Kamus Istilah Properti

Penthouse

istilah properti

Penthouse

Penthouse adalah tipe apartemen yang berada di lantai paling atas dan memiliki fitur lebih mewah daripada unit lainnya. 

Apa Itu Penthouse?

(Forbes)

Penthouse adalah tipe apartemen yang merupakan unit eksklusif dan termewah di lantai paling atas sebuah gedung apartemen. Istilah penthouse dalam bahasa Indonesia disebut sebagai griya tawang. 

Tak seperti tipe unit apartemen lainnya, biasanya penthouse hanya tersedia beberapa unit saja. Misalnya jika di suatu apartemen terdapat tiga rooftop, maka kemungkinan akan ada tiga penthouse di apartemen tersebut. 

Meskipun termasuk tipe apartemen, nyatanya penghuni penthouse bisa memiliki lebih banyak ruangan layaknya rumah tapak. Bagaimana tidak, penthouse memiliki ukuran yang sangat luas, minimal 300 meter persegi.  

Tak hanya dari segi ukuran, ruangannya pun dibangun dengan material terbaik dan mewah di kelasnya. Pada sebuah penthouse, Pins bisa menemukan beberapa master suites, jendela berukuran besar, dan dapur yang elegan. 

Kalau di unit lain terdapat balkon, di penthouse tersedia teras dengan ukuran yang lebar. Para penghuni pun bisa menikmati pemandangan terbaik dari apartemen. 

Keamanan penthouse juga tidak main-main. Kalau Pins tinggal di penthouse, maka bisa mendapatkan akses lift pribadi untuk sampai ke unit.  

Keunggulan Penthouse

(Prestige Hongkong)

Melihat dari pengertiannya saja, tentu Pins sudah bisa membayangkan sendiri keunggulan kalau tinggal di unit penthouse, bukan?

Berikut ini Pinhome rangkumkan beberapa keunggulan tinggal di unit penthouse:

Mendapatkan Fasilitas Paling Berkelas 

Tidak seperti tipe unit lainnya, apartemen penthouse memiliki berbagai fasilitas berkelas dan eksklusif. Selain ukuran yang tentunya lebih luas, penghuni penthouse akan mendapatkan lift pribadi untuk menjaga privasi, pemandangan indah dari lantai paling atas, teras yang lebar.

Tak cukup sampai di situ, terkadang sebuah unit penthouse dilengkapi kolam renang pribadi yang sangat cantik dan ruang parkir tambahan.

Interior yang Elegan 

Dari sisi interior, sebagian besar penthouse juga memiliki fitur dan fasilitas kelas atas yang tentunya sangatlah elegan. Misalnya, langit-langit lebih tinggi, kamar mandi lengkap dengan spa, peralatan dapur terkini, foyer, ruang tengah, kamar anak hingga ruang kerja dan ruang meeting sendiri.

Perapian, jendela setinggi langit-langit, dan lebih banyak pilihan finishing interior juga biasa ditemukan di penthouse. 

Tata Letak Ruangan Lebih Fleksibel  

Kalau dilihat dari luasnya, tentu Pins akan lebih fleksibilitas dalam hal tata letak. Pins bisa saja menambahkan kamar tidur tambahan untuk staf atau tamu, dapur dengan ruang sarapan yang berdekatan, dan suite kamar tidur utama dengan ruang duduk dan kamar mandi.  

Bahkan, bukan tidak mungkin kalau Pins menambahkan ruang gym pribadi di dalam unit sebuah penthouse. 

Cahaya dan Ventilasi Lebih Baik 

Penthouse menyediakan cahaya dan ventilasi alami yang cukup dan pemandangan sekitar yang tidak terhalang. Hal tersebut tentu akan sulit kalau membeli di unit tipe lainnya. 

Unit-unit ini menawarkan lebih banyak kedamaian dan ketenangan, karena penempatan unit.

Memiliki Nilai Investasi yang Tinggi 

Terakhir, dari sisi investasi pun, unit mewah satu ini sangatlah tinggi. Dengan segala kelebihan dan keekslusifannya, membuat penthouse memiliki ‘nilai’ yang belum tentu bisa didapatkan dari properti jenis lain.

Meski begitu, penthouse tak pernah kehilangan peminat, terutama dari orang-orang dari kalangan atas. Kemudian nilai investasi dari properti satu ini pun tergolong tinggi dan tidak mudah turun. 

Kekurangan Tinggal di Penthouse

(The Tatler Hongkong)

Kekurangan penthouse terletak pada harganya yang sangat mahal. Tak heran memang, mengingat fasilitas yang ditawarkan unit ini. Kemudian, kelemahan penthouse adalah sebagai berikut:

  • Biaya maintenance unit ini pun akan sangat tinggi mengingat ukuran unitnya yang besar. Meski tentu, bagi pemilik penthouse biaya ini bukan masalah besar.
  • Target pasar penthouse cukup kecil dan khusus 
  • Penthouse juga lebih terpapar panas dan udara, dibandingkan dengan unit lain di dalam gedung.
  • Unit besar yang menawarkan privasi akan menimbulkan rasa kesepian.
  • Harganya yang tinggi, unit seperti itu juga akan memiliki jumlah peminat yang lebih sedikit, jika pemiliknya memutuskan untuk menyewakan properti tersebut. 

Contoh Penthouse di Indonesia

Penthouse bukan hanya unit di apartemen luar negeri. Nyatanya, Indonesia juga memiliki beberapa penthouse di dalam sebuah unit apartemennya. Yuk, simak beberapa contohnya berikut ini.

Super Penthouse The Voila Apartment, Surabaya

(Ciputra World Surabaya)

Super Penthouse merupakan rancangan Ciputra World Surabaya. Unit paling prestisius di The Voila Apartment diluncurkan dalam jumlah sangat terbatas, hanya 4 unit dalam 1 lantai. Unit ini berada di lantai tertinggi, yaitu 52 dengan memiliki lima plus satu bedroom. 

Super Penthouse dirancang agar kesan homey bisa dipertahankan sehingga penghuni akan serasa tinggal di landed house. Bahkan, luasnya pun menyerupai landed house, yaitu 500 meter persegi sesuai dengan gaya hidup modern dan dinamis masyarakat Kota Surabaya.

Penthouse di Carstensz Residence BSD

Unit apartemen ini berada dibuat oleh JHL Group melalui anak perusahaanya PT Jaya Bumi Cakrawala (JBC). Berada di lokasi yang strategis, Carstensz Residence berada tepat di tengah-tengah antara kawasan BSD City dengan Gading Serpong. 

Tipe penthouse Carstensz  memiliki luas 236m2 yang memiliki kolam renang pribadi. Hunian ini mengusung konsep “go green” dengan desain hijau yang modern dan elegan.  

Roseville SOHO & Suite Tangerang

Roseville SOHO & Suite merupakan hunian paling eksklusif di kota Tangerang Selatan yang berlokasi di CBD BSD City dan merupakan wilayah premium BSD City. Apartemen ini terintegrasi langsung dengan SOHO (Small Office Home Office) ini dilengkapi dengan fasilitas kelas atas termasuk 10 sky garden di setiap dua lantai bangunan, dan 3 sky lounge yang memberikan pemandangan terbaik kota Tangerang Selatan.

Unit penthouse memiliki ukuran dengan luas mulai 153 meter persegi dan huniannya sangat terbatas, yaitu hanya tersedia 2 unit penthouse.

Dharmawangsa Residence Jakarta Selatan 

Apartemen penthouse selanjutnya terletak di Jakarta Selatan. Luas unit penthouse di apartemen Dharmawangsa Residence bisa mencapai 900 m2. Kamar tidur king memiliki ruang ganti terpisah, kamar mandi dengan pancuran dan bak mandi terpisah, dua wastafel dan teras yang dilengkapi dengan jacuzzi besar.

Adapun fasilitas yang tersedia di apartemen mencangkup ruang meeting, cognac lounge, kolam renang (indoor dan outdoor), jogging track, lapangan tenis dan lainnya.

Royale Springhill Residence Jakarta Pusat

Mengusung konsep hunian mewah sekaligus ramah lingkungan, tipe penthouse di Royale Springhills sangatlah cantik dan eksklusif. Royale Springhill Residence memiliki unit yang masuk dalam kategori penthouse. 

Dengan luas unit mencapai 198 m2, Pins bisa mendapatkan teras cukup luas dan pemandangan dari atas apartemen yang indah. 

Demikian informasi mengenai penthouse yang bisa Pinhome sampaikan. Pins juga bisa, lho, menemukan unit penthouse dijual maupun disewakan di Pinhome. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Febri