Kamus Istilah Properti

Tipe Rumah

istilah properti

Tipe Rumah

Tipe rumah adalah jenis rumah yang diambil berdasarkan luas bangunannya tersebut.

Apa itu Tipe Rumah?

(Arsimedia)

Tipe rumah adalah jenis rumah yang diambil berdasarkan luas bangunannya. Misalnya rumah tipe rumah 36 memiliki luas 36 meter persegi.

Faktor penentu luas rumah umumnya karakteristik khusus baik dari segi dimensi bangunan hingga kebutuhan ruang.

Namun, pada akhirnya pengembang dan pemilik rumah biasanya akan menyesuaikannya dengan konsep dari perumahan secara keseluruhan.

Kategori Tipe-Tipe Rumah di Indonesia

(Kompas Properti)

Setiap tipe rumah, memiliki kategorinya masing-masing. Berikut ini kategori tipe rumah yang umumnya dipakai di Indonesia: 

Tipe Rumah Sederhana 

Rumah dengan tipe-tipe sederhana adalah bangunan satu lantai dengan luas bangunan kurang dari 90 meter persegi. Tipe rumah sederhana sengaja dirancang secara efektif untuk memenuhi kebutuhan penghuni di lahan yang terbatas.  

Bangunan yang termasuk ke dalam tipe rumah sederhana yaitu:

  • Tipe 21
  • Tipe 36
  • Tipe 45
  • Tipe 60 

Tipe Rumah Menengah  

Rumah dengan luas antara 90-300 meter persegi adalah termasuk dalam tipe menengah. Tipe-tipe rumah sederhana yang minimalis dengan dua lantai, juga termasuk dalam kategori ini. 

Berdasarkan pembagian tata ruang, tipe-tipe rumah menengah memiliki lebih banyak ruangan karena luas lahannya lebih besar.

Adapun hunian yang termasuk dalam kategori ini antara lain:

  • Tipe 90
  • Tipe 120

Tipe Rumah Mewah 

Tipe rumah mewah memiliki luas lebih dari 300 meter persegi. Rumah jenis ini memiliki kriteria tanpa batasan. 

Harga jual rumah mewah sangat tinggi, mencapai enam kali lipat dari tipe rumah sederhana di kawasan yang sama. 

Mengenal Tipe Rumah 

Setelah mengetahui kategorinya, maka selanjutnya mengenal tipe rumah yang umum digunakan di Indonesia. 

Berikut ini beberapa tipe-tipe rumah dan denahnya: 

Tipe Rumah 21

(800lofts.com)

Rumah tipe 21 adalah hunian dengan luas bangunan 21 meter persegi. Perumahan tipe 21 menawarkan berbagai rumah dengan luas tanah bervariasi. Namun. tipe rumah 21 biasanya dibangun diatas tanah ukuran 50-60 meter persegi.

Sementara itu, untuk dimensinya tipe rumah 21 umumnya berukuran 3 x 7 meter, 5,25 x 4 meter, dan 6 x 3,5 meter. 

Lantaran ukurannya yang kecil, rumah tipe 21 menyasar segmen menengah ke bawah. Tipe rumah 21 memang diperuntukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang membutuhkan rumah untuk tempat tinggal dengan budget terbatas.  

Tipe Rumah 36

(Insinyur Bangunan)

Tipe rumah 36 adalah jenis yang paling diminati. Memiliki luas bangunan 36 persegi, cukup untuk dua kamar bagi pasangan dengan satu anak.  

Biasanya, tipe 36 memiliki luas tanah 60 meter persegi atau  72 meter persegi. Namun terdapat beberapa rumah tipe rumah 36 yang dibangun di atas tanah seluas 90 meter persegi. 

Sebagai rumah dengan luas yang lebih besar, rumah tipe 36 memiliki 1 sampai 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu dan ruang makan serta dapur.  

Tipe Rumah 45

(Insinyur Bangunan)

Kalau Pins merasa kurang dengan tipe rumah 36, maka tipe 45 bisa jadi solusinya. Rumah type 45 adalah tipe rumah yang memiliki luas bangunan 45 meter persegi.

Luas lahannya beragam misalnya 45/60 artinya rumah dengan luas bangunan 45 meter persegi yang dibangun di lahan seluas 90 meter persegi. Selain itu, tipe rumah 45 ini juga biasanya berdiri di atas lahan 72 dan 96 meter persegi. 

Tipe rumah 45 biasanya terdiri dari dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu yang cukup besar. Pins juga akan mendapatkan taman dan parkiran mobil yang lebih memadai.  

Tipe Rumah 54

(Arsitur Studio)

Tipe Rumah 54 umumnya dibangun dengan dimensi 9 x 6 meter dan 13,5 x 4 meter. Tak jarang developer juga membuat rumah ukuran 8 x 7 meter dan menyebutnya sebagai rumah tipe 54.

Rumah dengan dimensi tersebut dibangun diatas tanah seluas 120 hingga 150 meter persegi.  Tipe rumah 54 sangat tepat bagi Pins yang ingin melakukan renovasi dengan melakukan peningkatan rumah menjadi 2 lantai yang lebih lapang..

Spesifikasi ruang rumah tipe 54 cocok bagi 1 keluarga inti dengan 1 dan 2 anak, karena ada ragam yang memiliki 2 kamar tidur dan ada pula yang memiliki 3 kamar tidur. Selain itu, Pins juga bisa punya area dapur, ruang makan, dan ruang tamu yang cukup luas.  

Tipe Rumah 60

(Ranah Solusi)

Tipe rumah 60 adalah jenis rumah dibangun diatas tanah seluas 120-150 meter persegi. Bangunan yang berdiri di atas lahan ini, tentu akan sangat lapang dan nyaman ditinggali.

Rumah tipe 60 lebih ideal untuk di renovasi menjadi 2 lantai atau lebih. Umumnya terdiri dari tiga kamar, satu kamar mandi, dapur dan ruang tamu dan ruang ruang keluarga. 

Tak hanya itu, di rumah dengan tipe ini, Pins bisa membuat taman kecil di bagian depan dan belakang rumah yang dapat memberikan kesan segar pada hunian.

Tipe Rumah 70

(Ruang Arsitek)

Hunian dengan tipe 70 dibuat untuk segmen menengah ke atas. Dimensi ruang tipe 70 biasanya 7 x 10 meter, 5 x 14 meter, dan 6 x 12 meter. 

Umumnya, rumah dengan tipe 70 sudah memiliki 2 lantai. Untuk pembagian ruangnya sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dengan hunian tipe 60.

Pins bisa membangun tiga kamar tidur di sini. Bedanya, ukuran ruangan bisa dibuat lebih lapang agar penghuni semakin nyaman menggunakannya. 

Tipe-tipe rumah 120

(Renovasi Rumah)

Selanjutnya tipe rumah 120 yang umumnya ditemui di kawasan elit dan dimiliki oleh investor yang memiliki rumah lebih dari satu. Tipe rumah 120 artinya rumah memiliki luas bangunan 120 meter persegi. 

Baik dibangun menjadi rumah 1 lantai atau rumah 2 lantai, rumah tipe 120 memiliki luas bangunan 120 meter persegi. Luas tanah rumah type 120 berbeda-beda tapi biasanya lebih dari 150 meter persegi.

Dimensi tipe rumah 120 adalah 10 x 12 atau 8 x 15 meter. Selain ruangan inti, tipe rumah ini biasanya sudah dilengkapi dengan kolam renang, gazebo untuk bersantai serta garasi mobil yang luas.