliki beberapa jenis atau tipe yang disesuaikan dengan fungsinya. Berikut ini tiga tipe bathroom yang paling umum ditemukan:

Kamar Mandi Kering

Sesuai namanya, tipe bathroom ini selalu dalam keadaan kering ketika tidak digunakan. Umumnya, jenis ini memakai toilet duduk dengan bak mandi atau shower.  Pins akan menemukan pemisah yang jelas antara toilet dan shower berupa tembok, tirai, maupun panel kaca. 

Tujuannya agar saat mandi, cipratan air hanya membasahi area shower saja. Kelebihan desain kamar mandi kering adalah lebih sehat karena tidak lembab. Dari sisi perawatan pun lebih mudah dan lebih hemat penggunaan air.

Kamar Mandi Basah 

Tipe satu ini paling banyak ditemukan di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. Dinamakan basah karena ruangan ini setiap hari pasti selalu basah karena selalu terkena percikan air sehingga lebih lembab.

Ciri utamanya yaitu tidak ada pembatas untuk memisahkan area basah dan kering sehingga setiap mandi, seluruh ruangan pun akan ikut basah. Umumnya, orang-orang memakai jenis ini karena keterbatasan ruang sehingga sulit untuk menempatkan pembatas ruang.

Unsur-unsur yang Harus Diperhatikan Ketika Merancang Kamar Mandi

(Kompas)

Membangun sebuah bathroom tidak bisa sembarangan. Ada prinsip dan unsur-unsur yang harus diperhitungkan. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan?

Posisi dan Lokasi

Hal paling utama yang harus diperhatikan ketika Pins ingin membuat sebuah kamar mandi adalah menentukan posisinya. Sebaiknya, Pins menempatkan ruangan ini di area di mana air sering digunakan seperti tempat mencuci dan dapur.

Sebelum menyusun bathroom, Pins sebaiknya membuat denah terlebih dahulu agar lebih efisien. Di dalamnya cantumkan juga arah keterbukaan pintu bathroom, apakah ke dalam atau ke luar. 

Komponen Kamar Mandi

Sebuah kamar mandi memiliki komponen-komponen yang harus ada di dalamnya, antara lain bak dan/atau shower yang berfungsi untuk membersihkan tubuh, kloset yang digunakan untuk buang air, serta barang pendukung lainnya seperti wastafel dan cermin.

Ketika membangun sebuah bathroom, komponen tersebut harus dibuat selaras dengan memperhatikan penempatan pada posisi yang pas dan mudah dijangkau.

Material Lantai

Agar ruangan ini selalu aman, pastikan Pins memperhatikan penggunaan material lantai. Mengingat ruangan ini sering terkena air, utamakan pemakaian material lantai khusus bathroom dan tidak licin. 

Untuk proteksi ekstra, Pins juga bisa menggunakan pelapis lantai yang terbuat dari karet atau silikon. 

Sirkulasi Udara  dan Pencahayaan 

Lantaran ruangan ini punya kemungkinan lembab, maka pastikan sirkulasi udara harus dibuat dengan baik. Selain menambahkan ventilasi, bisa juga menambah jendela di dalamnya. Kalaupun tidak memungkinkan memasang jendela, bisa juga menambah kipas.

Soal penerangan pun kurang lebih sama seperti di ruangan lain. Dibandingkan lampu, Pins sebaiknya memakai pencahayaan alami seperti penggunaan plafon yang dilengkapi dengan skylight. 

Tempat Penyimpanan untuk Peralatan Mandi

Pemilihan tempat penyimpanan juga sangat penting untuk diperhatikan. Usahakan menggunakan tempat penyimpanan terbuka agar peralatan bisa mudah diraih.

Lalu, untuk benda-benda yang lebih jarang digunakan seperti handuk bersih dan stok peralatan mandi bisa dimasukan ke dalam kabinet tertutup. Kalau bathroom berukuran mungil, sebaiknya jangan memaksakan diri memasukkan banyak peralatan, ya!  

Inspirasi Desain Kamar Mandi 

Desain kamar mandi sebenarnya bisa disesuaikan dengan gaya rumahmu secara keseluruhan. Sebagai inspirasi, yuk, simak berbagai desain bathroom yang bisa Pins terapkan di rumahmu berikut ini. 

Kamar Mandi Minimalis 

Pada referensi pertama, Pins akan melihat desain minimalis yang kental pada bathroom di atas. Penggunaan lantai hitam dengan motif sarang lebah membuat bathroom ini makin menonjolkan nilai estetikanya. 

Penggunaan partisi kaca pada area mandi tetap memberikan luas. Partisi juga melindungi bagian toilet dan wastafel agar tetap kering.

Industrial Bathroom 

(Don Pedro)

Pins menyukai desain industrialis? Kombinasi warna putih dan hitam menonjolkan kesan minimalis. 

Selain itu pemilihan keran, shower, bingkai kaca, dan lampu pada bathroom semakin menegaskan industrialis yang indah di area bathroom. Penggunaan partisi juga sangat tepat untuk memisahkan area basah dan kering.

Masculine Bathroom

(Digs Digs)

Bosan dengan warna-warna terang? Nah, cobalah aplikasikan warna gelap yang elegan seperti kombinasi warna hitam dan cokelat muda. Ruangan ini pun akan terlihat tetap elegan dan mewah walaupun berada pada lahan yang mungil. 

Jadi, siapa bilang ruang kecil tidak dapat disulap menjadi ruangan yang mewah dan mahal? 

Colorful Bathroom 

(Trendir)

Penggunaan warna cerah pada kamar mandi membuat area ini semakin nyaman untuk digunakan. Aktivitas membersihkan diri akan semakin menyenangkan. 

Selain itu penggunaan warna mudah di bagian dinding dan lantai membuat bathroom ini terasa sederhana namun mewah. Keramik bercorak di lantai memperkuat kesan elegan yang mengagumkan.

Elegan dengan Konsep Hotel

Kamar mandi ini mengusung konsep hotel yang elegan. Kombinasi dinding bata abstrak pada area mandi, lantai hitam dan dinding krem pada area wastafel membuat bathroom ini terlihat mewah. 

Penggunaan partisi di bathroom ini cukup menarik. Hal ini karena selain partisi kaca, ada tanaman lidah mertua yang diletakkan sebagai penghias area bathroom. Sebagai informasi tanaman lidah mertua bisa menyerap racun di ruangan, sehingga bisa jadi ini berfungsi sebagai penyerap racun di kamar mandi. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.