Kamus Istilah Properti

Sewa

istilah properti

Sewa

Sewa adalah pemakaian sesuatu dengan membayar uang; biasanya dibatasi dalam kurun waktu tertentu.

Apa itu Sewa Properti?

Sewa properti adalah kegiatan dalam mengontrak suatu jenis properti untuk ditinggali atau digunakan untuk sebuah kegiatan. Sekarang ini, sewa properti menjadi sebuah usaha yang tumbuh dan berkembang dengan pesat. Maka dari itu, banyak orang yang mulai serius dalam mendalami bisnis sewa properti.

Jenis-Jenis Sewa Properti

(Palmas Property)

Sewa properti dapat dibedakan jenisnya berdasarkan lamanya waktu dalam menyewa properti tersebut. Ini dia jenis-jenis properti sewa, yaitu:

  • Sewa Properti Tahunan

Mayoritas jenis sewa properti yang ada sekarang ini adalah sewa properti tahunan. Sewa properti tahunan menguntungkan bagi pihak yang menyewakan karena tidak perlu mencari lagi penyewa dalam kurun waktu setahun. Keuntungan juga didapatkan oleh pihak penyewa yaitu biasanya jika dihitung-hitung biaya per-bulannya menjadi lebih murah.

  • Sewa Properti Bulanan

Sewa properti bulanan menjadi pilihan tepat bagi Pins yang masih ingin mencoba-coba hunian. Biaya yang dikeluarkan di awal pun tidak terlalu banyak. Pins bisa menyewa seperti rumah kontrakan, kosan, ataupun apartemen dengan sistem sewa properti bulanan.

  • Sewa Properti Mingguan

Jenis sewa properti mingguan cocok bagi Pins yang sedang keluar kota selama belasan hari namun tak lebih dari satu bulan. Sewa properti mingguan biasanya bisa dipesan melalui situs-situs atau aplikasi online.

  • Sewa Properti Harian

Sistem sewa properti harian hampir sama dengan menyewa kamar hotel. Pins bisa menyewa properti dengan periode harian saja.

Ciri Perjanjian Sewa Menyewa Properti

(DNA India)
  1. Terdapat Dua Pihak (Pemilik Properti & Penyewa)

Sebuah perjanjian sewa menyewa properti harus dilengkapi dengan dua belah pihak yakni pemilik properti dan penyewa. Pemilik properti sebagai pihak pertama yaitu seseorang yang mempunyai objek (properti).

  1. Ada Properti yang Disewakan

Harga dan jangka waktu sewa properti menjadi unsur pokok pada perjanjian sewa menyewa. Jadi dalam perjanjian sewa menyewa wajib tertera jenis properti lengkap dengan periode sewa dan harganya.

  1. Tertera Hak dan Kewajiban Kedua Belah Pihak

Kedua belah pihak yaitu pemilik properti dan penyewa mempunya hak dan kewajibannya masing-masing. Hak dan kewajiban tersebut biasanya terdapat pada perjanjian sewa menyewa.

Hak dan Kewajiban Sewa Properti

(Private Property)

Seperti apa yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pihak pemilik properti dan penyewa punya hak dan kewajiban masing-masing. Yuk ketahui lebih lanjut melalui pembahasan di bawah ini.

  • Hak dan Kewajiban Pemilik Properti
  1. Berhak mendapatkan biaya sewa dari sang penyewa
  2. Berhak meminta ganti rugi jika ada fasilitas dalam properti yang rusak
  3. Wajib memastikan properti sewaan ada dalam kondisi baik, jika ada yang rusak harus diperbaiki terlebih dahulu
  4. Wajib menjamin bahwa penyewa dapat menggunakan properti sewa dengan aman selama masa sewa.
  5. Wajib menanggung semua kekurangan yang ada pada properti sewa jika hal itu mengganggu penyewa dalam menggunakan properti tersebut.
  • Hak dan Kewajiban Penyewa
  1. Berhak mendapatkan masa sewa sesuai dengan perjanjian
  2. Berhak memiliki hunian yang nyaman sesuai perjanjian
  3. Wajib membayar biaya sewa properti pada waktu yang sudah disepakati
  4. Dilarang untuk mengubah bentuk properti sewa
  5. Wajib menjaga dan merawat properti sewa dengan baik
  6. Jika ada kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian penyewa, wajib mengeluarkan ganti rugi.

Itu dia beberapa informasi penting mengenai sewa atau sewa properti. Semoga berguna ya, Pins! Jangan lupa untuk mengetahui istilah lainnya di kamu istilah properti Pinhome.