Kamus Istilah Properti

Tipe Unit

istilah properti

Tipe Unit

Tipe unit adalah jenis bangunan yang tersedia; biasanya dibedakan berdasarkan luas tanah/bangunan

Tipe-tipe Unit Hunian Rumah

Berdasarkan luas rumah, tipe unit hunian rumah terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

Tipe 21

tipe unit
sumber: Pixabay

Rumah dengan tipe 21 ini memang diperuntukkan segmen menengah kebawah. Biasanya pembeli rumah ini merupakan mereka yang membutuhkan rumah dengan kemampuan terbatas. Luas bangunan dari rumah tipe 21 ini adalah 21 meter persegi

dan berdimensi 3 x 7 meter, 5,25 x 4 meter, dan 6 x 3,5 meter. Biasanya rumah ini dibangun di atas tanah ukuran 50-60 meter. Adapun rumah tipe 21 ini pun bisa didapatkan mulai harga Rp 150 – 200 jutaan saja. 

Tipe 36 

sumber: Pixabay

Selain rumah tipe 21, rumah tipe 36 ini merupakan rumah yang paling banyak penggemarnya karena dirasa pas. Ukurannya yang tidak terlalu kecil namun memiliki harga yang cukup terjangkau. Rumah dengan tipe 36 dibangun dengan dimensi 6 x 6 meter atau 9 x 4 meter dan dibangun di atas tanah seluas 60 hingga 72 meter persegi. Adapun harga rumah ini bisa Pins dapatkan dengan harga berkisar Rp 450 juta – Rp 600 juta.

Tipe 45

sumber: Pixabay

Ukuran rumah dengan tipe 45 ini bisa dibilang cukup luas, karena bagi Pins yang merasa rumah dengan tipe 36 tidak cukup, rumah tipe 45 ini merupakan rumah yang pas. Pada umumnya rumah tipe 36 ini dibangun dengan dimensi 6 x 7,5 meter. Bangunan ini juga dibangun di atas tanah seluas sekitar 72, 90 dan 96 meter persegi. Karena rumah ini sebenarnya cukup luas maka Pins bisa mendapatkan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu yang cukup besar.

Tipe 54

tipe unit
sumber: Pixabay

Bagi Pins yang sudah memiliki 2 anak, rumah tipe 54 ini merupakan rumah yang cocok bagi Pins. Rumah tipe 54 ini umumnya dibangun dengan dimensi 9 x 6 meter dan 13,5 x 4 meter. Dengan ukuran yang terbilang luas ini, membuat para developer membuat rumah ukuran 8 x 7 meter dan dibangun di atas tanah seluas 120 hingga 150 meter persegi. Dengan dimensi ukuran seluas ini Pins bisa mendapatkan 2-3 kamar tidur, 2 kamar mandi, serta ruang tamu dan ruang makan yang cukup luas serta dapur yang cukup luas. Rumah tipe 54 ini memiliki harga yang berkisar Rp 850 juta – Rp 1 Miliar.

Tipe 60 

sumber: Pixabay

Rumah tipe 60 ini merupakan rumah yang sangat nyaman untuk ditinggali. Target pembeli dari rumah tipe 60 ini ialah mereka yang berada pada segmen menengah ke atas. Rumah tipe 60 memiliki dimensi sebesar 6×10 dan dibangun diatas tanah seluas 120-150 meter persegi. Jika Pins ingin mendapatkan rumah yang lebih ideal, rumah tipe 60 bisa Pins renovasi menjadi 2 lantai. Dengan rumah seluas ini, Pins bisa mendapatkan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi sebagai standarnya tidak hanya itu Pins juga bisa memiliki ruang tamu yang juga besar dan memadai untuk dijadikan tempat berkumpulnya keluarga besar. Adapun harga rumah tipe 60 ini adalah sekitar Rp 1 Miliar hingga Rp. 1.2 Miliar.

Tipe 70 

sumber: Pixabay

Selain tipe-tipe tadi, rumah tipe 70 ini memiliki dimensi 7 x 10 meter, 5 x 14 meter, hingga 6 x 12 meter. Pada umumnya rumah tipe 70 sudah dibangun dengan 2 lantai. Bisa dibilang rumah tipe 70 ini merupakan rumah mewah dan tentunya kualitas yang ditawarkan pun jauh lebih baik dibandingkan dengan rumah dengan tipe lainnya. Rumah ini rata-rata berharga di kisaran Rp 1.2 Miliar hingga 1.5 Miliar.

Tipe 120

tipe unit
sumber: Pixabay

Rumah tipe 120 ini umumnya dimiliki oleh investor yang memiliki rumah lebih dari satu. Rumah ini biasanya juga sudah memiliki 2 lantai dan memiliki dimensi 10 x 12 atau 8 x 15 meter ini dan dibangun di atas tanah > 150 meter persegi. Bagi Pins yang tertarik dengan rumah tipe 120 tidak perlu ragu lagi dengan kualitas yang ditawarkan. Material yang digunakan untuk membangun rumah ini pun menggunakan bahan yang kokoh dan berkualitas tinggi. Kenyamanan dan keamanan pun dapat Pins rasakan jika tinggal di rumah dengan tipe 120 ini.

Tipe >120

sumber: Pixabay

Selain rumah tipe 120, masih ada lagi rumah yang memiliki tipe >120. Pada umumnya rumah dengan tipe ini akan memiliki swimming pool, gazebo untuk bersantai serta garasi mobil yang luas. Rumah dengan tipe > 120 bisa dikatakan merupakan rumah mewah karena biasanya dimiliki oleh mereka para eksekutif. Harga rumah dengan tipe > 120 ini memiliki harga berkisaran diatas Rp. 1.5 Miliar.

Jadi itulah informasi mengenai tipe-tipe unit hunian rumah. Pins bisa memilih tipe rumah yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang bisa dibayar oleh Pins. Karena tipe hunian ini memiliki banyak pilihan maka dari itu Pins harus paham terlebih dahulu mengenai kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing tipe unit rumah. Jangan sampai Pins menyesal dikemudian hari. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya! 

Pins ingin mencari rumah minimalis impianmu? Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.