Kamus Istilah Properti

Apartemen Studio

istilah properti

Apartemen Studio

Apartemen studio adalah tipe apartemen yang memiliki ukuran paling kecil di antara apartemen lainnya dengan konsep open plan.  

Apa Itu Apartemen Studio? 

apartemen studio
(Unsplash)

Apartemen studio adalah tipe apartemen yang memiliki ukuran paling kecil di antara apartemen lainnya. Konsep yang digunakan pada tipe ini yaitu open plan di mana semua fungsi ruangan seperti ruang tengah, kamar tidur dan dapur menyatu dalam satu ruangan.

Untuk ukuran terkecil apartemen studio adalah 18 meter persegi, dan ukuran terbesarnya sekitar 40 meter persegi. 

Dengan ukuran ini, apartemen tipe studio dijual lebih murah dibandingkan tipe lainnya sehingga banyak diminati. 

Namun, meskipun harganya yang lebih murah, tipe studio menawarkan kenyamanan yang tak kalah dengan tipe lainnya. Di dalam apartemen tipe ini, Pins tetap bisa menempatkan kamar mandi di dalam unit,  tempat tidur, ruang TV, ruang kerja, ruang makan, dapur, bahkan ruangan untuk bersantai sekalipun tanpa sekat. 

Tipe Ukuran Apartemen Studio 

apartemen studio
(Unsplash)

Di dalam sebuah apartemen, Pins bisa menemukan berbagai ukuran yang bervariasi di setiap unitnya. Berikut ini beberapa tipe ukuran apartemen studio: 

Ukuran 18 Meter Persegi

Tipe yang terkecil dari unit studio memiliki ukuran luas 18 meter persegi. Di dalam unit ini tersedia ruang tamu dan menyatu dengan tempat tidur dan dapur dengan area terbuka. 

Lalu, untuk kamar mandi memiliki sekat pemisah. Biasanya, tipe ukuran ini sudah dilengkapi dengan balkon sebagai tempat jemur atau area servis. Karena ukurannya yang terbilang kecil, Pins harus siap dengan kesan kamar yang pengap dan area gerak yang terbatas.

Ukuran 21 Meter Persegi

Penataan ruang unit ini mirip dengan ukuran 18 meter persegi. Tetapi ukurannya sedikit lebih luas terutama di bagian kamar mandi dan area balkonnya. 

Pins bisa tinggal di unit dengan tipe ini bersama satu orang lagi dengan penambahan kasur atau ukurannya yang bisa diperbesar.

Ukuran 35 Meter Persegi

Kalau Pins ingin unit yang tidak pengap, maka ukuran 35 meter persegi bisa dipilih. Sekalipun bertipe studio, Pins tidak perlu pusing jika ingin menempatkan beberapa furnitur tambahan karena terdapat space yang cukup luas.  

Bahkan, untuk dapur pun terlihat lebih besar sehingga Pins bisa menambahkan kulkas berukuran lebih besar, menambah kitchen set yang lengkap. Untuk kamar mandi pun biasanya sudah memiliki bathtub.

Ukuran 40 Meter Persegi

Apartemen studio tipe ini merupakan yang terbesar. Bahkan beberapa unit disertai area yang terpisah. Ukuran 40 meter persegi memiliki ruang laundry yang bergabung dengan kamar mandi.

Meski luas, tipe studio ukuran 40 meter persegi ini memakai area terbuka tanpa banyak sekat dan memaksimalkan berbagai area sehingga lebih fungsional.

Saat ini banyak penghuni apartemen studio ukuran 40 meter persegi memakai konsep loft yang memiliki tingkatan setengah lantai dan tanpa sekat. Biasanya, penghuni akan memanfaatkan lantai atas loft sebagai tempat tidur dan bawahnya difungsikan sebagai dapur terbuka, ruang tamu dan kamar mandi.

Kelebihan Apartemen Studio

apartemen studio
(Unsplash)

Banyak orang memilih apartemen studio karena harganya lebih murah tetapi mendapatkan fasilitas yang terbilang nyaman. Padahal jika Pins membeli apartemen studio juga akan mendapatkan keuntungan lainnya, seperti:  

Biaya Maintenance Lebih Hemat

Sebagaimana diketahui, kalau Pins tinggal di apartemen maka harus siap dengan biaya maintenance yang jumlahnya lumayan menguras keuangan bulanan. Biaya yang digunakan untuk perawatan dan perbaikan ini umumnya diterapkan berdasarkan luas unit apartemen itu sendiri. 

Nah, kalau Pins memilih tipe studio yang ukurannya lebih kecil maka biaya perawatannya pun akan lebih hemat dibandingkan tipe lainnya.  

Praktis dan Mudah Ditata 

Bagi yang menyukai kepraktisan, apartemen tipe ini sangatlah tepat untuk dipilih. Mengingat di dalam satu unit terdapat sebuah ruangan yang bisa mencakup semua kebutuhan. 

Selain itu, dengan ukuran yang kecil, apartemen tipe studio akan lebih mudah ditata. Pins pun akan lebih leluasa untuk menata setiap bagian dengan budget yang terbatas sekalipun.

Tidak Butuh Perabotan yang Banyak 

Kalau Pins menyukai segala sesuatu yang minimalis dan tak suka jika hunianmu punya banyak perabot, maka apartemen tipe studio merupakan pilihan yang tepat. Ukurannya yang kecil ini membuat Pins tak perlu mengisi banyak perabotan.

Pins bisa menggunakan furnitur multifungsi seperti kasur yang memiliki penyimpanan di dalam dipannya, atau kitchen set yang ringkas. 

Mudah Dibersihkan

Tak hanya mudah untuk menata ruang, unit studio juga lebih mudah ketika dibersihkan. Pins tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membersihkan apartemenmu.

Alhasil, apartemen studio sangatlah tepat untuk orang yang super sibuk dan tak banyak waktu untuk membersihkan kamar.

Kekurangan Apartemen Tipe Studio

Kalau dilihat dari ukurannya, jelas tipe studio akan memiliki sejumlah kekurangan terutama terkait dengan kesan ruangan yang terasa lebih pengap. Selain itu, ada beberapa kekurangan tipe studio yang harus dipertimbangkan: 

  • Ukuran yang kecil akan memiliki kesan sempit.
  • Minimnya ruang gerak di dalam tipe studio, akan membuat penghuninya kesulitan untuk melakukan berbagai aktivitas. 
  • Penghuni lebih terbatas untuk melakukan berbagai aktivitas yang membutuhkan ruang luas, seperti olahraga ringan.  
  • Sulit menerima banyak tamu  
  • Ukurannya yang terbatas, akan membuat penghuni kesulitan untuk memelihara hewan di dalamnya.   

Inspirasi Desain Apartemen Studio

Lantaran ukurannya yang mungil, maka Pins harus cerdas ketika mendesain apartemen tipe ini. Kalau butuh inspirasi, yuk simak beberapa desain apartemen studio berikut ini. 

Apartemen dengan Konsep Mezzanine

apartemen mezzanine
(Pinterest)

Meskipun ukurannya kecil, plafon apartemen memiliki ketinggian yang lumayan. Nah, Pins bisa memanfaatkan ruang kosong di area atas sebagai tambahan ruangan. 

Menggunakan konsep mezzanine menjadikan  apartemenmu ini terlihat seperti dua lantai yang berbeda. Gunakan bagian setengah lantai di bagian atas sebagai kamar tidur.   

Minimalis dengan Partisi 

partisi apartemen
(Unsplash)

Ruangan mungil bisa Pins siasati dengan menghadirkan partisi. Agar semakin multifungsi, gunakan partisi yang juga berguna sebagai rak buku. 

Di balik partisi, Pins bisa tempatkan set sofa minimalis dan meja rendah yang senada. Lengkapi dengan tempat tidur kayu sehingga bisa menghadirkan kesan modern minimalis.

Mini Kitchen di Dekat Kasur 

apartemen kitchen
(Unsplash)

Memiliki unit yang kecil mengharuskanmu untuk kreatif dalam menata ruang. Meskipun terdengar aneh, tetapi bukan tidak mungkin menempatkan dapur mini di hadapan kasur. 

Pins bisa mendekorasi mini kitchen dengan furnitur built-in yang memanjang mengikuti dinding sehingga lebih hemat ruang.  

Area Jendela Sebagai Tempat Bersantai 

apartemen studio
(Unsplash)

Lantaran ukuran unit ini yang terbatas, Pins bisa memanfaatkan setiap sudut yang tersisa. Gunakan area sudut jendela pada apartemen studio sebagai area bersantai. Di depannya, tempatkan kursi dan meja kayu yang cantik.

Tambahkan beberapa tanaman di dekat jendela agar lebih segar. Ide ini bisa menjadi solusi ketika ada banyak tamu yang datang ke unitmu.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.